Pecinta Kuliner Wajib Coba 10 Kuliner Legendaris di Makassar


prita  May 21, 2020  0 Comment

Makassar merupakan ibukota Sulawesi Selatan yang menyimpan segudang wisata alam. Beberapa wisata alamnya bahkan sangat terkenal di kalangan wisatawan, sebut saja Pantai Losari. Tak hanya kaya akan tempat wisata, Makassar juga sangat kaya akan kuliner. Kuliner khas Makassar terkenal lezat dan jarang bisa ditemui di kawasan lain. Beberapa diantaranya adalah kuliner yang cukup legendaris yang sudah terkenal sejak dahulu kala namun hingga saat ini kelezatannya masih dipertahankan. Berikut kuliner legendaris di Makassar yang patut untuk kamu coba

1. Konro Karebosi

konro karebosi
indonesia.go.id/

Kuliner legendaris di Makassar yang pertama adalah Konro Karebosi. Restoran yang berada di Jalan Gunung Lompobattang, tepat di belakang gedung Bank Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 1968. Hingga saat ini restoran ini bahkan tak pernah sepi oleh pengunjung.

Menu utama yang disajikan di restoran ini adalah Sop Konro dan juga Iga bakar. Tak hanya itu, ada sebuah hidangan unik yang juga disajikan di restoran ini yaitu Konro Bakar. Konro Bakar merupakan sajian antara iga sapi yang dibakar kamudian dicampur dengan bumbu khas dari Iga Sapid dan Sop Konro.

Alamat: Jalan Gunung Lompo Battang no 41-43, Pisang Utara, Makassar

Gotravelly

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

Ikan Asam Manis Khas Makassar 

2. Coto Maros Harimau

coto maros harimau
etnis.id

Berkunjung ke Makassar, tentu belum lengkap kalau belum mencicipi lezatnya coto. Salah satu coto legendaris di Makassar yang patut Anda coba adalah Coto Maros Harimau.

Coto Maros Harimau ini menjadi salah satu kuliner legendaris di Makassar karena restoran ini telah buka sejak tahun 1974. Dengan mengusung konsep warung gerobak yang telah dipertahankan selama puluhan tahun.

Coto ini juga terkenal memiliki rasa yang lezat dengan mempertahankan resep sejak puluhan tahun. Semangkok coto ini terdiri dari jeroan sapi yang direbus dalam kurun waktu yang lama. Rebusan jeroan sapi ini kemudian dicampur dengan daging sapi yang kemudian diiris lalu dibumbui dengan bumbu kacang yang telah diracik.

Alamat: Jalan Harimau, Maricaya, Makassar

3. Sop Cendrawasih Mas Tomo

sop cendrawasih mas tomo
foursquare.com

Kuliner legendaris di Makassar selanjutnya adalah Sop Cendrawasih Mas Tomo. Warung ini cukup terkenal karena Presiden Soeharto dulu pernah singgah untuk mencicipi sajian di warung ini.

Sop Cendrawasih Mas Tomo ini menggunakan resep turun temurun sejak tahun 1952 yang mana masih dipertahankan hingga saat ini, tak heran jika warung sop ini sangat populer di Kota Makassar.

Sop Cendrawasih Mas Tomo ini memiliki citarasa yang merupakan perpaduan dari rawon dan sop saudara yang dilengkapi dengan daging pilihan. Kemudian disajikan dengan buras berukuran jumbo, telur dan kacang goreng.

Alamat: Jalan Cendrawasih, Kunjung Mae, Mariso, Makassar

4. Pallu Basa Serigala

pallu basa serigala
arsy.co.id

Pallu Basa Serigala ini tak hanya dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Makassar, namun juga salah satu sajian yang ikonik di kota ini. Bagaimana tidak, Pallu Basa selalu menjadi tujuan wisatawan untuk berwisata kuliner saat berlibur ke Kota Makassar.

Sekilas Pallu Basa memang tampak seperti coto, namun bedanya Pallu Basa biasa disantap dengan nasi. Pallu basa memiliki kuah yang kaya akan rempah dengan cita rasa yang kuat, ditambah dengan parutan kelapa sangrai dan telur setengah matang yang akan membuat siapapun merasa ketagihan. Apalagi isian daging sapi dan jeroannya terasa sangat lembut di mulut.

Alamat: Jalan Serigala no 54, Mamajang Dalam, Makassar

5. Ayam Goreng Sulawesi

Ayam Goreng Sulawesi
tripadvisor.com

Kuliner legendaris di Makassar lainnya adalah Ayam Goreng Sulawesi. Warung ayam goreng ini sangat cocok bagi Anda yang tidak suka coba-coba dalam memilih kuliner.

Ayam Goreng Sulawesi ini terbilang cukup istimewa karena menggunakan ayam kampong yang kemudian diolah dengan resep asli yang telah turun temurun sejak tahun 1969, sehingga menghadirkan cita rasa yang khas dan otentik.

Tak hanya Ayam, rumah makan ini juga menyajikan sajian seafood yang tak kalah menggugah selera. Menu lain yang bisa Anda temui di rumah makan ini adalah sup lidah, otak-otak dan nasi goreng.

Alamat: Jalan Sulawesi no 285, Makassar

6. Bakso Bonto

bakso bonto
id.pinterest.com

Jika Anda penggemar Bakso, tentu Anda wajib untuk mencicipi Bakso Bonto ini. Bakso Bonto merupakan salah satu kuliner legendaris di Makassar karena telah berdiri sejak tahun 1960an dan masih mempertahankan cita rasanya hingga saat ini.

Tak hanya legendaris, Bakso Bonto ini bisa dibilang menjadi salah satu pelopor bakso di Makassar. Untuk rasanya sendiri tak perlu diragukan lagi karena berbeda dengan bakso lainnya. Bakso Bonto terbuat dari daging sapi asli yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari kikil dan tulang sumsum sehingga rasanya sangat lezat. Penyajiannya pun sama dengan bakso pada umumnya, yaitu menggunakan mie, kacang goreng, telur dan lontong.

Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea Inda, Makassar

7. Mie Hengky

Mie Hengky
makassarkuliner.com

Kuliner khas Makassar selain coto dan Pallu basa yang wajib Anda coba adalah Mie Hengky. Mie ini bisa dibilang menjadi salah satu kuliner legendaris di Makassar karena cukup bersejarah.

Mie ini berawal dari Angko Cao yang merupakan warga keturunan Tiongkok yang tinggal di Makassar, kemudian beliau mewariskan mie kepada ketiga anaknya, yaitu Titi, Hengky dan Awa. Ketiganya pun melanjutkan usaha kuliner ini dengan label masing-masing.

Mie Hengky ini masih mempertahankan bangunan yang sama sebagai tempat menyajian mie buatannya. Mie Hengky ini berupa mie yang disajikan dengan sawi, irisan ayam, daging, hati yang diberi berbagai bumbu yang telah diwariskan turun temurun. Tak hanya mie kering, Anda juga bisa mencicipi mie kuah, mie hokian, mie goreng dan mie panggang.

Alamat: Jalan Nusantara no 352, Makassar

8. Pisang Epe Pantai Losari

 Pisang Epe Pantai Losari
gloob-online.com

Tak ingin menyantap makanan berat, Anda pun bisa mencicipi salah satu makanan ringan di Makassar yang cukup terkenal yaitu Pisang Epe. Pisang Epe menjadi salah satu kuliner legendaris di Makassar yang sangat nikmat jika dinikmati sambil bersantai di tepi Pantai Losari. Pasalnya, Pisang Epe ini bisa Anda temukan di sepanjang Pantai Losari.

Jika Anda masih belum familiar dengan Pisang Epe, sajian ini salah pisang bakar yang melalui 2 kali proses pembakaran. Berbagai varian rasa dari Pisang Epe ini juga bisa Anda nikmati, seperti rasa cokelat, keju hingga durian.

Alamat: Sepanjang Pantai Losari, Makassar

9. Sate Mase Masea

sate mase masea
localguidesconnect.com

Telah mulai berjualan sejak tahun 1980, Sate Mase Masea juga menjadi salah satu kuliner legendaris di Makassar yang tak boleh Anda lewatkan. Meskipun sate ini telah berdiri sejak puluhan tahun lalu, namun kelezatannya tak pernah berubah, tak heran jika banyak warga Makassar yang menjadikan tempat makan ini sebagai tempat untuk bernostalgia.

Sate Mase Masea menyajikan 2 pilihan menu sate, yaitu sate ayam dan sate daging sapi. Istimewanya, sate ini diberi bumbu kacang yang sangat kental dan melimpah. Sebagai teman makan, Anda bisa menambahkan sepiring nasi atau lontong untuk mengisi perut Anda yang keroncongan.

Alamat: Jalan Badang no 5, Makassar (Depan toko Aneka Jaya Motor)

10. Mama Toko Kue & Es Krim

 Mama Toko Kue & Es Krim
femina.co.id

Kuliner legendaris di Makassar yang terakhir adalah Mama Toko Kue 7 Es Krim. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin nongkrong bersama teman atau keluarga sambil menikmati sajian khas yang juga legendaris.

Mama Toko Kue & Es Krim ini menyajikan kue-kue tradisional yang khas Bugis Makassar. Kue-kue tersebut terdapat sekitar 50 jenis, seperti kue lumpur, cucur bayao, cangkuning, barongko dan masih banyak lagi lainnya. Selain kue tradisional, tempat ini juga menyajikan es krim yang rasanya legit.

Mama Toko Kue & Es Krim ini menempati sebuah bangunan bergaya arsitektur kolonial Belanda yang tentunya akan memberikan suasana seperti berada di rumah yang nyaman juga asri.

Alamat: Jalan Serui no 19, Pattunuang, Makassar



Leave a Reply