55 views | 0 Likes

Wisata Goa Pote: Bukit Kapur Instagramable Ikon Kota Bangkalan

5 star (from 1 people)
Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Photography

Posted on 19 March 2020, 16:21:35

Wisata di Pulau Madura tak hanya ada Pantai dan sajian bebek yang khas, kalian yang suka foto-foto wajib mampir ke Wisata Goa Pote ini. Seperti apa indahnya? Simak sampe habis yuk..

How to Get There

Masih seputaran wisata di Bangkalan Madura, selain Bukit Kapur Arosbaya, kalian juga bisa menemukan wisata bukit kapur lainnya yang tak kalah indah yaitu Wisata Goa Pote. Wisata Goa Pote ini masih berada satu lokasi dengan Bukit Jaddih ya guys karena memang tambang batu kapur di Bangkalan ini luas banget.

Wisata Goa Pote berada di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura. Dari Jembatan Suramadu, perjalanan menuju Goa Pote ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit aja. Ada dua jalur yang bisa kalian lalui untuk menuju ke wisata ini. Pertama, setelah keluar dari Jembatan Suramadu, kalian bisa lewat bawah fly over yang kedua dengan berpindah ke lajur lambat menuju ke desa Morkepek, Kecamatan Labang hingga menuju desa berikutnya yaitu desa Sendang Dajah. Kemudian kalian akan menemukan desa Sanggar Agung barulah kemudian tiba di Bukit Jadih.

Rute kedua bisa dibilang waktu tempuhnya agak lama karena kalian harus melewati jalan akses Suramadu sepanjang 12 kilometer hingga tiba di traffic light desa Tangkel, kecamatan Burneh. Dari traffic light ini kalian bisa belok kiri menuju kota Bangkalan. Sekitar 1 kilometer dari desa Tangkel akan dijumpai bundaran, lalu belok kiri dan menyusuri desa Langkap, Jambu, Parseh, lalu tiba di Jaddih.

What to Do

Wisata Goa Pote belakangan ini memang menjadi tujuan wisata yang cukup populer dikalangan wisatawan lokal karena memiliki pemandangan yang indah. Belakangan ini, Wisata Goa Pote ini kemudian menjadi ikon baru kota Bangkalan, selain Bebek Sinjay tentunya.

Disebut sebagai Goa Pote, yang mana ‘Pote’ merupakan Bahasa Madura yang berarti Putih. Hal ini dikarenakan seluruh dinding goa ini berwarna putih. Sebenernya, tempat ini dulunya bukanlah tempat wisata, namun setelah beberapa tahun terakhir baru dibuka untuk umum.

Sekedar info guys, tempat ini hingga sekarang masih menjadi tambang kapur aktif. Berbeda dengan Bukit Kapur Arosbaya yang kini sudah tidak digunakan untuk aktivitas menambang lagi. Jadi, ngga usah heran ya kalo kalian lagi menikmati indahnya pemandangan disini dan tiba-tiba ada truk yang lalu lalang lewat. Saat perjalan menuju tempat ini pun aku berpapasan dengan banyak truk tambang yang keluar masuk untuk mengangkut batu kapur.

Saat berada disini, sejauh mata memandang kalian hanya bisa melihat warna putih yang cantik. Kelihatannya sih seperti lagi ada di kawasan bersalju, namun cuacanya ya masih terik guys. Namun, kalian ngga usah khawatir karena pemandangannya cantik banget dan cukup instagramable. Ngga heran kalo tempat ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan.

Meskipun matahari yang bersinar sangatlah terik di siang hari, wisatawan masih banyak yang senang berkunjung kesini untuk mengagumi keindahan tebing batu kapur ini. Pemandangannya bener-bener memanjakan mata dan pastinya bisa jadi spot foto yang menarik.

Nah guys, kalo kalian ada rencana untuk jalan-jalan ke Madura, jangan lupa untuk berkunjung ke Goa Pote ini ya guys. Dijamin ngga akan nyesel.

Tips and Trick

  • Wisata Goa Pote ini bisa kalian kunjungi setiap hari mulai pagi hingga sore. Tapi saran aku, kalian mending dateng pagi banget atau di sore hari biar ngga terlalu panas.
  • Ada tiket masuk untuk menuju wisata ini, tapi kebetulan kemaren aku ngga harus bayar tiket. Hehehe..
  • Jangan lupa pakai sunblock, kacamata dan topi biar ngga kepanasan.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Kalian harus extra hati-hati karena banyak truk tambang yang lalu lalang di kawasan ini.

Gallery (6)

Comments (1)