5 Destinasi Wisata Keren Akhir Tahun Di Kota Makassar

wisata di makassar

fandyachmad | Tourist
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia | City Trip
03 Dec 2019


5 Destinasi Wisata Keren Akhir Tahun Di Kota Makassar
Bingung mau kemana saat liburan akhir tahun ini guys, berikut saya beri informasi destinasi keren saat berkunjung ke kota makassar.

How to Get There

Kali ini gays , saya berlibur ke pulau sulawesi selatan tepatnya ke kota Makassar.  Dulunya kota ini bernama Ujung Pandang dan menjadi ibu kota sulawesi selatan ini guys. Kota yang memiliki luas sekitar hampir 200 km ini memiliki banyak destinasi wisata keren yang berada di dekat pusat kota ni guys. Di makassar terdapat Bandar Udara Hassanudin yang menjadi persinggahan pesawat untuk menuju ke seluruh sulawesi , maluku hingga papua sehingga memudahkan kita jika kita berasal dari luar pulau untuk menuju ke kota makassar ini guys.

What to Do

Kota makassar ini terkenal akan wisata sejarah , budaya , kuliner hingga wisata alamnya ni guys yang kini mulai di gandrungi oleh semua traveller yang berkunjung ke makassar ini  guys. Keindahan alam mulai dari surga bahari , air terjun , bahkan perbukitan yang sangat indah dan menjadi salah satu icon wisata alam di makassar tersebar luas di sekita kota makassar ini guys serta memiliki keunikan dan keindahan alam yang berbeda-beda. Berikut akan saya informasikan 5 destinasi keren yang terletak di sekitar kota Makassar ini guys.

1. Wisata Pantai Losari

Pantai losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat barat kota Makassar. Tepatnya 3.5 km dari pusat kota dan 20 km dari bandara Sultan Hassanudin ni guys. pantai ini selalu ramai akan pengunjung setiap harinya ni guys apalagi sasat sore hingga malam , banyak warga kota makassar bahkan turis lokal bahkan non lokal berkunjung kesini untuk menikmati ramai serta indahnya malam di sekitar pantai losari ini guys. Disini banyak yang berjualan makanan khas kota makassar ini seperti pisang epe  dan yang paling sering akan kita jumpai disini adalah makanan ikan bakar ni guys.  Oh ya ni guys pantai losari ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset pula.

wisata di makassarwisata di makassar

2. Wisata masjid 99 kubah

Sesuai namanya , masjid ini memiliki puluhan kubah yang menghiasi megahnya masjid ini guys. Kubah-kubahnya tertata bertingkat dan berwarna terang seperti orange dan kuning. Masjid 99 kubah ini terletak di dekat pantai losari sekitar 1 km dan kita bisa melihat jelas masjid tersebut dari pantai losari ni guys. Kabarnya masjid ini menjadi salah satu ikon baru di sulawesi selatan ni guys dan kabarnya masjid ini bisa menampung hingga 10.000 orang ni guys. Namun masjid ini masih dalam proses pembangunan dan kita hanya bisa menikmati dari luarnya saja ni guys. Dari luar saja sangat indah dan megah apalagi nanti saat masjid ini rampung pembangunannya mungkin akan jauh lebih indah hingga di dalam masjidnya.

wisata di makassarwisata di makassar

     3. Pulau Samalona

Makassar memang terkenal dengan surag baharinya karena makassar memiliki banyak sekali pulau-pulau di sekitar kota dan salah satunya adalah Pulau Samalona ini guys. Pulau samalona adalah sebuah pulau yang terletak di barat kota makassar tepatnya sekitar 2 km dari pantai losari ni guys. Untuk menuju ke pulau samalona ini guys kita bisa berangkat dengan perahu motor dari dermaga kayu Bangkoa dengan harga berkisar 300-500 untuk satu boat berisi 8-10 orang. Perahu tersebut bisa bersifat pribadi ataupun umum , namun jika umum wisatawan akan di tentukan jam keberangkatan hingga pulangnya. Namun untuk menuju ke pulau samalona juga terdapat open trip dengan harga yang sangat terjangkau pula ni guys. Pualu samalona ini memiliki luas 2 hektar dan memiliki keindahan bahari yang bakal membuat siapapun akan betah sata berkunjung keisni guys. Pemandanagn bawah laut dengan kombinasi antara biota laut seperti terumbu karang yang beraneka ragam bentuknya , coral , ikan-ikan serta jernihnya air laut akan membuat siapapun tergoda untuk berkunjung ke pulau samalona ini guys. Berenang di sekitar pantai dengan ombak yang sangat tenang , snorkling , bahkan diving adalah kegiatan wajib yang harus kita lakukan saat berkunjung kesini guys. Di pulau ini sudah terdapat area untuk camping bahkan homestay pula ni guys dengan harga sekitar 500rb/malam ni guys. Disini sudah terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman jadi anda tak usah khawatir jika berkunjung kesini guys. Oh ya ni guys di sini juga terdapat persewaan untuk bersnorkling jika anda tak membawa peralatan tersebut dengan harga mulai dari 20.000-50.000/alat ni guys.

