10 Jenis Permen di Dunia, Sudah Coba Semua Belum?


prita  March 23, 2021  0 Comment

Siapa sih yang ngga suka permen? Hampir semua orang di dunia ini tentu menyukainya. Permen merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki berbagai rasa. Permen juga memiliki banyak varian jenis dan warna yang menarik dan menggoda untuk dicicipi. Ada permen dengan rasa manis yang mempu membuatmu semangat, apa permen untuk melegakan mulut da nada juga permen yang unik. Begitu banyak permen di dunia ini yang mungkin sangat menarik untuk dicoba. Nah, seperti berikut ini adalah 10 jenis permen di dunia yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kamu.

1. Lollipop

Lollipop
nationaltoday.com

Jenis permen di dunia yang pertama adalah Lollipop. Jenis permen yang satu ini sangat mudah diingat dan mudah untuk dilafalkan karena memiliki ciri khas.

Permen Lolipop ini menempel pada sebuah stik tipis yang terbuat dari plastik. Tak hanya plastik, ada juga stik yang terbuat dari kayu. Berbagai jenis permen lollipop ini banyak ditemui dan yang paling terkenal adalah yang bentuknya melingkar seperti kue perut ayam.

Ukuran dari permen lollipop ini pun bervariasi, mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar. Permen ini pun sangat menggoda karena memiliki warna yang cantik. Permen lollipop biasanya memiliki tekstur yang keras, namun ada juga yang bentuknya bulat seperti bola.

Review Kuliner

Berwisata Di Kampung Coklat

Liburan Ala New Normal Di Cimory Dairyland And Resto!

2. Nougat

Nougat
thespruceeats.com

Nougat juga menjadi salah satu jenis permen di dunia yang cukup banyak digemari. Permen asal Perancis ini menggunakan bahan utama berupa madu atau gula, kacang panggang dan buah kering.

Nougat memiliki tekstur yang bisa menjadi lunak atau keras, tergantung dengan bahan yang digunakan. Tak hanya itu, nougat juga memiliki dua macam jenis, yaitu nougat putih dan nougat cokelat. Nougat putih biasanya dibuat dari putih telur yang dikocok sampai halus, sementara nougat cokelat dibuat dari caramel.

3. Cotton Candy

Cotton Candy
popsugar.com

Kamu yang masa kecilnya suka pergi ke pasar malam, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis permen yang satu ini. Cotton Candy atau permen kapas ini merupakan salah satu jenis permen di dunia yang cukup banyak penggemarnya, bahkan dari segala usia.

Proses pembuatan cotton candy ini pun sering bisa dilihat saat kita sedang membelinya, yaitu dengan menuangkan gula pasir yang telah diberi pewarna, kamudian dipanaskan sambil diputar. Permen ini memiliki tekstur yang lembut seperti kapas. Saat dimakan, permen ini langsung lenyap di mulut. Sekarang, kamu bisa menemukan cotton candy dalam berbagai bentuk dan warna. Bahkan, kamu bisa menemukan permen ini berbentuk karakter animasi yang terkenal, seperti Spongebob hingga Hello Hitty.

4. Permen Jelly

Permen Jelly
bonappetit.com

Permen Jelly juga menjadi salah satu jenis permen di dunia yang cukup digemari. Permen jenis ini memiliki tekstur kenyal dan empuk yang sangat disukai oleh anak-anak.

Permen Jelly ini terbuat dari air, sari buah dan bahan pembentuk gel. Biasanya bahan pembentuk gel yang digunakan adalah gelatin, karagenan dan agar-agar. Permen jelly ini biasanya dibalut dengan gula sehingga rasanya semakin lezat dan untuk menyimpannya pun tidak boleh diletakkan di tempat yang panas karena akan mudah meleleh. Sekarang permen jelly ini memiliki berbagai jenis bentuk dan rasa sehingga sangat menarik untuk dicoba.

5. Marshmallow

Marshmallow
verywellfit.com

Marshmallow juga menjadi salah satu jenis permen di dunia yang memiliki rasa tak kalah nikmat dari permen lainnya. Manisan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut seperti busa.

