7 Oleh-oleh Khas Madura Paling Enak Rekomended + Info Toko


Reni  June 11, 2018  0 Comment

Oleh-oleh khas Madura– tidak sempurna rasanya jika berlibur ke suatu tempat tidak membawa khas makanannya. Di Indonesia ada banyak sekali daerah yang menawarkan keindahan alamnya serta berbegai adat istiadat serta beragam suku dan budayanya dan tidak ketinggalan adalah kuliner khas tempat tersebut.

Salah satu tempat yang terkenal akan tempat wisatanya yaitu di Sumenep Madura. Di sini ada sebuah pulai yang bernama Puli Gili Labak. Bukan hanya terkenal akan tempatnya, juga terkenak makanan dan jajanan khas tempat ini. Salah satunya petis, terasi, dan banyak lagi berikut ulasannya.

1. Sambal Petis

Sambal Petis

kreasiresepmasakanindonesia.blogspot.com

olehSebenarnya sambal yang satu ini bukanlah yang pertama kalinya kita dengar. Akan tetapi sambal khas Madura ini berbeda dengan yang lainnya yaitu warnanya yang lebih kecoklatan tidak seperti petis Jawa warnanya yang hitam. Selai itu, baunya yang juga cenderung bau ikan dan juga rasanya yang sedikit lebih gurih serta asin. Sambal ini enaknya di pakai untuk rujak Madura, bisa juga langsung dimakan dengan nasi.

Bebek Songkem Pak Salim: Sajikan Bebek Goreng Lezat Dan Sehat

Lezatnya Soto Ayam Khas Madura Ini Bikin Lidah Ngga Berhenti Bergoyang

2. Rengginang

Rengginang

spesialresep.com

Selanjutnya yaitu rengginang, jajanan yang satu ini adalah kerupuk yang berbahan dasar nasi yang sudah dikeringkan. Ini memang sudah terkenal sejak dulu dan tidak asing lagi untuk daerah yang satu ini. Adapun ciri khas makanan ini adalah terdapat ikan kecilcekil yang menempel di kerupuk.

3. Keripik singkong

Keripik singkong

petanitop.blogspot.com

Hampir setiap daerah mempunyai keripik singkong yang memang menjadi oleh oleh yang bisa dibawa pulang. Berbeda dengan daerah uang yang mana keripknya mempunyai banyak variasi rasa, sehingga sangat pas di jadikan cemilan saat bersantai.

4. Batik Sumenep

Batik Sumenep

batiktulismadurasumenep.blogspot.com

Tidak hanya terkenal akan wisatanya, dan juga makanannya, ternyata disini juga terkenal batik Sumenepnya yang memang memiliki ciri khas sendiri yang mana coraknya lebih khas, warnanya yang bervariasi. Untuk memiliki batik ini, anda hanya cukup mengeluarkan uang sebanyak 200.000,00. Haranya tergantung pada mereknya sendiri serta bahan dan juga desainnya.

5. Siwalan atau Ta’al

Siwalan

badriosarc.blogspot.com

Pada saat anda berlibur ke pantai yang letaknya ada di Kabupaten Sumenep, di pesisir pantainya anda akan menemukan banyak sekali yang menjual siwalan. Siwalan sendiri adalah bahan dasar air yang biasanya diberi nama legen. Rasa siwalan manis dan pastinya juga segar.

6. Macho

Macho

wisatajawatimur.xyz

Makanan khas macho ini memang sangat sesuai apabila di bawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Makanan ini memiliki bentuk yang unik, selain unik rasanya yang juga manis sehingga banyak sekali anak-anak yang menyukainya. Adapun bahan dasar dari macho ini adalah beras ketan serta gula merah.

7. Terasi

Terasi

informasicirebonjeh.blogspot.com

Daerah yang satu ini juga terkenal dengan oleh-olehnya yang khas yaitu terasi. Berbeda dengan terasi Jawa, yang ini rasanya lebih nikmat terutama jika di campur dengan sambal.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Madura yang kami rekomendasikan untuk anda. Yang pasti paling enak dan untuk batiknya yang paling bagus dan juga unik.
Untuk informasi toko yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan semua oleh-oleh ini, kami akan berikan untuk anda. ada banyak toko yang menjual khas Madura ini terutama di Sumenep.

Akan tetapi ada dua toko yang paling terkenal yang memang menjual semua yang anda butuhkan, yang memang banyak wisatawan yanag mengunjunginya. Yaitu:
1. Pasar Kepedi, pasar ini letaknya ada di Desa Kapedi, Kec. Bluto, Sumenep
2. Pasar Prenduan yang letaknya ada di Kec. Pragaan

Kedua tempat ini letaknya berada di tempat yang strategis yang memang mudah di jangkau tepatnya di jalur menuju kota Sumenep.

Berbeda dengan toko yang lainnya. kedua tempat ini banyak los penjual dengan begitu memudahkan anda untuk tawar-menawar sehingga mendapatkan harga yang termurah.
Di toko ini anda akan menemukan segeja jenis jajanan khas Sumenep Madura, seperti Rengginang Lorjuk yang memang adalah salah satu kuliner khas tempat ini, kemudian ada Jubede yaitu kuliner yang terbuat dari tepung lalu dicampur dengan gula merah, bentuknya berupa potongan kecil-kecil.

Kelebihan anda berbelanja kedua tempat ini selain menjual banyak makanan, anda juga bisa melakukan tawar-menawar, selain itu harga di tempat ini juga murah-murah.

Kuliner Khas Kota Madura

Selain jajajan yang bisa anda bawa pulang, belum lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi kuliner yang ada di daerah ini. Di tempat ini mewarkan banyak sekali kuliner yang tidak kalah enaknya di tempat lain, diantaranya:

Sate Madura
Sangat jelas, sate yang satu ini memang sangat populer dan rasany yang paling enak. Di tempat ini sate dijual dengan sangat lengkap, mulai dari jenis satenya, sampai jenis bumbu-bumbunya. Satenya ada yang daging ayam, kaming maupun daging sapi. Semua tergantung selera pembeli. Yang pasti rasanya nikmat.

Bebek Songkem
Merupakan makanan yang berbahan dasar daging bebek yang telah dibumbui dengan rempah-rempah serta dibalut dengan daun pisang. Bebek ini diolah dengan dibalut daun pisang, lalu dikukus paling lama sekitar 4 jam-an. Rasanya yang sangat enak yang sudah pasti tidak kalah dengan bebek yang ada. Selain rasanya, dagingnya yang juga empuk membuat semua bumbunya meresap dan terasa saat digigit.

Soto Madura
Hampir setiap daerah mempunyai kuliner soto, namun tetap saja setaip daerah mempunyai khas masing-masing begiru juga dengan daerah yang satu ini yang mana memang tidak terkenal akan tetapi mempunyai khas sendiri yaitu mempunyai isi yang lebih banyak, kuanya yang juga terbuat dari santan. Soto ini berisikan banyak sekali jenis jeroan sapi, mulai dari paru-paru, usus dan babat. Memiliki rasa yang gurih seperti soto yang ada pada umumnya.

Lorjuk
Marupakan makanan sejenis kerang yang terdapat di dalam pasir tepatnya di bawah laut. Lorjuk ini biasanta di tangkap ketika air laut mulai surut, dapat dimasak dengan cara yang biasa, akan tetapi agar lebih nikmat lagi apabila dibuat menjadi keripik.

Otok
Adalah kacang khas daerah ini, terbuat dari kacang tolo yang kemudian dioleh menjadi bumbu khas daerah ini sehingga rasanya lebih renyah, gurih, manis, dan juga pedas. Kacang ini sangat pas jika disantap bersamaan dengan minum kopi.

Topak ladeh
Yang satu ini, biasanya di hidangkan saat adanya perayaan hari-hari besar. Berabahan dasar daging sapi yang kemudian ditambah kuah sampuran antara santan dan juga rempah-rempah. Makanan ini sangat pas jika dimakan bersama-sama dengan keluarga.

Tajin sobih
Untuk yang ini, berasal dari desa Sobin yang ada di Kab. Bangkalan, Madura. Tajin ini adalah bubur yang mana sisinya adalah campuran antara bubur, mutiara, bubur sumsum, dan juga tepung kanji yang sudah diolah. Biasanya disajikan dengan daun pisang dan sangat cocok dinikmati di pagi hari.

Nasi Serpang
Nasi serpang adalah nasi yang diolah dengan bumbu rempah-rempah, biasanya disajikan dilengkapi dengan ikan dan juga pelengkap lainnya.
Itulah beberapa kuliner yang bisa anda nikmati selama berlibur ke tempat ini, sebagai tambahan informasi, semoga artikel ini bermanfaat.



Leave a Reply