10 Tempat Wisata di Madura Paling Rekomended Buat Liburan


Reni  August 28, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Madura wajib untuk Anda kunjungi dan menjadi pilihan saat berlibur Bersama keluarga atau teman-teman. Madura adalah pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Madura merupakan daerah yang identic dengan kuliner nya yang khas, mulai dari soto daging, sate ayam, dan kambing sampai bebek sinjay.

Untuk menuju pulau di seberang pulau Jawa Timur ini Anda bisa melalui Jembatan Nasional Suramadu. Jembatan ini merupakan pintu masuk utama menuju Madura. Banyak sekali tempat wisata menarik di Madura yang belum diketahui banyak orang, mulai dari wisata alam, wisata laut, hingga wisata religi.

Wisata di Madura memang tidak seterkenal Bali, Lombok, Surabaya. Namun keindahan demi keindahan yang ditawarkan tidak kalah jauh dengan wisata yang terkenal. Malahan, banyak tempat wisata di Madura yang asyik, murah juga instagramable.

Di Madura Anda juga akan banyak menemukan masyarakat dengan logat khas Madura. Wisata di Madura akan membuat banyak orang terkesima dan mengerti mengapa daerah ini meminta untuk dijadikan provinsi sendiri.

Nah, kira-kira apa saja sih wisata menarik di pulau Madura yang wajib Anda ketahui dan kunjungi?

1. Api menakjubkan dari Madura: Api Abadi

Api menakjubkan dari Madura

wisatamadura.or.id

Pada umumnya jika api terkena air atau dipadamkan akan mati, namun berbeda dengan Api Abadi yang terdapat di Madura. Sesuai Namanya, Api Abadi tidak pernah padam hingga saat ini, menakjubkan bukan? Apabila Anda berkunjung ke Madura, Anda bisa singgah di Desa Larangan Tokol, di desa ini Anda akan dikejutkan oleh Api yang tidak pernah padam. Api ini dipercaya sebagai api bumi.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Madiun Paling Populer

review kuliner

Mengenal Batik Dan Budaya Madura Di Tresna Art

2. Mercusuar Sembilangan Warisan Sejak Zaman Belanda

Mercusuar Sembilangan Warisan Sejak Zaman Belanda

bocahpetualang.com

Anda juga dapat mengunjungi Mercusuar Sembilangan yang dibangun sejak zaman Belanda. Mercusuar ini terletak di Desa Sembilangan. Jika sudah sampai ke Mersucuar Sembilangan, jangan lewatkan untuk naik lantai teratas untuk melihat pemandangan menakjubkan yaitu pulau Madura.

3. Air Terjun Kokop

tempat wisata terdekat

seputarwisata.com

Selain air Terjun Toroan, Madura juga memiliki wisata air terjun Kokop, ia terletak di Bangkalan Madura dengan akses yang lumayan sulit. Air terjun ini menawarkan keindahan yang hakiki dan dijamin tidak akan mengecewakan, air terjun Kokop terletak di desa Durjan.

4. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

triptrus.com

Setelah air terjun kita beralih ke tempat wisata di Madura lain yaitu pantai. Madura memiliki banyak pantai salah satunya adalah pantai Rongkang, pantai ini terletak di dekat Suramadu. Jika Anda berkunjung ke pantai Rongkang maka Anda akan secara jelas melihat jembatan Suramadu. Pantai ini dilengkapi dengan bebatuan besar yang kokoh. Nah… pantai ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan pada malam hari.

5. Pantai Nepa

Pantai Nepa

tempat.me

Pantai Nepa menawarkan pemandangan yang mempesona pada waktu subuh dan senja. Pantai Nepa memang cenderung menjadi pantai yang sedikit gersang. Namun pantai ini cocok sekali untuk bertamasya dan bermain Bersama keluarga.

6. Sentra Batik

Sentra Batik

ranselmungil.blogspot.com

Selain menawarkan berbagai wisata alam yang menarik dan memesona. Madura juga memiliki sentra batik, batik Madura sangat populer dan menjadi salah satu jenis batik yang indah. Sentra batik Madura berada di Kabupaten Bangkalan, jika Anda ingin membeli batik asli Madura untuk oleh-oleh, Anda bisa langsung mengunjungi Sentra Batik ini.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Di London Dijamin Nggak Bikin Bosan

Nah untuk mencapai tempat wisata Bangkalan, Anda bisa menaiki kendaraan dari pusat kota Bangkalan yang kira-kira berjarak 40-50KM. di sana terdapat banyak tokoh oleh-oleh yang menggiurkan.

7. Karapan Sapi

Karapan Sapi

ghiffaryemier.student.umm.ac.id

Wisata ini sangat menarik, dimana setiap tahun akan ada sapi-sapi yang dilombakan Bersama sang Joki dan kegiatan ini menyita banyak sekali wisatawan dunia. Apabila berbicara tentang wisata Madura maka Karapan Sapi akan masuk list yang wisata yang wajib Anda kunjungi ke dalam agenda saat berjalan-jalan ke Madura. Ingin tau sensasi dan keseruan melihat sapi-sapi saling berlomba? Datanglah segera ke Madura.

8. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep

simas.kemenag.go.id

Madura memang memiliki daya tarik dan potensi wisata religi, di Madura terdapat masjid Agung Sumenep dengan desain sangat menarik dan berbeda dari masjid-masjid yang ada di daerah lain. Yang paling membuat masjid ini memukau adalah dari segi desain masjid yang sangat menggambarkan unsur sejarah. Masjid ini didominasi dengan warna kuning dan putih. Perpaduan desain bangunan, warna dan keunikan masjid akan membuat Anda ingin berfoto di sekitar masjid Agung sumenep.

9. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

kamerabudaya.com

Vihara ini menjadi bukti akan adanya keragaman Indonesia dan toleransi beragama di Indonesia khususnya Madura. Wisata religi Madura beruba Vihara Avalokitesvara yang terletak di Pamekasan merupakan salah satu tempat ibadah umat Buddha di Madura.

Dari kesepuluh tempat wisata di Madura yang telah dipaparkan dan juga dijelaskan bagaimana kondisi pada masing-masing tempat wisata. setelah Anda membaca dengan seksama tentu sudah bisa mengira-ngira akan berkunjung ke mana, atau bisa jadi, dari kesepuluh yang telah diulas akan Anda kunjungi semua.

Yang jelas, kesepuluh tempat wisata di Madura tersebut tentu bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang belum tahu kemana ingin berwisata. Atau bagi Anda yang telah merencanakan ke Madura, tulisan ini dapat menjadi referensi. Jika Anda ingin berwisata maka selain mencari tempat yang menarik untuk dikunjungi, Anda juga wajib mempersiapkan banyak hal lainnya,seperti persiapan barang apa saja yang harus dibawa.

Baca juga :  10 Air Terjun di Jawa Tengah Yang Indah + Rute Lokasi

10. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan

wahyualam.com

Madura juga memiliki wisata air terjun, salah satunya adalah air terjun Toroan, air terjun ini sering dikunjungi baik oleh warga sekitar maupun wisatawan. Uniknya, air terjun Toroan langsung menerjunkan air ke pantai. Tempat ini berada di Kecamatan Ketapang.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat Anda ingin berlibur: Pertama, siapkanlah uang di dalam dompet Anda, berlibur kemanapun jangan sampai melupakan uang saku, meskipun Anda telah membawa kartu kredit, itu saja tidak cukup, karena agar lebih aman maka gunakanlah uang cash, lebih baik mengantisipasi dari pada tempat yang Anda kunjungi tidak menyediakan pembayaran menggunakan kartu kredit .

Kedua, tas travel untuk semua perlengkapan Anda,pakailah tas yang nyaman dan mampu menampung barang-barang yang Anda perlukan saat berlibur. Ketiga, kamera. Jangan salah, kamera akan sangat Anda butuhkan untuk menemani liburan, apalagi jika Anda berlibur ke tempat-tempat yang menawarkan keindahan seperti Madura, yang menyediakan banyak tempat yang indah maka jangan sampai kamu lewatkan untuk memotretnya. Keempat, travel charger, barang satu ini jangan sampai terlupakan, karena charger adalah nyawa untuk handphone Anda. Jika anda memiliki powerbank maka itu akan sangat berguna.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Madura yang paling rekomended untuk berlibur bersama keluarga maupun teman-teman. Selain tempat wisata juga beberapa hal-hal yang perlu Anda siapkan agar liburan Anda menyenangkan dan penuh dengan persiapan. Selamat mencoba dan berlibur.



Leave a Reply