Menakjubkan, Inilah 7 Air Terjun di Sumatera Barat dengan Pemandangan Indah


Fida  November 11, 2022  0 Comment

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Salah satu wisata indah yang dapat kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur adalah wisata alam berupa air terjun. Terdapat beberapa pilihan wisata air terjun di Sumatera Barat yang menarik untuk didatangi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftarnya. 

1. Air Terjun Nyarai

air terjun nyarai
gurusiana.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan destinasi wisata Air Terjun Nyarai? Air Terjun Nyarai dikenal sebagai salah satu Air Terjun di Sumatera Barat yang memiliki pemandangan indah. Air terjun yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Padang Pariaman, Sumatera Barat. 

Air Terjun Nyarai memiliki ciri khas yakni adanya tebing dan bebatuan yang sekaligus berpadu dengan hijaunya dedaunan. Tidak hanya dapat berfoto, pengunjung juga dapat mencoba sensasi menaiki tebing. Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin, melompat dari atas tebing menuju ke kolam di bawah air terjun tentu menjadi hal menantang yang bisa kamu coba. 

Selain tebingnya yang megah dan indah, Air Terjun Nyarai juga sangat populer dan dikenal dengan airnya yang berwarna hijau. Perairan yang jernih dan bersih juga menjadikan pengunjung dapat bebas berenang di kawasan Air Terjun Nyarai. Suasana yang sejuk dan masih sangat alami juga dapat dirasakan oleh pengunjung saat berada di Air Terjun Nyarai. Tertarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mengunjungi indahnya air terjun di Sumatera Barat yang satu ini?  

Gotravelly

Air Terjun Coban Cemoro Gading Yang Jarang Terjamah Dan Alami

Rumah Makan Lamun Ombak: Nikmati Sajian Khas Minangkabau Yang Lamak Bana

2. Air Terjun Lembah Anai

air terjun lembah anai
tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Air Terjun Lembah Anai bukan? Air Terjun Lembah Anai dikenal sebagai salah satu air terjun yang populer dan dikenal memiliki lokasi yang strategis, tepatnya berada di tepi Jalan Raya Padang – Bukittinggi. Lokasi Air Terjun Lembah Anai juga masih termasuk ke dalam kawasan Cagar Alam Lembah Anai. 

Saat mengunjungi air terjun ini, kamu akan dimanjakan dengan adanya tebing megah yang mengalirkan air dari ketinggian mencapai 60 meter. Pengunjung yang datang akan dibuat kagum dengan keindahan di yang disuguhkan oleh Air Terjun Lembah Anai. 

Tidak sedikit wisatawan yang datang dan berkunjung ke air terjun ini. Selain wisatawan lokal, Air Terjun Lembah Anai juga tidak jarang didatangi oleh wisatawan mancanegara. Pengunjung tidak hanya dapat bersantai dan menikmati keindahan air terjun, tetapi juga dapat mencoba berbagai aktivitas seperti berenang hingga berfoto dengan indahnya pemandangan. 

3. Air Terjun Hulu Banda

air terjun hulu banda
kidalnarsis.com

Ada cukup banyak pilihan wisata air terjun di Sumatera Barat yang dikenal menawarkan pemandangan indah, salah satunya adalah Air Terjun Hulu Banda. Air terjun yang satu ini berlokasi di kawasan Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam. 

Saat mengunjungi Air Terjun Hulu Banda, kamu akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk. Adanya suara aliran air terjun serta banyaknya pepohonan menjadikan suasana semakin tenang dan asri. Destinasi wisata yang satu ini juga cocok kamu kunjungi sebagai tempat untuk melepas penat sekaligus menenangkan diri. 

Pengunjung dapat memilih untuk bersantai di sekitar air terjun hingga mencoba sensasi bermain air dan berenang. Banyaknya bebatuan di sekitar air terjun juga menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. 

4. Air Terjun Kembar

air terjun kembar
infosumbar.net

Air Terjun Kembar menjadi salah satu sebutan bagi wisata air terjun yang dapat kamu jumpai di beberapa daerah, salah satunya di Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, salah satu wisata air terjun di Sumatera Barat ini menawarkan dua aliran air yang berjejer dan disebut kembar. 

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan adanya tebing tinggi dan pepohonan yang asri. Tidak hanya itu, suasana yang sejuk dan segar juga dapat kamu rasakan saat berada di Air Terjun Kembar. Pengunjung dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang di air terjun ini. 

Air Terjun Kembar dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Bangun Rejo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Bagi kamu yang hobi berkemah, air terjun ini juga dapat menjadi tujuan yang tepat untuk didatangi. Terdapat area camping ground di sekitar air terjun dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Kamu dapat mencoba sensasi bermalam dengan suguhan suasana yang asri dan alami. Indahnya pemandangan air terjun juga dapat dinikmati langsung saat pagi hari. Seru sekali bukan? 

5. Air Terjun Lubuk Batang

air terjun lubuk batang
piamanexplore.com

Rekomendasi wisata air terjun di Sumatera Barat berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Lubuk Batang. Wisata air terjun yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat datang ke Kabupaten Limapuluh Kota. 

Air Terjun Lubuk Batang memiliki keunikan serta ciri khas yakni adanya aliran air yang diapit oleh 2 tebing tinggi. Selain cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran, Air Terjun Lubuk Batang juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi berfoto. Terdapat banyak spot menarik dan instagramable yang dapat kamu jumpai di Air Terjun Lubuk Batang. 

Meskipun lokasinya yang diapit oleh 2 tebing tinggi, tetapi pengunjung tetap dapat bermain air hingga berenang di kawasan air terjun. Pastikan kamu tetap berhati hati saat memutuskan untuk bermain air dan berenang di kawasan ini. 

6. Air Terjun Sarasah 

air terjun sarasah
tribunnewswiki.com

Air Terjun Sarasah juga menjadi salah satu rekomendasi wisata air terjun di Sumatera Barat yang tidak boleh kamu lewatkan. Air terjun dengan beberapa tingkatan ini dapat kamu kunjungi di Kota Padang, tepatnya berada di Kecamatan Pauh. 

Saat mengunjungi Air Terjun Sarasah, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan serta suasana yang asri. Tebing dan bebatuan berundak di aliran air terjun juga menjadikan Air Terjun Sarasah tampak indah dan mempesona. Pengunjung dapat memilih untuk bersantai maupun berfoto dengan indahnya air terjun yang satu ini. 

7. Air Terjun Langkuik Tamiang

air terjun langkuik tamiang
liputan6.com

Satu lagi rekomendasi wisata air terjun di Sumatera Barat yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Air Terjun Langkuik Tamiang. Air terjun yang satu ini berlokasi di Kawasan Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam. Dengan ketinggian mencapai 100 meter, Air Terjun Langkuik Tamiang berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. 

Bagi kamu yang hobi berpetualang, Air Terjun Langkuik Tamiang tentu menjadi tujuan wisata yang tepat untuk kamu datangi. Suasananya yang masih sangat asri dan alami juga berhasil mmebuat pengunjung betah berlama lama berada di kawasan wisata Air Terjun Langkuik Tamiang. Tertartik untuk mengunjunginya? 

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi wisata air terjun di Sumatera barat yang menarik untuk kamu datangi. Saat berkesempatan datang dan berkunjung ke Sumatera Barat, wisata manakah yang paling menarik ingin kamu datangi? 



Leave a Reply