Kuliner

11 Makanan Khas Kamboja

Tentunya banyak dari kita yang belum mengetahui mengenai makanan khas Kamboja, padahal makanan khas negara ini tidak kalah enak dari makanan Indonesia.  Bahkan makanan khas negara ini juga cocok di lidah masyarakat Indonesia, namun tidak semua makanan dari negara ini halal untuk dikonsumsi. Walaupun begitu jika Anda mencoba makanan dari negara Kamboja maka tidak akan kecewa, mengingat perpaduan makanan dari negara ini percampuran dari makanan Thailand dan Vietnam. Jadi jika Anda berkunjung ke negara ini jangan lupa untuk mencicipi kulinernya. Apabila kesulitan mencari di Indonesia, Anda juga bisa membuatnya sendiri mengingat bahan-bahan yang digunakan juga bisa ditemukan di Indonesia. Berikut beberapa jenis makanan dari Kamboja yang wajib Anda ketahui.

1. Bok L’hong

makanan khas kamboja

Pinterest

Makanan yang satu ini merupakan salad pepaya, dimana pepaya yang digunakan adalah pepaya muda. Pada makanan ini nantinya pepaya tersebut akan ditumbuk pada cobek, sekilas makanan ini mirip dengan makanan khas Laos yaitu tam mak khang. Akan tetapi makanan ini menggunakan kemangi thai, buncis, kacang tanah, tomat, dan kepiting kecil yang telah difermentasi. Serta di tambahkan cabai dan ikan, makanan ini juga menggunakan saus yaitu merupakan campuran dari jeruk limau, kecap ikan, dan prahok. Jadi jika Anda kangen rujak saat di Kamboja maka bisa mencoba makanan ini.

2. Ansom chek

makanan khas kamboja
atraveldiary.com

Salah satu makanan khas Kamboja lainnya adalah ansom chek dimana makanan ini terdiri dari beras dan pisang yang telah dibungkus menggunakan daun pisang. Model pembungkusannya juga memanjang sehingga mirip dengan lontong, kemudian nantinya makanan ini akan dimasak dengan cara dikukus. Tentunya makanan yang satu ini sangat kaya akan gizi serta cocok dikonsumsi pada saat sarapan karena terdapat karbohidrat.

3. Ansom chrook

makanan khas kamboja
vigorvinegar.com

Untuk makanan ini hampir sama dengan makanan di atas karena sama-sama dibungkus menggunakan daun pisang serta dikukus, namun yang membedakan adalah isiannya. Sebab makanan ini menggunakan beras, daging babi, dan pasta kacang hijau kemudian baru dibungkus dengan daun pisang. Tentunya makanan yang satu ini juga sangat lezat serta mengenyangkan karena menggunakan beras dan daging babi, jadi sekilas terlihat seperti lontong yang berisi daging babi.

4. Bai sach chrouk

Makanan khas Kamboja memiliki arti babi dan nasi, dimana makanan ini biasanya disantap untuk sarapan di Kamboja. Tentunya sarapan jenis ini merupakan sarapan yang sangat populer di kalangan masyarakat, tidak heran jika Anda bisa menemukan makanan ini di kedai-kedai kecil di pinggir jalan mulai dari jam 6 hingga 9 pagi. Makanan ini juga menggunakan bahan-bahan sederhana di dalamnya seperti daging babi yang diiris tipis dan dioleskan dengan kecap, santan, dan bawang putih panggang yang akan dipanggang diatas bara. Nasi ini akan disajikan bersama dengan acar mentimun, tentunya tidak sembarangan beras yang digunakan dalam makanan ini. Pada umumnya beras yang digunakan adalah beras berkualitas buruk yang biasa diberikan kepada ayam, tentunya pemilihan nasi ini disesuaikan dengan tradisi yang telah berjalan sejak lama.

5. Babar

Babar merupakan salah satu bubur asin khas Kamboja, dimana bubur ini biasanya dihidangkan bersama dengan tauge dan daun bawang. Jenis dari bubur ini juga beragam, ada yang menggunakan ayam, babi, sapi, hingga ikan. Jadi bisa Anda pilih sesuai dengan selera apalagi pilihannya sangat banyak sekali, pastinya sangat pas mengkonsumsi bubur ini ketika sedang cuaca dingin untuk menghangatkan diri.

