Terkenal di Dunia karena Kelezatan Makanannya, Berikut 30 Makanan Khas Meksiko yang Mendunia


sisil angelin  March 12, 2019  0 Comment

Makanan khas Meksiko masuk dalam itinerary perjalanan ke Meksiko? Meksiko memang menjadi salah satu Negara di kawasan Amerika Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak hanya memiliki keindahan alam serta budaya yang unik, Negara ini juga terkenal memiliki makanan khas yang kelezatannya telah mendunia. Kuliner Meksiko memang terbilang cukup unik karena dibuat dengan bumbu-bumbu dan bahan-bahan khusus yang sangat jarang ditemukan di tempat lain. Ragam hidangan khas Meksiko yang cukup populer dan banyak diburu wisatawan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Nah, jika anda tertarik untuk berlibur kesana, berikut ini adalah daftar makanan khas Meksiko yang layak untuk Anda coba.

Yuk simak ulasan mengenai makanan khas Meksiko berikut ini

1. Burritos

Burritos
leedsbars.co.uk

Burritos adalah salah satu makanan khas Mexico yang wajib anda coba ketika berkunjung. Burritos sebenarnya jenis makanan yang mirip dengan kebab Turki. Yang membedakan burritos dengan kebab terletak pada isinya. Burritos berisi dengan daging dan pasta kacang kemudian digulung menjadi satu bersama roti tortila.

gotravelly

Touring Brastagi

Ichi Sushi, Sajikan Masakan Jepang Halal Di Gresik

2. Tacos

Tacos
tacosmexico.com

Makanan Khas Mexico selanjutnya adalah Tacos. Tacos adalah makanan yang terdiri dari roti tortila dengan isian daging, anda juga bisa memilih jenis daging yang anda sukai seperti daging sapi, babi, ayam dengan dilengkapi isian sayur seperti daun selada, tomat lalu diberi keju. Untuk pelengkap dalam menyantap makanan ini anda bisa memilih antara saus guacamole atau saus salsa untuk menambah cita rasanya.

3. Fajita

Fajita adalah salah satu makanan khas Mexico. Fajita adalah makanan yang berbahan dasar daging, cara mengolah daging ini dengan cara di grill di atas wajan panas. Untuk anda yang ingin menikmati fajita ini anda bisa memilih jenis daging yang anda inginkan, jenis daging yang biasanya digunakan pada masakan ini adalah daging sapi, daging ayam, atau anda juga bisa menggunakan seafood. Untuk kelezatannya jenis makanan ini tidak diragukan lagi, karena fajita adalah makanan Mexico yang sudah mendunia.

4. Nachos

Sebenarnya nachos ini cara pengolahannya sangat mirip dengan tacos. bahan dasarnya berasal dari keripik jagung. Untuk pelengkap dalam menyantap nachos ini anda bisa menambahkan saus keju. Nachos juga bisa dikreasikan dengan bahan dasar daging sapi giling dengan tambahan saus keju, acar, jalapeno dan zaitun iris. makanan khas Mexico ini dijamin makanan sehat yang bisa anda konsumsi kapan saja.

5. Tamales

Tamales
thespruceeats.com

Makanan Khas Mexico selanjutnya adalah tamales. Tamales adalah salah satu kuliner tradisional yang berasal dari Mexico. Untuk anda yang berkunjung ke Negara ini anda wajib mencoba makanan khas Mexico ini. Tamales ini bahan dasarnya terbuat dari tepung jagung. Untuk isian dagingnya anda bisa memilih antara daging sapi atau daging babi, dan dilengkapi sayuran dan keju kemudian digulung.

6. Enchilada

Enchilada
youtube.com

Enchilada adalah makanan khas Mexico yang wajib ada di setiap menu. Enchilada ini terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas yang terdiri dari roti tortila dan di beri isian daging, keju, sayuran kentang, anda juga bisa menggunakan isian dengan menggunakan makanan laut . Setelah roti tortila diberi isian langkah selanjutnya adalah digulung dan disiram dengan saus cabe diatasnya atau anda juga bisa mencampur langsung bermasa isian enchilada.