Marshmallow juga tersedia dalam berbagai bentuk, aroma dan warna. Marshmallow memiliki ciri khas yaitu mudah meleleh dalam mulut atau saat dipanggang. Hal tersebut dikarenakan bahan pembuatannya yang terdiri dari gula atau sirup jagung putih, gom arab, telur, gelatin dan perasa yang dikocok sampai mengembang.

6. Chewing Gum

Chewing Gum
thejakartapost.com

Jenis permen di dunia yang satu ini juga cukup digemari oleh banyak orang, yaitu Chewing Gum atau dalam Bahasa Indonesia nya adalah Permen Karet. Chewing Gum ini menjadi salah satu permen yang sangat asyik untuk dimakan karena bisa dimainkan. Kamu bisa mengunyah permennya kemudian meniup hingga membentuk lingkaran atau bubble.

Permen karet juga memiliki berbagai macam rasa, mulai dari rasa buah hingga rasa mint. Bedanya dengan jenis permen lainnya, permen karet ini tidak bisa ditelan. Kamu hanya bisa mengunyah sampai rasanya hambar, kemudian dikeluarkan dan dibuang

7. Licorice Candy

Jenis Permen di Dunia
bomboyscandy.com

Jenis permen di dunia yang satu ini juga tak kalah banyak penggemarnya. Licorice Candy bisa dibilang cukup berbeda dengan jenis permen lainnya karena permen ini berbahan dasar ekstrak tanaman akar manis glycyrrhizaglabra.

Ekstrak tersebut kemudian diberi tambahan gula dan pengental yang terbuat dari sari pati tepung terigu, gom arab dan gelatin. Licorice Candy ini memiliki bentuk yang bermacam-macam, salah satunya adalah bentuk twister yang membuatnya terlihat seperti lilin.

8. Turkish Delight

Turkish Delight
grandturkishbazaar.com

Turkish Delight juga menjadi salah satu jenis permen di dunia yang cukup banyak diburu. Biasanya, permen ini menjadi oleh-oleh wajib wisatawan saat berlibur ke Turki.

Permen ini memiliki nama asli Lokum atau Cyprus Delight dan terbuat dari campuran tepung atau gula bubuk dengan air mawah atau lemon. Tak hanya itu, permen ini juga ditambahkan dengan potongan kecil walnut, kenari atau almond.

Permen ini memiliki tekstur yang kenyal seperti jelly. Maka tak heran jika permen ini mampu bertahan sejak pertama kali ditemukan pada abad ke-15 dan sekarang semakin merambah ke berbagai Negara.

9. Permen Jahe

Permen Jahe
m.omiyago.com

Jenis permen di dunia yang satu ini pasti sudah tak asing lagi ya guys. Yap, permen jahe merupakan salah permen asal Indonesia dan masih banyak ditemui sampai saat ini.

Permen jahe ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan kerennya adalah permen ini pernah dicatat dalam buku “Island of Java” karya John Joseph Stockdale yang merupakan warga Inggris. Permen Jahe ini pun menjadi cukup terkenal di Eropa karena mampu menyembuhkan flatulensi atau kembung. Tak hanya itu, permen jahe juga bermanfaat mampu melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

10. Brigadeiro

variasi Jenis Permen di Dunia
realfood.tesco.com

Jenis permen di dunia yang terakhir adalah Brigadeiro. Jenis permen ini terbuat dari susu dan bubuk kokoa dan berasal dari Brazil.

Nama Brigadeiro sendiri diambil dari nama seorang jendral Angkatan Udara Brazil, yaitu Brigadier Eduardo Gomez yang telah berjasa membasmi kawanan pemberontak pada tahun 1940an. Di Brazil, biasanya Brigadeiro disajikan saat perayaan ulang tahun. Permen ini tak hanya bisa dikonsumsi langsung, tapi juga bisa dijadikan hiasan kue dan es krim.

Demikianlah 10 jenis permen di dunia yang rasanya legit dan banyak ditemukan di sekitar kamu. Diantara 10 permen diatas, permen mana nih yang menjadi favorit kamu dan sering kamu makan?



Leave a Reply