Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

40 Makanan Khas Korea Ini Enak Banget Jadi Bikin Pengen Ke Korea


Reni  June 6, 2018  0 Comments

Sejak awal tahun 2000 trend yang dibawa oleh Korea Selatan mulai terlihat. Pada awalnya Korea Selatan mempromosikan dirinya melalui berbagai macam drama yang kemudian sukses merebut hati masyarakat dunia, setelah itu musik Kpop atau Korean Pop juga yang membuat makin disukainya trend dari Korea Selatan ini.

Menariknya dalam drama dan segala program acara yang disiarkan dari tv Korea Selatan semuanya menyelipkan budaya, makanan khas dan semua hal yang berkaitan dengan Korea Selatan sehingga akhirnya para penikmat acara hiburan dari Korea Selatan bisa jatuh cinta dengan semua hal yang berkaitan dengan Korea Selatan.

Terutama dalam hal makanannya Korea Selatan begitu pintar dalam mengemas acara hingga bisa menampilkan makanan-makanan Korea yang nampak begitu lezat. Berikut ini ada beberapa makanan Korea yang pasti membuat Anda ingin pergi ke sana.

 

1. Kimchi

splendidtable.org

Bagi penggemar Korea pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama makanan korea yang satu ini. Meski belum pernah mencicipinya secara langsung, setidaknya Anda pasti sudah pernah melihatnya di berbagai acara yang membahas tentang Korea.

Salah satu makanan korea ini merupakan sayuran yang difermentasi dengan bumbu khas sehingga menghasilkan rasa yang pedas dan asam. Bagi masyarakat Korea, rasanya kurang sempurna jika saat makan tidak ada kimchi. Karena merupakan makanan yang difermentasikan, maka dari itu tentu makanan ini sangat tahan lama.

Bagi masyarakat korea rasanya tidak cocok jika saat makan tidak ada kimchi. Makanan korea ini benar-benar menjadi pelengkap dan hampir selalu disajikan dengan berbagai makanan di restoran-restoran yang ada di Korea.

 

2. Sannakji

youtube.com/watch?v=Tc4YhHPEdQw

Untuk jenis makanan korea yang satu ini tidak semua orang sanggup memakannya. Bahkan ada beberapa orang Korea yang mengaku juga tidak bisa memakannya. Sannakji adalah makanan yang berasal dari gurita hidup yang dimakan dengan minyak atau biji wijen.

Saat Anda memakannya, gurita yang sudah disajikan dalam bentuk potongan-potongan ini akan terasa menggeliat-geliat di lidah Anda maka dari itulah tidak semua orang bisa memakannya.

 

3. Jjajangmyeon

kitchenmisadventures.com

Makanan khas Korea yang satu ini juga pastinya sudah sering Anda lihat. Begitu populernya sehingga ada jjajangmyeon ini juga disajikan sebagai makanan instan. Hal yang paling khas dari makanan korea ini adalah saus kedelai hitam yang menjadikan mie yang satu ini menjadi berwarna hitam.

Anda perlu mencampurkan mie dengan saus kedelai hitamnya agar bisa menyatu dengan sempurna. Di dalamnya juga ada beberapa jenis sayuran dan potongan daging. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang datang ke Korea.

 

4. Kimbab

alakorsel.blogspot.com

Nasi yang digulung dengan gim atau rumput laut kering yang di dalamnya berisi sayuran seperti wortel, bayam, timun, kemudian telur dan daging itu disebut dengan kimbab. Belakangan ini makanan korea ini juga sangat populer di Indonesia dan Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah, karena sekarang sama sekali tidak sulit untuk mendapatkan gim atau rumput laut kering dan penggulung kimbab di Indonesia, sedangkan bahan-bahan di dalamnya semua bisa Anda temukan dengan mudah di pasar atau supermarket.

 

5. Bibimbap

maangchi.com

Jika diartikan, maka bibimbap berarti nasi campur dan sesuai dengan namanya itu memang makanan korea ini merupakan nasi yang dicampur dan diaduk dengan berbagai macam lauk pauk yang ada di atasnya.

