5 Minuman Khas Gresik Yang Kaya Akan Manfaat Dan Menyegarkan


sisil angelin  June 29, 2021  0 Comment

Jika berkunjung ke Jawa Timur tentunya tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Kabupaten Gresik. karena di Gresik banyak sekali destinasi wisata yang indah, dan menarik untuk dijelajahi. selain destinasi wisata di Gresik juga memiliki banyak sekali Cafe kekinian, restoran yang lezat, dan kawasan street food yang menjajakan beraneka hidangan khas Nusantara. Namun kali ini GoTravelly bakalan bahas minuman khas Gresik yang wajib banget kalian coba saat berada di Kabupaten Gresik. tentunya minuman ini memiliki rasa yang unik, enak, dan bikin nangih. untuk kalian yang belum pernah berkunjung ke Gresik tentunya masih bingung minuman apa saja sih yang enak di Gresik dan wajib kalian coba. daripada lama-lama yuk simak artikel di bawah ini kita bakalan bahas Minuman khas Gresik yang kaya akan manfaat, dan menyegarkan

1. Es Siwalan

Es Siwalan
gotravelly.com

minuman khas Gresik yang akan kita bahas pertama ini adalah Es Siwalan. untuk kamu yang belum tahu apa sih es siwalan, jadi minuman yang satu ini terdiri dari buah siwalan, air kelapa muda, gula merah cair, daun pandan, dan es batu. memang rasa dari Es Siwalan sangatlah menyegar kan, dan gula merah yang memberikan cita rasa manis ini menambah energi saat udara panas melanda. untuk menemu kan Es Siwalan kalian bisa mendapatkannya di penjual pinggir jalan yang menjual es siwalan. es siwalan biasanya dibanderol sekitar Rp. 5.000 saja.

paket wisata murah dan terpercaya

Kekeyalan Es Siwalan Khas Gresik Bikin Ketagihan

Menikmati Sensasi Letupan Endog Bader, Salah Satu Kuliner Khas Gresik

2. Kopi Kopyor Gresik

 Kopi Kopyor Gresik khas Gresik
inews.id

Nusantara memang terkenal sekali dengan pencinta kopinya, dan menjadi gaya hidup bagi masyarakat di Indonesia untuk menikmati secangkir kopi dipagi hari ataupun siang hari. tentunya disetiap daerah memiliki banyak sekali sajian kopi dengan rasa yang berbeda-beda, dan jenis yang beragam. nah untuk kalian pencinta kopi wajib banget mampir ke Gresik untuk mencicipi kopi kopyor khas Gresik nya yang dibuat dengan cara mencampur bubuk kopi yang sudah digilir kedalam air mendidih, dan akan diaduk. selanjut nya kopi kopyor khas Gresik ini akan disaring, dan siap disajikan untuk menemani harimu. untuk menemukan kopi kopyor kalian bisa menemukannya di warung kopi, atau cafe yang ada di Kabupaten Gresik. harga dari kopi ini tergantung dari tempat yang kalian pilih jika di warung kopi biasanya dibanderol dengan harga yang murah, dan jika berada di cafe biasanya kopi kopyor di jual sekitar Rp. 15.000 saja guys! Aroma dari kopi kopyor ini sangat khas, dan pahit dari sajian kopi kopyor memang sangat nikmat. Gresik biasanya menikmati kopi kopyor bersama roti. Jadi kalian bisa memesan roti untuk menikmati secangkir kopi kopyor khas Gresik.

