Kuliner

Terkenal di Dunia karena Kelezatan Makanannya, berikut 15 Makanan Khas Mexico yang Mendunia

Mendengar kota Mexico pasti hal pertama yang  terlintas adalah film telenovelananya. Siapa sangka Mexico juga terkenal akan kelezatan makanannya, bahkan makanannya sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Untuk anda yang berkunjung ke Mexico anda harus mencicipi beragam jenis makanan yang menggugah selera, yuk simak ulasan mengenai makanan khas Mexico berikut ini.

Burritos

makanan khas mexico
leedsbars.co.uk

Burritos adalah salah satu makanan khas Mexico yang wajib anda coba ketika berkunjung. Burritos sebenarnya jenis makanan yang mirip dengan kebab Turki. Yang membedakan burritos dengan kebab terletak pada isinya. Burritos berisi dengan daging dan pasta kacang kemudian digulung menjadi satu bersama roti tortila.

Tacos

makanan khas mexico
tacosmexico.com

Makanan Khas Mexico selanjutnya adalah Tacos. Tacos adalah makanan yang terdiri dari roti tortila dengan isian daging, anda juga bisa memilih jenis daging yang anda sukai seperti daging sapi, babi, ayam dengan dilengkapi isian sayur seperti daun selada, tomat lalu diberi keju. Untuk pelengkap dalam menyantap makanan ini anda bisa memilih antara saus guacamole atau saus salsa untuk menambah cita rasanya.

Fajita

Fajita adalah salah satu makanan khas Mexico. Fajita adalah makanan yang berbahan dasar daging, cara mengolah daging ini dengan cara di grill di atas wajan panas. Untuk anda yang ingin menikmati fajita ini anda bisa memilih jenis daging yang anda inginkan, jenis daging yang biasanya digunakan pada masakan ini adalah daging sapi, daging ayam, atau anda juga bisa menggunakan seafood. Untuk kelezatannya jenis makanan ini tidak diragukan lagi, karena fajita adalah makanan Mexico yang sudah mendunia.

Nachos

Sebenarnya nachos ini cara pengolahannya sangat mirip dengan tacos. bahan dasarnya berasal dari keripik jagung. Untuk pelengkap dalam menyantap nachos ini anda bisa menambahkan saus keju. Nachos juga bisa dikreasikan dengan bahan dasar daging sapi giling dengan tambahan saus keju, acar, jalapeno dan zaitun iris. makanan khas Mexico ini dijamin makanan sehat yang bisa anda konsumsi kapan saja.

Tamales

makanan khas mexico
thespruceeats.com

Makanan Khas Mexico selanjutnya adalah tamales. Tamales adalah salah satu kuliner tradisional yang berasal dari Mexico. Untuk anda yang berkunjung ke Negara ini anda wajib mencoba makanan khas Mexico ini. Tamales ini bahan dasarnya terbuat dari tepung jagung. Untuk isian dagingnya anda bisa memilih antara daging sapi atau daging babi, dan dilengkapi sayuran dan keju kemudian digulung.

Enchilada

makanan khas mexico
youtube.com

Enchilada adalah makanan khas Mexico yang wajib ada di setiap menu. Enchilada ini terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas yang terdiri dari roti tortila dan di beri isian daging, keju, sayuran kentang, anda juga bisa menggunakan isian dengan menggunakan makanan laut . Setelah roti tortila diberi isian langkah selanjutnya adalah digulung dan disiram dengan saus cabe diatasnya atau anda juga bisa mencampur langsung bermasa isian enchilada.

Quesadilla

makanan khas mexico
foodnetwork.com

Datang ke Negara Mexico anda wajib mencoba makanan tradisional dari Mexico seperti makanan Quesadilla. Untuk membuat quesadilla ini menggunakan bahan dasar daging ayam. Untuk roti tortila anda bisa memilih roti yang terbuat dari jagung atau terbuat dari tepung terigu. Untuk sausnya biasanya makanan ini menggunakan saus keju atau keju mozzarella. 

Guacamole 

makanan khas mexico
tasteofhome.com

Masyarakat Mexico menjadikan alpukat menjadi saus yang lembut dan gurih. Tekstur yang lembut memberikan sebuah sensasi yang berbeda ketika menyantapnya. Alpukat pada umumnya sering digunakan untuk membuat salad, isian sandwich atau jus, di tangan masyarakat mexico alpukat digunakan untuk membuat saus yang unik dan lezat.

