Kelezatan 10 Makanan Khas Skotlandia, Seporsi Mana Cukup!


Reni  November 11, 2019  0 Comment

Salah satu negara yang berada dibagian Eropa Utara adalah Skotlandia. Jika berkunjung ke Eropa, Skotlandia adalah salah satu negara yang memiliki banyak kuliner enak yang wajib dinikmati. Makanan khas Skotlandia umumnya adalah makanan tradisional yang telah dikonsumsi masyarakat sejak zaman dulu kala.

Makanan Khas Skotlandia

1. Haggis

makanan khas skotlandia

Haggis adalah makanan khas Skotlandia dan wajib dicicipi saat berkunjung ke negara tersebut. Makanan ini terbuat dari jeroan domba seperti dari paru-paru, jantung atau hati domba. Agar menghasilkan citarasa khas, makanan dimasak dengan bumbu dan rempah tertentu. Bahan makanan dicampur dengan rempah, bawang, outmeal dan kadang diberi suet atau lemak.
Semua bahan tersebut dicampur dan dimasukkan ke dalam lambung domba lalu direbus hingga matang. Namun saat ini haggis tidak selalu dimasak dengan lambung domba, pembungkus dapat diganti bahan lainnya yang lebih mudah ditemukan. Cara menyantap haggis adalah disajikan dengan mashed potato atau kentang.

Gotravelly

Mencicipi Ramen Monster Di Tokyo Belly

Makan Di Kimbap Rina: Kedai Halal Khas Korea

2. Cullen Skink

kuliner khas skotlandia

Cullen skink adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kentang dengan campuran ikan haddock. Kedua bahan dasar tersebut diolah hingga menyerupai cream sup yang sangat nikmat untuk disantap saat berkunjung ke Skotlandia. Makanan yang disajikan dengan roti ini berasal dari kota Cullen, yaitu sebuah kota di negara Skotlandia.
Makanan tradisional Skotlandia ini sangat mudah ditemukan jika Anda tertarik untuk menikmatinya. Anda bisa memesan cullen skink di hotel tempat menginap atau restoran yang dikunjungi saat berada di Skotlandia. Biasanya makanan ini digunakan sebagai salah satu menu pembuka sebelum disajikan makanan lainnya.

Baca juga :  Ini 9 Makanan Khas Ukraina yang Lezat dan Wajib Dicoba!

3. Arbroath Smokie

makanan negara skotlandia

Arbroath smokie sesuai dengan namanya merupakan makanan yang berasal dari kota Arbroath. Makanan khas ini ditemukan secara tidak sengaja ketika terjadi kebakaran besar di gudang penyimpanan ikan haddock. Gudang penyimpanan tersebut berisi ikan haddock yang sedang diasinkan dan hangus terpanggang akibat kebakaran yang melandanya.
Namun kejadian tersebut menciptakan cita rasa ikan haddock yang unik dan enak untuk disantap. Saat ini arbroath smokie dibuat dengan ikan haddock yang di asapi atau smoked fish. Makanan ini banyak digemari masyarakat sekitar terutama yang berada di kota Arbroath. Bagi Anda yang mengunjungi Skotlandia menu satu ini wajib untuk dinikmati.

4. Dundee Cake

kuliner wajib coba di skotlandia

Dundee cake adalah salah satu makanan khas yang dibuat dengan bahan-bahan mahal. Bahan dasar pembuatannya adalah kismis, kacang almund dan beberapa kulit buahan. Hidangan khas ini dibuat pada abad ke 19 oleh sebuah perusahaan pembuat makanan. Dundee cake diproduksi secara massal dan dipopulerkan oleh perusahaan tersebut.
Kue ini berbentuk sederhana layaknya kue biasa berwarna coklat tua. Namun terdapat kacang almund dibagian atas kue yang tersusun unik. Kacang almund disusun sedemikian rupa namun sangat rapi sehingga menarik dipandang mata. Selain di Skotlandia, makanan khas ini dapat juga ditemukan pada negara lainnya yaitu Inggris.

5. Cranachan

makanan enak di skotlandia

Makanan khas satu ini dapat dijadikan salah satu menu hemat saat jalan-jalan ke negara Skotlandia. Cranachan adalah jenis dessert atau pencuci mulut tradisional yang terdapat di Skotlandia. Bahan dasar pembuatannya adalah outmeal. Bahan dasar tersebut dipanggang lalu kemudian dicampur dengan whipped cream, madu dan buah raspberi.
Makanan ini disajikan dengan cara meracik sendiri. Semua bahan telah disediakan lalu setiap yang ingin menikmatinya dapat mencampur semua bahan yang ada sesuai selera sendiri. Cranachan juga cocok dibuat untuk sarapan dan dapat dicampur dengan keju. Makanan khas ini awalnya digunakan untuk perayaan panen buah raspberi saat musim panas.

Baca juga :  7 Rekomendasi Soto Madura Enak di Surabaya

6. Stovies

kuliner enak di skotlandia

Makanan khas satu ini sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai kentang. Stovies adalah makanan yang dimasak dengan menggunakan bahan dasar kentang yang dicampur dengan sayuran. Sayuran yang sering menjadi campuran adalah wortel dan campuran bawang bombai. Stovies menjadi lebih enak lagi karena diberi campuran daging.
Daging yang digunakan adalah daging cincang, kornet dan daging sapi panggang. Citarasa dari kentang dan daging ini menyatu menjadi sebuah makanan khas yang menarik untuk dicoba. Stovies biasanya disajikan dengan oatcake. Rasa yang dihasilkan akan semakin beragam dengan kombinasi daging, kentang, sayur dan oatcake.

7. Neeps dan Tatties

makanan enak di skotlandia

Neeps dan Tatties adalah salah satu makanan khas negara skotlandia yang dapat dinikmati saat berkunjung ke Eropa. Lobak dan kentang adalah bahan dasar makanan khas ini. Pembuatannya dilakukan dengan menumbuk kedua jenis bahan dasar tersebut. Neeps dan Tatties dapat dihidangkan dengan haggis atau jenis makanan lain.
Neeps atau lobak adalah bahan makanan yang banyak ditemukan di negara Skotlandia. Sehingga makanan ini sangat mudah ditemukan dinegara tersebut. Sebelum disajikan neeps dan tatties dimasak dengan campuran white papper, butter dan seasalt. Campuran tersebut membuat citarasa yang sederhana namun sangat enak untuk dinikmati.

8. Macaroni Pie

kuliner enak di skotlandia

Salah satu makanan khas Eropa yang terkanal adalah macaroni pie. Tidak hanya di Skotlandia, makanan ini banyak tersebar di seluruh penjuru Eropa. Namun macaroni pie yang berada di Skotlandia memiliki ciri khas tersendiri. Macaroni pie Skotlandia terbuat dari bahan baku makaroni dan keju yang sangat enak. Kedua bahan ini dimasukkan ke dalam cangkang makaroni.
Setelah dimasukkan ke dalam cangkang makaroni, proses selanjutnya adalah dipanggang hingga keras. Bagian luar tampak keras dan gurih namun bagian dalam sangat lembut karena ada lelehan keju. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan saat berkunjung ke Skotlandia. Makaroni dan keju yang kaya rasa juga sangat cocok untuk yang menyukai kedua bahan tersebut.

Baca juga :  25 Makanan Khas Malaysia ini Bikin Ketagihan

9. Scotch Pie

makanan scotlandia

Pie adalah salah satu makanan yang telah terkenal di seluruh dunia. Skotlandia memiliki makanan khas berupa pie dengan citarasa berbeda. Scotch pie di Skotlandia berukuran kecil dan banyak dijadikan sebagai camilan. Teksturnya mirip seperti macaroni pie yang keras diluar namun sangat empuk dibagian dalamnya.
Pie tradisional ini memiliki isian yang terbuat dari daging cincang. Rasa scotch pie sangat enak karena terbuat dari daging domba atau jenis daging lainnya. Daging ini dicincang dan dibumbui dengan berbagai rempah sebelum dijadikan isian scotch pie. Makanan ini banyak dihidangkan dalam setiap acara-acara yang di selenggarakan pada negara Skotlandia.

10. Bridie

makanan khas negara skotlandia

Forfar bridie atau die adalah makanan Skotlandia yang sejenis dengan kue. Makanan ini berasal dari sebuah kota di Skotlandia, yaitu kota Forfar. Kue ini adalah pie daging yang dibuat menggunakan bahan dasar daging sapi cincang. Daging ini ditambahkan dengan berbagai macam rempah dan bumbu tertentu sebelum dilakukan proses memasak.
Bridie memiliki citarasa gurih, renyah dan sedikit asin. Bridie adalah nama sebutan yang diucapkan oleh seorang tukang roti dikota tersebut. Forfar bridie banyak dihidangkan sebagai salah satu camilan pada acara pesta pernikahan. 10 jenis makanan khas Skotlandia seperti di atas dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke negara tersebut.
Meski Skotlandia tidak begitu terkenal dengan kulinernya, namun makanan-makan tersebut sangat enak untuk dinikmati. Bagi masyarakat Indonesia yang beragama Islam, makanan tersebut dapat dinikmati karena terbuat dari bahan-bahan halal.



Leave a Reply