Menyusuri 10 Ngarai Terindah di Dunia Bikin Hati Bahagia


Fida  July 17, 2020  0 Comment

Saat berencana mengunjungi tempat wisata alam, ngarai atau canyon bisa menjadi tujuan Anda. Ngarai merupakan lembah yang ditengahnya terdapat aliran sungai. Meskipun terbentuk akibat erosi aliran air sungai, ngarai menawarkan pemandangan indah dan luar biasa. Ada banyak sekali ngarai yang tersebar di seluruh dunia. Saat berlibur ke luar negeri, Anda bisa mencoba datang ke salah satunya. Berikut ngarai terindah di dunia yang sayang untuk dilewatkan

1. Grand Canyon, AS

grand canyon
insider.com

Grand Canyon menjadi salah satu ngarai terindah di dunia yang tentu sudah tidak asing didengar. Selain karena keindahannya yang luar biasa, Grand Canyon juga sering digunakan sebagai lokasi shooting beberapa film terkenal. Menurut para ahli, Grand Canyon terbentuk dari air laut yang terperangkap karena pergerakan lempeng. 

Banyak wisatawan yang datang dan memilih untuk berkunjung ke tempat wisata alam yang satu ini. Indahnya pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa. Grand Canyon terbentang sejauh 466 kilometer dan memiliki tebing paling tinggi yakni 1,6 kilometer. Bagi Anda pecinta fotografi, lokasi wisata Grand Canyon sangat sayang untuk Anda lewatkan. 

Gotravelly

Keindahan Savana Di Kawah Wurung Yang Seperti Karpet Raksasa

Hidden Yosemite Sam Di Lembah Harau, Payakumbuh

2. Todra Gorge, Maroko

 Todra Gorge
lonelyplanet.com

Saat berlibur ke negara Maroko, banyak wisatawan memilih Todra Gorge sebagai salah satu tujuan. Todra Gorge masuk ke dalam salah satu ngarai terindah di dunia yang sayang untuk dilewatkan. Pemandangan indah dan mengagumkan akan memanjakan mata pengunjung yang datang. 

Todra Gorge memiliki banyak tebing dengan ketinggian paling tinggi 600 meter. Jarak antar tebingnya kurang lebih 10 meter dan disitulah pengunjung dapat menikmati indahnya ngarai ini dari dekat. Bagi Anda pecinta foto dengan berbagai spot menarik dan pemandangan indah, Todra Gorge bisa menjadi tujuan saat datang ke Maroko. 

3. Antelope Canyon, AS

antelope canyon
travel.kompas.com

Selain Grand Canyon, Antelope Canyon juga menawarkan pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di Coconino Country, Arizona, Amerika Serikat. Antelope Canyon masuk ke dalam kawasan Navajo Indian Reservation. Karena pemandangannya yang indah, lokasi wisata ini juga sering dikunjungi oleh fotografer terkenal untuk mengambil gambar. Tebing-tebing di Antelope Canyon terbentuk sangat rapi. Perpaduan warna tebing yakni orange dan ungu serta pancaran sinar matahari menjadikan kawasan Antelope Canyon semakin indah. 

Indahnya Antelope Canyon memang tidak dapat diragukan lagi. Ada 2 kawasan yang bisa didatangi oleh wisatawan yakni area atas dan area bawah atau dasar. Tetapi wisatawan yang datang juga harus berhati-hati. Pasalnya, di tahun 1997 pernah terjadi banjir dadadakan di area bawah yang memakan 11 korban jiwa.

4. Copper Canyon, Meksiko

copper canyon
mexicanroutes.com

Meksiko memiliki Copper Canyon yang masuk ke dalam daftar ngarai terindah di dunia. Tempat wisata yang satu ini sangat dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya berada di Chihuahua, Meksiko. 

Saat datang ke kawasan Copper Canyon, Anda bisa menaiki kereta “Chihuahua al Pacifico” yang akan membawa Anda untuk menikmati wisata yang satu ini. Kereta tersebut akan melewati 37 jembatan, 86 terowongan, dan mendaki hingga ketinggian 2400 meter di atas permukan laut. Wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan Copper Canyon dari jendela kereta. Indahnya ngarai yang satu ini sayang untuk tidak dikunjungi. 

5. Colca Canyon, Peru

 Colca Canyon
viator.com

Colca Canyon yang berada di Peru menjadi salah satu ngarai terindah di dunia. Indahnya pemandangan khas Colca Canyon tidak perlu diragukan lagi. Saat menginginkan datang ke wisata alam di Peru, Colca Canyon bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, pengunjung juga bisa menikmati adanya burung langka yakni Andean Condors. 

Jurang Colca Canyon dikenal dua kali lebih dalam jika dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika. Selain itu, Colca Canyon juga dikenal dengan dinding ngarainya yang tidak curam. Meskipun begitu, indahnya pemandangan di kawasan wisata ini sangat memanjakan mata. Dinding pegunungan Andes juga seakan berwarna-warni karena berubahan suhu. 

6. Blyde River Canyon, Afrika Selatan

blyde river canyon
lonelyplanet.com

Salah satu ngarai terindah di dunia adalah Blyde River Canyon. Lokasinya berada di Mpumalanga, Afrika Selatan. Banyak fotografer dunia yang datang dan mengabadikan indahnya ngarai yang satu ini. Pemandangan yang ditawarkan memiliki daya tarik lebih bagi wisatawan. Ngarai yang terbentang hingga 25 kilometer ini juga menjadi salah satu ngarai terbesar di dunia. 

Jarak antar dinding canyon cukup berjauhan, hal itu juga menjadikan lembah cukup luas dan banyak ditumbuhi oleh berbagai flora dan fauna. Blyde River Canyon semakin menarik untuk didatangi dengan banyaknya jenis flora dan fauna tersebut. 

7. Ngarai Sianok, Indonesia

ngarai sianok
liputan6.com

Ngarai Sianok masuk ke dalam daftar ngarai terindah di dunia. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Anda bisa mengunjungi ngarai yang satu ini di Indonesia lho. Lokasinya berada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Tidak hanya populer di kalangan warga Sumatera, pengunjung Ngarai Sianok juga berasal dari luar kota bahkan luar negeri.

Ngarai Sianok memiliki tebing dengan ketinggian hingga 100 meter. Di tengah ngarai ini terdapat sungai yang membentang sepanjang 15 kilometer. Suasana di Ngarai Sianok juga sangat alami. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pepohonan serta banyaknya hewan liar yang hidup di kawasan ngarai ini. Saat datang ke Sumatera Barat, Ngarai Sianok menjadi salah satu tempat wisata yang sayang jika dilewatkan.

8.  The Gorge du Verdon, Prancis

The Gorge du Verdon
adventuretravel.co.id

Saat datang ke Eropa, pernahkan Anda terpikir untuk mengunjungi ngarai? Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Di Prancis, ada sebuah ngarai yang dikenal dengan sebutan The Gorge du Verdon. Sungai Verdon yang membentang sepanjang 25 kilometer ini memiliki warna biru yang sangat indah jika dipandang mata. Selain itu, adanya tebing di kanan kiri sungai juga menambah keindahan di kawasan The Gorge du Verdon.

Keindahan The Gorge du Verdon tidak perlu diragukan lagi. Selain menjadi sasaran wisatawan, tempat yang satu ini juga sering dipilih sebagai tempat pembuatan film dan photoshoot.

9. The Tiger Leaping Gorge, Tiongkok

 The Tiger Leaping Gorge
360nomad.org

Ngarai terindah di dunia salah satunya berada di Tiongkok. Lokasinya biasa disebut The Tiger Leaping Gorge. Lokasi ngarai indah ini berada di Jinsha River yakni dekat Kota Lijian, Yunan, Tiongkok. Ngarai yang satu ini membentang sepanjang 15 kilometer.

The Tiger Leaping George juga dikenal dengan Suku Naxi yang hidup di sela-sela jurang. Suku tersebut mengandalkan hasil alam untuk bertahan hidup. Salah satu hal yang dilakukan adalah menanam gandum.

10. Fish River Canyon, Namibia

wisata terdekat
stingynomads.com

Fish River Canyon menjadi salah satu ngarai terindah di dunia. Salah satu objek wisata yang sangat dikenal di Namibia ini memiliki banyak pengunjung yang berasal dari dalam negeri hingga mancanegara.

Ngarai yang terbentang sejauh 160 kilometer ini menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa. Tinggi tebing yang hampir 550 meter juga menambah keindahan ngarai yang satu ini. Saat datang ke Namibia, tidak ada salahnya untuk datang ke Fish River Canyon.



Leave a Reply