Bertandang Ke 9 Museum di Bogor Nggak Bikin Bosen


prita  August 14, 2021  0 Comment

Bogor adalah sebuah kota yang mendapat julukan sebagai Kota Hujan karena kawasan tersebut sangat sering turun hujan. Tak hanya itu, Bogor juga identik dengan hutan di tengah kota yang dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor dan Museum di Bogor juga layak untuk dikunjungi. Kebun Raya Bogor yang berlokasi di samping Istana Kepresidenan RI memang menjadi daya Tarik utama dari kota Bogor.

Selain wisata alam, Bogor juga memiliki sejumlah museum yang cukup menarik untuk dikunjungi. Museum-museum di kota Bogor memang kerap dikunjungi sebagai sarana wisata edukasi yang menarik. Nah, jika kamu tertarik untuk berlibur sekaligus menambah wawasan, berikut ini adalah Museum di Bogor

1. Museum Zoologi

Museum Zoologi
barrabaa.com

Museum di Bogor pertama yang patut untuk kamu kunjungi adalah Museum Zoologi. Museum ini menyimpan berbagai koleksi fosil satwa sehingga bisa menambah pengetahuan.

Fosil satwa yang ada di museum ini sangat lengkap, mulai dari fosil binatang yang kecil hingga binatang paling besar, seperti paus biru. Selain itu, disini juga ada fosil hewan langka yang ditemukan di Indonesia. Meskipun telah menjadi fosil, namun tetap akan menambah wawasan seputar satwa.

rekomndasi kuliner enak

Menengok Potret Pendidikan Di Masa Lampau Hingga Saat Ini Di Museum Pendidikan Surabaya

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

2. Museum PETA

Museum PETA
tempatwisata.pro

Museum PETA (Pembela Tanah Air) juga menjadi salah satu museum di Bogor yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Museum ini cocok dikunjungi oleh semua kalangan, khususnya bagi kamu yang menyukai sejarah.

PETA merupakan tentara Indonesia yang disiapkan dan dilatih oleh Jepang. PETA dibentuk bertujuan untuk mempersiapkan kedatangan sekutu yang ingin menyerang Jepang dan dengan berkunjung ke museum ini kamu akan diajak untuk mengetahui perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan.

Disini kamu bisa melihat patung Jendral Sudirman dan ada Tank yang akan menyambutmu. Selain itu, kamu juga bisa melihat relief yang menggambarkan tokoh tokoh PETA yang menggambarkan kegiatan saat itu. Kamu juga bisa melihat berbagai senjata yang dulunya digunakan untuk membela bangsa serta diorama.

3. Museum Tanah

MMuseum Tanah
m.ayobogor.com

Di Bogor ada sebuah museum bernama Museum Tanah yang bisa dijadikan sebagai tujuan untuk berwisata edukasi. Museum Tanah menjadi salah satu museum di Bogor yang cukup populer dan sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Saat memasuki museum ini kamu akan dibuat seolah tidak masuk dalam museum, melainkan masuk ke dalam rumah mewah yang dipenuhi koleksi bebatuan. Museum Tanah ini kamu akan disuguhkan dengan koleksi batu mengkilap dan kamu bisa mengenal banyak sampel tanah yang ada di seluruh Indonesia.

Museum ini memiliki pencahayaan yang menyejukkan mata sehingga akan membuat pengunjung nyaman. Pada dinding museum ini juga telah ditempelkan informasi seputar pembentukan tanah. Sementara ragam koleksi tanah disimpan dalam kaca yang juga telah diberi detail informasi.

4. Museum Balai Kirti

Museum Balai Kirti
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Museum di Bogor yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Museum Balai Kirti. Museum Balai Kirti ini menempati bangunan di lahan seluas 3.2116,6 meter, tepatnya di kawasan Istana Kepresidenan Bogor.

