Wisata

Bukan Bali, 11 Pantai cantik ini ada di Madura

Ada banyak pantai cantik di Madura yang memiliki keindahan tak kalah dari Bali. Selama ini Madura memang selalu dikenal dengan nama pulau garam. Sebutan ini tentu saja berdasarkan hasil produksi garam dari Pulau Madura yang berlimpah dan paling banyak di Indonesia. Namun, selain hasil garamnya Madura juga memiliki banyak sekali pantai – pantai cantik. Dimana sajakah itu?

 

1. Pantai Sambilangan Di Bangkalan.

PasirPantai.com

Untuk melihat pantai cantik dari Pulau Madura anda bisa memulainya dari paling barat pulau ini, yakni di Kabupaten Bangkalan. Ada pantai yang sangat indah di sini dengan nama Pantai Sambilangan. Pantai ini berada di 7 km dari arah selatan pusat kota dari Bangkalan. Yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah karena memiliki mercusuar tua sebagai salah satu peninggalan dari Belanda yang sudah ada sejak 1879. Mercusuar ini memiliki tinggi 78 meter dengan 17 lantai. Biasanya saat menjelang sore, ada banyak sekali pengunjung yang bersantai di sekitaran mercusuar dengan melihat pemandangan indah matahari yang akan tenggelam.

 

2. Pantai Siring Kemuning Di Bangkalan.

tempat.me

Masih di Bangkalan, pantai utaranya memiliki salah satu pantai dengan pemandangan sangat indah dengan nama Pantai Siring Kemuning. Ini adalah salah satu pantai yang letaknya sekitar 41 km dari pusat kota Bangkalan. Jika anda dari Jembatan Suramadu untuk sampai ke pantai ini masih membutuhkan waktu satu hingga dua jam. Daya tarik utama dari pantai ini adalah memiliki suasana nyaman, teduh, ada semiliran angin dan deburan ombak. Pantainya sangat alami karena memang belum banyak yang mengetahuinya. Sehingga akan sangat nyaman jika berada di pantai ini.

9 Wisata Religi Madura Paling Rekomended

 

3. Pantai Batu Malang Di Bangkalan.

indah-haya.blogspot.com

Lokasi pantai ini sebenarnya tidak begitu jauh dari Jembatan Suramadu. Nama dari pantai ini sendiri dibuat karena cerita zaman dulu menyebutkan jika ada sebuah batu besar yang malang atau melintang. Namun lambat laut saat ini, ada banyak pengunjung yang datang untuk berfoto justru dengan latar belakang Jembatan Suramadu.

 

4. Pantai Rongkang Di Bangkalan

lelungan.net

Bangkalan memang memiliki banyak sekali pantai yang cantik. Berlokasi tak begitu jauh dari Batu Malang, ada satu pantai lagi dengan pesona sangat indah, Pantai Rongkang. Uniknya di sepanjang bibit Pantai Rongkang terdapat bebatuan dan juga perbukitan yang memiliki tinggi kurang lebih 20 meter hingga 25 meter. Saat menjelang sore, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis karena lokasinya yang langsung ke Selat Madura sehingga menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menikmati senja.

10 Makanan Khas Madura Terkenal Enak Rekomended

 

5. Pantai Nepa Di Sampang

wahyualam.com

Dari Bangkalan anda bisa menuju ke Sampang. Di Sampang ada Pantai Nepa yang berada di pesisir utara Pulau Madura dan menghadap langsung ke Laut Jawa. Untuk sampai ke pantai indah bisa ditempuh dengan jarak 70 km jika dari Jembatan Suramadu. Hal unik yang bisa anda lakukan disini adalah selain memiliki hamparan laut yang sangat indah, Pantai Nepa sendiri juga memiliki Hutan Kera Nepa dan Hutan bakau dengan aliran sungai melalui celanya.

 

6. Pantai Jumiang Di Pamekasan

Tribunnews.com

Setelah di Bangkalan dan Sampang, selanjutnya adalah Pamekasan. Di kota ini terdapat salah satu pantai dengan nama Pantai Jumiang yang letaknya ada di sekitar kurang lebih 12 km dari pusat kota Pamekasan. Uniknya, ada dua spot pantai yang ada di pantai ini. Warga setempat biasanya menyebutkan dengan nama Pantai Jumiang Atas dan Pantai Jumiang Bawah.

