10 Makanan Aneh di Dunia, Nyobain Butuh Nyali


Jehan  December 26, 2022  0 Comment

Makanan Aneh di Dunia – Apa kamu adalah orang yang suka mencoba hal unik atau menantang diri sendiri dengan menikmati hidangan aneh? Berikut 10 makanan aneh di dunia yang telah dirangkum oleh GoTravelly untukmu. Simak, yuk!

Makanan Aneh di Dunia:

1. Century Egg, China

century egg china
thefooddictator.com

Century Egg adalah sebuah hidangan berbahan telor bebek, ayam atau puyuh yang diawetkan dalam adonan tanah liat. Adonan tersebut dicampur sebuah kapur, abu, dan garam dan diamkan selama beberapa minggu atau berbulan lamanya.

Dari proses fermentasi tersebut, kuning telor berubah warna menjadi hijau tua atau abu-abu dengan konsistensi tekstur seperti krim. Sedangkan bagian putih dari telor berubah menjadi warna coklat tua yang terlihat bening seperti sebuah gel. Perubahan warna pada telor tersebut terjadi karena meningkatnya pH telor selama proses pengawetan.

Biasanya Century Egg dimakan sebagai hidangan tambahan untuk menikmati bubur atau nasi di China. Rasa dari makanan dengan tampilan aneh ini cukup kaya, ada sedikit rasa pedas dan bau yang menyengat.

2. Balut, Filipina

balut filipina
culturetrip.com

Balut adalah hidangan khas Filipina yang memiliki tampilan cukup ekstrem. Balut terbuat dari telor bebek yang telah dibuahi lalu dierami selama 14 hingga 21 hari sebelum dimasak. Dari prosesnya telor tersebut akan menghasilkan sebuah embrio yang berkembang sebagian di dalamnya.

Biasanya balut dihidangkan dengan cuka dan garam untuk menambahkan rasa gurih. Beberapa orang menilai makanan ini cukup sadis karena memakan embrio bebek yang sudah melalui fase bertumbuh. Sedangkan sebagian yang lain menilainnya sebagai hidangan lezat.

Baca juga :  Ada Beer Bike hingga Coco Taxi Berikut 10 Transportasi Unik di Dunia

3. Huitlacoche, Meksiko

huitlacoche meksiko
bbc.com

Rupa makanan yang aneh ini adalah sebuah jamur yang tumbuh pada jagung. Jika ini masuk ke dalam deret makanan paling aneh di dunia lain di Meksiko, jamur ini akan disulap sebagai hidangan paling lezat.

Biasanya Huitlacoche menjadi bahan tambahan untuk memasak sup atau semur. Selain itu, jamur ini juga bisa digoreng untuk disantap sebagai lauk tambahan. Sebagian orang bilang bahawa Huitlacoche memiliki rasa smoky seperti truffle.

4. Fried Tarantula, Kamboja

tarantula kamboja
mashed.com

Kamboja memiliki makanan ekstrim yang popular dan terbuat dari seekor Tarantula yang di goreng. Tarantula goreng ini disajikan seperti sebuah hidangan ayam goreng. Biasanya akan ditambah sebuah saus celup untuk menikmatinya.

Jika kamu ingin mencicipinya, buanglah bagian taring dan kelenjar racun dari Tarantula yang terletak di bagian depan dekat dengan mulut laba-laba. Ada sedikit cerita yang menyedihkan yang melatarbelakangi hidangan khas Kamboja ini. Saat Kamboja berada dalam naungan pemerintah diktator pada tahun 1975 hingga 1979 masyarakat banyak yang tersiksa dan mati kelaparan. Lalu Tarantula lah yang menjadi binatang berlimbah di sana, sehingga penduduk setempat terpaksa memakannya.

5. Hákarl, Islandia

hakarl islandia
finedininglovers.com

Saat kamu melihat tampilan dari hidangan yang satu ini, mungkin kamu tidak akan menemukan sesuatu yang tampak aneh. Namun Hákarl adalah hidangan dalam barisan makanan paling aneh di dunia loh.

Hidangan tradisional Islandia yang terbuat dari fermentasi daging hiu ini cukup menantang untuk dicoba. Saat mengigitnya kamu akan bertemu dengan rasa pedas dan kuat. Biasanya Hákarl di sajikan dalam potongan kotak kecil seperti dadu. Hákarl biasa dimakan langsung tanpa bahan makanan tambahan lainnya.

Sebagian orang mengatakan bahwa rasa dari Hákarl mirip seperti keju dengan aroma menyengat dan rasa yang kuat. Jika kamu siap mencoba Hákarl, tahanlah nafas sejenak sembari memasukkannya ke dalam mulut dan segera kunyah lalu telan!

