10 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Bandung


Altesa  October 31, 2022  0 Comment

Bandung terkenal akan sebutan Paris Van Java, selain karena memiliki bangunaan arsitektur bergaya Eropa, terutama Kota Paris Perancis, sebutan Paris Van Java juga cocok di sandang Bandung karena menjadi salah satu pusat fashion anak muda di Indonesia. Berwisata di Bandung juga menjadi pilihan warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu weekend ataupun liburan panjang. Bandung juga memiliki banyak sekali jenis wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi di Bandung. Wisata edukasi juga sangat populer saat ini karena tak hanya berwisata dan menghabiskan waktu dengan keluarga, anak – anak juga bisa sekaligus belajar dan memperaktikan informasi atau ilmu yang mungkin tidak dipelajari di Sekolah. Mengasah ilmu sembari liburan menjadi pilihan terbaik saat berlibur apalagi berlibur sekolah, karena meskipun sedang liburan anak – anak tidak berhenti mendapatkan ilmu dari lingkungan sekitarnya.

Untuk membantu kalian menentukan destinasi wisata saat ingin berlibur bersama keluarga, kali ini GoTravelly akan memberikan rekomendasi wisata edukasi di Bandung yang menarik dan seru untuk dikunjungi. Berikut adalah wisata edukasi di Bandung;

1. Padepokan Dayang Sumbi

Padepokan Dayang Sumbi
merdeka.com

Padepokan Dayang Sumbi merupakan wisata edukasi di Bandung yang pertama kita bahas. Wisata edukasi di Bandung satu ini meberikan aktifitas yang menarik untuk anak – anak. Disini anak – anak bisa langsung melihat dan praktek bagaimana cara mengembangbiakan, merawat hingga mengolahnya menjadi sebuah kain sutra. Wah, sungguh menarik dan menyenangkan bukan. Wisata ini memiliki aktifitas yang menarik dan berbeda dari wisata – wisata bermain lainnya.

Wisata edukasi di Bandung satu ini berlokasi di Jalan Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kp. Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Mekarmanik, Bandung. Wisata ini memiliki 2 sesi, sesi pertama di jam 9.00 sampai 11.00, sementara untuk sesi 2 dimulai pukul 12.00 sampai 14.30. Harga tiket untuk bisa masuk dan mengikuti kegiatan di wisata ini dijual mulai harga Rp.85.000.

Gotravelly

Rabbit Town : Wisata Selfie Kekinian Di Kota Bandung. Cocok Untuk Semua Kalangan Dan Usia

Terpesona Oleh Keindahan Kawah Putih Ciwidey Yang Magis

2. Jendela Alam

Jendela Alam
nativeindonesia.com

Jendela alam merupakan wisata edukasi di Bandung yang memiliki konsep wisata alam. Tak hanya melakukan aktifitas yang menyenangkan wisata ini juga menyuguhkan suasana alam yang asri dan sejuk. Wisata edukasi di Bandung satu ini memberikan berbagai macam aktifitas yang menyenangkan, mulai dari berkebun, beternak, panen telur, panen buah, bermain harta karun, membuat yogurt dan banyak lagi aktifitas yang bisa kamu lakukan disini. Disini anak – anak juga bisa bermain flying fox dan berinteraksi serta bekerjasama dengan anak lainnya sehingga meningkatkan kemampuan sosial anak – anak.

Wisata edukasi ini berlokasi di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri KM 4,5, Cihideung, Paronpong, Bandung. wisata ini buka setiap phari mulai pukul 9.00 hingga 16.00. Untuk masuk dan menikmati aktifitas disini harga tiket nya mulai dari Rp. 15.000.

3. Saung Angklung Udjo

Wisata Edukasi di Bandung
anekatempatwisata.com

Saung Angklung Udjo adalah wisata edukasi di Bandung yang mengajarkan aktifitas juga melestarikan budaya khas Indonesia. Angklung menjadi salah satu alat musik tradisional yang cukup populer dan menarik untuk dipelajari. Disini anak – anak akan diajarkan bagaimana cara memainkan angklung dan juga memainkan musik menggunakan angklung. Setelah belajar bersama, anak – anak akan menampilkan pertunjukan musik menggunakan angklung. Wah, sungguh aktifitas yang menyenangkan sekali untuk anak – anak. Selain anak – anak bisa belajar memainkan angklung, wisata ini juga membantu melestarikan alat musik tradisional angklung ini terus dikenal dan digunakan oleh anak – anak bangsa.

Wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul. Wisata ini buka dari hari senin hingga minggu mulai pukul 8.00 pagi sampai 17.00. Wisata edukasi ini memiliki harga tiket mulai dari Rp. 40.000 hingga Rp. 100.000

4. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey
mytrip123.com

Kebun Strawberry Ciwidey merupakan salah satu wisata edukasi yang memiliki tema alam yang asri dan indah. Wisata edukasi di Bandung satu ini merupakan salah satu pilihan berwisata yang menawarkan aktifitas memetic buah strawberry dengan anak – anak di perkebunan strawberry. Anak – anak bisa bermain sembari belajar cara untuk memetik dan mengetahui buah strawberry seperti apa yang sudah matang. Memetik buah dengan pemandangan perkebunan strawberry dan suasana asri merupakan aktifitas yang menyenangkan. Selain bisa memetic buah, disini anak – anak juga belajar merawat mulai dari menyiram dan memberi pupuk pohon strawberry.

Wisata edukasi ini beralamat di Jalan Ciwidey, Bandung. Wisata ini buka setiap hari, dan memiliki tiket masuk mulai dari Rp. 5000 saja.

5. Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas
merdeka.com

Taman Lalu Lintas merupakan wisata edukasi yang cukup unik dan berbeda. Disini anak – anak bisa belajar tentang rambu – rambu lalu lintas yang benar. Selain bisa belajar secara teori disini anak – anak juga bisa belajar dengan praktek langsung. Wisata ini sangat bermanfaat bagi anak – anak, selain bisa belajar tentang rambu – rambu lalu lintas, disini juga bisa bermain menaiki sepedah dan naik kereta api. Taman ini mengajarkan tentang kedisiplinan, yang cocok untuk anak – anak.

Wisata yang satu ini beralamat di Jalan Belitung Nomor 1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung. Wisata satu ini buka setiap hari dari pukul 8.00 hingga 15.00. Harga tiket masuk wisata ini dijual mulai dari Rp. 7000.

6. Bandung Science Centre

Bandung Science Centre
ayobandung.com

Bandung Science Centre merupakan wisata edukasi yang baru diresmikan pada tahun 2014 lalu. Wisata edukasi di Bandung satu ini sangat bermanfaat bagi anak – abak, karena membeirkan pemahaman sains dengan menyenangkan dan visualisasi yang mudah dimengerti. Terdapat banyak wahana yang ada disini mulai dari ruang bumi, ruang perakitan, ruang audio visual, ruang fisika dasar, ruang fisiologi, ruang robotic, ruang geologi, ruang kimia, ruang astronomi, ruang ilusi optic, dan masi banyak lagi wahan bermain yang edukatif dan menyenangkan.

Wisata ini beralamat Jalan Sirnagalih Nomor 15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung. Wisata edukasi satu ini buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 17.00. Untuk bisa menikmati wahana dan belajar disini kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 45.000

7. Museum Geologi

Museum Geologi
travel.tribunnews.com

Museum Geologi merupakan wisata edukasi yang memiliki koleksi benda – benda pra sejarah yang memiliki banyak sekali informasi unik untul diketahui. Terdapat fosil T-Rex, gajah mammoth, dan masih banyak lagi koleksi fosil – fosil pada zaman dulu. Selain koleksi benda – benda prasejarah, disini juga ada ruang edukasi, auditorium yang biasa diisi film tentang sejarah.

Wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Museum ini ber operasi setiap hari kecuali hari senin dan jumat mulai pukul 9.00 hingga 14.00 . Wisata edukasi satu ini memiliki harga tiket Rp. 4000 saja.

8. Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung
ayobandung.com

Taman Sejarah Banding merupakan wisata edukasi yang memberikan informasi sejarah tentang Kota Bandung yang panjang dan menairk untuk dikulik. Wisata edukasi ini cocok untuk dikunjungi oleh segala usia. Di kawasan ini kamu akan menemukan pohon – pohon besar yang rindang dan juga cuplikan – cuplikan sejarah Bandung dari setiap era.

Wisata yang satu ini beralamat di Jalan Aceh Nomor 53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung. Taman ini buka setiap hari 24 jam, sehingga cocok untuk dikunjungi sewaktu – waktu. Wisata edukasi di Bandung satu ini merupakan wisata gratis yang menarik untuk dikunjungi.

9. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang
hotelmurah.com

Farm House Susu Lembang merupakan wisata edukasi di Bandung yang berada di bandung utara. Wisata edukasi di Bandung ini adalah salah satu objek wisata yang populer dan banyak dikunjungi. Disini anak – anak akan belajar bagaimana menjadi seorang peternak sapi, kelinci, kambing, dan banyak hewan lainnya. Selain bisa belajar untuk menjadi peternak disini juga terdapat toko souvenir dan kedai – kedai yang menjual berbagai aneka makanan yang menarik.

Wisata edukasi di Bandung satu ini berlokasi di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Wisata edukasi ini buka setiap hari senin – jumat jam 8.00 hingga 19.00, sementara untuk haru sabti dan minggu pukul 8.00 hingga 20.00. Untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat ini tarif tiket masuknya mulai dari Rp. 25.000 saja.

10. De Ranch Lembang

De Ranch Lembang
nativeindonesia.com

De Ranch merupakan salah satu wisata edukasi di Bandung  yang memiliki nuansa peternakan kuda zaman cowboy yang unik. Disini pengunjung bisa menaiki kuda dengan aksesoris khas cowboy. Selain bisa menaiki kuda disini juga terdapat permainan balon air, peti luncur, memancing dikolam dan banyak aktifitas lainnya. Aktifitas seru yang bisa dilakukan disini mampu mengembangkan ketangkasan dan sosial anak – anak.

Wisata edukasi di Bandung satu ini berlokasi di Jalan Raya Maribaya Nomor 17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung. Wisata ini buka mulai hari selasa sampai minggu, dari jam 8.00 sampai 17.00. Harga tiket untuk masuk di wisata ini mulai Rp.10.000 saja.

Nah itulah beberapa rekomendasi wisata edukasi di Bandung yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga. Beberapa rekomendasi wisata diatas selain bisa memberikan edukasi juga tetap memberikan hiburan yang seru di waktu liburanmu.



Leave a Reply