Inilah 11 Wisata Edukasi di Batu yang Cocok Dikunjungi Untuk Liburan Keluarga


Fida  November 9, 2022  0 Comment

Batu dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Timur yang identik dengan pemandangan yang indah serta banyaknya destinasi wisata. Tidak hanya sebagai sarana rekreasi, beberapa tempat wisata di Batu juga dapat dikunjungi sebagai sarana edukasi. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak-anak, mengunjungi salah satu wisata edukasi di Batu tentu menjadi rekomendasi tepat yang bisa kamu coba. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 11 rekomendasi tempat wisata edukasi di Batu yang populer dan menarik untuk kamu datangi.

1. Batu Secret Zoo

batu secret zoo
nativeindonesia.com

Pecinta satwa? Batu Secret Zoo menjadi tujuan wisata menarik yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke Batu. Salah satu destinasi wisata edukasi di Batu ini sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga maupun anak anak. Bagaimana tidak, anak anak dapat menghabiskan waktu berlibur dengan melihat dan mempelajari berbagai macam satwa di tempat wisata ini. 

Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Oro Oro Ombo No 9, Temas, Batu. Jika tidak ingin terlalu ramai wisatawan, kamu dapat datang ke Batu Secret Zoo saat weekday. Selain banyaknya satwa, wisata yang satu ini juga menyuguhkan informasi lengkap mengenai satwa yang dapat dibaca oleh pengunjung. 

Hal menarik yang bisa kamu lakukan adalah memberi makan hewan hingga berfoto dengan beberapa satwa yang ada. Tidak hanya itu, Batu Secret Zoo juga dilengkapi dengan adanya Museum Satwa yang menjadi salah satu spot favorit wisatawan. 

Untuk datang dan menyusuri indahnya Batu Secret Zoo, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 84.000,- untuk weekday dan Rp 120.000,- untuk weekend. Meskipun memiliki area yang luas, pengunjung tidak perlu khawatir karena dapat menyusuri Batu Secret Zoo dengan arahan peta. Kamu dapat datang dan menikmati wisata ini mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore setiap harinya. 

Gotravelly

The Amazing Batu Screet Zoo, Kebun Binatang Modern Dengan Banyak Wahana Di Kota Batu

Nongkrong Cantik Di Nara Coffee, Super Instagramable!

2. Eco Green Park

eco green park
nativeindonesia.com

Tidak jauh dari Batu Secret Zoo, Eco Green Park juga menjadi salah satu destinasi wisata edukasi di Batu yang ramai didatangi wisatawan. Wisata yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan dengan berbagai satwa di dalamnya. Untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Eco Green Park, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 49.000,- per orang untuk weekday dan Rp 70.000,- per orang untuk weekend

Tidak hanya dapat melihat sekaligus mempelajari aneka satwa, pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana dan permainan yang ditawarkan. Eco Green Park juga dilengkapi dengan adanya bioskop 3D, insectarium, hingga pusat belajar sains. Lengkap sekali bukan? Tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga untuk mengunjungi Eco Green Park. 

Pecinta foto? Kamu tidak perlu khawatir karena Eco Green Park juga dilengkapi dengan banyak spot menarik dan instagramable. Rumah terbalik menjadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk mengabadikan momen berlibur. Jika ingin mengunjungi Eco Green Park, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Oro Oro Ombo No 9A, Sisir, Kota Batu. Wisata edukasi di Batu yang satu ini dapat dikunjungi mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore setiap harinya. 

3. Taman Kelinci

taman kelinci
javatravel.net

Jika ingin mengajak anak anak untuk menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu wisata edukasi di Batu, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Taman Kelinci. Sesuai dengan namanya, taman ini menyuguhkan banyak kelinci yang dapat dilihat langsung bahkan dipegang oleh pengunjung. Saat datang ke Taman Kelinci dan ingin memegang atau menggendong kelinci, pastikan kamu melakukannya dengan lembut, ya.

Taman Kelinci menjadi wisata edukasi yang cocok dikunjungi bagi anak anak. Selain dapat melihat dan memegangnya langsung, anak anak juga dapat mencoba memberi makan kelinci. Hal itu tentu akan menumbuhkan jiwa kasih sayang anak pada satwa. 

Tidak hanya itu, kegiatan seru lainnya yang dapat kamu coba saat datang ke Taman Kelinci adalah mengunjungi kebun strawberry. Pengunjung dapat memetik buah strawberry segar langsung dari pohonnya. Taman Kelinci juga memiliki area Rumah Hobbit yang kerap dipilih sebagai spot foto menarik bagi wisatawan. 

Taman Kelinci dapat kamu kunjungi di kawasan Jalan Paralayang Batu, Desa Pandesari, Pujon, Batu. Meskipun menyenangkan dan sangat edukatif, Taman Kelinci ini menawarkan harga tiket masuk yang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 5.000,- per orang. Kamu dapat datang dan menghabiskan waktu berlibir di taman ini mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore setiap harinya. 