Biasanya pada saat penyajiannya, bibimbap belum dalam keadaan teraduk, lauk pauk disusun dengan cantik di atasnya dan pelanggan harus mengaduk sendiri nasi beserta lauk pauknya itu. Disebutkan bahwa biasanya ada 7 macam jenis sayuran yang ada dalam bibimbab yang kemudian dicampur dengan daging dan telur atau tahu. Makanan ini harus langsung dilahap dalam keadaan hangat sehingga rasanya lebih lezat.

 

6. Japchae

maangchi.com

Mendengar pelafalan dari nama makanan korea ini pasti kita juga akan teringat dengan makanan di Indonesia yang kita kenal sebagai Capcay. Sebenarnya kedua makanan ini hampir serupa, hal yang membedakannya adalah adanya mie bihun khas Korea yang tidak kita temukan pada capcay khas Indonesia.

 

7. Bulgogi

bonappetit.com

Makanan korea yang satu ini pun tak kalah populernya dari berbagai makanan yang sudah disebutkan sebelumnya. Makanan ini merupakan daging sapi yang dipotong-potong dengan tipis dan kemudian dipanggang setelah dibumbuni dengan berbagai bumbu yang sangat khas sehingga menjadikan daging yang dipanggang itu menjadi sangat lezat. Ketika sudah matang nantinya bulgogi akan disajikan dengan taburan biji wijen di atasnya. Di Indonesia pun kini bahkan ada banyak mie instan dengan rasa bulgogi.

 

8. Miyeok Guk

futuredish.com

Miyeok guk dalam bahasa Indonesia berarti sup rumput laut. Sup ini merupakan sup berisi rumput laut dan kaldu daging atau ayam. Di dalamnya juga terdapat berbagai macam bumbu-bumbu yang sangat khas.

Jika di Korea Selatan, biasanya sup rumput laut ini disajikan untuk orang yang sedang berulangtahun dengan harapan agar orang yang berulangtahun bisa berumur panjang. Sup ini sangat lezat dimakan di pagi hari. Karena biasanya merupakan makanan rumahan, bahkan di Korea pun jarang restoran yang menyajikan menu makanan korea ini.

 

9. Ramyeon

seouleats.com

Ramyeon ini sebenarnya merupakan mie instan dari Korea namun mie instan Korea berbeda dengan yang ada di Indonesia. Ramyeon ini cenderung memiliki tekstur yang lebih tebal dan bumbunya saat dicampurkan dengan air mendidih akan terasa lebih kental.

Untuk rasanya biasanya pun lebih pedas dan beraneka ragam rasanya. Jika Anda melihat di berbagai acara televisi Korea maka sering kali makanan ini disajikan dalam keadaan panas dalam pancinya. Banyak juga ramyeon yang dicampur dengan makanan korea lainnya.

 

10. Gogigui

marinomnom.wordpress.com

Makanan korea yang satu ini juga sangat sering muncul dalam berbagai drama dan acara tv Korea. Gogigui adalah daging yang dipanggang dengan gaya barbeque di atas panggangan. Ada banyak restoran di Korea yang menyajikan gogigui di dalam restoran dan pelanggan harus memanggang sendiri dagingnya di atas panggangan yang ada di meja.

Oleh karena

itu agar tidak banyak asap dalam resto di atas panggangan terdapat cerobong yang akan menyerap semua asap dari panggangan sehingga bisa langsung keluar melalui cerobong asap itu. Orang Korea suka memakan gogigui itu dengan digulung bersama dengan daun selada dan beberapa jenis sayur lainnya, lalu memakannya dalam sekali suap.

 

11. Tteok

timeout.com

Tteok adalah makanan korea yang dibuat dari tepung beras ketan. Dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai kue beras. Karena terbuat dari tepung beras ketan maka dari itu teksturnya sedikit lengket. Ada banyak cara untuk dapat menikmati tteok ini, dengan dikukus, direbus atau digoreng. Dari bahan dasar tteok ada beberapa makanan yang biasanya bisa dibuat.

 

12. Beondegi

travel.davidmbyrne.com

Dibandingkan dengan makanan korea lainnya sepertinya makanan ini adalah makanan yang paling jarang Anda lihat dari acara tv Korea. Karena bahkan di Korea sendiri makanan ini sudah tidak mudah lagi ditemukan. Boendegi ini adalah makanan berupa sup yang terbuat dari larva ulat sutra.

