Uniknya 7 Oleh Oleh Khas Pati, Ada yang Dibuat dari Tanah Liat!


Fida  November 3, 2022  0 Comment

Pati merupakan sebutan bagi salah satu daerah di Jawa Tengah yang menawarkan banyak destinasi wisata serta kuliner lezat. Oleh karena itu, tidak heran jika Pati kerap dituju oleh wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. 

Tidak hanya dapat mengunjungi tempat wisata dan mencoba kuliner lezat, kamu juga dapat mencoba sensasi berburu oleh oleh sebelum pulang. Ada cukup banyak pilihan oleh oleh yang unik dan menarik untuk kamu bawa pulang. Tidak perlu bingung, inilah daftar 7 rekomendasi oleh oleh khas Pati yang sayang untuk kamu lewatkan. 

1. Kerupuk Ampo

kerupuk ampo
idntimes.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan kerupuk ampo bukan? Kerupuk ampo merupakan salah satu oleh oleh khas Pati yang sangat populer karena dibuat menggunakan bahan dasar yang unik, yakni tanah liat. 

Meskipun merupakan makanan tradisional, kerupuk ampo tetap banyak diburu hingga saat ini, baik oleh masyarakat lokal, maupun wisatawan. Kamu tidak perlu khawatir dengan bahan pembuatan kerupuk ampo yang menggunakan tanah liat karena sudah dipastikan kerupuk ampo aman untuk dikonsumsi. 

Kerupuk ampo memiliki tampilan yang khas yakni berwarna coklat kehitaman seperti tanah liat. Proses pembuatan kerupuk dilakukan dengan cara menyerut tanah liat, sehingga tidak heran jika kerupuk ampo memiliki bentuk menggulung. Makanan yang satu ini dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Pati. Kerupuk ampo biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Gotravelly

Menara Pandang Teratai, Tawarkan Keindahan Kota Purwokerto Dari Ketinggian

Menikmati Indahnya Panorama Air Terjun Montel Kudus Jawa Tengah

2. Carang Madu

carang madu
amki.or.id

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat pertama kali mendengar sebutan makanan carang madu? Carang madu merupakan salah satu oleh oleh khas Pati berupa makanan yang memiliki tampilan mirip dengan sarang madu atau lebah. Jika dilihat dari tampilannya, carang madu hampir mirip dengan rengginang, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. 

Selain digemari masyarakat lokal, carang madu juga menjadi makanan yang banyak diburu oleh wisatawan saat datang ke Pati. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta cita rasa khas. Jajanan carang madu dibuat menggunakan bahan utama berupa tepung beras dan tepung ketan. 

Adonan tepung beras dan tepung ketan yang telah dicampurkan dengan berbagai bumbu kemudian melalui proses penggorengan hingga matang. Sebelum disajikan, bagian atas carang madu terlebih dahulu disiram dengan gula jawa cair. Hal itu tentu menambah kelezatan pada makanan ini. Tertarik untuk mencoba uniknya carang madu? 

3. Kue Moho

kue moho
merahputih.com

Kue moho merupakan sebutan bagi salah satu makanan tradisional yang memiliki bentuk mirip dengan bolu kukus. Kue yang satu ini menjadi salah satu oleh oleh khas Pati yang banyak diburu oleh wisatawan. 

Bahan utama pembutan kue moho adalah tepung terigu, air, tape singkong, soda kue, dan juga pewarna makanan. Selain bahan pembuatannya yang mirip dengan bolu kukus, kue moho juga memiliki proses pembuatan yang sama, yakni dengan cara dikukus hingga matang. 

Selain tampilannya yang menarik karena pewarnaan kue, kue moho juga memiliki tekstur yang lembut. Saat datang ke Pati, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu kue moho di toko kue maupun pasar tradisional. Harga kue ini juga terbilang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 5.000,- per biji. 

4. Lepet Jagung

lepet jagung
portaljogja.pikiran-rakyat.com

Saat berkunjung ke Pati, terdapat rekomendasi makanan tradisional yang juga cocok diburu sebagai oleh oleh khas Pati yakni lepet jagung. Lepet jagung memiliki tampilan yang unik dan khas sehingga sangat menarik untuk dibawa pulang. 

Sesuai dengan namanya, lepet jagung dibuat menggunakan bahan utama jagung. Jagung diolah dengan cara ditumbuk kasar kemudian ditambahkan dengan gula untuk memberi rasa manis. Setelah itu, proses selanjutnya adalah dengan cara membungkus adonan menggunakan daun jagung. 

Adonan yang telah dibungkus kemudian dikukus hingga matang. Lepet jagung yang sudah matang mampu bertahan cukup lama hingga 2 hari. Oleh karena itu, makanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu pilih sebagai oleh oleh khas Pati untuk dibawa pulang. Harganya yang terjangkau yakni sekitar Rp 2.000,- per biji juga menjadikan lepet jagung sayang untuk kamu lewatkan. 

5. Kerupuk Daging

kerupuk daging
bukalapak.com

Jika biasanya daging diolah menjadi masakan, namun tidak dengan oleh oleh khas Pati yang satu ini. Di Pati, daging diolah menjadi olahan kerupuk dengan tekstur yang renyah serta bercita rasa gurih. Makanan ini tentu terbilang unik karena tidak dapat dijumpai di daerah lain. 

Selain cocok dinikmati sebagai camilan, kerupuk daging juga sangat cocok disantap sebagai pelengkap saat makan. Tidak hanya daging sapi, kerupuk daging juga dapat dibuat menggunakan bahan utama daging ayam. Daging yang telah dibersihkan kemudian diolah dengan ditambahkan tepung sehingga menghasilkan tekstur yang renyah setelah digoreng. 

Meskipun memiliki harga yang terbilang mahal yakni sekitar Rp 100.000,- hingga Rp 150.000,- per kilogram, tetapi makanan ini tetap banyak diburu karena memiliki rasa yang lezat dan khas. Saat berkunjung ke Pati, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu kerupuk daging sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah. 

6. Telur Lurik

telur lurik
sonora.id

Bagi kamu yang suka mencoba makanan unik, telur lurik menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pati. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini merupakan telur yang diolah sehingga memiliki tampilan lurik atau bermotif. Karena keunikannya, tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk membeli telur lurik sebagai oleh oleh khas Pati untuk dibawa pulang. 

Telur lurik diolah dengan cara diasap. Selain menghasilkan tampilan yang menarik, telur lurik juga memiliki aroma yang sedap dan khas karena melalui proses pengasapan. Kamu tidak perlu khawatir karena telur ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 3.000,- per butir. 

7. Kacang Khas Pati

kacang khas pati
orami.co.id

Satu lagi rekomendasi oleh oleh khas Pati yang tidak boleh kamu lewatkan yakni kacang. Kacang khas Pati dikenal dengan cita rasanya yang lezat gurih karena diolah menggunakan berbagai bumbu dan rempah. Tidak hanya itu, kacang yang diolah juga merupakan kacang hasil panen dari perkebunan di Pati. 

Kacang khas Pati biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik. Kamu dapat membelinya di berbagai toko oleh oleh di Pati. Harga yang ditawarkan untuk 1 kilogram kacang berkisar Rp 30.000,-. Tertarik untuk mencobanya? 

Nah, itulah daftar 7 oleh oleh khas Pati yang populer dan menarik untuk kamu bawa pulang. Jika berkesempatan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Pati, oleh oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang? 



Leave a Reply