4. Peternakan Kuda Megastar

peternakan kuda megastar
dolandolen.com

Setelah puas bermain kelinci, Peternakan Kuda Megastar dapat menjadi tujuan wisata edukasi di Batu berikutnya yang bisa kamu datangi. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat banyak kuda sekaligus mempelajari tentang peternakan kuda. Untuk menyusuri kawasan Peternakan Kuda Megastar, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000,- per orang. 

Menyusuri peternakan kuda dengan menunggangi kuda tentu menjadi hal menarik dan mengesankan yang bisa kamu coba. Kamu tidak perlu khawatir karena selama perjalanan menunggang kuda, wisatawan akan didampingi oleh pemandu. Indahnya pemandangan serta sejuknya suasana alam yang ditawarkan tentu akan membuat pengunjung betah berada di Peternakan Kuda Megastar. 

Di tempat ini, wisatawan juga akan disuguhkan dengan adanya kebun bunga matahari, hingga beberapa permainan playground di alam terbuka yang dapat dicoba. Peternakan Kuda Megastar juga menawarkan kelas bagi kamu yang ingin mendalami cara berkuda, panahan, hingga fotografi. Lengkap sekali bukan? 

Mengunjungi Peternakan Kuda Megastar bersama teman maupun keluarga tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Lingkar Barat, Dusun Oro Oro Ombo, Kehutanan, Kota Batu. Buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore, destinasi wisata edukasi di Batu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. 

5. Predator Fun Park

predator fun park
dolanyok.com

Mempelajari berbagai hal tentang satwa tentu menjadi hal menyenangkan bagi beberapa orang. Predator Fun Park menjadi salah satu rekomendasi tempat yang dapat dikunjungi bagi kamu yang sedang mencari wisata edukasi di Batu. Sesuai dengan namanya, wisata ini menyuguhkan adanya satwa predator seperti buaya. 

Selain identik dengan satwa buaya, Predator Fun Park juga memiliki koleksi aneka reptil. Terdapat banyak hal menarik yang dapat dicoba oleh pengunjung saat datang ke tempat wisata ini, salah satunya adalah mencoba memberi makan buaya dengan potongan daging segar. Cukup menantang bukan?

Selain itu, Predator Fun Park juga menawarkan beberapa permainan yang menguji adrenalin seperti trampolin hingga flying fox. Kamu juga dapat megurangi rasa lelah dengan menyusuri wisata ini menggunakan kereta. 

Untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Predator Fun Park, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang berkisar Rp 30.000,- hingga Rp 50.000,- per orang. Tempat wisata edukasi di Batu yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Jalan Raya Tlekung No. 315, Junrejo. 

6. Kampung Sapi Adventure

kampung sapi adventure
liburananak.com

Selain taman kelinci dan peternakan kuda, kamu juga dapat mengunjungi wisata edukasi di Batu berupa kampung sapi. Tempat wisata yang satu ini dikenal dengan sebutan Kampung Sapi Adventure. Untuk mengunjunginya, kamu hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,- per orang. 

Selain akan dimanjakan dengan banyaknya sapi, pengunjung juga dapat sekaligus mempelajari bagaimana cara memberi makan hingga memerah susu sapi yang benar. Aktivitas tersebut tentu sangat seru dan menarik untuk dicoba. Pengunjung juga tidak perlu khawatir karena perjalanan menyusuri peternakan sapi ini akan ditemani oleh tour guide yang siap memandu. 

Selain sapi, Kampung Sapi Adventure juga menawarkan beberapa hewan lainnya seperti kambing, kelinci, dan juga domba. Aktivitas seru lainnya yang dapat kamu coba adalah memancing ikan hingga mencoba berbagai aktivitas outbound. Lengkap sekali bukan? 

Setelah puas menyusuri wisata Kampung Sapi Adventure, pengunjung dapat menyempatkan untuk berburu oleh oleh berupa olahan susu seperti yogurt, keju, hingga es krim. Destinasi wisata ini dapat kamu kunjungi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore setiap harinya. Untuk mengunjungi Kampung Sapi Adventure, kamu dapat menuju ke Jalan Makam Beji, Junrejo, Kota Batu. 

7. Wisata Edukasi Susu Batu 

wisata edukasi susu batu
tirtajayatravel.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan destinasi Wisata Edukasi Susu Batu? Wisata Edukasi Susu Batu atau yang biasa disingkat dengan WES Batu ini merupakan salah satu wisata edukasi di Batu yang mengusung konsep modern dan menarik untuk kamu datangi.

