6 Wisata Edukasi di Makassar yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga


Fida  November 8, 2022  0 Comment

Makassar merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yang dikenal menawarkan banyak pilihan tempat wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini banyak dikunjungi sebagai tujuan wisata bagi para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, Makassar juga menjadi tujuan wisatawan mancanegara untuk berlibur. 

Terdapat banyak pilihan tempat wisata di Makassar yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah wisata edukasi. Mengunjungi wisata edukasi bersama keluarga maupun anak anak tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Kamu dapat melepas penat sekaligus mempelajari banyak hal baru di wisata edukasi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 6 rekomendasi wisata edukasi di Makassar yang menarik untuk kamu kunjungi. 

1. Benteng Rotterdam Makassar

benteng rotterdam makassar
kompas.com

Benteng Rotterdam Makassar merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Makassar yang bisa kamu datangi. Benteng yang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa – Tallo ini beralamat di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. 

Benteng yang telah dibangun sejak tahun 1545 ini memiliki lokasi yang dekat dengan pantai sebelah barat Kota Makassar. Di kawasan benteng ini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati bangunan yang megah, tetapi juga dapat mempelajari sejarah. Selain ramai dikunjungi oleh masyarakat atau wisatawan lokal, Benteng Rotterdam Makassar juga ramai didatangi wisatawan mancanegara. 

Untuk masuk ke kawasan Benteng Rotterdam Makassar, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk dan hanya perlu membayar seikhlasnya. Destinasi wisata bersejarah yang satu ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu para pecinta foto. Bangunan yang megah dengan arsitektur menarik menjadikan kawasan benteng ini memiliki banyak spot instagramable. Banyak yang mengatakan bahwa apabila berfoto di kawasan Benteng Rotterdam Makassar, rasanya seperti tidak sedang berada di Indonesia. Seru sekali bukan? 

Gotravelly

The Amazing Batu Screet Zoo, Kebun Binatang Modern Dengan Banyak Wahana Di Kota Batu

Makan Ramen Dengan Suasana Khas Jepang Di Sendai Ramen Madiun

2. Museum Kota Makassar

museum kota makassar
celebes.co

Destinasi wisata edukasi di Makassar berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Kota Makassar. Museum yang satu ini berlokasi di Jalan Balaikota, Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Di museum ini, pengunjung dapat mengetahui sekaligus mempelajari banyak hal tentang sejarah. 

Pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Terdapat banyak koleksi Museum Kota Makassar yang menarik untuk kamu ketahui, salah satunya adalah pajangan suku suku asli Sulawesi Selatan. 

Selama menyusuri Museum Kota Makassar, pengunjung juga akan ditemani oleh pemandu wisata. Kamu tidak perlu khawatir karena pemandu akan menjelaskan informasi dengan jelas mengenai Museum Kota Makassar dan koleksinya. Ruangan museum yang ber-AC juga menjadikan pengunjung betah dan nyaman selama menyusuri museum. 

Wisata edukasi di Makassar yang satu ini tidak hanya cocok untuk dikunjungi bersama teman, tetapi juga bersama keluarga. Tidak jarang Museum Kota Makassar juga dikunjungi oleh rombongan pelajar. 

3. Wisata Mangrove Lantebung

wisata mangrove lantebung
travel.okezone.com

Ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisata sekaligus wisata edukasi? Wisata Mangrove Lantebung menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Salah satu wisata edukasi di Makassar ini menawarkan indahnya pemandangan. Kamu dapat menyusuri indahnya Wisata Mangrove Lantebung di Jalan Lantebung, Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. 

Untuk menyusuri kawasan wisata sekaligus edukasi ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 5.000,- per orang. Waktu terbaik untuk datang ke Wisata Mangrove Lantebung adalah saat pagi dan sore hari. Pengunjung tentu dapat merasakan suasana yang asri dan sejuk saat datang ke wisata yang satu ini. 

Wisata Mangrove Lantebung juga sangat menarik untuk dikunjungi sebagai tempat untuk melepas penat. Wisata yang satu ini juga cocok dipilih sebagai sarana edukasi bagi anak anak. Pengunjung dapat mencoba sensasi menyusuri jalanan instagramable yang di kanan kirinya terdapat pohon mangrove yang lebat. Menarik sekali bukan? 

Banyaknya spot foto instagramable juga menjadikan tempat ini sayang untuk kamu lewatkan. Kamu dapat mengabadikan momen bersama teman maupun keluarga sebelum pulang dari Wisata Mangrove Lantebung. 

4. Perpustakaan Kota Makassar

perpustakaan kota makassar
edelweisnews.com

Hobi membaca buku? Perpustakaan Kota Makassar dapat menjadi tujuan menarik yang bisa kamu datangi. Perpustakaan yang satu ini juga dapat dikunjungi sebagai wisata edukasi di Makassar. Kamu dapat mengunjunginya di Jalan Lamaddukelleng No. 3, Kota Makassar. 

Perpustakaan Kota Makassar memiliki banguanan 3 lantai. Lantai pertama digunakan sebagai gedung pertemuan, lantai kedua digunakan untuk perpustakaan, dan lantai ketiga digunakan untuk menyimpan buku buku sejarah Makassar. Menarik sekali bukan?

Pengunjung yang datang dapat mempelajari sejarah sekaligus membaca banyak jenis buku yang ditawarkan di perpustakaan ini. Perpustakaan Kota Makassar biasa dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, hingga wisatawan. Suasananya yang tenang dan nyaman menjadikan banyak pengunjung betah untuk berkunjung dan membaca buku di Perpustakaan Kota Makassar.  

5. Museum La Galigo

museum la galigo
travel.detik.com

Mengunjungi tempat wisata berupa museum tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba, khususnya bagi kamu pecinta sejarah. Museum La Galigo merupakan salah satu museum yang dapat dikunjungi sebagai wisata edukasi di Makassar. Kawasan museum ini tidak hanya kerap dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa, tetapi juga wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. 

Museum La Galigo menyuguhkan koleksi berupa peninggalan sejarah etnis Bugis. Ada banyak pengetahuan serta hal baru yang bisa kamu pelajari di museum ini. Pengunjung juga dapat dengan nyaman menyusuri kawasan museum karena sudah dilengkapi dengan fasilitas AC. 

Untuk masuk ke kawasan museum ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- saja per orang. Pengunjung yang datang juga akan disambut dengan penjaga museum yang ramah. Saat berkunjung ke Makassar, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir ke museum yang satu ini. 

6. Museum Balla Lompoa

museum balla lompoa
arsytours.com

Museum Balla Lompoa menjadi salah satu tempat yang bisa kamu datangi saat mencari rekomendasi wisata edukasi di Makassar. Musuem yang satu ini sudah sangat populer dan banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. 

Di Museum Balla Lompoa, kamu dapat menjumpai banyaknya benda peninggalan Kerajaan Gowa. Beberapa benda yang dapat kamu jumpai diantaranya meriam kuno, tombak, dan beberapa alat perang lainnya. Pengunjung juga dapat berfoto dengan banyaknya spot yang ditawarkan. Saat berlibur ke tempat wisata bersejarah yang satu ini, kamu dapat mengetahui banyak hal baru dan merasakan pengalaman berkesan saat berlibur. 

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi wisata edukasi di Makassar yang bisa kamu datangi. Saat berkesempatan datang ke Makassar, wisata edukasi manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply