Macam-macam Makanan Khas Daerah di Indonesia Dan Asalnya


Reni  April 16, 2018  31 Comments

Makanan khas daerah – Indonesia tidak hanya mempesona dengan wisata alam dan baharinya saja, melainkan juga menawarkan pesona dari kelezatan kuliner khas nusantaranya. Berikut ini 34 kuliner khas Indonesia sekaligus provinsi asalnya.

Mie Aceh

Mie Aceh

vtothema.blogspot.co.id

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan berbagai kuliner khas terbaik yang bahkan telah mendunia. Saat berkunjung ke Aceh, belum lengkap rasanya jika Anda tidak bisa mencicipi menu dengan bahan mie kuning tebal plus irisan daging yang disajikan dalam sup kari gurih dan pedas yang satu ini.

review kuliner

Sego Karak Khas Kota Gresik

Pudak Cap Kuda Kuliner Legendaris  Khas Gresik

Bika Ambon Sumatera Utara

Bika Ambon Sumatera Utara

ceritamedan.com

Jika Aceh mendunia dengan mienya, berbeda lagi dengan Sumatera Utara yang populer dengan bika ambon. Yakni sejenis kue dengan rasa yang sangat lezat. Bika ambon bahkan juga dijual dengan beberapa varian rasa terbaik, seperti keju hingga durian.

Rendang Sumatera Barat

Rendang Sumatera Barat

rendangdenlapeh.id

Sumatera Barat memang telah berhasil mencuri mata dunia dengan bumbu khas masakan padangnya. Salah satunya tentu saja rendang yang terbuat dari berbagai jenis rempah dengan citarasa yang sangat kuat juga nikmat.

Baca juga :  10 Kripik Khas Indonesia Dari Berbagai Daerah Dengan Rasa Kriuk Menggoda

Gulai Ikan Patin Jambi

Gulai Ikan Patin Jambi

resepkafe.blogspot.com

Selanjutnya ada makanan khas daerah Jambi, dengan nama gulai iakan patin. Masakan yang satu ini sangat populer di tengah masyarakat Jambi dan sekitarnya. Dengan menggunakan daging buah durian yang telah difermentasi, gulai ikan akan dimasak hingga matang dengan rasa yang dijamin bikin ketagihan.

Pendap Bengkulu

Pendap Bengkulu

willy bela adhiguna bukalapak

Bengkulu hadir dengan berbagai kuliner terbaik yang sulit diabaikan, salah satunya ialah pendap yang terbuat dari ikan yang dibumbui beragam bumbu dan rempah pilihan dengan cita rasa yang sangat nikmat. Pastikan Anda mencicipi pendap saat berkunjung ke Bengkulu.

Gulai Belacan Riau

Gulai Belacan Riau

steemkr.com

Riau hadir dengan menu gulai belacannya yang terbuat dari campuran belacan plus kuah gurih yang sangat lezat. Akan semakin nikmat dengan tambahan ikan atau udang sebagai menu pelengkap gula belacan.

Otak-Otak Kepulauan Riau

Otak-Otak Kepulauan Riau

harkit-sasmito.blogspot.co.id

Otak-otak merupakan kuliner khas Kepulauan Riau yang mudah ditemukan di Batam, Pulau Penyengat hingga Tanjung Pinang. Anda bisa mencicipi otak-otak cumi maupun ikan dengan citarasa yang sama-sama juara.

Pempek Sumatera Selatan

Pempek Sumatera Selatan

foody.id

Pempek merupakan kuliner khas Sumatera Selatan yang terbuat dari olahan sagu dan ikan plus tambahan kuah coklat yang dinamai cukpo. Cita rasanya dijamin akan menggugah selera Anda.

Mie Bangka Belitung

Mie Bangka Belitung

liburmulu.com

Berpindah ke Bangka Belitung Anda akan dimanjakan dengan kuliner terbaik dari olahan mienya. Yakni terbuat dari mie kuning basah yang disiram dengan kuah berbumbu dari olahan ikan, cumi,udang, kepiting dan beragam bumbu lainya. Dijamin Anda akan ketagihan saat mencoba menu yang satu ini.

Seruit Lampung

Seruit Lampung

kamerabudaya.com

Seruit merupakan kuliner khas Lampung yang terbuat dari olahan ikan goreng atau ikan bakar dengan campuran sambel terasi, mangga hingga olahan durian. Dijamin rasanya akan bikin nagih.

Baca juga :  10 Nasi Babat Paling Rekomended di Surabaya, Enak Temen Rek!

Sate Bandeng Banten

Sate Bandeng Banten

phinemo.com

Banten juga menghadirkan kuliner terbaik khasnya yang bernama sate bandeng dengan daging empuk tak bertulang yang ditambah santan dan gula coklat. Pastikan Anda mencicipinya saat berkunjung ke Banten ya.

Kerak Telor Jakarta

Kerak Telor Jakarta

recipestab.blogspot.co.id

Ibukota Indonesia juga tidak ketinggalan dengan kuliner khasnya yang bernama kerak telor, yakni menu masakan yang terbuat dari beras keran putih, ebi, telur ayam yang kemudian di sangrai. Akan semakin lezat dengan tambahan beberapa bumbu rahasia lainnya.

Serabi Jawa Barat

Serabi Jawa Barat

luisshared.blogspot.co.id

Serabi khas Jawa Barat terbuat dari tepung beras yang disiram kuah cair manis dengan citarasa nikmat yang dijamin menggugah selera semua lidah yang mencicipinya.

Lumpia Jawa Tengah

Lumpia Jawa Tengah

ulinulin.com

Lumpia merupakan kuliner khas Jateng yang terbuat dari rebung, daging udang dan telur yang dibungkus kemudian di goreng. Dijamin Anda akan ketagihan dengan rasanya.

Nasi Gudeg D.I Yogyakarta

Nasi Gudeg D.I Yogyakarta

traveltodayindonesia.com

Nasi gudeg khas Yogyakarta terbuat dari olahan nangka muda plus santan. Kuliner dengan tambahan nasi, ayam kampung, telur dan lainnya ini akan membius lidah Anda dengan citarasanya yang teramat manis dan lezat.

Rujak Cingur Jawa Timur

Rujak Cingur Jawa Timur

azurabro.com

Rujak cingur khas Jawa Timur pasti semua orang telah mengetahui hal ini. Jangan pernah melewatkan menu terbaik ini saat Anda mengunjungi daerah Jatim ya.

Ayam Betutu Bali

Ayam Betutu Bali

yukwisatakuliner.blogspot.co.id

Ayam betutu menjadi kuliner khas Bali yang terbuat dari ayam utuh yang berisikan bumbu terbaik yang selanjutnya akan dipanggal dalam api sekam, dijamin Anda akan ketagihan.

Ayam Taliwang NTB

Ayam Taliwang NTB

bppd-ntb.com

Ayam talibang sangat mudah dijumpai di Lombok dengan citarasa juara Anda akan dibuat jatuh cinta dengan menu berbahan dasar ayam ini.

Catemak Jagung NTT

Catemak Jagung NTT

phinemo.com

NTT hadir dengan kuliner catemak agung dengan bahan labu lilin plus kacang hijau plus jagung yang di masak dengan bumbu terbaik khas NTT dan akan mengacaukan lidah Anda.

Baca juga :  10 Makanan Khas Bulgaria Nikmatnya Nempel Di Lidah

Bubur Pedas Sambas Kalimantan Barat

Bubur Pedas Sambas Kalimantan Barat

net tv youtube

Bubur pedas sambas merupakan menu yang terbuat dari bubur plus campuran sayur. Menariknya, kuliner dibuat tanpa menggunakan bahan cabai sedikitpun. Tertarik?

Soto Banjar Kalimantan Selatan

Soto Banjar Kalimantan Selatan

taufik79.wordpress.com

Soto banjar ialah menu yang terbuat dari bahan utama ayam plus berbagai rempah terbaik dengan aroma memikat. Daging ayam yang disuwir akan semakin nikmat dengan tambahan soto dan perkedel.

Juhu Singkah Kalimantan Tengah

Juhu Singkah Kalimantan Tengah

Perut Gendut

Terbuat dari umbut rotan dengan ikan betok membuat menu ini laris dicintai masyarakat Kalteng. Penasaran dengan rasanya? Pastikan Anda mencicipinya saat berkunjung ke Kalteng.

Kepiting Soka Kalimantan Utara

Kepiting Soka Kalimantan Utara

dherdian.wordpress.com

Kepiting soka menjadi salah satu kuliner terbaik khas Kalimantan Utara yang wajib Anda coba saat mengunjungi kota ini. Dijamin, rasanya akan bikin nagih.

Ayam Cincane Kalimatan Timur

Ayam Cincane Kalimatan Timur

wisataku.id

Ayam cincane ialah sejenis masakan berisikan ayam kampung bersama bumbu terbaik berwarna kemerahan dengan cita rasa yang sangat memikat. Kuliner ini bahkan bisa dijumpai di seluruh pegelaran pesta di Kaltim.

Sup Konro Sulawesi Selatan

Sup Konro Sulawesi Selatan

zulliesikawati.wordpress.com

Sup konro terbuat dari iga sapi dengan siraman kuah berwarna coklat kehitaman. Akan semakin nikmat jika dikonsumsi dengan tambahan potongan ketupat.

Sup Ikan Jantung Pisang Sulawesi Tengah

Sup Ikan Jantung Pisang Sulawesi Tengah

makananoleholeh.com

Sesuai namanya, menu ini terbuat dari olahan ikan plus jantung pisang dengan rasa asam pedas yang sangat segar.

Lapa-Lapa Sulawesi Tenggara

Lapa-Lapa Sulawesi Tenggara

azulfachri.wordpress.com

Lapa-lapa menjadi kuliner khas didaerah ini dengan rasa yang sangat gurih dan nikmat, terlebih dengan tambahan ikan asin.

Binte Biluhuta Gorontalo

Binte Biluhuta Gorontalo

selera nusantara youtube

Makanan ini terbuar dari jagung, kelapa dan jagung yang semakin nikmat dengan tambahan belimbing sayur, daun bawang, jeruk nipis, jagung bawang dan berbagai bahan lainnya.

Ikan Asar Maluku

Ikan Asar Maluku

dherdian.wordpress.com

Menu masakan ini terbuat dari ikan tongkol yang di asap atau dipanggang, dijamin rasanya akan membuat ketagihan.

Gohu Maluku Utara

Gohu Maluku Utara

geretkoper.com

Gohu ikan khas Ternate terbuat dari ikan tuna mentah dan sangat cocok untuk Anda yang menyukai sejenis masakan mentah.

Ikan Bakar Papua Barat

Ikan Bakar Papua Barat

beautiful-indonesia.umm.ac.id

Ikan bakar Papua Barat terbuat dari tambahan bumbu siraman sehingga akan membuat citarasanya menggoyahkan pertahanan lidah Anda.

Papeda Papua Timur

Papeda Papua Timur

saliha.id

Papeda merupakan Makanan khas daerah Indonesia sejenis bubur sagu yang terlihat nikmat dengan tambahan kuah kuning plus ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit, citarasanya tidak ada yang bisa menyanggah.

Bagea Papua Tengah

Bagea Papua Tengah

oke-indonesia.blogspot.co.id

Makanan khas daerah Indonesia Berikutnya Bagea atau kue sagu menjadi kuliner khas Papua Tengah dengan bahan dasar tepung sagu. Anda wajib mencoba menu terbaik ini saat mengunjungi Papua Tengah sebagai salah satu makanan khas daerah.

Tinutuan Sulawesi Utara

makanan khas daerah

dherdian.wordpress.com

Makanan khas daerah Indonesia selanjutnya adalah Tinutuan merupakan sejenis bubur khas Manado yang wajib Anda cicipi karena menghadirkan citarasa menakjubkan yang sulit diabaikan.



Leave a Reply

31 Comments
  1. masirwin says:

    Paling suka sama sate bandeng dari Banten 😀

  2. Rendi Nabin says:

    Bagus artikelnya , jadi laper sama pengen nyobain semua

  3. Rendi Nabin says:

    keren jadi pengen nyoba

  4. anakbangsa101 says:

    sangat membantu dlm mengerjakan tugas. terimakasih 🙂

  5. H inggit says:

    Tugas saya terbantu dengan melihat-lihat ini
    Terimakasih:)

  6. mad says:

    izin copass min gambarnya

  7. Kevin Alief says:

    Izin copass min, buat kerjakan tugas sekolah

  8. Bayu Pradana Blog says:

    Ayam taliwang heem nyam nyam.. Jadi keingat ayam taliwang pinggir ruko dekat jalan cakranegara :D. Selain itu, ada sate rembige yg gak kalah nikmat dan sedang hits juga.. Kalau ke Lombok kudu mampir kedua kuliner ini.. hehe Salam

  9. arif says:

    khasanah makanan tradisional indonesia memang beraneka ragam dan selalu punya rasa yang unik dan mantap. terima kasih sudah menambah wawasan saya akan makan khas indonesia, semoga tetap mengangkat tentang indonesia dan segala ragam masakan dan budayanya

  10. Kyndaerim says:

    Ampun!!! Semuanya menggugah seleraaa!!

  11. LILA says:

    Makasih sudah membantu saya mengerjakan tugas
    Tugas saya menjadi ringan

  12. Yustrini says:

    Makanannya enak-enak nih ,jadi lapar hehe

  13. Jarwadi MJ says:

    makanan dari daerah gunungkidul sudah disebut belum haha
    atau malah tidak pada tertarik?

  14. bbbyy says:

    keliatan enak banget

  15. D Devid says:

    Best all the best Gulai Belacan Riau

  16. Aries Girls says:

    Sudah sejak lama saya penasaran sama papeda. Pingin tahu bagaimana rasanya euy…

  17. Veronika says:

    Indonesia memang kaya akan kuliner khasnya. Bangga saya akan Indonesia dan segala kenikmatan makanan khasnya.

  18. Annisakih says:

    Sepertinya yang lebih terkenal dari propinsi Riau itu asam pedas ikan Patin atau minuman laksamana mengamuk

  19. Gita says:

    thank infonya ya…..

  20. Reyne Raea says:

    Masha Allaaahhh, kulapar liatnya hahaha.
    Pempek, Bika Ambon yang bukan dari Ambon *tsah hihihi, Papeda, ikan.

    Astagaaaa, beruntungnya tinggal di Indonesia ya, makanannya enak-enak banget 😀

  21. EVSEMART says:

    Ampun!!! Semuanya menggugah seleraaa!!

  22. Jogja Hits says:

    Keren kak artikelnya, makin menambah wawasan

  23. Rafidh Cell says:

    Makanan Indo memang the best, paling suka nasgor sama opor ayam kampung

  24. khas ti garut says:

    masya Allah makanan yang penuh berkah