Indah
Indah | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
5.06 K1

Ragam Ekspresi di JCC dan Festival Peneleh, Keren!

Pecinta kopi wajib simak ini sampai habis!
What to Do

Bank Indonesia berkolaborasi dengan pemerintah kota Surabaya mengadakan acara tentang Java Coffe Culture dan Festival Peneleh. Acaranya digelar di sepanjang jalan Tunjungan, berlangsung dari tanggal 7-9 nih, buat kamu pecinta kopi wajib banget buat kesini!. aku ke sana pas dipuncak acaranya yaitu tanggal 9 Juli 2023. Meskipun aku bukan pecinta kopi banget tapi aku masih menikmati kopi dan sangat membantu dikala aku sedang bekerja hihihi. di JCC kamu bisa merasakan kopi Indonesia dari sabang sampai merauke. Selain itu ada berbagai hiburan yang tampil dalam acara JCC, mulai dari klantink, musisi lokal, serta atraksi menarik lainnya. sampai di Jl. Tunjungan sekitar pukul 4 sore, sebelum itu ternyata ada teatrikal yang diadakan di depan hotel DoubleTree by Hilton,sayang banget gak kebagian menikmati teatrikalnya.

terdapat dua pintu masuk yang disediakan oleh panitia, yang pertama di depan hotel DoubleTree by Hilton dan ujung Jl. Tunjungan yang sebaliknya. aku masuk melalui pintu masuk yang ada di depan gedung Siola.

festival peneleh 2023
suasana di panggung pertama JCC dan festival Peneleh

Sebelum memasuki stand kopi, pengunjung disuguhkan dengan filosofi kopi, para pengunjung yang pecinta kopi akan benar – benar menyimak bagaimana filosofi kopi. Setelah melewati bilik filosofi kopi, pengunjung akan disuguhkan stand kopi dimulai dari kopi Jawa, lalu dilanjutkan dari daerah lain seperti sumatra, sulawesi, bali, dll.

java coffee culture
stand kopi dari Bali

Selain stand kopi, pengunjung juga bisa menemukan banyak sekali stand UMKM di sepanjang jl. Tunjungan, ini diperuntukkan buat kamu yang sukanya jajan tapi tidak harus kopi, masih banyak jajanan lain selain kopi yang bisa kamu temukan di sini. Selain UMKM ada juga beberapa games yang diadakan di Jl. Tunjungan tentunya games ini juga tidak sepi pengunjung yaa, sampai harus antri panjang banget buat bisa main games satu ini, tapi aku tidak berminat untuk antriannya hehe!. Tidak lupa ada kidzone juga buat para orang tua yang ingin menghabiskan waktu akhir pekannya.

JCC dan festival peneleh
UMKM di sepanjang jl. Tunjungan

java coffee culture 2023
kidzone di Jl. Tunjungan

Suasana di Jl. Tunjungan, semakin malam semakin dipadati warga yang antusias ingin mencicipi kopi dari sabang-merauke. Layaknya seperti pesta rakyat, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, bahkan lansia pun ikut meramaikan acara JCC dan festival Peneleh.  Tidak hanya warga lokal saja, bahkan turis mancanegara juga ikut meramaikan acara JCC dan festival Peneleh, hal ini bisa meningkatkan popularitas destinasi wisata yang ada di Surabaya. Tidak hanya itu, di acara JCC dan festival Peneleh juga menampilkan guest star musisi dari ibu kota yaitu Pongki Barata eks Jikustik dan beberapa bintang tamu lainnya seperti klantink. Jadi serasa nonton konser secara gratis yaa hehehe. Dimulai dari klantink yang menyanyikan beberapa lagu, di susul dengan kuis dengan para penonton lalu mulai penampilan guest starnya mas Pongki Barata. Para penonton larut dalam penampilan Pongki Barata dan ikut nyanyi bareng.

Menurut saya acara ini memang disuguhkan untuk para pecinta kopi atau yang ingin coba-coba tentang dunia perkopian. Tersedia beragam kopi dengan rasa dan harga yang sesuai dengan kantong. Jadi arek - arek Suroboyo bisa merasakan kopi terbaik dari sabang sampai merauke tidak hanya dari Jawa saja. Para komunitas kopi di Jawa Timur dan Surabaya sangat bersemangat untuk mengembangkan produknya, inovasinya bahkan kedai kopinya untuk menarik pecinta dan pembeli kopi. Acaranya sangat meriah disediakan tempat duduk juga bagi yang ingin menikmati kopinya langsung tapi sayang banget cuma sedikit tempat duduknya jadi banyak yang duduk di balok – balok yang tertata di sepanjang jalan tunjungan.

 

How to Get There

Kamu bisa langsung menggunakan maps, dan ketik Jl. Tunjungan, maka maps akan membantu mengarahkan langkahmu.

Tips and Trick

- Bawa uang yang banyak, kalau kamu suka jajan, acara ini wajib kamu kunjungi.

- bawa kamera yang lebih proper.

- gunakan alas kaki yang nyaman, karena kamu akan jalan sepanjang jl. Tunjungan.

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data