Jehan
Jehan | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Hotel
4.59 K0

Review: Semalam di Great Diponegoro Surabaya

good service but still not perfect. Wait, is there anything really perfect in this world? Tapi tetap aja, Great Diponegoro bisa jadi salah satu referensi penginapan yang cukup layak untuk dipilih
What to Do

Great Diponegoro Surabaya Hotel

Main Lobby

Kesan pertama yang aku tangkap saat pertama kali sampai di loby room dari Great Diponegoro kemarin, aku bisa ngerasain suasana khas dari business hotel. Terlebih pada salah satu sudut mereka tersedia WiFi Cafe. Salah satu hotel di Surabaya ini memiliki desain interior ruang bergaya kontemporer dengan tema minimalis. Padu padan warna monokrom dan cerah yang sepertinya menjadi ikon dari hotel mereka, seperti oren dan biru terlihat dominan mengisi detail warna ruang perhotelan mereka.

city hotel surabaya
business hotel surabaya

Penggayaan lain yang menunjukkan tema minimalis dari Great Diponegoro juga terlihat dari berbagai macam pilihan dekoratif yang mengisi main lobby mereka; seperti meja yang hanya diberi sebuah vas bunga sebagai pemanis; atau rak majalah dengan gaya gantung yang menempel pada tembok. Suasana lobby yang mereka punya ditata sedemikian rupa dan menurutku suasananya cukup nyaman untuk menunggu.

Check-in Great Diponegoro

Sesampainya di lobby tentu saja aku langsung ke meja resepsionis mereka dan melakukan prosedural singkat berupa pengecekan identitas sebagai pengunjung. Oh ya, hotel ini memiliki aturan deposit yang berlaku untuk setiap room yang disewa oleh tamu. Uang deposit yang menjadi aturan mereka hanya Rp50.000. Tenang aja, setiap uang deposit yang diminta hotel selalu akan dikembalikan 100% saat kamu check-out kok, tentu saja dengan catatan kamu tidak merusak barang yang menjadi fasilitas atau menggunakan fasilitas lain dari hotel yang berbayar.  Jadi saat kamu diminta uang deposit, enggak perlu khawatir lagi ya!

Proses check-in di hotel kemarin, cukup cepat dan enggak ribet sama sekali. Setelah validasi pemesanan selesai, aku langsung dapat kunci kamar dari resepsionis. Karena jam kunjungan sesuai dengan jadwal masuk kamar, alhasil setelah check-in kemarin aku bisa langsung menuju kamar.

ROOM

Sebelum membahas kamar yang aku inapi, ada dekorasi ruang berupa status kamar hotel yang menurutku cukup menggemaskan dari Great Diponegoro. Menurut aku papan status kamar hotel mereka simple dan pemilihan diksi yang dipakai cukup to the point.

great diponegoro hotel surabaya

Lanjut yuk, Great Diponegoro memakai sistem kunci electronic card yang akan memudahkan setiap tamu pas lagi masuk kamar. Kunci mereka juga berfungsi untuk mengakses penggunaan lift. Jadi, pastikan saat menginap di sebuah hotel dengan tipe yang membutuhkan kunci untuk mengakses banyak ruang, jangan pernah meninggalkan kunci kalian ya!

staycation hotel surabaya


Superior Room

Memasuki ruang kamar, aku mendapati kasur dengan ukuran king berada tidak jauh dari sisi pintu. Saat masuk, hal terdekat yang aku dapati dari ruang kamar dengan nomor 923 tersebut adalah pintu kamar mandi. Nuansa kamar terlihat elegan, lagi-lagi dengan gaya simple dan minimalis. Menurut aku, dekorasi ruang mereka bener-bener nunjukin gaya bussines hotel banget sih.

Fasilitas Superior Room

Ukuran ruang kamar Superior dari Great Diponegoro tidak terlalu besar, tapi fasilitas di dalamnya cukup lengkap. Jika kamu memilih kamar paling kecil dari hotel ini, fasilitas yang akan kamu dapatkan berupa TV LED, meja, kursi, dan tempat menyimpan barang, brankas digital, slippers, dan lemari. Gimana, cukup banyakkan fasilitas yang akan kamu dapatkan?

