11 Jajanan Takjil Khas Makassar Manjakan Lidah


prita  April 17, 2022  0 Comment

Jajanan takjil khas Makassar bisa jadi salah satu alternatif yang bisa kamu coba sebagai menu berbuka puasa nanti. Sajian pelengkap ini memiliki banyak pilihan yang menggugah selera dan pastinya mudah ditemukan. Menu takjil khas Makassar lebih identik dengan rasa manis, namun juga ada yang gurih.

Bulan Ramadhan telah kita lalui setengah perjalanan. Mungkin sudah banyak menu takjil yang telah dicoba dan ingin mencoba jajanan lainnya sebagai menu takjil. Untuk itu, tak ada salahnya jika kamu mencicipi jajanan khas Makassar. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

1. Pallu Butung

Pallu Butung
butonmagz.id

Jajanan takjil khas Makassar yang pertama adalah Pallu Butung. Pallu butung ini memang menjadi salah satu sajian khas Makassar yang paling populer karena cukup unik dan rasanya enak.

Pallu butung merupakan olahan pisang yang cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Sajian ini disajikan dengan pisang dan siraman saus bubur sumsum. Agar rasanya semakin manis, biasanya diberi tambahan sirup stroberi di atasnya. Rasanya yang manis membuat pallu butung ini sangat cocok dinikmati sebagai menu buka puasa.

Gotravelly

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur

2. Pallu Golla

Pallu Golla
youtube.com

Pallu Golla merupakan nama lain dari kolak. Kolak seolah menjadi sajian paling wajib saat berbuka puasa karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Di Makassar, ada beberapa jenis Pallu Golla. Ada yang terbuat dari pisang dan ada juga yang menggunakan labu. Menu favorit untuk jajanan takjil khas Makassar ini bisa dinikmati saat hangat, tapi bisa juga dinikmati saat dingin dengan mencampurnya dengan es batu.

3. Sarabba

Sarabba
resepkoki.id

Jajanan takjil khas Makassar yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Sarabba. Sarabba ini bisa menjadi pengganti teh karena sangat melegakan tenggorokan dan hangat bagi tubuh.

Sarabba ini merupakan minuman khas Makassar yang terbuat dari aneka rempah, seperti jahe, kayu manis, biji pala, merica bubur dan gula jawa. Sarabba sangat nikmat bila dikonsumsi dalam keadaan hangat karena tak hanya bisa menghilangkan dahaga, namun juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena terbuat dari beragam rempah.

4. Jalangkote

Jalangkote
pikiran-rakyat.com

Jika diperhatikan sekilas, jalangkote ini memiliki tampilan seperti pastel. Namun ternyata keduanya memiliki perbedaan pada kulitnya. Jalangkote memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan dengan pastel.

Jalangkote ini bisa menjadi salah satu jajanan takjil khas Makassar yang cita rasanya asin. Jalangkote biasanya berisikan wortel, kentang, telur, tauge, bihun, daging sapi hingga daging ayam. Agar lebih nikmat, jalangkote bisa dinikmati dengan sajian sambal cair.

5. Gogoso

Gogoso
cookpad.com

Jajanan takjil khas Makassar berikutnya adalah gogoso. Gogoso ini merupakan jajanan paling populer dan disebut-sebut mirip dengan lemper karena bentuk dan bahannya yang mirip.

Meskipun memiliki tampilan yang sama dengan lemper, namun kedua makanan ini cukup berbeda. Gogoso memiliki bentuk yang panjang dan ramping serta memiliki dua macam, yaitu gogoso dengan isian dan tidak memiliki isian. Gogoso dengan isian biasanya disebut dengan gogoso kambu atau gogos isi. Isian yang digunakan pun berbeda karena biasanya menggunakan daging ikan tongkol yang dicampur kelapa sangrai dan dibumbui dengan bumbu khas Makassar. Tak hanya daging ikan, ada juga gogoso yang diberi isian daging ayam atau abon. Gogoso ini diolah dengan proses dibakar dan sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh.

