10 Tradisi Unik di Denmark Salah Satunya Membakar Penyihir


prita  August 15, 2022  0 Comment

Tradisi unik di Denmark memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke negara ini. Setiap negara memang memiliki kebudayaan dan tradisi masing-masing yang masih dipertahankan sampai saat ini. Keberagaman tradisi yang ada dari berbagai negara memang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan yang gemar menjelajah hal-hal baru.

Denmark merupakan salah satu negara yang sampai saat ini masih mempertahankan tradisi unik yang telah ada sejak dahulu. Tradisi memang menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat Denmark dan kebanyakan tradisinya kental akan kebersamaan. Nah, jika kamu berencana akan berlibur ke Denmark, berikut ini adalah daftar tradisi uniknya yang wajib untuk kamu ketahui.

1. Melompat Bersama di Tahun Baru

Melompat Saat Tahun Baru
westend61.de

Saat menyambut tahun baru, ada sebuah tradisi unik di Denmark yang cukup menarik untuk disimak, yaitu melompat bersama. Biasanya, sebelum tengah malam mereka akan berdiri di atas kursi sebelum akhirnya melompat bersama-sama saat jam menunjukkan pukul 12 tepat.

Tradisi melompat ini menjadi tanda bahwa mereka telah memasuki tahun baru tanpa membawa nasib buruk yang terjadi pada tahun sebelumnya. Tradisi ini juga sebagai lambang bahwa apapun tantangan yang akan dihadapi tahun depan, mereka akan bisa mengatasinya.

Gotravelly

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

Cobain Kuliner Jadul Di Warung Yale Yale, Bikin Ketagihan

2. Membakar Penyihir di Saint John’s Eve

Tradisi Unik di Denmark
baamboozle.com

Tradisi unik di Denmark selanjutnya adalah tradisi membakar penyihir saat Saint John’s Eve. Setiap tanggal 23 Juni, masyarakat Denmark akan merayakan festival pertengahan musim panas dengan berkumpul di sekitar api unggun.

Mereka kemudian akan menyanyikan lagu-lagu, seperti Midsommervisen oleh Holger Drachmann dan mendengarkan live band sambil menikmati ragam makanan dan minuman. Sebagai puncak dari festival tersebut, mereka akan membakar boneka penyihir di Saint John’s Eve. Menurut kepercayaan masyarakat setemoat, Saint John’s Eve diyakini sebagai tempat dimana kekuatan jahat berada. Mereka juga percaya bahwa para penyihir terbang dengan sapu mereka dalam perjalanan ke Brocken. Untuk menjauhkan kekuatan jahat tersebut, mereka kemudian membuat api unggun dan membakar boneka penyihir yang biasanya dilakukan di tempat yang tinggi.

3. Tradisi Pernikahan

Tradisi Pernikahan
bridalmusings.com

Rupanya Denmark juga memiliki tradisi unik dalam pernikahan. Saat pengantin pria keluar dari ruang resepsi, maka para tamu akan bergegas untuk mencium pengantin wanita. Tak hanya itu, hal yang sama juga akan dialami oleh pengantin pria yang mana ia akan dicium oleh para tamu wanita yang hadir. Tradisi tersebut juga menjadi salah satu tradisi unik di Denmark yang menarik untuk disimak.

4. Tradisi Ulang Tahun bagi ‘Jomblo’ saat Berusia 25

Tradisi Ulang Tahun Bagi bagi Jomblo Usia 25
istockphoto.com

Tradisi unik di Denmark yang satu ini bisa dibilang tidak mengenakkan buat para jomblo. Saat menginjak usia 25 tahun dan masih lajang, biasanya pemuda tersebut akan diseret oleh teman-temannya dan ditaburi dengan bubuk kayu manis.

Hal tersebut juga dilakukan jika masih melajang saat ulang tahun ke-30. Bedanya, saat usia tersebut mereka akan ditaburi dengan lada hitam. Unik sekali kan?

5. Satu Minggu di Juni yang Dihiasi dengan Topi Kelulusan Sekolah

Tradisi Kelulusan
merakiafashionblog.wordpress.com

Jika kamu berada di Denmark selama minggu terakhir di bulan Juni, kemungkinan besar kamu bisa mengikuti salah satu tradisi unik di Denmark, dimana sekelompok remaja akan mengenakan topi pelajar ikonik khas Denmark.