Untuk anda yang ingin membuat guacamole ini langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghaluskan buah alpukat, setelah alpukat halus langkah kedua anda bisa mencampurkan air jeruk lemon atau air jeruk nipis. Saus guacamole ini biasanya di sandingkan bersama makanan khas Mexico.

Naked Burrito

makanan khas mexico
archanaskitchen.com

Chile burrito adalah Makanan Khas Mexico. Sebenarnya makanan ini sama seperti pada burrito pada umumnya yang membedakan terletak pada cara penyajian yang tidak menggunakan kulit tortila. Banyak orang beranggapan jika jenis makanan ini tidak berasal dari Negara Mexico karena masyarakat Mexico selalu menggunakan kulit tortila sebagai bahan utamanya.

Walaupun tidak menggunakan kulit tortila dalam pembuatan naked buritto anda tidak perlu khawatir mengenai kelezatannya karena makanan ini rasanya hampir sama dengan burrito pada umumnya. Naked burrito dibuat untuk mempermudah seseorang yang tidak suka ketika mencicipi burrito.

Taquito

Taquito adalah makanan dari mexico yang wajib anda coba ketika singgah di Negara Mexico. Jika dilihat sekilas makanan ini sangat mirip dengan lumpia khas dari semarang. Taquito ini biasanya disebut dengan taco gulung atau flautas yang mempunyai arti taco emas yang terbuat dari roti tortila

Cara membuatnya dengan menggunakan bahan dasar roti tortila dan diberi isi daging sapi, keju atau potongan ayam kemudian digulung, setelah digulung kemudian digoreng hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan. Untuk pelengkap taquito biasanya dihidangkan dengan saus yang terbuat dari krim asam dan guacamole.

Mole pablano

makanan khas mexico
gdaysouffle.com

Makanan Khas Mexico selanjutnya adalah mole pablano. Makanan ini terbuat dari 20 bahan makanan yang salah satu bahannya adalah lada dan cokelat. Nama mole ini sebenarnya diambil dari nama saus yang sering disajikan dengan makanan Mexico. Mole pablano biasanya disajikan pada saat acara pernikahan, ulang tahun, natal dan pembaptisan, mole pablano ini disajikan bersama dengan daging kalkun.

Cemita

makanan khas mexico
simplecomfortfood.com

Dari namanya saja sudah cantik apalagi rasanya. Camita ini makanan yang sebenarnya mirip dengan sandwich. makanan khas Mexico ini  menggunakan bread roll dan disajikan dengan potongan buah alpukat yang segar, daging, keju putih, bawang, herba papalo dan salsa roja merah. Dijamin makanan khas mexico ini tidak akan mengecewakan lidah penikmatnya.

Chilaquiles 

makanan khas mexico
thespruceeats.com

Bahan dasar chilaquiles ini terbuat dari roti tortila yang dipotong menjadi empat bagian kemudian digoreng, setelah digoreng tortila diberi salsa hijau atau merah. Untuk anda yang belum tahu apa itu salsa? Salsa adalah saus yang terbuat dari tomat, bawang, kacang, jagung dan rempah-rempah pilihan.

Untuk anda yang tidak menyukai salsa, anda juga bisa mencoba saus lain seperti saus mole yang terbuat dari bahan dasar lada, roti, rempah, cokelat dan kacang. Chilaquiles ini akan diberi tambahan toping seperti toping bacon, keju atau daging ayam.

Chicken Burrito

makanan khas mexico
foodandwine.com

Makanan khas mexico selanjutnya adalah chicken burrito. Hidangan ini terdiri dari irisan daging ayam atau cincang dan dilengkapi dengan aneka sayuran segar dan bergizi kemudian digulung bersama roti tortila, dijamin menu makanan ini menjadi menu alternatife yang lezat dan sehat.

Churros

makanan khas mexico
thecuriouscoconut.com

Churros adalah makanan manis yang berasal dari Negara Mexico yang sudah mendunia. Churros ini terbuat dari adonan tepung, telur, dan gula pasir yang digoreng hingga menjadi kecokelatan. Bentuknya yang panjang dan rasanya yang manis, tekstur yang renyah membuat makanan ini populer dan selalu dicari bagi penikmatnya.

Untuk menambah kenikmatan churros ini disajikan dengan beberapa topping seperti taburan kayu manis, lelehan cokelat dan gula bubuk. Untuk mengikuti perkembangan zaman churros atau roti goreng ini dikombinasikan bersama es krim dan toping gula warna-warni. Demikianlah ulasan mengenai makanan khas Mexico, semoga dapat bermanfaat.

Join The Discussion