7 Wisata Air Terjun di Sumatera Selatan, Indah dan Menajubkan!


Fida  February 7, 2023  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi destinasi wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Sumatera Selatan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang dikenal menawarkan banyaknya pilihan tempat wisata, salah satunya adalah air terjun. Dapat cukup banyak pilihan air terjun di Sumatera Selatan yang bisa kamu datangi. Dengan aliran air yang jernih serta pemandangan yang indah, berikut daftar 7 rekomendasi air terjun di Sumatera Selatan yang tidak boleh kamu lewatkan.

Air Terjun di Sumatera Selatan :

1. Air Terjun Lematang Indah

air terjun lematang indah
nativeindonesia.com

Salah satu rekomendasi tempat wisata berupa air terjun di Sumatera Selatan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Air Terjun Lematang Indah. Air terjun yang satu ini dikenal cukup populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Lematang Indah di kawasan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Dengan ketinggian mencapai 100 meter, air terjun ini mampu menarik perhatian wisatawan. Karena memiliki arus yang deras dengan aliran air yang jernih, tidak heran jika di dekat air terjun ini kerap digunakan sebagai aktivitas olahraga arung jeram.

Air Terjun Lematang Indah menawarkan suasana yang masih sangat alami sehingga cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Bagi pecinta foto, Air Terjun Lematang Indah juga menarik untuk didatangi karena menyediakan banyak spot instagramable. Saat berkunjung ke Sumatera Selatan, ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir dan menghabiskan waktu berlibur di air terjun yang satu ini.

Baca juga :  11 Tempat Wisata di Berastagi Yang Paling Indah Pemandangan Alamnya

2. Air Terjun Curup Maung

air terjun curup maung
wisatazainal.wordpress.com

Selain Air Terjun Lematang Indah yang dikenal menakjubkan, kamu juga dapat mengunjungi air terjun di Sumatera Selatan lainnya yang tidak kalah Indah yakni Air Terjun Curup Maung. Air terjun yang satu ini dikenal cukup populer dan dapat kamu kunjungi di kawasan Kabupaten Lahat, sumatera Selatan. Dengan ketinggian mencapai 80 meter, Air Terjun Curup Maung menyajikan aliran air yang deras dan jernih.

Pemandangan sekitar air terjun ini terbilang masih sangat alami. Pengunjung dapat melihat langsung indahnya tebing atau dinding air terjun serta pepohonan dan penghijauan di sekelilingnya. Bagi kamu pecinta tempat wisata alam, Air Terjun Curup Maung tentu sayang untuk kamu lewatkan.

Baca Juga :

Liburan Singkat ke Curup Maung: Air Terjun Unik Nan Cantik di Lahat

Menurut wisatawan, Air Terjun Curup Maung memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat dijumpai di air terjun lainnya. Pengunjung dapat berfoto dengan latar indahnya pemandangan air terjun. Destinasi wisata ini rekomendasi tepat untuk kamu datangi bersama teman maupun keluarga.

3. Curup Panjang

air terjun curup panjang
travel.okezone.com

Tidak kalah indah dengan air terjun lainnya, Curup Panjang juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satu air terjun di Sumatera Selatan ini dapat kamu kunjungi di Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat. Lokasinya yang terbilang sangat strategis dan mudah dikunjungi menjadikan wisata alam yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan.

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan air terjun yang turun dari ketinggian sekitar 50 hingga 60 meter. Tidak hanya itu, adanya tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan pemandangan tanpa semakin menakjubkan. Di kawasan air terjun ini, pengunjung juga dapat menjumpai beberapa satwa langka seperti kalong, siamang, simpai, hingga burung enggang yang memiliki habitat asli di hutan ini.

Baca juga :  10 Air Terjun di Kediri Pesonanya Memikat Hati

Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu datang dan menghabiskan waktu berlibur di air terjun yang satu ini.

4. Air Terjun Tuju Kenangan

air terjun tujuh kenangan
travel.detik.com

Rekomendasi wisata air terjun di Sumatera Selatan berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Air Terjun Tuju Kenangan. Air terjun yang satu ini berlokasi di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter melewati area perkebunan kopi. Meskipun terbilang cukup melelahkan, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di air terjun ini.

Air Terjun Tuju Kenangan menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Banyaknya bebatuan serta penghijauan di sekeliling air terjun tentu menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. Suasana yang sejuk dan segar juga akan membuat pengunjung betah menghabiskan waktu berlibur di Air Terjun Tuju Kenangan.

Baca Juga :

16 Tempat Snorkling di Sumatera Bikin Kinclong Mata

Tidak hanya dapat menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang di kolam sekitar air terjun. Ini juga dikenal dengan banyaknya kupu-kupu yang berterbangan. Indah sekali bukan?

5. Curup Embun

curup embun
gosumatra.com

Curup Embun juga sayang untuk kamu lewatkan. Air terjun yang satu ini lokasi di kawasan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagar Alam.

Saat mengunjungi air terjun ini, kamu akan terlebih dahulu disambut dengan indahnya pemandangan perkebunan teh. Meskipun harus berjalan kaki untuk menuju ke lokasi air terjun, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menghabiskan waktu di Curup Embun.

Baca juga :  7 Air Terjun di Sulawesi Selatan yang Menakjubkan

Adanya bebatuan serta pepohonan menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan sekaligus mencoba bermain air hingga berenang. Bagi pecinta foto, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan spot menarik dan instagramable.

6. Air Terjun Bedegung

air terjun bedegung
inews.id

yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Air Terjun Bedegung. Sesuai dengan sebutannya, air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim

Air terjun yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan seperti adanya toilet, tempat parkir yang luas, hingga adanya gazebo atau tempat beristirahat. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, tiket masuk menuju ke Air Terjun Bedegung hanya dibanderol Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan?

Air terjun yang satu ini terbilang sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Jika tidak ingin terlalu ramai, kamu dapat datang ke Air Terjun Bedegung saat weekday.

7. Air Terjun 7 Tingkat

air terjun 7 tingkat
pariwisataindonesia.id

Tidak boleh ketinggalan, Air Terjun 7 Tingkat juga menjadi rekomendasi air terjun yang menarik untuk kamu datangi. Bagaimana tidak, air terjun yang satu ini menawarkan pemandangan menakjubkan. Pengunjung juga akan dibuat betah dengan suasana sejuk dan asri yang ditawarkan. Air Terjun 7 Tingkat dapat kamu datangi di Kabupaten Lahat.

Baca Juga :

10 Sungai di Sumatera dengan Pemandangan Indah

Nah itulah daftar 7 wisata air terjun di Sumatera Selatan yang menarik untuk kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, air terjun manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply