5 Air Terjun di Brunei, Destinasi Alam yang Tak Pernah Membosankan!


Jehan  December 1, 2022  0 Comment

Brunei merupakan salah satu negara yang cukup dikenal dengan lingkungannya yang bersih. Negara muslim di Asia ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dipilih oleh wisatawan mancanegara, salah satuny air terjun di Brunei.

Selain dikenal dengan wisata religi dan budaya, Brunei juga memiliki wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Kamu akan di ajak menikmati hutan cagar alam dan taman lindung yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Apa kamu tertarik menghabiskan waktu liburanmu dengan pemandangan pohon tinggi yang rimbun, atau bermain air terjun yang menyegarkan? Ketika berpetualang di alam, kamu akan mendapatkan pengalaman menarik dari flora atau satwa yang siap menyambutmu selama melakukan perjalanan. Berikut 5 air terjun di Brunei yang dapat kamu kunjungi untuk berpetualang alam. Simak di bawah ini!

Rekomendasi Air Terjun di Brunei:

1. Wasai Teraja

wasai teraja
thescoop.co

Air terjun Wasai Teraja adalah salah satu air terjun dengan rute mudah untuk di jelajahi. Air terjun ini ada di dalam hutan Labi, Belait yang masih alami. Saat kamu berkunjung ke Wasai Teraja, kamu akan melewati hutan hujan.

Sebelum melanjutkan petualangan lebih jauh, kamu akan diminta untuk melakukan registrasi dengan pendataan diri di Teraja Longhouse. Setelahnya di sana kamu akan mendapatkan tawaran guide lokal yang siap mengantarmu menuju titik air terjun Wasai Teraja.

Dari Teraja Longhouse, kamu akan diminta menempuh jarak sekitar 3 kilometer, kurang lebih kamu akan membutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan berjalan kaki. Selama perjalanan kamu akan mendapat pemandangan hutan yang tentunya akan membuatmu rileks.

Baca juga :  Pesona 10 Keajaiban Alam di Australia Sangat Menakjubkan!

Sesampainya di air terjun Wasai Teraja, pengunjung diperbolehkan untuk berenang di bawah air terjun. Wasai Teraja memiliki aliran air yang tidak begitu deras, meskipun begitu kamu tetap akan dibuat segar dengan air terjun mereka.   

Jika beruntung, selama perjalanan dan sesampainya di lokasi air terjun kamu dapat melihat satwa liar yang ada di sana. Suasana alam yang tenang ditambah dengan suara dari air terjun, tentu akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Wajib Coba! Makanan Khas Brunei yang Super Lezat

7 Kue Tradisional, Gurih dan Legit yang Lumer di Mulut!

2. Tasek Lama

tasek lama
tripadvisor.co.id

Tasek Lama merupakan air terjun yang ada di dalam taman rekreasi Tasek Lama. Lokasinya berada di Banda Seri Begawan, Brunie. Waktu yang tepat untuk datang ke Tasek Lama pada pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Air terjun rendah ini dapat menjadi destinasi wisata yang dapat kamu pilih saat berlibur di Brunei. Karena lokasi Tasek Lama yang berada dalam taman rekreasi, membuat siapa saja dapat mengakses segala macam arena hiburan yang ada di dalamnya.

Taman rekreasi Tasek Lama merupakan taman yang dibuat sebagai destinasi liburan selain air terjun alami yang ada di dalamnya juga terdapat danau. Di mana air danau tersebut menjadi sumber air minum kota masyarakat sekitar.

Taman rekreasi yang juga disebut sebagai taman air terjun ini memiliki jalur hutan yang dapat dijelajahi. Selain itu kamu juga dapat bersantai di beberapa titik lokasi yang disediakan untuk berpiknik.

Apabila kamu berkunjung ke oasis hutan yang terletak di tengah kota ini kamu juga akan disambut dengan beragam flora serta satwa seperti monyet yang sedikit nakal. Jika kamu ingin mencapai lokasi ini kamu dapat menaiki moda transportasi umum, seperti bus, taksi.

