Yuk Singgah Ke 10 Pulau Cantik Di Sekitar Sumenep


Reni  October 15, 2022  0 Comment

Mungkin anda sudah sering mendengar tentang cerita pulau – pulau indah di Indonesia, mulai dari Pulau Bunaken, Lombok, Kepulauan Seribu, dan lain semacamnya. Kini pulau cantik di Sumenep tidak kalah indahnya dengan pulau yang sudah kami sebutkan tadi, teruntuk anda yang memiliki hobi melakukan wisata alam maka pulau yang satu ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

Pulau – pulau yang ada di sekitaran Sumenep tidak kalah cantiknya dengan pulau – pulau indah yang lain, jika anda penasaran maka anda bisa mengunjungi deretan nama pulau yang ada di sekitaran Sumenep maupun bisa langsung mencarinya melalui mesin pencari Google. Tentu anda akan menemukan keindahan pulau ini langsung melalui media digital.

1. Padang Lamun

padang lamun
akumaubelajar.com

Pulau Padang Lamun merupakan salah satu pulau yang letaknya di sekitaran Sumenep, pulau ini memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Mulai dari terumbu karang beserta kumpulan ikan kecil yang indah, adanya sebuah hutan mangrove dengan tingkat kesejukan yang tinggi disertai dengan pulau ini yang hamparannya sangat luas pada tepi perairan.

Sekilas ketika anda berkunjung ke pulau ini akan terlihat seperti hampir sama dengan rumput laut, namun kenyataannya tanaman tersebut asalnya dari 6 jenis tanaman laut yang berbeda. Ketika anda sudah mengunjungi tempat ini jangan sampai melewatkan wisata religi yang ada di sana, jadi tempat ini sudah sangat lengkap untuk anda kunjungi.

Gotravelly

Nikmatnya Campur Lorjuk, Kuliner Khas Pamekasan Yang Wajib Dicoba

Wisata Sejarah Di Keraton Sumenep, Satu-Satunya Keraton Di Jawa Timur

2. Pulau Mamburit

pulau mamburit
bloggerindonesia.net

Jika anda ingin tempat yang sepi tepatnya berada di pinggiran pantai sembari melihat senja dengan latar perahu – perahu raksasa disertai dengan warna matahari dari arah barat yang bersinar indah maka Pulau Mamburit adalah pilihan yang tepat untuk anda pilih. Ketika anda sudah mulai mengelilingi pulau ini dengan perahu sewaan maka anda bisa melihat keindahan dari pulau ini yang sangat eksotis dengan ikan – ikan yang ada di keramba nelayan.

Perlu anda ketahui bahwa pulau di sini tidak begitu ramai hanya diisi dengan 47 keluarga saja, namun uniknya dari 47 kepala keluarga tersebut mereka terdiri dari berbagai macam suku di Indonesia. Misal dari Suku Dayak, Bugis, dan lain – lain ikut ada dalam kumpulan kepala keluarga tersebut. Jadi anda sudah tidak perlu mengelilingi Indonesia lagi untuk melihat keanekaragaman tersebut.

3. Pulau Gili Labak

gili labak
wisatabagus.com

Meskipun pulau yang satu ini jika dibandingkan dengan Pulau Raja Ampat kalah ukuran, namun pulau ini bisa menjadi salah satu tempat kunjungan anda ketika sedang jalan – jalan ke Sumenep. Pantai Gili Labak merupakan sebuah bukti bahwa sesuatu yang tak begitu menonjol belum tentu tak mempunyai daya tarik sama sekali. Di pulau ini anda juga bisa melakukan snorkeling bersama dengan keluarga maupun kerabat.

4. Pulau Sapeken

pulau sapeken
sikidang.com

Pulau Sapeken merupakan sebuah pulau yang berada di daerah Kangean, pulau ini merupakan tempat wisata yang sangat terkenal karena pantainya yang indah disertai dengan hiasan flora maupun fauna yang berada di bawah laut. Tempat ini juga sangat asyik jika anda coba untuk bermain – main layangan, dengan potensi bawah lautnya yang kaya maka tentu akan berguna sebagai lumbung bagi para nelayan yang sedang ada di sana.

5. Pulau Kangean

pulau kangean
tempatwisata.pro

Pulau ini mempunyai pasir dengan tekstur yang lembut dan halus disertai dengan warna pasir yang berkilauan ketika terkena cahaya matahari. Airnya pun sangatlah jernih ketika anda lihat sendiri, nantinya anda akan melihat koral – koral terlihat jelas baik di tengah maupun pinggir pantai. Selain itu di daerah pinggiran pantainya seringkali digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat mencuci pakaian maupun alat – alat rumah tangga.

Sebaiknya ketika anda ingin mengunjungi salah satu pulau cantik di Sumenep maka sebaiknya anda hadir pada bulan April sampai November ketika cuaca sedang dalam keadaan yang mendukung. Selain itu ketika anda datang pada bulan ini anda bisa melakukan hiburan berupa surfing hingga snorkeling karena ombak yang ada di sana sangat cukup menantang untuk anda coba.

6. Pulau Gili Iyang

pulau gili iyang
travel.kompas.com

Pulau Gili Iyang merupakan salah satu pulau yang terkenal karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan juga oksigen di dalam pulau ini terkenal karena kebersihannya. Gili Iyang sendiri merupakan tempat dengan kandungan oksigen kedua terbaik yang ada di dunia setelah Negara Yordania. Jadi ketika anda ingin wisata yang sehat dan menghibur maka pulau ini adalah salah satu rekomendasi wisata yang tepat.

7. Pulau Gili Pandan

pulau gili pandan
tribunjatimtravel.tribunnews.com

Jika anda sedang melakukan perjalanan ke arah utara Madura dan pas berjejer dengan batas antara Kabupaten Sumenep dan Pamekasan maka wajib bagi anda untuk berkunjung ke Pulau Gili Pandan. Pulau yang satu ini merupakan pulau yang tidak memiliki penghuni, namun seringkali dijadikan oleh orang – orang sebagai tempat wisata yang menghibur.

8. Pulau Gili Raja

pulau gili raja
bangsaonline.com

Pulau yang letaknya ada di tenggara Pulau Madura ini jika dilihat administrative maka masih ada dalam wilayah Kabupaten Sumenep. Pulau Gili Raja mempunyai pesona yang luar biasa diakibatkan biota lautnya yang sangat menakjubkan, selain itu pulai ini juga dilengkapi dengan Pantai Beringin yang sangat mempesona dikarenakan ada sebuah pohon beringin besar bercokol di atas pantai ini, lalu ada sebuah sumur yang di dalamnya tidak pernah kering sama sekali.

9. Gili Bidadari

gili bidadari
sepositif.com

Pulau Gili Bidadari adalah pulau dengan ukuran yang kecil dan letaknya ada di bagian barat Gili Raja. Perlu anda tahu bahwasanya di pulau ini hanyalah diisi dengan beberapa keluarga saja, orang – orang menyebut pulau ini sebagai Gili Bidadari karena rata – rata penduduknya merupakan perempuan yang sebagian besar mendominasi keseluruhan penduduk yang menghuni pulau ini.

Di pulau ini mempunyai hamparan pasir yang mengkilap diiringi dengan pemandangan air jernih akan mempesona mata anda ketika baru pertama kali berkunjung ke pulau tersebut. Nantinya anda akan bisa melihat secara langsung kegiatan masyarakat sehari – hari yang sedang melakukan kegiatan melaut maupun melakukan pengolahan ikan.

10. Pulau Gili Genting

pulau gili genting
pesisir.net

Anda tidak boleh kaget ketika Sumenep sangat didominasi oleh berbagai macam tempat wisata berupa pulau – pulau yang cantik dan tingkat eksotisnya tinggi. Salah satu yang terakhir adalah Pulau Gili Genting, pulau yang satu ini mempunyai pantai dengan pemandangan yang indah bernama Pantai Sembilan. Di sini anda bisa melakukan foto bersama maupun menikmati keindahan alam yang ada di pulau ini.

Itulah 10 pulau cantik di Sumenep yang bisa anda kunjungi baik sendirian maupun bersama pasangan atau keluarga. Sempatkanlah akhir pekan anda untuk menikmati keindahan pulau yang ada di Sumenep karena akan ada banyak sekali sajian pemandangan indah yang sedang menunggu.



Leave a Reply