10 Air Terjun Terindah di Islandia Pesonanya Tiada Tara


prita  November 30, 2021  0 Comment

Air terjun terindah di islandia – Islandia adalah salah satu Negara yang cukup menarik untuk dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidup. Negara ini memang dianugerahi wisata alam yang indah dan tak banyak ditemukan di Negara lain. Islandia dikenal sebagai Negara terbaik untuk menikmati indahnya Northern Light, namun tak hanya itu, Negara yang dijuluki sebagai Negara Api dan Es ini memiliki deretan air terjun yang indah dan patut untuk dikunjungi. Jika kamu berencana untuk berlibur ke Islandia, Berikut ini adalah air terjun di Islandia yang wajib untuk kamu kunjungi

1. Air Terjun Gullfoss

 Air Terjun Gullfoss
inews.id

Air terjun di Islandia pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Gullfoss. Air terjun yang berada di Sungai Hvita ini mengalir dari Danau Hvitarvatn dan Gletser Langjokull.

Air terjun indah ini memiliki tinggi hingga 100 kaki dengan dua tingkatan, yang mana tingkat keduanya ukurannya dua kali dari ukuran yang pertama. Nama Gullfoss sendiri memiliki arti “Air Terjun Emas”, hal ini dikarenakan air terjun ini berwarna keemasan jika terkena sinar matahari dan terlihat sangat indah. Untuk berkunjung ke Air Terjun Gullfoss, kamu bisa mengikuti Tur Lingkaran Emas yang mana air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisatanya.

gotravelly

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

2. Air Terjun Hengifoss

Air Terjun Hengifoss
goteamjosh.com

Air Terjun Hengifoss juga menjadi salah satu air terjun di Islandia yang wajib untuk kamu kunjungi. Air Terjun Hengifoss merupakan air terjun paling indah di Islandia Timur dengan ketinggian 420 kaki.

Air terjun yang juga mendapat julukan sebagai Hanging Falls ini bisa ditempuh melalui dua rute yang berbeda. Tentunya dibutuhkan tenaga ekstra untuk menuju ke air terjun ini karena kamu harus mendaki selama 50 menit untuk tiba disana. Namun, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan membuat rasa lelahmu sirna seketika.

3. Air Terjun Glymur

Air Terjun Glymur
guidetoiceland.is

Air terjun di Islandia yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Air Terjun Glymur. Air Terjun Glymur ini merupakan air terjun terbesar kedua di Islandia dan berada di Botnsdalur Valley.

Untuk menuju ke air terjun ini, dibutuhkan waktu sekitar 90 menit perjalanan dari ibukota Islandia.

Tak hanya itu, perjalanan harus dilanjutkan dengan mendaki selama dua jam untuk menuju ke air terjun. Namun, semua rasa lelah tentu akan sirna karena selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang indah. Rute pendakian ini mencakup lengkungan batu yang indah, Sungai Botnsa dan fjord yang indah, yaitu Hvalfjordur.

4. Air Terjun Seljalandsfoss

Air Terjun Seljalandsfoss
pinterest.com

Berada di kawasan pantai selatan Islandia, Air Terjun Seljalandsfoss merupakan salah satu air terjun di Islandia yang tak boleh untuk kamu lewatkan begitu saja. Air terjun setinggi 200 kaki ini memiliki air yang mengalir dari tebing kuno menuju ke kolam alami.

Air terjun cantik ini berada di Sungai Seljalandsa yang mengalir dari Gletser Eyjafjallajokull. Menariknya, kamu bisa berjalan di belakang air terjunnya sehingga memberikan perspektif yang berbeda. Namun, pastikan kamu menggunakan pakaian tahan air karena kamu akan terkena tempias dari air terjunnya. Kamu bisa berkunjung ke air terjun ini pasa semua musim selain musim dingin karena licin dan berbahaya.

5. Air Terjun Skogafoss

Air Terjun Skogafoss
adventures.is

Air terjun di Islandia yang tak boleh kamu lewatkan berikutnya adalah Air Terjun Skogafoss. Air terjun ini merupakan salah satu yang populer di kalangan wisatawan karena aksesnya yang mudah dicapai.

Air terjun ini berada dekat dengan Ring Road di Desa Skogar dengan ketinggian 200 kaki dan lebar 80 kaki. Tak hanya bisa menikmati keindahan air terjun ini dari bawah, kamu juga bisa menikmatinya dari ketinggian dengan berjalan ke puncaknya. Air terjun ini memang memiliki tebing yang indah dan bisa didaki. Bahkan, kamu bisa melihat indahnya pelangi yang terbentuk dari percikan air terjun yang terena cahaya matahari sehingga menjadikannya sebagai spot foto yang indah.

6. Air Terjun Svartifoss

 Air Terjun Svartifoss
campingiceland.com

Air Terjun Svartifoss ini merupakan salah satu air terjun di Islandia yang berlokasi di Taman Nasional Vatnajokull. Air terjun ini juga dianggap sebagai salah satu air terjun terindah di Islandia, namun dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya.

Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit mendaki untuk tiba di air terjun setinggi 65 kaki ini. Kamu tak perlu khawatir karena jalur pendakian disini sudah dilengkapi dengan rambu-rambu. Menariknya, selama perjalanan menuju Air Terjun Svartifoss ini kamu bisa sekaligus melihat tiga air terjun lainnya, seperti Hundafoss, Þjófafoss dan Magnusarfoss. Nama Svartifoss sendiri memiliki arti Air Terjun Hitam, hal ini dikarenakan kolom lava gelap yang berada di dekatnya.

7. Air Terjun Kirkjufellsfoss

Air Terjun Kirkjufellsfoss
locationscout.net

Air terjun di Islandia yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Kirkjufellsfoss yang berada di Semenanjung Snæfellsnes. Air terjun ini memiliki ukuran yang lebih kecil, namun memiliki tiga aliran terpisah dari punggung Gunung Helgrindur.

Air terjun ini tentu menawarkan pemandangan yang sangat menawan dengan Gunung Kirkjufell sebagai latar belakangnya. Air Terjun Kirkjufellsfoss memang menjadi tempat sempurna untuk menikmati Northern Light saat musim dingin. Tak hanya menjadi tempat terbaik untuk melihat Aurora, matahari tengah malam saat musim panas juga menjadi pemandangan yang sama indahnya untuk dinikmati.

8. Air Terjun Aldeyjarfoss

Air Terjun Aldeyjarfoss
photography-iceland.photo

Air Terjun Aldeyjarfoss juga masuk dalam daftar air terjun di Islandia yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Air terjun ini memang tidak mudah diakses karena kamu akan memutuhkan kendaraan 4WD untuk mencapai kesana.

Setelah menaiki kendaraan 4WD, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan sejauh 25 mil dari jalan utama. Namun tak perlu khawatir karena pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah. Air terjun setinggi 65 kaki ini menawarkan air gletser yang jatuh ke pita sempit sehingga menampilkan pemandangan yang sangat indah.

9. Air Terjun Dettifoss

 Air Terjun Dettifoss
westend61.de

Air Terjun Dettifoss atau yang sering dijuluki sebagai The Beast ini juga menjadi salah satu air terjun di Islandia yang sayang sekali untuk dilewatkan. Air terjun ini memang sangat terkenal sebagai air terjun paling kuat di Eropa.

Air terjun setinggi 150 kaki dan lebar mencapai 300 kaki ini menjatuhkan hampir 200 meter kubik air yang mengalir deras setiap detiknya. Jika kamu melihatnya dari dekat, maka kamu akan merasakan tanahnya yang bergetar hebat. Sayangnya, air terjun cantik ini tak bisa kamu kunjungi saat musim dingin karena saljunya yang cukup berbahaya.

10. Air Terjun Hraunfossar

 Air Terjun Hraunfossar
iceland-photo-tours.com

Air terjun terindah di Islandia yang terakhir adalah Air Terjun Hraunfossar. Air terjun yang mendapat julukan sebagai Air Terjun Lava ini lokasinya hanya satu jam perjalanan dari Reykjavik.

Air terjun ini memunculkan air bagaikan lava sehingga menciptakan pemandangan yang indah sekaligus unik. Air terjun ini jatuh ke anak sungai yang jaraknya hampir 3000 kaki. Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun ini memiliki akses yang mudah, bahkan kamu bisa menikmati indahnya air terjun ini sambil menikmati secangkir kopi di café.



Leave a Reply