Baca juga :  19 Pantai Terkenal di Penang Keindahannya Bikin Hati Tenang

3. Ulu Temburong National Park

ulu temburong national park
flickr.com

Air terjun Ulu Temburong ada di dalam sebuah taman nasional pertama yang didirikan Brunei. Taman yang didirikan sejak tahun 1991 ini berada di distrik Temburong. Taman nasional yang terletak di dalam hutan lindung Batu Apoi ini dapat kamu kunjungi pukul 08.00 hingga 18.00.

Apabila ingin bertemu dengan air terjun, kamu harus masuk dan menjelajah hutan hujan Ulu Temburong. Jika menghitung waktu keberangkatan langkahmu dari Freme Rainforest Lodge yang berlokasi di Batang Duri Temburong, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 40 menit untuk mencapat sungai Apan.

Selanjutnya, kamu akan melanjutkan penjelajahan dengan menyusuri tepi sungai ke dalam hutan hujan sekitar 20 menit lamanya sampai akhirnya sampai ke lokasi air terjun. Berlibur ke air terjun ini mungkin akan melewati medan perjalanan yang sedikit menantang. Kamu akan melewati jalanan yang licin dan curam.

Namun lelah dari perjalanan yang kamu rasakan nantinya akan terbayar dengan suasana menenangkan saat sampai di air terjun. Udara sejuk dan air yang menyegarkan akan membuatmu nyaman untuk beristirahat di sana.

4. Wasai Bedanu

wasai bedanu
bruneitourism.com

Wasai Bedanu merupakan air terjun di Brunei yang letaknya berjarak sekitar 38 kilometer dari Bandar Seri Begawan. Lokasi tepatnya ada di dalam sebuah kampung Kiudang Mungkom, Mukim Kiudang.

Air terjun Wasai Bedanu ini tersembunyi di tengah hutan lebat dengan panorama alami yang masih dijaga. Kamu akan berpetualang dalam hutan yang akan membuatmu merasa rileks dengan suasanannya yang menenangkan. Hirup udara bersih sebanyak-banyaknya saat kamu berada di sana.

Apabila kamu berangkat dari titik pusat ibu kota, kamu akan diminta menempuh perjalanan terlebih dahulu untuk sampai ke Wasai Bedanu sekitar 60 menit waktu tempuh. Jangan lupa untuk beristirahat di lokasi dengan menikmati pemandangan cantik yang disuguhkan di Wasai Bedanu.

Baca juga :  Nggak Harus ke Eropa, 10 Negara di Asia Bersalju Cakep Banget!

5. Wasai Kandal

wasai kandal
cushtravel.com

Wasai Kandal merupakan air terjun di Brunei yang memiliki area hiburan lainnya. Apabila kamu berkunjung ke Wasai Kandal, kamu juga dapat menikmati kolam serta area piknik yang ada di dekat air terjun.

Kamu akan menempuh perjalanan yang akan memakan waktu sekitar 60 menit lamanya. Selama melakukan penjelajahan, kamu dapat menikmati perjalanan dengan santai di dalam hutan. Kamu akan melewati jembatan, menelusuri jalan dengan jalur yang cukup lebar.

Tidak jauh dari air terjun Wasai Kandal, kamu akan menemukan Tasek Laboi sebuah danau kecil. Danau yang tersembunyi di balik pepohonan tinggi ini akan memberi warna tenang pada perjalananmu.

Berjalan lebih jauh lagi, kamu dapat melihat danau lain yang memiliki air terjun kecil yang bernama Wasai Lumut Lumpan. Tidak jauh dari air terjun tersebut kamu juga akan menemukan sebuah kolam kecil bernama Wasai Dang Umai.

Dari 5 rekomendasi air terjun di Brunei tersebut, kemana tujuan pertama air terjun yang akan kamu kunjungi? Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik terlebih dahulu sebelum berangkat ke destinasi wiasata air terjun.

Kamu bisa menggunakan alas kaki yang baik agar langkah kakimu dapat berjalan dengan sempurna menuju ke lokasi yang kamu inginkan. Selain itu, jangan membuang sampah sembarangan ya, demi melindungi kebaikan alam.



Leave a Reply