6. Bai cha

makanan khas kamboja

caramudah.com

Jika Anda rindu dengan nasi goreng maka bisa mencoba makanan khas Kamboja ini, sebab makanan ini merupakan nasi goreng khas Kamboja. Jadi sudah pasti sangat lezat dan cocok dilidah orang Indonesia yang sangat menyukai nasi goreng. Tentunya pilihan campuran dari nasi goreng ini juga beragam, mulai dari sapi, ayam, babi, seafood hingga ikan. Jadi bisa Anda pilih sesuai dengan selera yang ada.

7. Ang dtray meuk

narayatrip.com

Kuliner yang satu ini merupakan cumi-cumi utuh yang diolah dengan cara dipanggang, tentunya jajan yang satu ini sangat mudah Anda temukan di kota-kota pesisir di Kamboja. Jadi wajib Anda coba karena dijamin lezat, umumnya makanan ini akan dibawa oleh penjualnya dengan cara dipanggul di pundak beserta dengan pemanggangnya. Untuk membuatnya juga sangat sederhana yaitu cumi-cumi nantinya akan dioleskan dengan jeruk nipis serta saus ikan, baru kemudian dipanggang. Setelah dipanggang maka cumi ini akan disajikan dengan saus merah khas Kamboja.

8. Ban haow

Bagi Anda pecinta mie maka wajib mencoba makanan khas Kamboja ini, dimana makanan ini merupakan bihun yang menggunakan kuah saus ikan manis. Makanan ini nantinya akan disajikan dengan daun mint, kacang tanah yang telah dihaluskan, acar sayur, dan lumpia. Tentunya dijamin makanan ini sangat enak dan lengkap gizinya.

9. Semut merah dengan daging beserta daun basil

makanan khas kamboja
ranselbertopeng.blogspot.com

Serangga merupakan salah satu makanan yang sangat disukai di Kamboja, tidak heran jika di negara ini Anda bisa menemukan berbagai cemilan yang terbuat dari serangga seperti jangkrik, belalang hingga tarantula di pinggir jalan. Apabila Anda ingin mencobanya maka tidak ada salahnya memilih semut merah, dimana rasanya jauh lebih bisa diterima di lidah orang yang belum pernah mencoba kuliner ini dibandingkan dengan jangkrik dan kalajengking. Semut merah yang tersedia juga dengan berbagai ukuran, nantinya semut ini akan digoreng bersama dengan jahe, serai, daun bawang, bawang putih dan irisan daging sapi.

10. Caw

Bagi Anda pecinta makanan semur maka bisa mencoba makanan yang satu ini, dimana makanan ini merupakan semur yang tersendiri dari daging ayam, daging babi, telur, dan gula jawa. Makanan ini juga memiliki kemiripan dengan makanan thit kho dari Vietnam. Namun terkadang makanan ini sajikan dengan tambahan tahu maupun rebung.

11. Kari merah khmer

Tentunya kari merupakan salah satu kuliner khas dari Asia, tidak heran di Kamboja juga memiliki kari khas tersendiri. Sebab setiap negara memiliki resep tersendiri, sehingga rasa yang tercipta juga berbeda, untuk kari khas Kamboja sendiri disajikan dengan kuah merah yang kental. Dari segi penampilan kari khas Kamboja mirip dengan kari khas Thailand, akan tetapi kari khas Kamboja tidak sepedas kari khas Thailand walaupun mengandung banyak cabai. Untuk isi kari ini terdiri dari daging sapi, atau ayam, atau ikan. Kemudian terdapat terong, buncis, kentang, dan santan. Umumnya kari ini akan dikonsumsi bersama dengan roti, dimana hal ini merupakan perpaduan antara budaya Prancis yang pernah menjajah negara ini. Jadi karena makanan khas Kamboja sangat lezat maka jangan sampai Anda tidak mencoba makanan khas Kamboja ini, apalagi makanan tersebut susah ditemukan di Indonesia jadi jangan sampai tidak dicoba.

Join The Discussion