wisata di makassarwisata di makassar

wisata di makassarwisata di makassar

wisata di makassarwisata di makassar

wisata di makassarwisata di makassar


4. Rammang-Rammang

Rammang-rammang adalah sebuah gugusan pegunungan karts ( batu kapur ) yang memiliki luas sekitar 45.000 hektar di kabupaten maros dan menjadi pegunungan karts terbesar ketiga di dunia. Rammang-rammang terletak 40 km di utara kota makassar dan kita bisa menuju ke sana dengan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil pribadi. Butuh waktu 1.5 jam untuk menuju kesana dengan konstriksi jalan yang sudah beraspal semua ni guys. Di sini kita akan di suguhkan indah serta megahnya pegunungan karts yang berjajar luas dengan di padu oleh persawahan warga yang tertata rapi membuat kita seolah berada di jaman purba dulu ni guys saat berada disini. Untuk mejelajahi indahnya rammang – rammang ini kita bisa menuju ke dermaga satu untuk memulai canyoning dengan perahu kecil menuju ke dermaga 2 melalui sungai pute untuk bisa menikmati view serta landscape rammang-rammang ini dengan tarif Rp.200.000 untuk 2 hingga 4 orang dalam satu perahu ni guys. Disini kita akan di ajak mengarungi sungai menuju ke dermaga 2 lalu ke kampung berua . nah disini kita akan di suguhkan oleh megahnya karts yang akan bikin kita betah berlama-lama disini ya meskipun cuaca disini tergolong panas dan terik.

wisata di makassarwisata di makassar

wisata di makassarwisata di makassar

wisata di makassarwisata di makassar

5. Taman leang-Leang

Satu lagi ni guys yang terlatak pula di kabupaten Maros tepatnya di Bantimurung yang memiliki nilai prasejarah yang sangat indah yaitu Taman leang-leang. Taman prasejarah ini terawat sangat rapi dan indah dan kita akan di kenakan retribusi masuk sebesar Rp.10.000/orang ni guys. Di taman Leang-leang ini kita akan mendapatkan view bebatuan karts yang sangat unik dan indah , terdapat beberapa spot foto yang sangat keren dengan beckground karts di sekeliling kita. Oh ya ni guys di taman ini terdapat 2 gua yang bisa kita jumpai  serta menjadi daya tarik wisata taman leang-leang ini yaitu gua leang pettae dan gua leang petta kere. Di dalam gua ini terdapat stalaktit yang sangat indah dengan tetesan air membuat gua ini semakin indah untuk di nikmati. Di dalam gua ini terdapat lukisan alami berbentuk cap telapak tangan yang kabarnya sudah berusia ribuhan tahun lalu ni guys.

wisata di makassarwisata di makassar

Nah gimana guys , jika berkunjung ke Makassar jangan lupa untuk mampir ke destinasi tersebut karena sangat keren , indah dan berkesan. Sebenarnya masih banyak lagi destinasi keren yang berada di sekitar kota makassar karena sejatinya makassar itu merupakan kota dengan segudang surga yang tersembunyi di dalamnya.

Tips and Trick

 

Tips & Trick saat berkunjung ke Makassar :


1. Jika anda dari luar kota atau pulau sebaiknya sewa motor atau mobil untuk berkleliling

2. saat musim kemarau kota ini sangatlah panas bawalah sunblock untuk melindungi kulit

3. pakai google map untuk menuju ke destinasi yang kalian tuju

4. selalu bawalah air mineral karena panasnya cuaca disini akan mebuat anda dehidrasi

5.  bawa kamera andalan kalian guys untuk mengabadikan moment di kota makassar ini

6. jangan ragu bertanya pada warga lokal jika anda tersesat disini karena warganya sangat ramah dan wellcome.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY