10 Minuman Khas Madura Penambah Selera


sisil angelin  September 30, 2021  0 Comment

Minuman Khas Madura memang menjadi Pulau di Indonesia yang terkenal sekali memiliki budaya, kuliner, dan wisata nya yang indah. Madura juga menjadi salah satu pemasok garam nasional loh! makanya tak heran jika Madura memiliki julukan ‘Kota Garam’. Madura memang sangat menakjubkan dengan budaya serta bahasanya yang membuat wisatawan penasaran. Selain memiliki budaya yang menarik Madura ternyata memiliki kuliner yang menarik untuk dibahas, dan kali ini GoTravelly bakalan bahas minuman khas Madura yang wajib kalian coba saat berada di Madura. beberapa minuman yang akan kita bahas ini juga memiliki khasiat, dan rasa yang yummy! Nah daripada penasaran apa saja minumannya, yuk simak artikel dibawah ini. Sebelum kalian menjelajahi indahnya Pulau Madura.

1. Es Lembur

es lembur Minuman Khas Madura
pensilaisyah.blogspot.com

Minuman yang akan kita bahas pertama ini adalah minuman tradisional asal Madura, dan Lembur ini sering disebut mirip dengan Kobbhu yang merupakan minuman khas Madura lainnya yang memiliki kemiripan. Namun untuk kamu yang belum paham apa sih minuman Lembur ini? Jadi minuman Lembur ini terdiri dari daging kelapa muda yang keruk, gula merah cair, es batu, dan air kelapa muda yang membuat Es Lembur ini terlihat sangat menarik. Gimana kalian jadi pengen cobain kesegaran Es Lembur? Dari pada penasaran Es Lembur ini bisa kalian temukan dibeberapa warung, atau pasar di Pulau Madura dengan harga yang sangat terjangkau.

review wisata dan kuliner

Bebek Songkem Pak Salim: Sajikan Bebek Goreng Lezat Dan Sehat

Lezatnya Soto Ayam Khas Madura Ini Bikin Lidah Ngga Berhenti Bergoyang

2. Es Cendol

 Minuman Khas Madura
kompas.com

Jika tinggal di Indonesia memang sudah tidak asing lagi bukan dengan sajian minuman Es Cendol? Yups ternyata di Pulau Madura juga masyarakatnya suka sekali dengan es cendol loh! Jadi es cendol ini terdiri dari adonan hijau yaitu berbahan dasar tepung beras, santan, gula aren cair, es batu, dan air santan yang melimpah. Sehingga memberikan citarasa yang manis, gurih, dan kenyal pada cendolnya ditambah dengan es batu yang memberikan kesegara pada sajian minuman Es Cendol. Minuman ini memang sangat mudah ditemukan dipinggir jalan yang ada di Pulau Madura.

3. Es Sudi Mampir

Es Sudi Mampir Minuman Khas Madura terkenal
emadura.com

Es Sudi Mampir ini menjadi minuman khas Madura yang terkenal sekali sejak tempo dulu, dan menjadi salah satu kuliner legendaris di Pulau Madura yang jangan dilewatkan. Nah jadi minuman ini terdiri dari sirup merah, gula, santan, es batu, dan untuk menikmati Es Sudi Mampir ini biasanya dimakan bersama dengan roti tawar yang akan dicelupkan kedalam Es Sudi Mampir lalu dimakan, untuk rasa memang manis, gurih, dan sangat menyegarkan serta tekstur roti tawar ini yang lembut menambah kelezatan minuman ini. Es Sudi Mampir ini emang rekommended banget untuk kalian coba, dan harga yang terjangkau dari Es Sudi Mampir memang bikin siapa aja tertarik untuk meminumnya disiang hari. Es Sudi Mampir bisa kalian temukan dipinggir jalan, dan pasar yang ada di Madura.

4. Es Podeng Manis

Es Podeng Manis
cookpad.com

Es Podeng Manis ini merupakan minuman peninggalan pada zaman kolonial Belanda yang masih disukai masyarakat Madura. Jadi Es Podeng Manis ini terdiri dari podeng yang diolah tradisional, buah-buahan, sirup, dan es batu yang membuat Es Podeng Manis terasa sangat menyegarkan. Sajian Es Podeng Manis ini memang memiliki rasa yang sempurna, dan bikin ketagihan. Namun seiring berjalannya waktu kini Es Podeng Manis memiliki beraneka topping buah yang bisa kalian pilih yaitu ada buah belewah, nangka, nanas, alpukat, durian, dan masih banyak lagi guys! Gimana tertarik mencoba Es Podeng Manis?