3. Legen Penceng

 Legen Penceng  khas Gresik
gresik.info

Legen Penceng ini sering disebut hampir sama dengan es siwalan. namun yang membuatnya berbeda adalah rasa dari Legen Penceng yang cendrung sedikit asam, dan lebih manis dari pada es siwalan. Es Legen Penceng sebenarnya terbuat dari penyerapan buah Siwalan atau lontar yang diolah menjadi minuman menyegarkan yaitu Legen Penceng. buah Siwalan ini memang terbilang unik hampir sama dengan buah kelapa, pohonnya pun hampir sama dengan kelapa. namun yang membuatnya berbeda adalah rasanya serta aromanya yang lebih menyengat dari pada kelapa. ternyata buah dari Siwalan juga bisa dimakan loh, dan rasa dari buah Siwalan juga enak. jadi saat kalian berada di Kabupaten Gresik jangan lewatkan untuk mencicipi Legen Penceng yang sangat menyegarkan, dan minuman yang satu ini cocok banget untuk kalian yang lagi kepanasan. karena Legen Penceng bisa meredakan dahaga, dan rasa nya yang sangat manis bisa memberi energi untuk kalian yang lagi terkena terik matahari. untuk menemukan minuman khas Gresik yang satu ini kalian bisa membelinya penjual pinggir jalan, dan harga dari Es Legen Penceng ini sekitar Rp. 5.000 saja. gimana tertarik mencobanya?

4. Es Temulawak

Es Temulawak
bp-guide.id

minuman khas Gresik yang ada di urutan keempat ini juga sangat populer di kabupaten Gresik, dan menjadi minuman kesukaan orang Gresik. untuk kalian yang belum pernah mencoba es temulawak, wajib banget mencobanya! jadi es temulawak ini terdiri dari temulawak, kapulaga, gula, dan cengkeh. setelah temulawak jadi maka akan dicampur bersama es batu sehingga memiliki rasa yang segar! untuk kalian yang tidak ingin Temulawak dingin juga bisa meminum temulawak hangat. selain memiliki rasa yang enak es temulawak juga kaya akan manfaat loh. es temulawak dipercaya dapat menghaluskan kulit, melindungi organ hati, menambah nafsu makan, menjaga kebugaran, menyembuhkan maag, menurunkan kolesterol jahat, dan masih banyak lagi manfaat temulawak untuk kesehatan. untuk menemukan es temulawak kalian bisa menemukannya dipinggir jalan, dan dikawasan street food yang ada di kabupaten Gresik.

5. Wedang Pokak

Wedang Pokak khas Gresik
food.detik.com

Minuman khas Gresik yang akan kita bahas terakhir ini adalah Wedang Pokak. Wedang Pokak ini biasa nya disajikan dan dijual saat malam hari. karena Wedang Pokak di percaya dapat menghangat kan tubuh. Wedang Pokak terdiri dari rempah-rempah yaitu cengkeh, kapulaga, kayu manis, sereh, jahe, gula aren, gula pasir, dan akan di beri air. selanjut nya semua bahan itu akan direbus hingga mendidih, dan akan di sajikan di cangkir kecil. untuk menemukan Wedang Pokak kalian bisa mampir ke angkringan, atau warung kopi yang ada di Kabupaten Gresik. minuman yang satu ini memang wajib banget kalian cicipi saat berada di Kabupaten Gresik. jadi tunggu apalagi yuk cari Wedang Pokak di malam hari, dan untuk kalian yang mual juga bisa meminum Wedang Pokak, karena dipercaya dapat menghilang kan mual serta masuk angin. gimana minuman yang satu ini berkhasiat banget bukan? selain memiliki rasa yang enak, dan memiliki manfaat yang banyak minuman kas Gresik yang satu ini menawarkan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp. 6.000 saja, kalian sudah bisa menikmati secangkir Wedang Pokak yang nikmat.

itulah 5 minuman khas Gresik bisa menjadi pilihan kalian saat berada di Kabupaten Gresik. selain memiliki rasa yang unik ternyata minuman yang ada di atas bermanfaat bukan? gimana guys menurut kalian? di antara 5 minuman yang ada di atas yang mana yang ingin kalian coba? atau minuman yang di atas sudah pernah kalian coba? jika iya kalian bisa menjawab atau menjelaskan seperti apa rasanya di kolom komentar yang ada di bawah ya! semoga info ini bermanfaat untuk kalian yang lagi berada di Kabupaten Gresik, dan selamat mencoba!



Leave a Reply