7. Quesadilla

Quesadilla
foodnetwork.com

Datang ke Negara Mexico anda wajib mencoba makanan tradisional dari Mexico seperti makanan Quesadilla. Untuk membuat quesadilla ini menggunakan bahan dasar daging ayam. Untuk roti tortila anda bisa memilih roti yang terbuat dari jagung atau terbuat dari tepung terigu. Untuk sausnya biasanya makanan ini menggunakan saus keju atau keju mozzarella. 

8. Guacamole 

Guacamole
tasteofhome.com

Masyarakat Mexico menjadikan alpukat menjadi saus yang lembut dan gurih. Tekstur yang lembut memberikan sebuah sensasi yang berbeda ketika menyantapnya. Alpukat pada umumnya sering digunakan untuk membuat salad, isian sandwich atau jus, di tangan masyarakat mexico alpukat digunakan untuk membuat saus yang unik dan lezat.

Untuk anda yang ingin membuat guacamole ini langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghaluskan buah alpukat, setelah alpukat halus langkah kedua anda bisa mencampurkan air jeruk lemon atau air jeruk nipis. Saus guacamole ini biasanya di sandingkan bersama makanan khas Mexico.

9. Naked Burrito

Naked Burrito
archanaskitchen.com

Chile burrito adalah Makanan Khas Mexico. Sebenarnya makanan ini sama seperti pada burrito pada umumnya yang membedakan terletak pada cara penyajian yang tidak menggunakan kulit tortila. Banyak orang beranggapan jika jenis makanan ini tidak berasal dari Negara Mexico karena masyarakat Mexico selalu menggunakan kulit tortila sebagai bahan utamanya.

Walaupun tidak menggunakan kulit tortila dalam pembuatan naked buritto anda tidak perlu khawatir mengenai kelezatannya karena makanan ini rasanya hampir sama dengan burrito pada umumnya. Naked burrito dibuat untuk mempermudah seseorang yang tidak suka ketika mencicipi burrito.

10. Taquito

Taquito adalah makanan dari mexico yang wajib anda coba ketika singgah di Negara Mexico. Jika dilihat sekilas makanan ini sangat mirip dengan lumpia khas dari semarang. Taquito ini biasanya disebut dengan taco gulung atau flautas yang mempunyai arti taco emas yang terbuat dari roti tortila

Cara membuatnya dengan menggunakan bahan dasar roti tortila dan diberi isi daging sapi, keju atau potongan ayam kemudian digulung, setelah digulung kemudian digoreng hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan. Untuk pelengkap taquito biasanya dihidangkan dengan saus yang terbuat dari krim asam dan guacamole.

11. Mole pablano

Mole pablano
gdaysouffle.com

Makanan Khas Mexico selanjutnya adalah mole pablano. Makanan ini terbuat dari 20 bahan makanan yang salah satu bahannya adalah lada dan cokelat. Nama mole ini sebenarnya diambil dari nama saus yang sering disajikan dengan makanan Mexico. Mole pablano biasanya disajikan pada saat acara pernikahan, ulang tahun, natal dan pembaptisan, mole pablano ini disajikan bersama dengan daging kalkun.

12. Cemita

Cemita
simplecomfortfood.com

Dari namanya saja sudah cantik apalagi rasanya. Camita ini makanan yang sebenarnya mirip dengan sandwich. makanan khas Mexico ini  menggunakan bread roll dan disajikan dengan potongan buah alpukat yang segar, daging, keju putih, bawang, herba papalo dan salsa roja merah. Dijamin makanan khas mexico ini tidak akan mengecewakan lidah penikmatnya.

13. Chilaquiles 

Chilaquiles
thespruceeats.com

Bahan dasar chilaquiles ini terbuat dari roti tortila yang dipotong menjadi empat bagian kemudian digoreng, setelah digoreng tortila diberi salsa hijau atau merah. Untuk anda yang belum tahu apa itu salsa? Salsa adalah saus yang terbuat dari tomat, bawang, kacang, jagung dan rempah-rempah pilihan.

Untuk anda yang tidak menyukai salsa, anda juga bisa mencoba saus lain seperti saus mole yang terbuat dari bahan dasar lada, roti, rempah, cokelat dan kacang. Chilaquiles ini akan diberi tambahan toping seperti toping bacon, keju atau daging ayam.

14. Chicken Burrito

Chicken Burrito
foodandwine.com

Makanan khas mexico selanjutnya adalah chicken burrito. Hidangan ini terdiri dari irisan daging ayam atau cincang dan dilengkapi dengan aneka sayuran segar dan bergizi kemudian digulung bersama roti tortila, dijamin menu makanan ini menjadi menu alternatife yang lezat dan sehat.

15. Churros

Churros
thecuriouscoconut.com

Churros adalah makanan manis yang berasal dari Negara Mexico yang sudah mendunia. Churros ini terbuat dari adonan tepung, telur, dan gula pasir yang digoreng hingga menjadi kecokelatan. Bentuknya yang panjang dan rasanya yang manis, tekstur yang renyah membuat makanan ini populer dan selalu dicari bagi penikmatnya.

Untuk menambah kenikmatan churros ini disajikan dengan beberapa topping seperti taburan kayu manis, lelehan cokelat dan gula bubuk. Untuk mengikuti perkembangan zaman churros atau roti goreng ini dikombinasikan bersama es krim dan toping gula warna-warni.

16. Dorilocos

Dorilocos
eater.com

Dorilocos merupakan makanan khas Meksiko yang wajib untuk anda coba selanjutnya. Dorilocos merupakan makanan ringan khas Mexico yang sangat ikonik dan kabanyakan wisatawan yang datang kesana harus mencobanya.

Dorilocos merupakan doritos yang telah dipotong terbuka dan diberi isian seperti keripik lainnya. Seperti Cheetos, saus pedas, kacang, sayuran, jagung dan masih banyak lagi lainnya. Dorilocos ini banyak disajikan dalam berbegai rasa sehingga menambah selera untuk menikmatinya.

17. Romeritos

Romeritos
lamichoacanameatmarket.com

Romeritos merupakan salah satu makanan tradisional khas Meksiko yang cukup populer dan banyak menjadi buruan wisatawan. Romeritos biasanya disajikan selama musim Natal yang meriah dan Pra-paskah.

Nama dari sajian ini berasal dari sebuah tanaman liar dengan nama yang sama. Tanaman ini memiliki tampilan mirip dengan rosemary. Sajian romeritos ini biasanya disajikan dengan saus mol tebal dengan kentang, roti udang kering dan kaktus nopales.

18. Machetes

Machetes
texasmonthly.com

Machetes juga masuk dalam daftar makanan khas Meksiko yang saying sekali untuk anda lewatkan. Machetes merupakan salah satu pilihan kuliner Mexico yang terjangkau namun cukup membuat kenyang.

Machetes merupakan bungkus tortilla besar sepanjang satu meter yang diberi isian yang berbeda. Anda pun bisa memilih isian mana yang paling anda sukai. Sayangnya, machetes tidak selalu tersedia seperti tamales dan taco. Kebanyakan penjual machetes ini berada di pinggiran kota sehingga untuk menemukan penjualnya, anda harus berkunjung ke pinggiran kota. Namun, semua akan terbayar karena cita rasanya yang nikmat dan porsinya yang sangat besar.

19. Elotes

Elotes
mealthy.com

Makanan khas Meksiko yang satu ini juga layak untuk masuk dalam daftar kuliner yang wajib untuk anda coba. Di Meksiko, jagung murni disebut sebagai maiz, namun saat dimasak, mereka menyebutnya dengan nama Elote.

Elote ini merupakan makanan ringan yang proses pembuatannya tidaklah rumit. Pada dasarnya, jagung ini dimasak dengan menggunakan beberapa kombinasi bahan. Mungkin sajian ini terlihat sederhana, namun rasanya sangat nikmat. Biasanya Elotes ini disajikan dengan cabai, mayonais dan keju.

20. Tlayudas

Tlayudas
theinfatuation.com

Tlayudas atau yang sering disebut sebagai pizza khas Meksiko ini juga masuk dalam daftar makanan khas Meksiko yang wajib untuk anda coba. Makanan ini disajikan dengan piring datar dan diberi isian yang berbeda dengan yang ada pada pizza.

Biasanya Tlayudas ini diberi berbagai pilihan isian, seperti selada, alpukat, salsa, kacang keju, Prijoles dan lemak babi. Tlayudas ini berasal dari kawasan Oaxaca dan jika anda ingin mencicipi tlayudas dengan cita rasa otentik, anda bisa berkunjung kesana. Namun, jika anda hanya menghabiskan liburan di pusat kota Meksiko, anda bisa berkunjung ke Restoran Casa de la Tlayudas yang membuat tlayudas dengan cita rasa otentik.

21. Gorditas

Gorditas
homesicktexan.com

Gorditas merupakan salah satu sajian khas Meksiko yang wajib untuk anda coba karena ramah di kantong dan rasanya sangat nikmat. Gorditas merupakan patties yang dibuat dari bahan yang sama dengan bahan untuk membuat tacos dan sopes, namun memiliki isian yang berbeda.

Umumnya, gorditas berisikan nopales dan jamur, namun ada juga banyak pilihan lain yang bisa anda pilih sesuai selera. Untuk itu, anda harus memiliki varian paling tepat untuk gorditas ini dan isiannya juga bisa anda kombinasikan.

22. Enfrijoladas

Enfrijolada
vvsupremo.com

Makanan enak khas Meksiko berikut ini dikenal dengan nama Enfrijolada. Enfrijolada merupakan sajian yang terdiri dari tortilla jagung segar yang kemudian disiram dengan saus kacang.

Isian dan topping dari enfrijoladas ini cukup bervariasi, tergantung dari pembuatnya. Enfrijoladas ini memang menjadi sajian yang cukup populer di Meksiko karena menggunakan bahan-bahan yang terjangkau dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa pilihan untuk isian dari Enfrijoladas ini Antara lain daging ayam, keju parut dan berbagai macam sayuran. Biasanya enfrijoladas ini dinikmati sebagai menu sarapan.

23. Torta Ahogada

Torta Ahogada
cocinafacil.com.mx

Jika anda adalah penggemar sandwich, makan anda wajib untuk mencicipi makanan khas Meksiko yang satu ini. Torta Ahogada merupakan sandwich khas Guadalajara yang cukup populer di seluruh Meksiko.

Sajian ini terdiri dari roti asin yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Untuk isiannya, biasanya diisi dengan daging babi dan diberi saus salsa yang pedas. Tak hanya itu sandwich ini juga diberi isian bawang, tomat dan perasan jeruk nipis.

Torta Ahogada ini pertama kali dtemukan pada awal tahun 1900-an dan saat ini, torta ahogada dipercaya mampu menyembuhkan mabuk. Kuliner ini juga sangat mudah untuk ditemukan, seperti di kawasan perkotaan yang sibuk.

24. Fried Ice Cream

Fried Ice Cream
biggerbolderbaking.com

Kalau anda adalah seorang pecinta es krim, anda wajib untuk mencicipi es krim unik yang satu ini. Fried Ice Cream menjadi salah satu makanan ringan khas Meksiko yang cukup populer dan digemari.

Fried Ice Cream atau Es Krim Goreng ini memang terdengar unik, namun cita rasanya sangat nikmat. Makanan ini dibuat dengan menggulung satu scoop es krim kemudian diletakkan dalam adonan atau roti dan digoreng hingga garing.

Namun, Fried Ice Cream ini sebenarnya bukanlah sajian otentik dari Meksiko, melainkan berasal dari Hong Kong. Tapi, anda bisa menemuka fried ice cream ini dengan paduan cita rasa khas Meksiko, seperti Es Krim Goreng dengan tortilla goreng. Fried Ice Cream ini paling nikmat disajikan sebagai hidangan penutup.

25. Sopa de lima

Sopa de lima
seriouseats.com

Apabila anda menyukai hidangan sup dan ingin mencicipi salah satu sup khas Meksiko, maka anda wajib untuk mencoba Sopa de lima. Sopa de lima merupakan salah satu makanan khas Meksiko yang berasal dari Semenanjung Yucatan.

Sopa de lima merupakan sup ayam dan tomat pedas yang memiliki cita rasa nikmat. Sup ini juga diberi bumbu jeruk nipis Yucatan yang unik dan pahit serta paprika habanero pedas. Sopa de lima ini merupakan salah satu sajian tradisional yang sehat dan sangat cocok dinikmati saat musim dingin karena bisa menghangatkan tubuh. Meskipun asal usul dari kuliner ini masih misterius, namun banyak sejarawan yang menyebutkan jika Sopa de lima ini berasal dari hidangan Maya Kuno.

26. Birria

Birria
nytimes.com

Makanan khas Meksiko yang wajib untuk anda coba selanjutnya adalah Birria. Birria merupakan sajian yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Untuk itu, kuliner yang satu ini sangat cocok untuk anda yang suka makan kambing.

Hidangan asal Negara bagian Jalisco ini secara tradisional disajikan saat acara khusus, seperti pernikahan, libur Natal dan Paskah. Biasanya Birria dibuat dari daging kambing, namun juga terkadang dibuat dari daging domba atau daging sapi.

Daging tersebut direbus hingga lembut dan diberi beragam bumbu, seperti jeruk nipis, bawang dan ketumbar. Birria memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang lembut sehingga banyak digemari.

27. Sope

Sope
thespruceeats.com

Sope merupakan sebuah kuliner khas Meksiko yang terbuat dari adonan jagung goreng di bagian bawahnya kemudian diberi topping pada bagian atasnya. Topping yang digunakan pun beragam, mulai dari daging, keju, kacang dan saus.

Menariknya, setiap Negara bagian memiliki versi Sope sendiri dan menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya seperti di kawasan Puebla, sajian ini disebut dengan pellizcasa. Kemudian di Varacruz, disebut dengan picada dan di Oaxaca, sope disebut dengan nama garnacha atau memela.

Makanan ini juga sering disebut sebagai pizza khas Meksiko karena bentuknya yang mirip. Biasanya sajian bercita rasa gurih ini disajikan sebagai makanan pembuka, makanan utama, menu makanan siang ataupun menu makan malam.

28. Pipian

Pipian
quericavida.com

Pipian atau Mole Verde merupakan saus mol khas Meksiko yang pedas berpadu dengan cita rasa kacang yang unik. Meskipun yang peling terkenal adalah versi dari Oaxaca, namun saus ini bisa ditemukan di seluruh Meksiko.

Makanan khas Meksiko yang satu ini dibuat dengan bahan-bahan seperti jintan, bawang putih, ketumbar, cabai kering dan labu tanah yang dikeringkan atau dipanggang. Jus lemon juga bisa ditambahkan dalam saus ini agar pipian memiliki tekstur yang lebih cair.

29. Huevos Rancheros

Huevos Rancheros
jessicagavin.com

Huevos Rancheros juga menjadi salah satu hidangan khas Meksiko yang patut untuk anda coba saat berkunjung kesana. Huevos Rancheros ini merupakan sajian sarapan tradisional Meksiko yang terbuat dari tortilla, telur, kacang dan daging yang diberi saus tomat-cabai atau salsa.

Banyak sekali varian dari Huevos rancheros ini yang kemudian sekarang menjadi makanan pokok seluruh kawasan Amerika Utara. Biasaya sajian ini diberi tambahan irisan buah alpukat, saus bawang putih dan keju leleh. Tak lupa juga diberi selada segar dan krim asam yang segar.

30. Chiles en Nogada

Chiles en Nogada
kiwilimon.com

Makanan khas Meksiko yang terakhir adalah Chiles en Nogada. Makanan ini merupakan sajian yang disajikan pada hari kemerdekaan Meksiko yang dirayakan setiap tahun di tanggal 16 September.

Sajian ini terdiri dari Cabai Poblano yang diisi dengan saus kenari. Cabai poblano merupakan sebuah paprika besar berbentuk hati dengan kulit yang tebal sehingga sangat baik untuk diberi isian. Chiles en nogada ini pertama kali ditemukan pada tahun 1821 oleh seorang biarawati di kota Peubla yang sedang membuat makanan dengan bahan-bahan local yang saat itu sedang musim.

Chiles en nogada ini kemudian diberi campuran daging bagi dan buah-buahan kering yang kemudian disiram dengan saus kenari dan diberi hiasan peterseli serta biji delima di atasnya.

Demikianlah daftar makanan khas Meksiko yang cukup terkenal dan paling banyak digemari tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga wisatawan yang berlibur kesana. Selamat mencoba.



Leave a Reply