5. Wedang Kobbhu

Wedang Kobbhu Khas Madura
cookpad.com

Wedang Kobbhu ini menjadi salah satu minuman tradisional yang disukai masyarakat Madura pada jaman dahulu, dan hingga saat ini Wedang Kobbhu masih populer loh! Jadi Wedang Kobbhu terdiri dari daging buah kelapa muda, serai, gula merah, pala, gula merah, cengkeh, air pandang, dan Wedang Kobbhu memang sekilas mirip dengan weddang jahe, karena warna Wedang Kobbhu yang memiliki warna cokelat pekat. Wedang Kobbhu ini cocok banget untuk kamu yang lagi kedinginan, dan banyaknya rempah pada sajian Wedang Kobbhu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kalian. Untuk menemukan Wedang Kobbhu kalian bisa membelinya diwarung yang ada di Pulau Madura.

6. Wedang Pokak

Wedang Pokak Madura
prasmanan.com

Wedang Pokak ini juga gak kalah enak dari Wedang Kobbhu loh! Jadi Wedang Pokak ini terdiri dari jahe, cengkeh, daun pandan, kayu manis, gula merah, daun lawang, dan serai. Wedang Pokak ini juga memiliki banyak sekali manfaat, Jadi selain bisa menghangatkan tubuh Wedang Pokak juga bisa mengilangkan rasa mual, masuk angin, dan kembung. Wedang Pokak ini menjadi salah satu minuman dari Madura yang sangat nikmat diminum saat udara dingin, dan untuk membeli Wedang Pokak kalian bisa menemukannya diwarung dengan harga yang terjangkau.

7. Sarikoyo

Sarikoyo
picuki.com

Minuman khas Madura yang akan kita bahas diurutan ketujuh ini adalah Sarikoyo, dan Sarikoyo ini berasal dari Bangkalan yang ada di Pulau Madur. Sarikoyo memang memiliki rasa yang manis, gurih, dan sarikoyo ini sering disebut mirip dengan kopyor. Jadi Sarikoyo terdiri dari susu, telur, santan, dan akan dicampur dengan rebusan rempah yang akan diolah. Setelah Sarikoyo sudah siap maka akan disajikan bersama dengan roti tawar. Sarikoyo ini biasaya disajikan saat bulan puasa tiba, dan Sarikoyo bisa kalian temukan dipasar ataupun penjual kue basah yang ada di Madura.

8. Es Cappucino Cincau

 Es Cappucino Cincau
yummy.co.id

Es Cappucino Cincau memang menjadi minuman kesukaan masyarakat Madura, dan Es Cappucino Cincau sangat mudah ditemukan di Madura. Es Cappucino Cincau ini menawarkan rasanya yang sangat menyegarkan dengan cincau serut yang memiliki tektur kenyal, dan dipadu dengan Capuccino dingin memang sangat sempurna saat masuk kedalam tenggorokan. Es Cappucino Cincau bisa kalian temukan dipenjual pinggir jalan dengan harga yang sangat terjangkau Es Cappucino Cincau yang segar ini cocok diminum saat udara panas disiang hari, dan bisa meredakan dahaga.

9. Legen

Legen Minuman Khas Madura
radarempoa.com

Untuk kamu yang berada di Pulau Jawa memang sudah tidak asing dengan Es Legen. Jadi legen ini menjadi salah satu minuman khas Madura yang terbuat dari buah siwalan atau lontar, dan akan diambil niranya untuk dijadikan minuman segar Es legen ini bisa kalian nikmati saat udara panas. Es Legen bisa kalian temukan dipenjual pinggir jalan yang ada di Madur, dan rasa yang unik dari legen ini memang bikin nagih! Dari pada penasaran sama rasanya yuk cobain Es Legen saat berada di Pulau Madura.

10. Kopi Mengkudu / Kopi Pace

Kopi Mengkudu Minuman Khas Madura
sinarnews.id

Minuman yang akan kita bahas terakhir ini memang menjadi salah satu minuman yang wajib dicicipi saat berada di Madura. Kopi Pace atau Kopi mengkudu ini memang menjadi salah satu minuman yang kaya akan manfaat, dan baik untuk tubuh. Jika kalian pencinta kopi maka wajib banget mencicipi secangkir kopi mengkudu yang memiliki rasa pahit, aroma yang unik, dan kopi mengkudu ini bisa menjadi pilihan kalian untuk duduk santai.



Leave a Reply