Untuk Pantai Jumiang Atas terletak di bagian tepi tebing yang cukup curam dan biasanya dihiasi dengan pepohonan yang cukup rindang dan yang menarik di pantai ini terdapat sebuah mercusuar yang cukup tua. Sedangkan di Pantai Jumiang Bawah terdapat hamparan pasir putih dengan pohon cemara. Selain itu, di Pantai Jumiang ini sudah dilengkapi dengan Fasilitas umum yang sudah cukup memadai. Diantaranya adalah Mushola, toilet, tempat makan dan masih banyak lainnya. Sebagai pengunjung anda juga bisa melakukan aktivitas air dengan menaiki banana boat yang sudah tersedia pantai cantik di Madura ini.

7 Oleh-oleh Khas Madura Paling Enak Rekomended + Info Toko

 

7. Pantai Batu Kerbuy Di Pamekasan

lelungan.net

Pantai Batu Kerbuy adalah salah satu pantai yang lokasinya hanya berjarak 45 km dari kota pamekasan. Suasana di pantai tergolong sangat tenang dan dihiasi dengan hamparan dari batu karang. Yang membuatnya cukup unik adalah deburan ombaknya cukup bersahabat dan airnya sangat jernih dan sangat aman untuk anda lakukan aktivitas berenang, snorkeling, memancing atau hanya sekedar berkeliling dengan menggunakan speedboat.

 

8. Pantai Talang Siring di Pamekasan.

bpws.go.id

Pantai Talang Siring di Pamekasan berada sekitar 15 km saja dari Pamekasan. agak berbeda dari beberapa pantai yang ada di Madura. Pantai ini tidak memiliki pasir namun memiliki bebatuan karang di sepanjang dari pesisirnya. Ada banyak perahu nelayan juga yang bersandar di pantai ini. Namun pemandangan pepohonan mangrove membuat pantai ini terlihat jauh lebih asri. Disini anda juga akan merasa menjadi nelayan karena di sebelah timurnya terdapat rumah bagang. Ini adalah salah satu rumah tradisional nelayan Madura.

 

9. Pantai Slopeng di Sumenep

JejakPiknik.com

Untuk sebagian besar masyarakat Madura, Pantai ini memang sangat akrab. Pantai Slopeng sendiri adalah salah satu pantai di Sumenep yang sering diadakan kegiatan promosi untuk wisata Madura. Pantai ini memiliki air laut yang sangat bersih, tenang dengan hamparan pasir yang sangat luas sepanjang 6 km. Ini adalah pemandangan pantai yang sesungguhnya. Fasilitas umum di pantai ini juga cukup lengkap. Terdapat gazebo, tempat untuk mana, kids area, toilet, toko souvenir, persewaan kuda dan masih banyak lainnya.

 

10.  Pantai Lombang di Sumenep

Tribunnews.com

Lokasi Pantai ini ada di 25 km dari pusat kota Sumenep. Walaupun demikian Pantai Lombang memiliki daya tarik yang tidak diragukan, dimana memiliki air yang sangat jernih dan tampak kebiruan, selain itu deburan ombak dan pasir putihnya sangat luas hingga sepanjang 12 km. Selain itu, di area pantai juga tumbuh pohon cemara udang yang memiliki bentuk bungkuk dan sangat mirip dengan udang.

 

11. Pantai Ponjok Timur di Sumenep

torikulmasruji.blogspot.com

Untuk Ponjok Timur ini lokasinya ada di Talango, Sumenep. Bisa dikatakan lokasinya ada di sebuah pulau kecil yang bisa anda kunjungi dengan menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Kalianget. Pantai ini bisa dibilang salah satu pantai yang sangat alami dan sangat tenang. Di Sepanjang pesisir dari pantainya terdapat bebatuan dan tebing karang dan yang tak kalah istimewa adalah terdapat pepohonan rindang dari pohon siwalan.

Nah, setelah anda mengetahui jika Madura juga memiliki banyak sekali pantai – pantai cantik dan tak kalah cantik dari Bali, Lombok dan pulau lainnya. Maka tak ada salahnya untuk segera ambil waktu liburan dan mulailah untuk menjelajah pantai cantik di Madura yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Baca Juga :

Nasi Babat Madura (Ampel Surabaya)

10 Tempat Wisata di Madura Paling Rekomended Buat Liburan Lebih Berarti

Join The Discussion