Sesuai dengan namanya, Wisata Edukasi Susu Batu menawarkan indahnya wisata sekaligus edukasi mengenai susu sapi. Pengunjung dapat belajar memeras susu sapi hingga mengolahnya menjadi susu siap saji. Wisata edukasi yang satu ini tentu sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun anak anak. 

Sebelum pulang dari Wisata Edukasi Susu Batu, tidak ada salahnya jika kamu membawa pulang oleh oleh berupa susu dan olahannya seperti yogurt hingga ice cream. Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Terjangkau bukan?

Wisata Edukasi Susu Batu dapat kamu kunjungi di kawasan Jalan Ir. Soekarno No. 129, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan fasilitas lengkap dan dapat dikunjungi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam setiap harinya. 

8. Kusuma Edukasi Pertanian

kusuma edukasi pertanian
tamanwisataku.blogspot.com

Ada cukup banyak pilihan wisata edukasi di Batu yang bisa kamu datangi, salah satunya adalah Kusuma Edukasi Pertanian. Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini menawarkan banyak ilmu pengetahuan mengenai pertanian yang bermanfaat bagi pengunjung. Tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga di tempat ini. 

Di Kusuma Edukasi Pertanian, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya lapangan rumput yang luas hingga adanya kolam renang. Bagi pecinta foto, kamu juga akan menemukan banyak spot menarik dan instagramable saat mengunjungi Kusuma Edukasi Pertanian. Terdapat banyak bangunan unik khas Belanda hingga tempest persewaan kostum untuk berfoto bersama. Kamu dapat menyewa kostum dan mengabadikan momen dengan berfoto. Asik sekali bukan? 

Kusuma Edukasi Pertanian dapat kamu kunjungi di daerah Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu. Terdapat banyak kegiatan seru yang bisa kamu coba seperti petik buah jambu, apel, jeruk, menncoba menaiki ATV, hingga bermain di area waterpark. Untuk menyusuri wisata Kusuma Edukasi Pertanian, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 15.000,- per orang. 

9. The Bagong Adventure Museum

the bagong adventure museum
detik.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata The Bagong Adventure Museum bukan? The Bagong Adventure Museum dikenal sebagai salah satu destinasi wisata edukasi di Batu yang bisa kamu kunjungi di kawasan Jatim Park 1, tepatnya berada di Jalan Kartika No. 2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. 

Museum yang satu ini merupakan museum tematik yang menyimpan informasi tentang anatomi tubuh manusia. Pengunjung tentu dapat merasakan sensasi berwisata sekaligus belajar yang menyenangkan. Mengajak anak anak berlibur ke The Bagong Adventure Museum tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. 

Tidak hanya terdapat informasi atau penjelasan mengenai anatomi, museum ini juga dilengkapi dengan alat peraga sehingga pengunjung dapat mempelajari dengan mudah. Adanya wahana film 3D juga menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan The Bagong Adventure Museum sayang untuk kamu lewatkan. 

10. Taman Rekreasi Selecta

taman rekreasi selecta
travel.kompas.com

Taman Rekreasi Selecta dikenal sebagai salah satu wisata edukasi di Batu yang cukup populer. Tempat wisata yang satu ini dikenal dengan suguhan aneka ragam bunga. Pengunjung dapat mengetahui banyak hal baru mengenai tumbuhan serta bunga.

Tidak hanya itu, Taman Rekreasi Selecta juga dilengkapi dengan adanya beberapa satwa hingga permainan yang menarik untuk dicoba. Beberapa hal yang tidak boleh kamu lewatkan diantaranya mencoba seluncur air, perahu dayung, bioskop, sepeda gantung, dan masih banyak lagi.

Jika ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga di Taman Rekreasi Selecta, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Raya Selecta No 1, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

11. Museum Angkut

museum angkut
travel.kompas.com

Satu lagi rekomendasi wisata edukasi di Batu yang sayang untuk kamu lewatkan yakni Museum Angkut. Museum yang satu ini sudah sangat populer dan dapat kamu kunjungi di Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu. Museum Angkut dapat dikunjungi mulai pukul 12 siang hingga pukul 8 malam setiap harinya. 

Di museum ini, pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya koleksi kendaraan berupa sepeda motor tua, mobil tua, hingga helikopter. Museum Angkut menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi sebagai wisata edukasi bagi anak-anak. Bagaimana tidak, museum ini menyuguhkan banyaknya alat transportasi mulai dari zaman dulu hingga modern. Menarik sekali bukan?

Museum yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti adanya toko oleh-oleh, hingga penjual jajanan dan makanan. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya Spot foto menarik dan instagramable. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu wisata edukasi di Batu, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang ke Museum Angkut.

Nah, itulah daftar 11 rekomendasi wisata edukasi di Batu yang menarik untuk kamu datangi. Saat berkesempatan datang dan menghabiskan waktu berlibur di Kota Batu, wisata manakah yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply