7 Air Terjun di Sulawesi Selatan yang Menakjubkan


Fida  November 28, 2022  0 Comment

Sulawesi Selatan dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang menyuguhkan banyaknya pilihan wisata. Salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi saat berada di Sulawesi Selatan adalah air terjun. Terdapat beberapa pilihan air terjun dengan panorama indah dan menakjubkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi air terjun di Sulawesi Selatan yang menarik untuk kamu datangi.

1. Air Terjun Takapala

air terjun takapala
celebes.co

Salah satu air terjun di Sulawesi Selatan yang populer dan menarik untuk kamu datangi adalah Air Terjun Takapala. Air terjun dengan ketinggian mencapai 109 meter ini menyuguhkan pemandangan alam memukau dan mampu menarik perhatian wisatawan. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Takapala di kawasan Desa Majanang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa.

Meskipun harus melewati jalanan yang berliku untuk menuju ke lokasi air terjun, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang ke indahnya Air Terjun Takapala. Setibanya di lokasi, pengunjung akan disambut dengan suasana alam yang masih sangat asri dan alami. Adanya suara gemercik air juga menjadikan suasana semakin tenang dan nyaman. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta alam. 

Tidak hanya dapat bersantai dan menikmati keindahannya, Air Terjun Takapala juga menawarkan banyak spot menarik untuk berfoto. Kamu dapat mengabadikan momen dengan latar indahnya pemandangan air terjun. Bermain air hingga berenang di bawah aliran air terjun juga menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

2. Air Terjun Parangloe

air terjun parangloe
nativeindonesia.com

Wisata air terjun di Sulawesi Selatan berikutnya yang tidak kalah indah dan menarik untuk kamu datangi adalah Air Terjun Parangloe. Sesuai dengan sebutannya, Air Terjun Parangloe dapat kamu kunjungi di Desa Parangloe, Kecamatan Parangloe, Gowa. Jika berangkat dari Kota Makassar, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit untuk tiba di air terjun ini. 

Air Terjun Parangloe dikenal menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Kamu dapat melihat langsung indahnya panorama air terjun dengan tebing bertingkat di Air Terjun Parangloe. Tidak hanya dapat bersantai dan menikmati keindahan, pengunjung juga dapat berfoto, bermain air, hingga berenang. 

Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin, menaiki bebatuan kemudian melompat ke arah kolam di bawah air terjun menjadi salah satu hal yang bisa kamu coba. Wisatawan tidak disarankan untuk mengunjungi Air Terjun Parangloe saat musim hujan karena sering terjadi aliran air bah yang deras dan berbahaya. 

3. Air Terjun Ketemu Jodoh

air terjun ketemu jodoh
celebes.co

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar sebutan wisata Air Terjun Ketemu Jodoh? Destinasi wisata dengan sebutan unik ini merupakan salah satu air terjun di Sulawesi Selatan yang dapat kamu kunjungi di Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa. 

Sebutannya yang unik tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terdapat mitos yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat maupun wisatawan.  Konon katanya, siapapun yang bersedia untuk mandi atau berendam di bawah air terjun akan menemukan jodohnya. Kira kira, mitos atau fakta ya? 

Terlepas dari itu, Air Terjun Ketemu Jodoh ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Ketemu Jodoh sebagai tujuan berlibur bersama teman maupun keluarga. Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000,- per orang. Terjangkau sekali bukan?

4. Air Terjun Lembanna

air terjun lembanna
celebes.co

Ada cukup banyak pilihan wisata di Sulawesi Selatan yang bisa kamu datangi, salah satunya adalah Air Terjun Lembanna. Sesuai dengan namanya, air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Lembanna, Kabupaten Gowa. 

Untuk mengunjungi Air Terjun Lembanna, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Bagi kamu yang hobi berkemah, Air Terjun Lembanna juga menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Hal itu dikarenakan air terjun yang satu ini menawarkan fasilitas berupa adanya camping ground. Asik sekali bukan? 

Selain aliran airnya yang deras dan jernih, Air Terjun Lembanna juga dikenal dengan suasananya yang masih sangat alami. Terdapat banyak bebatuan dan pepohonan di sekeliling air terjun. Suasananya yang tenang menjadikan Air Terjun Lembanna juga cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat sekaligus menenangkan diri. Tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur ke indahnya air terjun di Sulawesi Selatan yang satu ini? 

5. Air Terjun Biroro

air terjun biroro
tripadvisor.com

Tidak kalah indah dengan air terjun di Sulawesi Selatan lainnya, Air Terjun Biroro juga menjadi tujuan wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Air terjun dengan ketinggian mencapai 15 meter ini menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau. Kamu dapat mengunjungi indahnya Air Terjun Biroro di Desa Bonrolurang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh sekitar 200 meter. Meskipun terbilang melelahkan, tetapi rasa lelah akan seketika hilang saat tiba di lokasi air terjun. Aliran air yang deras dan jernih akan menyambut kedatangan pengunjung di Air Terjun Biroro. 

Terdapat beberapa aktivitas seru yang dapat kamu lakukan saat datang ke Air Terjun Biroro diantaranya bersantai dan menikmati indahnya pemandangan, bermain air, hingga berfoto di bebatuan dengan latar air terjun. Bagi wisatawan yang ingin berenang, sangat dianjurkan untuk menggunakan pelampung karena kolam di bawah Air Terjun Biroro memiliki kedalaman mencapai 8 meter. 

6. Air Terjun Maddenge

air terjun maddenge
travel.detik.com

Rekomendasi air terjun di Sulawesi Selatan berikutnya yang tidak kalah indah untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Maddenge. Air terjun yang satu ini dikenal dengan banyaknya tebing dengan indahnya perairan yang mengalir di celah-celahnya. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Maddenge di Desa Maddenge, Kecamatan Camba, Maros, Sulawesi Setalan. 

Baca Juga :

Warung Kopi Phoenam, Coffee Shop Legendaris Paling Laris Manis

Jalanan yang masih cukup sulit dilalui tentu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang ke Air Terjun Maddenge. Wisatawan akan dibuat betah dengan keindahan yang ditawarkan. Suasana sejuk dan tenang juga dapat kamu rasakan saat berkunjung ke Air Terjun Maddenge. 

7. Air Terjun Lembang Saukang

air terjun lembang saukang
wisato.id

Satu lagi wisata air terjun di Sulawesi Selatan yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Air Terjun Lembang Saukang. Air terjun yang satu ini dikenal menyuguhkan aliran air yang deras dan jernih. Tidak hanya itu, adanya bebatuan dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. 

Baca Juga :

Wisata Pango Pango, Negeri Diatas Awan Ala Tana Toraja

Salah satu spot favorit pengunjung adalah jembatan gantung. Keindahan Air Terjun Lembang Saukang dapat dinikmati dari jembatan gantung yang memiliki ketinggian mencapai 7 meter. Menarik sekali bukan? 

Baca Juga :

6 Makanan Khas Bantaeng Sulawesi Selatan Yang Unik Dan Enak!

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi air terjun di Sulawesi Selatan yang dikenal indah dan menakjubkan. Dari beberapa rekomendasi di atas, air terjun manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply