7 Rekomendasi Pisang Ijo Enak di Makassar


Reni  October 19, 2022  0 Comment

Pisang Ijo Enak di Makassar – Kota Makassar dikenal dengan berbagai jenis kuliner yang khas seperti pisang ijo. Seperti yang kita ketahui, pisang ijo adalah sebuah hidangan manis yang terbuat dari pisang dibalut dengan adonan hijau dan dilengkapi bubur sum-sum serta sirup. Hingga saat ini, pisang ijo masih menjadi kuliner khas yang populer hingga ke penjuru daerah di Indonesia.

Jika Kamu sedang liburan, tentu Kamu harus mencoba hidangan satu ini saat berkunjung ke Makassar. Tentu makanan satu ini akan terasa lebih otentik jika membeli di tempat asalnya. Ada banyak lokasi wisata kuliner yang bisa Kamu kunjungi untuk menyantap pisang ijo di Makassar. Berikut 7 rekomendasi pisang ijo enak di Makassar yang wajib Kamu kunjungi!

1. Pisang Ijo Lasinrang

Pisang Ijo Lasinrnag
shopee.co.id

Rekomendasi tempat pisang ijo pertama di Makassar adalah Restoran Pisang Ijo Lasinrnag yang berlokasi di Jl. Lasinrag No. 28, Mangkura, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Restoran ini menyajikan hidangan seperti bakmi ayam dan es pisang ijo yang enak.

Tak hanya itu, tempat ini juga menyediakan pisang ijo instan yang dikemas praktis agar kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh dan membuatnya di rumah. Harga menu di restoran Lasinrag ini juga sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp20 ribu saja untuk satu porsi pisang ijo.

Gotravelly

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

2. Warung Bravo Pisang Ijo

Warung Bravo Pisang Ijo
garnesia.com

Rekomendasi pisang ijo enak di Makassar selanjutnya adalah Warung Bravo Pisang Ijo. Pasalnya warung ini cukup legendaris karena menyajikan hidangan pisang ijo yang santannya terbuat dari kelapa asli. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati aneka hidangan lezat lainnya seperti nasi campur, gado-gado, soto, dan menu lainnya.

Untuk satu porsi es pisang ijo kamu hanya perlu membayar sekitar Rp22 ribu saja. Warung Bravo Pisang Ijo bisa kamu kunjungi ke alamat Jl. Andalas No. 254, Parang Layang, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Rumah Makan Muda Mudi

Rumah Makan Muda Mudi
id.foursquare.com

Rumah Makan Muda Mudi rupanya menyediakan berbagai hidangan khas Sulawesi Selatan yang lezat. Di restoran ini, kamu bisa menyantap berbagai makanan nusantara seperti soto, sop buntut, nasi campur, dan sebagainya.

Adapun hidangan penutup juga bisa kamu pilih seperti jus buah segar, minuman dingin, dan es pisang ijo. Harga seporsi pisang ijo di rumah makan ini sebesar Rp29 ribu saja. Kamu bisa mengunjungi lokasi restoran ini di Jl. Rusa No.45 A, Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

4. La Galigo Ujung Pandang

Pisang Ijo Enak di Makassar
qraved.com

La Galigo berlokasi di Jl. Sulawesi No. 128, Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Restoran ini menyajikan aneka hidangan nusantara yang lezat dan terjangkau. Mulai dari aneka mie ayam, bubur ayam, lontong, es campur, es manado, dan es pisang ijo.

Jika kamu ingin menyantap es pisang ijo, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp25 ribu untuk satu porsi hidangan khas Makassar ini. Selain aneka hidangannya yang lengkap, tempat di restoran ini pun terbilang cukup nyaman untuk dikunjungi anak muda.

5. Benz Bakery and Café

Benz Bakery & Cafe
beritakuliner.my.id

Jika kamu ingin mencari oleh-oleh saat berlibur di Makassar, maka tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Benz Bakery Café adalah toko yang menjual aneka roti dan oleh-oleh khas Makassar. Café ini berlokasi di Jl. Kajaolalido No.2, Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Salah satu keunikan dari café ini, mereka menjual roti pisang ijo yang cocok dijadikan oleh-oleh saat liburan. Tak hanya itu, café ini juga menyediakan es pisang ijo lezat yang bisa kamu nikmati dengan harga Rp 30 ribu per porsinya.

6. Pisang Ijo Amanda

Pisang Ijo Amanda
indozone.id

Jika kamu ingin mencari pisang ijo enak di Makassar dengan harga yang murah, kamu bisa mendatangi Pasar Segar Pengayoman di daerah Panakkukang. Pasar ini memiliki penjual es pisang ijo nikmat bernama Pisang Ijo Amanda.

Toko ini terletak di Sentra Bazaar Panakkukang yang menyajikan aneka hidangan pisang ijo yang menyegarkan lidah. Tentu tempat ini cocok dikunjungi untuk menikmati kesegaran kuliner khas Makassar pada siang hari.

7. Jalangkote dan Pisang Ijo Griya

Jalangkote dan Pisang Ijo Griya
travel.tribunnews.com

Tempat yang menyajikan pisang ijo murah dan enak selanjutnya adalah Jalangkote dan Pisang Ijo Griya. Tempat sederhana ini berlokasi di Griya Alam Permai No.1, Kapasa, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kenapa tempat ini terbilang murah untuk menikmati oleh-oleh khas Makassar, karena untuk menikmati satu porsi es pisang ijo saja kamu hanya perlu mengeluarkan Rp13 ribu an saja. Di sini kamu juga memesan secara online yang telah tersedia di aplikasi seperti Grab dan GoFood.

Resep Es Pisang Ijo Makassar

Jika kamu belum punya kesempatan untuk liburan ke Makassar, kamu masih bisa membuat makanan khas ini di rumah. Sebab, es pisang ijo bisa dibuat dengan sederhana dan mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur  saja.

Hidangan es pisang ijo ini nantinya bisa kamu nikmati bersama-sama bersama keluarga. Bahkan resep es pisang ijo Makassar ini juga bisa menjadi inspirasi untuk ide usaha kamu di rumah. Berikut langka-langkah cara pembuatannya.

Bahan-Bahan

Sebelum membuat es pisang ijo, pastikan kamu telah menyediakan bahan-bahan membuat pisang ijo seperti di bawah ini:

  1. Bahan Pisang Ijo
  2. 10 pisang raja
  3. 600ml air mineral
  4. 150gr tepung terigu
  5. 150gr tepung beras
  6. 65ml santan
  7. 60gr gula pasir
  8. 1/2sdt garam

Bahan Bubur Sumsum

  • 100gr tepung beras
  • 750ml air mineral
  • 65ml santan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2sdt garam

Bahan Saus Santan

  • 2sdm tepung maizena
  • 500ml air mineral
  • 65ml santan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2sdt garam

Bahan Pelengkap

  • Es batu secukupnya
  • Sirup secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Es Pisang Ijo

  1. Membuat Pisang Ijo
  2. Kukus 10 pisang raja selama 15 menit di atas panci dan air yang telah dipanaskan.
  3. Siapkan wadah untuk membuat kulit pisang dengan mencampur tepung terigu, tepung beras, air, garam, gula, pasta pandan dan santan.
  4. Aduk hingga merata, lalu saring adonan agar teksturnya cair dan tidak kasar.
  5. Masak adonan ijo di atas wajan dengan api kecil, aduk selama proses pemasakan sampai matang.
  6. Siapkan plastik yang telah diolesi minyak, ambil sekitar 1- 2 sendok makan adonan kulit, lalu pipihkan.
  7. Beri 1 buah pisang raja yang telah dikukus, lalu tutup semua permukaan pisang menggunakan adonan kulit yang telah dipipihkan.
  8. Kukus kembali pisang yang telah dilapisi adonan kulit selama 20 menit, kemudian dinginkan.

Membuat Bubur Sumsum

  • Masukan semua bahan ke dalam panci, kemudian aduk adonan hingga merata.
  • Masak adonan bubur sumsum hingga matang dan mengental, kemudian diamkan hingga dingin.

Membuat Saus Santan

  • Masukkan semua bahan ke dalam panci, kemudian aduk saus santan hingga merata.
  • Masak adonan saus di atas api kecil, kemudian angkat jika sudah mendidih, lalu diamkan hingga dingin.

Cara Penyajian

  • Taruh 1 buah pisang hijau di atas mangkuk, kemudian tuang bubur sumsum di pinggirnya.
  • Selanjutnya tuang saus santan secukupnya, tambahkan bahan pelengkap seperti es batu, susu kental dan sirup secukupnya.
  • Es pisang ijo siap dihidangkan. 

Demikian 7 rekomendasi pisang ijo enak di Makassar yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, kamu juga bisa mempraktikkan resep membuat es pisang ijo sederhana di rumah. Semoga bermanfaat!



Leave a Reply