6. Barongko

Barongko
travel.kompas.com

Jika kamu menyukai pisang, maka jajanan takjil khas Makassar yang satu ini wajib untuk dicoba. Dikenal dengan nama Barongko, jajanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai toko kue maupaun disajikan pada acara tertentu.

Barongko terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dicampur telur, santan dan gula pasir. Kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Agar terasa lebih nikmat, barongko biasanya didinginkan dalam kulkas agar sensasi manis dan segarnya semakin terasa.

7. Apang Paranggi

Apang Paranggi
food.detik.com

Jajanan takjil khas Makassar berikutnya adalah Apang Paranggi. Apang Paranggi ini termasuk salah satu jajanan yang populer di Makassar dan memiliki tampilan mirip brownies.

Apang Paranggi juga dikenal dengan Bolu Paranggi ini memiliki tekstur yang empuk sehingg sangat cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa. Jajanan ini menjadi bukti jejak Portugis di kota Makassar di abad ke-17. Apang paranggi ini dibuat dengan tepung beras, air, air kelapa, gula merah, gula pasir, santan dan tape singkong atau ragi.

8. Pisang Epe

Pisang Epe
resepkoki.id

Kamu yang pernah berkunjung ke Makassar pasti sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Pisang Epe merupakan salah satu jajanan takjil khas Makassar yang cukup populer karena rasanya yang nikmat.

Sesuai dengan namanya, pisang epe ini dibuat dengan menggunakan pisang dan pisang yang digunakan biasanya adalah pisang ra. Pisang kemudian dipipihkan, dijepit dan dibakar. Pisang ini disajikan dengan gula merah yang manis dan diberi topping sesuai selera. Sajian ini sangat cocok untuk mengawali buka puasa kamu karena cita rasanya manis.

9. Roko-Roko Unti

Roko-Roko Unti
food.detik.com

Jajanan takjil khas Makassar yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Roko-Roko Unti. Roko-Roko Unti ini merupakan salah satu jajanan tradisional Makassar yang sangat nikmat dan terbuat dari pisang yang dilapisi dengan adonan tepung beras dan dilipat persegi panjang.

Dalam bahasa Makassar, Roko-Roko berarti dibungkus dan Unti artionya pisang. Di Pulau Jawa, jajanan ini dikenal dengan nama Nagasari atau Utri. Meskipun begitu, roko-roko unti ini dibuat dengan jenis pisang yang berbeda sehingga cita rasanya juga berbeda. Roko-roko unti ini sangat cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa sambil menikmati segelas sarabba yang hangat.

10. Katri Sala

Katri Sala
cookpad.com

Katri Sala menjadi jajanan takjil khas Makassar selanjutnya yang tak boleh untuk dilewatklan begitu saja. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian disiram dengan adonan gula merah yang telah dicampur dengan santan juga telur.

Tak hanya hadir saat bulan Ramadhan dan disajikan sebagai menu takjil, Katri Sala ini juga sering disajikan saat acara penting, seperti pesta pernikahan ataupun acara pengajian.

11. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo
cookpad.com

Jajanan takjil khas Makassar yang terakhir adalah Es Pisang Ijo. Jajanan ini pastinya sudah tidak asing lagi ya karena tak hanya bisa ditemukan di Makassar, namun juga di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Banyak yang menyebutkan Es Pisang Ijo ini mirip dengan Pallu Butung, padahal keduanya berbeda. Sajian ini terbuat dari pisang yang kemudian dilapisi dengan dadar hijau kemudian disiram saus seperti bubur sumsum yang manis. Es pisang ijo ini sangat nikmat bila disajikan dingin karena terasa sangat segar dan nikmat. Cocok sekali untuk menu berbuka puasa.

Nah, itu tadi adalah daftar jajanan takjil khas Makassar yang sayang sekali untuk dilewatkan. Mana yang sudah pernah kamu coba?



Leave a Reply