Museum ini mengajak pengunjung untuk mengenal Presiden di Indonesia beserta benda-benda peninggalannya. Memasuki museum ini, kamu akan diajak untuk melihat koleksi seperti tata pamer, film documenter, storyline dan masih banyak lainnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan buku bersejarah dan beragam fasilitas lainnya. Museum ini memiliki tiga lantai yang mana di lantai pertama kamu akan menemukan gambar dan patung semua presiden Indonesia. Di lantai dua kamu bisa melihat koleksi para presiden dan di lantai tiga ada ruang rapat dan taman terbuka.

5. Museum Pasir Angin

Museum Pasir Angin
kompasiana.com

Museum Pasir Angin adalah museum di Bogor yang bisa kamu kunjungi berikutnya. Museum ini berlokasi di kawasan Cemplang dan berada diatas bukit kecil setinggi 210 meter diatas permukaan laut.

Museum ini menyimpan beragam koleksi menarik, seperti tongkat perunggu, kapak besi, kapak corong, gerabah hingga alat-alat absidian. Tak hanya bisa melihat ragam benda bersejarah, Museum Pasir Angin ini juga memiliki panorama alam yang menyejukkan mata.

6. Museum Etnobotani Indonesia

Museum Etnobotani Indonesia
lovelybogor.com

Museum Etnobotani Indonesia atau yang juga dikenal sebagai Herbarium Bogoriense atau Munasein ini juga menjadi salah satu museum di Bogor yang cukup populer dan menarik perhatian. Museum yang berada satu kawasan dengan LIPI ini akan mengajakmu untuk mempelajari hubungan manusia dengan tumbuhan.

Di museum ini pengunjung akan diajak untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia tumbuh-tumbuhan. Mulai dari suguhan relief yang menggambarkan tentang evolusi tumbuhan hingga ada berbagai rampah-rempah dan berbagai kerajinan tangan dari rotan. Pembagian ruangan di museum ini pun cukup rapi dan pastinya membuat pengunjung betah.

7. Museum Mobil dan Keramik

Museum Mobil dan Keramik
tempatwisata.pro

Museum Mobil dan Keramik juga menjadi salah satu museum di Bogor yang cukup menyenangkan  untuk dikunjungi. Museum ini memang cukup berbeda karena kamu bisa melihat banyak koleksi mobil antic dan motor. Selain itu kamu bisa melihat bergam koleksi keramik antic.

Saat berkunjung ke museum ini, pengunjung sama sekali tidak diperkenankan untuk memegang atau menaiki kendaraan yang ada karena kendaraan disini memang penuh sejarah dan menjadi koleksi yang sangat berharga.

8. Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor
tempatwisata.pro

Museum di Bogor berikutnya juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Museum Perjuangan Bogor. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah dan cerita seputar perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dengan berkunjung ke Museum Perjuangan ini kamu akan diingatkan bahwa semua yang kita dapatkan hari ini tak lepas dari perjuangan para pahlawan. Disini kamu juga bisa melihat berbagai senapan yang dirampas dari penjajah. Tak hanya itu, di museum ini ada juga benda peninggalan lainnya, seperti mata uang zaman VOC hingga pakaian dari para pejuang.

9. Lulu Trick Eye Museum

Lulu Trick Eye Museum
traveloka.com

Museum di Bogor yang terakhir adalah Lulu Trick Eye Museum. Museum ini sangat cocok bagi kamu pecinta museum seni karena museum seni yang satu ini menawarkan konsep 3 dimensi atau 3D.

Mungkin kamu sudah pernah mengunjungi museum 3D di berbagai kota lainnya. Namun, Lulu Trick Eye Museum ini memiliki keunggulan yaitu trik-triknya yang sangat menipu mata. Museum yang menjadi bagian dari Cimory Riverside, Cisarua ini menawarkan banyak lukisan 3D yang keren dan sangat instagramable.

Itulah tadi penjelasan tentang 9 museum di Bogor dengan segala keunikannya. Tak ada salahnya untuk berlibur sambil mengenal menambah wawasan. Museum-museum di Kota Hujan tersebut juga sangat menyenangkan untuk dikunjungi dan pastinya tidak akan membuatmu merasa bosan. Jangan lupa ajak keluarga dan kerabat untuk berkunjung kesana. Selamat berlibur.



Leave a Reply