Tentunya bagi Anda yang tidak suka serangga akan merasa bahwa makanan ini tidak mungkin Anda konsumsi bukan? Meski di Indonesia ada juga beberapa masyarakat yang mengkonsumsi serangga namun tetap saja makanan ini bukanlah makanan yang umum.

 

13. Tteokbokki

futuredish.com

Makanan korea ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya pun sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Di Korea makanan ini merupakan makanan yang dijual di berbagai warung-warung sederhana sampai ke restoran pun ada juga yang menjualnya. Karena makanan ini memang begitu dicintai oleh masyarakat Korea.

Makanan ini berupa kue beras atau tteok yang kemudian dicampur dengan saus khas Korea dan terkadang ada yang mencampurnya dalam ramyeon atau pun dicampur dengan sosis dan daging. Makanan ini rasanya pedas dan manis. Bisa dikatakan tteokbokki ini adalah sejenis makanan ringan yang berasal dari Korea.

 

14. Tokkebi Hot Dog

foody.id

Satu lagi makanan korea yang bisa disebut sebagai makanan ringan adalah tokkebi hot dog. Ini adalah makanan yang terbuat dari sejenis sosis yang diluarnya ditempeli kentang dan kemudian digoreng. Kentang yang ada di bagian luarnya dipotong menyerupai kentang goreng sebelum ditempelkan.

Setelah merekat barulah digoreng. Makanan ini disajikan dengan bentuk seperti sate karena ditusuk dengan menggunakan batang kayu atau bambu. Kemudian cara makannya adalah dengan dibaluri menggunakan saus dan mayonnaise.

 

15. Schnee Pang

mapmyadventures.wordpress.com

Makanan ini juga bisa disebut sebagai makanan ringan. Merupakan roti dari tepung yang dibuat dengan bentuk yang bulat kemudian digoreng. Saat ini ada berbagai rasa yang disajikan, yaitu coklat, gula, green tea dan sebagainya. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di berbagai toko kue. Pastikan untuk mencoba makanan korea yang satu ini pada saat Anda datang ke sana.

 

16. Bungeoppang

twitter.com/rheneroseee

Bungoeppang adalah kue manis berbentuk ikan yang di dalamnya terdapat selai kacang merah. Biasanya disajikan dalam keadaan panas seperti bakpao. Pada saat musim dingin makanan ini sangat populer dan banyak dijual oleh warung-warung di pinggir jalan.

Memakannya dalam keadaan panas di musim dingin tentunya bisa membantu Anda agar tetap hangat. Karena bentuknya yang unik inilah yang membuat banyak orang merasa penasaran dengan makanan korea ini. Bungeo yang ada dalam nama kue inilah yang berarti ikan sejenis ikan koki sesuai dengan bentuknya.

 

17. Hobakjuk

choodoris.blogspot.com

Hobak berarti labu dan juk berarti bubur, jadi dalam bahasa Indonesia hobakjuk adalah bubur labu. Sesuai dengan namanya itu makanan korea memang merupakan bubur yang dibuat dengan bahan dasar labu, disajikan dalam keadaan hangat dan rasanya sangat lezat.

Hobakjuk dipercaya dapat memperlancar pencernaan Anda, tentunya makanan ini adalah makanan korea yang sangat menyehatkan. Memang pada dasarnya orang korea sangat memperhatikan kesehatan pada saat membuat makanan-makanannya. Meski masyarakat Korea pun terbiasa minum minuman keras namun mereka menyeimbangkannya dengan olahraga dan makan makanan yang sehat.

 

18. Haemul Pajoen

yelp.com

Haemul berarti makanan laut atau seafood sedangkan pajoen adalah nama makanan korea yang berupa panekuk. Jadi makanan ini adalah panekuk dengan isian makanan laut. Biasanya makanan ini tak pernah tertinggal saat ada berbagai perayaan tradisional yang ada di Korea.

Dalam adonannya juga berisi telur sehingga bisa dikatakan makanan ini mirip dengan martabak telur dari Indonesia. Namun pada haemul pajoen terdapat makanan laut seperti cumi dan gurita yang ada di dalamnya.

 

19. Jjamppong

kitchenmisadventures.com

Jenis makanan korea berupa mie lainnya dari Korea adalah jjamppong. Jjamppong ini disajikan dengan banyak sekali jenis makanan laut seperti kerang, udang, cumi, gurita dan lainnya. Selain itu ada juga daging dan sayuran di dalamnya.

Dalam satu masakan mie ini di dalamnya begitu penuh dengan isian sehingga Anda pasti akan merasa sangat kenyang setelah memakannya. Kebanyakan jjamppong disajikan dengan rasa pedas namun ada juga yang rasanya tidak pedas.

 

20. Chapssal

youtube.com/watch?v=WTUQ_9s_bfI

Chapssal adalah roti khas Korea yang konsepnya mirip dengan donat karena ditaburi dengan gula halus di luarnya. Roti ini terbuat dari beras dan di dalamnya terdapat berbagai isian, biasanya isian yang ada di dalam Chapssal khas Korea adalah kentang manis, namun ada juga yang berisi kacang merah. Teksturnya sedikit krispi di bagian luar karena roti ini dibuat dengan cara digoreng namun ketika Anda menemukan isian yang ada di dalamnya maka rasanya akan lebih lembut dan manis.

 

21. Saengson Gui

pikeletandpie.com

Saengson gui berarti ikan panggang dalam bahasa Indonesia. Biasanya makanan korea ini dibuat dari ikan mackerel, kelebihannya ikan mackerel ini biasanya tidak berbau amis sehingga rasanya lebih lezat daripada ikan panggang lain yang pernah Anda rasakan. Sebelum dipanggang tentunya ikan mackerel itu dibumbui terlebih dulu dengan berbagai macam bumbu khas Korea.

 

22. Sundubu Jjigae

maangchi.com

Sundubu jjigae ini adalah makanan korea yang berupa sup. Kebanyakan sup yang dibuat di Korea bercitarasa pedas, begitu juga dengan sup yang satu ini. Sundubu jjigae memiliki isian di dalamnya yaitu tahu yang bertekstur amat lembut sehingga di Korea disebut dengan tahu sutera. Selain itu ada beberapa sayuran di dalamnya dan kaldu supnya sendiri terbuat dari kaldu daging sapi yang sangat lezat dan bercitarasa.

 

23. Mul Kimchi

asiansupper.com

Tidak semua orang non Korea bisa menikmati kimchi dengan nikmat, jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak cocok dengan rasa kimchi maka Anda bisa mencoba makanan korea lainnya yang serupa yaitu mul kimchi. Bedanya biasanya mul kimchi disajikan dalam bentuk yang lebih berair seperti sup sehingga rasanya lebih lezat. Anda bisa memakannya dengan lauk pauk lain sebagai pelengkap layaknya memakan kimchi yang biasanya.

 

24. Haejangguk

youtube.com/watch?v=23tRGHUX3qM

Satu lagi jenis makanan korea yang berupa sup adalah haejangguk. Sup ini berisi jeroan dan daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu yang khas sehingga kaldu sup ini begitu bercitarasa tinggi. Di Korea masyarakatnya memiliki kebiasaan untuk memberikan haejangguk ini sebagai sup penghilang mabuk di pagi hari kepada orang yang malam sebelumnya baru saja meminum minuman keras. Sup ini sangat lezat saat disajikan dalam keadaan hangat. Ada banyak restoran di Korea yang menyajikan makanan berupa sup ini.

 

25. Samgyeopsal

youtube.com/watch?v=23tRGHUX3qM

Anda yang sering menonton drama korea pasti sudah pernah mendengar nama makanan korea yang satu ini. Namun makanan korea yang satu ini tidak termasuk dalam makanan yang halal karena terbuat dari daging perut babi. Saat membuat samgyeopsal ini maka daging perut babi itu akan dipanggang pada panggangan yang sama ketika memanggang gogigui setelah matang akan dicelupkan dalam saus dan dimakan.

 

26. Nakji Bokkeum

maangchi.com

Untuk Anda yang suka dengan gurita maka Anda bisa mencoba masakan dari gurita yang satu ini. Merupakan tumisan gurita pedas dengan sayuran yang disajikan dalam keadaan hangat. Gurita yang berasal dari lautan Korea terkenal lebih kenyal dagingnya sehingga sangat nikmat saat dimakan. Anda pastinya akan merasa kepedasan dengan rasanya namun juga sekaligus ketagihan dengan makanan korea ini karena kelezatannya.

 

27. Soellongtang

cherryonmysundae.com

Mirip dengan haejanggguk, maka sup soellongtang ini juga terbuat dari jeroan sapi, namun kali ini ditambahkan dengan tulang sapi. Jika haejangguk lebih pedas, maka rasa dari seollongtang ini lebih banyak rasa asinnya ketimbang pedas.

Maka dari itu bagi Anda yang tidak suka sup pedas bisa mencoba soellongtang. Karena terdapat tulang sapi di dalamnya maka dari itu sup ini biasanya dimasak dalam waktu yang sangat lama untuk melunakkan tulangnya. Lezat sekali untuk dimakan bersama dengan nasi dan kimchi.

 

28. Tangsuyuk

mykoreaneats.com

Tangsuyuk ini adalah makanan korea berupa tumisan daging dengan saus asam manis yang sangat lezat. Namun jika yang Anda cari adalah makanan yang halal maka sebaiknya Anda mencari restoran yang menjual tangsuyuk dengan menggunakan daging sapi, karena kebanyakan tangsuyuk lebih sering

menggunakan daging babi daripada daging sapi. Sehingga jika Anda datang ke Korea dan ingin mencoba tangsuyuk, pastikan Anda memilih resto yang menyajikan tangsuyuk dengan daging sapi.

 

29. Naengmyeon

koreanbapsang.com

Jika Anda kebanyakan lebih sering memakan sup dengan kuah yang hangat namun beda dengan sup yang satu ini. Naengmyeon adalah satu makanan korea yang berupa sup mie yang disajikan dengan kuah yang dingin. Biasanya disajikan pada saat musim panas sehingga bisa membantu untuk menyegarkan suasana saat Anda kepanasan. Di dalamnya terdapat mie, telur, sayuran, kimchi, buah pir dan lainnya. Unik sekali.

 

30. Samgyetang

maangchi.com

Untuk Anda yang suka dengan makanan yang sehat maka cobalah makanan korea ini, samgyetang merupakan sup ayam utuh dengan berbagai macam rempah yang sangat alami dan menyehatkan. Dimasak dalam waktu yang lama sehingga ayam utuh yang ada di dalamnya benar-benar meresap citarasanya ke dalam kuahnya tersebut. Sangat cocok dimakan dengan nasi dan dalam keadaan yang hangat.

 

31. Ganjang Gejang

ryetour.net

Makanan ini adalah salah satu makanan korea yang legendaris karena sudah dikenal sejak zaman Dinasti Jeoseon dan bahkan dituliskan dalam satu buku peninggalan Dinasti Jeoseon. Bahan pembuatan ganjang gejang ini tidak bisa ditemukan di Indonesia.

Merupakan rajungan dalam keadaan mentah yang kemudian difermentasi menggunakan kecap asin khas Korea. Di dalamnya juga terdapat kepiting beserta cangkangnya. Salah satu makanan korea ini juga cocok disajikan dengan nasi.

 

32. Budae Jjigae

dayre.me

Makanan ini memiliki sejarahnya tersendiri bagi masyarakat Korea karena merupakan makanan yang populer pada zaman perang di kalangan tentara Korea. Merupakan sup yang berisi mie instan, daging ham, sayuran, sosis dan lainnya yang dimasak menjadi satu kemudian dimakan dalam keadaan hangat.

 

33. Mandu

koreanbapsang.com

Mandu ini adalah makanan korea yang merupakan pangsit yang sangat khas dari Korea dengan isian yang berbagai macam. Ada yang berisi daging dan jika Anda lebih suka sayuran, ada juga mandu dengan isian sayuran. Biasanya disajikan dengan cara dikukus terlebih dulu dan kemudian dimakan dalam keadaan hangat.

 

34. Yangmyeon

halookorea.com

Ini adalah salah satu sajian ayam goreng khas Korea. Masyarakat Korea umumnya sangat suka dengan ayam, maka dari itu ada banyak sekali restoran ayam goreng yang bisa Anda temukan saat Anda berada di Korea. Yangmyeon ini adalah satu makanan korea yang berupa ayam goreng tepung yang disajikan dengan saus khas Korea yang sangat enak. Anda pasti akan merasa ketagihan saat memakannya.

 

35. Galbi

maangchi.com

Galbi ini adalah makanan korea berupa daging sapi yang dipanggang, namun bedanya dengan gogigui, daging yang digunakan dalam memasak galbi adalah daging iga sapi. Anda bisa memilih untuk menggunakan galbi yang sudah dibumbui atau tidak dibumbui saat Anda hendak memanggangnya di berbagai restoran yang ada di Korea. Makanan ini juga bisa dimakan bersama dengan sayuran dan lauk pauk lainnya yang biasanya ikut disajikan di satu meja.

 

36. Patbingsu

theblueberrymaker.blogspot.com

Patbingsu ini adalah salah satu makanan korea yang berupa dessert atau makanan penutup. Berupa es seru yang pada bagian atasnya ditaburi dengan kacang merah dan sirup. Namun untuk Anda yang tidak suka kacang merah, kini ada banyak bingsu yang disajikan dengan toping lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Ketika musim panas ada banyak sekali restoran dan tempat makan yang menyajikan bingsu.

 

37. Jipangyi Ice Cream

laweekly.com

Ingin mencicipi jenis dessert lainnya dari Korea? Maka Anda harus mencoba jipangyi ice cream. Ini adalah sajian ice cream dengan cone namun yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah bentuk cone yang digunakan.

Jika biasanya cone ice cream itu berbentuk kerucut, namun lain halnya dengan jipangyi ice cream yang conenya bisa berbentuk spiral, hati, tongkat dan lain sebagainya. Ice cream ini banyak dijual di pinggiran jalan.

 

38. Poop Bread

68.media.tumblr.com

Anda tidak perlu berpikir yang macam-macam saat mendengar nama makanan korea yang satu ini. Karena nama poop atau kotoran yang digunakan pada roti ini hanya dikarenakan bentuknya saja yang dibuat mirip dengan kotoran.

Hal tersebut hanya untuk membuat roti ini agar semakin dinikmati. Roti ini di dalamnya memiliki isian seperti coklat dan kacang merah yang tentu rasany sangat lezat. Bahkan setelah dilihat kembali bentuknya terlihat lucu.

 

39. Hotteok

tastemade.com

Hotteok ini adalah makanan korea berupa roti yang dimakan dalam keadaan panas dan masih termasuk ke dalam dessert. Ada banyak warung di pinggir jalan yang menjual makanan Korea yang satu ini. Saat ini pun hotteok banyak disajikan menjadi dessert yang dimodifikasi di berbagai restoran, seperti misalnya disajikan dengan ice cream di atasnya. Biasanya di dalam hotteok juga diberi isian seperti kacang merah.

 

40. Oden

thespruceeats.com

Jajanan korea yang tak kalah populernya adalah oden yang terbuat dari ikan. Konsep pembuatannya mirip dengan pempek karena merupakan ikan yang diolah dengan tepung dan kemudian digoreng. Namun biasanya oden disajikan dalam bentuk yang tipis dan kemudian ditusuk dengan tusuk sate serta bisa dimakan dengan sup hangat.

Atau ada juga orang yang mencampurkan oden ini adalam ramyeon atau tteokbokki. Karena paduan oden dengan makanan-makanan tersebut memang sangat cocok. Anda bisa menikmati oden ini dengan mudah karena banyak sekali disajikan dalam pojangmaca atau truk-truk makanan pinggir jalan di Korea. Terutama di malam hari ada banyak sekali masyarakat yang akan menikmati Oden ini.



Leave a Reply

One Response
  1. Anita Dea says:

    Terimakasih atas artikelnya sangat bermanfaat bagi kami dan penjelasannya sangat lengkap. jika anda berkenan untuk melihat website kami di https://koreanfoodkr.blogspot.com