Oya hampir lupa, mereka juga nyediain compliment berupa dua botol air mineral, teh, kopi, gula, krimer, dan kettle listrik untuk keperluan seduh menyeduh.

hotel bintang tiga surabaya
Untuk kamar mandinya sendiri menurutku ukurannya juga kecil, tapi meski lagi-lagi kecil fasilitas yang mereka beri cukup lengkap. Kamar mandi mereka menggunakan shower dan dilengkapi dengan toilet. Fasilitas penunjang lainnya berupa toiletries, dan handuk.

hotel strategis di surabaya

fasilitas hotel bintang tiga surabaya

Pengalaman Beristirahat di Superior Room

Pas pertama kali masuk ke ruang kamar, aku sangat menyayangkan sekali karena dapat kamar interconnected room alias kamar yang terhubung dengan ruang sebelah. Kekhawatiran akan istirahat yang enggak tenang beneran aku dapetin dong.

interconnected room great diponegoro

Pas malam, ada aja orang yang enggak paham soal interconnected room dan maksain buat buka pintu koneksi yang terhubung sama kamarku. Gagang pintu bener-bener di putar kenceng, ditambah sedikit dorongan pada daun pintu dan sedikit bumbu suara gedoran kencang yang buat kesal (mungkin mereka mengira itu menjadi bagian yang bisa digunakan dari ruang kamar yang mereka sewa saat itu. padahal enggal bisa!) Suara berisik dari tetangga sebelah pas nginap di Great Diponegoro kemarin cukup membuatku merasa tidak nyaman dan kesal.

Sedikit pengingat buat kamu yang ingin menginap di sebuah hotel, pastikan terlebih dahulu untuk bertanya ke pada resepsionis saat check-in mengenai ketersediaan kamar yang akan kalian inapi, hindari dan pastiin kamarmu bukan interconnected room,biar enggak berasa dunia milik bersama gitu. Biar lelap istirahat deh pokoknya. 

Info Tambahan

Great Diponegoro juga punya dua pilihan kamar lainnya: Deluxe dan Suit Room. Dua kamar tersebut berbeda dari Superior room yang aku tempati ya. Saat melihat dua jenis kamar hotel lainnya tersebut, aku dapat menyimpulkan bahwa perbedaan antara Superior dan Deluxe tidak terlalu signifikan. Ruangnya mungkin sedikit lebih besar, namun soal fasilitas antara Superior dan Deluxe hampir semuanya sama. Perbedaan lain selain ukurannya yang sedikit lebih besar, ada pada penambahan single sofa dan meja saja. Biar lebih jelas, coba deh perhatiin foto yang di bawah ini.

superior room great diponegoro hotel
superior room

deluxe room great diponegoro hotel surabaya
deluxe room

Selain kedua kamar tersebut, Great Diponegoro juga punya tipe Suite room yang ukurannya lebih besar dari kedua tipe lainnya. Ruang kamar Suite yang mereka miliki tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang lebih bagus dan tentu saja ukuran ruangannya juga jauh lebih besar. Fasilitas tambahan lain dari Suite room berupa compliment yang diberikan ke pada tamu yang menginap juga sedikit berbeda. Selain kopi, gula, krimer, air mineral, dan teh, Suite room juga ngasih tambahan makanan ringan untuk tamu ruang kamar mereka.

suite room great diponegoro hotel
suite room

Oiya buat kamu yang membutuhkan ekstra bed saat menginap di hotel ini, bisa banget untuk mengonfirmasi ketersediaan ke bagian resepsionis hotel mereka ya!

Breakfast di Zhang Resto

Selain nyobain tidur di Great Diponegoro, aku juga dapat kesempatan buat nikmatin sarapan dari Zhang Resto yang ada di sana. Berhubung aku dapat kamar dilantai 9, maka aku harus turun ke lantai 2 untuk ke restoran hotel mereka. Pas sampai di restoran seorang pegawai dengan sigap langsung menyapa dan bertanya ke padaku dari kamar berapa dan atas nama siapa. Setelah itu, mereka langsung mempersilahkan aku untuk melanjutkan langkah.

Breakfast di hotel ini disajikan dengan gaya buffet atau istilah lainnya prasmanan. Menu yang mereka miliki setiap harinya akan berubah. Jadi, buat kamu yang ingin menginap dalam jangka waktu lebih dari semalam, enggak akan dibuat bosan. Apalagi menu-menu yang mereka hidangkan pun sangat beragam.