Baca juga :  10 Camilan Paling Aneh di Dunia, Berani Coba Nggak?

6. Sannakji, Korea

sannakji korea
tastemade.com

Hidangan dari Korea yang mulai popular untuk dicoba ini ternyata menjadi makanan paling aneh di dunia loh. Hidangan dengan bahan gurita mentah ini disajikan setelah dipotong-potong ke dalam irisan kecil-kecil.

Gurita mentah tersebut dicampur dengan minyak wijen dan disajikan dengan saus celup khas Korea. Sebagian orang mengatakan tidak bisa menelan makanan aneh tersebut karena memiliki tekstur yang tidak biasa.

Selain menjadi makanan paling aneh di dunia, Sannakji khas Korea ini juga menjadi hidangan ekstrem. Bahkan di Korea Selatan pun beberapa orang dikabarkan kehilangan nyawanya karena makan menu ini. Hal tersebut terjadi dikarenakan mereka mengalami sesak nafas karena Sannakji tidak tertelan dengan baik.

Jadi, jika kamu ingin mencoba sajian khas Korea ini cobalah untuk mengunyahnya dengan sungguh-sungguh hingga halus agar tentakel yang kamu makan tidak lengket dan menghisap tenggorokanmu.

Baca Juga:

Makanan Unik di Asia Tenggara

Oleh-oleh Khas Pati yang Unik

7. Silkworm, Asia

silkworm asia
bugsfeed.com

Makanan paling aneh di dunia selanjutnya dimiliki oleh beberapa negara sebagai sajian yang menantang untuk dicoba. Sesuai dengan namanya, hidangan ini berbahan ulat sutera. Beberapa mengelola hidangan ulat ini dengan cara berbeda-beda.

Sebagian memasaknya dengan cara merebus, sebagian yang lain memilih untuk menggorengnya. Jika kamu ingin mencoba hidangan Silkworm ini kamu bisa datang ke salah satu negara Asia yang menyajikannya, seperti Cina, Vietnam, Korea atau Jepang. Sebagian orang yang telah mencicipi hidangan ini mengatakan bahwa Silkworm memiliki rasa yang umami.

8. Haggis, Skotlandia

haggis skotlandia
fodors.com

Haggis merupakan hidangan tradisional Skotlandia yang dibuat dengan olahan jeroan. Bagi sebagian orang jeroan seperti hati dan paru-paru domba bukanlah makanan yang patut untuk disajikan.

Baca juga :  10 Peringkat Terendah Makanan di Jepang

Awal mula Haggis adalah hidangan yang biasa dikonsumsi oleh para petani miskin di Skotlandia namun kini menjadi hidangan tradisional untuk siapa saja yang menginginkannya. Hidangan ini membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk memasaknya. Irisan paru, jantung, hati dicampur menjadi satu dengan bahan masak lainnya seperti bawang, lobak. Setelah di campur adonan tersebut dimasukkan ke dalam lapisan yang diambil dari perut domba dan diikat lalu di masak hingga matang.

9. Cockroach Milk

cockroach milk
scandinaviantraveler.com

Menu yang satu ini memang bukanan makanan melainkan sebuah minuman namun, ini adalah hidangan aneh yang mungkin bisa membuatmu sedikit bergidik. Sesuai dengan namanya, menu ini adalah sajian susu yang terbuat dari serangga kecoa.

Cockroach Milk ini mernjadi salah satu menu pengganti dari susu sapi yang mulai diproduksi aktif. Susu tersebut memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi. Rasa yang dihasilkan dari Cockroach Milk pun hampir sama dengan susu sapi.

10. Scorpion Candy

scorpion candy
reference.com

Scorpion Candy merupakan permen yang dibuat dengan kalajengking dan dapat dimakan. Biasanya kalajengkin diletakkan di bagian tengah permen dan diberikan rasa-rasa dan aroma yang beragam.

Sebelum diolah dengan adonan gula permen, kalajengking terlebih dahulu dikeringkan, sebagian ada yang menumbuknya hingga halus dan dicampur dengan adonan. Scorpion Candy dapat kamu beli melalui online.

Rasa yang dimiliki oleh permen ini adalah manis menyerupai sebuah kue. Jika kamu mencoba Scorpion Candy ini, akankah rasa manis dari permen akan membuatmu dibuat lupa jika sedang menikmati permen dengan binatang di dalamnya?

Bagaimana, dari ulasan mengenai makanan paling aneh di dunia tersebut adakah yang membuatmu penasaran dan ingin kamu coba? Jika kamu pernah mencicipi hidangan di atas, bagi ulasanmu di GoTravelly ya!



Leave a Reply