Selama akhir pekan terakhir di bulan Juni, jalanan akan dipenuhi dengan truk-truk besar yang dihias dimana para lulusan biasanya akan mampir ke rumah teman sekelas mereka untuk makan dan minum.

6. Mortensaften

Mortensaften
yourdanishlife.dk

Tradisi unik di Denmark berikutnya adalah Mortensaften. Pada tanggal 10 November, masyarakat Denmark akan merayakan Saint Martin’s Eve atau yang juga dikenal dengan sebutan Mortensaften.

Saat Mortensaften, masyarakat akan memanjakan diri dengan menikmati makan malam berupa angsa panggang. Tradisi ini bermula dari kisah seorang pria Perancis bernama Martin yang bersembunyi di sekawanan angsa untuk menghindari diangkat menjadi uskup. Namun, angsa-angsa tersebut mengkhianatinya dengan terbang menjauh. Karena itulah, Martin balas dendam dengan memberi perintah bahwa setiap keluarga di tempat tersebut harus berpesta makan angsa saat Saint Martin’s Eve.

7. Gækkebreve

Gaekkebreve
avisen.dk

Gækkebreve adalah sebuah tradisi unik di Denmark dalam memperingati Paskah. Masyarakat Denmark biasa merayakan Paskah dengan menulis surat. Namun, surat yang ditulis bukanlah surat biasa.

Surat tersebut akan dipotong dan dihias menjadi berbagai bentuk yang menarik. Teks yang ditulis pun harus berima. Kemudian penulis surat akan memberikan inisial namanya pada surat tersebut dan si peneriman harus menebah dengan benar nama si penulis surat.

Kalau si penerima bisa menebak dengan benar nama si penulis, maka ia akan mendapatkan telur atau cokelat Paskah. Namun, jika si penerima salah menebaknya, maka si penerima surat yang harus memberikan telur atau cokelat Paskah pada penulis surat. Seru sekali kan?

8. Tradisi Halloween

Tradisi Halloween
expatfamilyindenmark.wordpress.com

Tradisi unik di Denmark yang tak kalah menarik berikutnya adalah Tradisi Halloween. Tradisi tersebut ditandai dengan anak-anak yang mengenakan kostum dan berjalan-jalan di sekitar lingkungan sambil mengetuk pintu untuk meminta permen atau uang.

Tradisi tersebut memang sudah ada sejak abad pertengahan dan masih berlangsung sampai saat ini. Namun, di masa lalu, halloween dirayakan dengan cara sedikit berbeda dan agak menyeramkan, yaitu dengan menggantung angsa secara terbalik dan yang pertama kali bisa merobek kepalanya akan menjadi pemenangnya. Menyeramkan sekali ya? Untungnya tradisi tersebut sudah tidak pernah dilakukan lagi.

9. Blue Monday

Blue Monday
telegraph.co.uk

Blue Monday juga masuk dalam daftar tradisi unik di Denmark yang masih sering dilakukan sampai saat ini. Blue Monday adalah satu hari setelah Confirmation Day. Confirmation Day merupakan sebuah acara agama wajib yang pertama kali dihelat di tahun 1736 saat Christian VI memutuskan bahwa hal tersebut menjadi cara yang baik untuk menguji dan memperkuat keimanan.

Saat Blue Monday, remaja yang telah melakukan Confirmation Daya, tidak harus pergi ke sekolah. Sebaliknya, mereka bebas merayakannya dengan berkeliaran di Tivoli, berbelanja hingga makan siang di restoran.

10. Minum Bir saat Natal

Minum Bir Saat Natal
craftbeer.com

Tradisi unik di Denmark yang terakhir adalah minum bir saat Natal. Masyarakat Denmark menyambut awal musim Natal dengan perayaan yang cukup meriah dengan mendekor seluruh kota dengan lampu-lampu khas Natal yang cantik.

Mereka juga biasanya menikmati malam sambil menikmati segelas bir bersama orang terdekat. Bir tersebut biasanya dibagikan secara gratis oleh pria berkostum santa claus.

Nah, itulah tadi daftar tradisi unik di Denmark yang sampai saat ini mungkin masih dilaksanakan. Cukup menarik bukan? Menurut kamu, tradisi mana yang paling unik?



Leave a Reply