Pas kemarin aku ke sana, mereka punya salad bar dengan berbagai macam sajian sayur dan buah potong yang bisa menjadi pilihan sebagai hidangan appetizer. Lalu pilihan untuk mine coursenya bener-bener beragam banget, dari bubur, nasi putih, sampai nasi goreng pun ada. Sayur dan lauk juga banyak pilihan, seperti sayur lodeh, ikan sc nanas, suun goreng, dan soto ayam.

buffet menu sarapan di zhang resto great hotel diponegoro
menu zhang resto
menu breakfast zhang resto great diponegoro

Buat kamu yang enggak suka dengan menu berat untuk sarapan seperti yang sudah aku sebutkan di atas, tenang aja karena mereka juga punya pilihan menu cereal yang lebih ringan. Menu dessertnya ada jajanan tradisional dan buah potong. Pas breakfast mereka juga ada live cookingnya loh. Jadi, para tamu bisa request untuk dimasakin hidangan yang sesuai dengan performance dari live cooking hari itu. Selain itu nonton live cooking bisa jadi salah satu pengalaman hiburan tambahan yang enggak membosankan.

live cooking di great diponegoro

Menu Zhang Resto

Selain menyajikan buffet menu, tamu juga diperbolehkan makan sepuasnya. Jadi setiap tamu diberikan kebebasan penuh untuk memilih menu dan porsi makan yang sesuai dengan mereka.

zhang resto surabaya
Menurutku, secara keseluruhan menu makanan dan minuman yang cukup variatif dari restoran mereka tersebut bisa jadi poin yang baik. Soal rasa, semuanya pun cukup enak. Hanya saja pas pesan telor setengah matang, garamnya terlalu banyak dan gak merata alhasil asin di beberapa bagian. Tapi menurutku, telor tetap bisa menjadi makanan yang enak untuk dinikmati.

Rasa lainnya yang aku notice ada si jamu dari Zhang Resto. Sebagai penikmat salah satu minuman khas Jawa tersebut, aku dengan sengaja ambil jamu mereka. Di meja sajian tidak tertulis jamu apa yang mereka sajikan tersebut. Pas nyobain, rasa kuatnya hanya ada dari gula jawa dan kunir saja. Jika memang ada varian rempah lainnya, maka aku sama sekali enggak bisa ngerasain itu. Aku kurang cocok dengan jamu mereka, karena rasanya yang manis banget.

Kalau ditanya menu yang memuaskan dari sarapan di Great Diponegoro kemarin apa, aku cukup suka dengan dessert yang mereka miliki. Apalagi kudapan damis roll mereka crunchy bangeet. Berhubung ini makanan penutup, rasa manisnya pas banget buat dinikmati. Enak!

Jam Operasional Breakfast Zhang Resto

Setiap hari, pukul 06:00 - 10:00 WIB

END

Harga Hotel

Nilai Plus dari Great Diponegoro menurut aku

- WiFi kenceng banget, bener-bener city hotel yang cocok buat bussines trip para traveler deh.

- Pelayan ramah dan tanggap

- Pihak hotel bener-bener merhatiin fasilitas yang mereka punya.

Jadinya setiap mata memandang, tamu bisa ngerasain suasana hotel bersih dan nyaman. Menurut aku untuk semua nilai plus dari hotel di Surabaya yang satu ini, kerasa cukup konsisten sejak awal aku datang sampai aku pulang. Mantap! Oya selain berasa business hotel, kalau dilihat dari lokasinya Great Diponegoro salah satu tipe City Hotel yang cukup strategis untuk menjangkau banyak pusat bisnis dan perbelanjaan di Surabaya. 

Harga Great Diponegoro

Dengan semua services yang mereka punya ditambah juga lokasi hotel yang strategis, harga per malam di hotel mereka yang start Rp300.000 terbilang cukup affordable. Hotel ini bisa jadi referensi teman-teman buat nginap di Surabaya nih. Biar makin yakin gimana penampakan dari Great Diponegoro, yuk pastiin di video ini!

NB: oiya mereka juga punya lounge yang nyaman loh, namanya Level Up, intip di sini yuk

How to Get There

Ikuti maps aja ya! kamu langsung masukin keyword pencarian Great Diponegoro, titik lokasi mereka gampang banget buat diikutin kok. Happy staycation!

Tips and Trick

Sediain uang tunai untuk deposit pas pertama kali check-in di sini ya.

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data