7 Air Terjun di Sulawesi Tenggara dengan Pemandangan Memukau


Fida  December 3, 2022  0 Comment

Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal menyuguhkan banyaknya destinasi wisata. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu datangi saat berada di Sulawesi Tenggara adalah air terjun. Dengan pemandangan indah dan menakjubkan, inilah daftar 5 rekomendasi air terjun di Sulawesi Tenggara yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Air Terjun Lasidaka

air terjun lasidaka
zonasultra.id

Air Terjun Lasidaka menjadi salah satu wisata air terjun di Sulawesi Tenggara yang menyuguhkan pemandangan indah dan sayang untuk kamu lewatkan. Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Ambololi, Kacamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan. Lokasinya yang cukup strategis dan dekat dengan ibukota Sulawesi Tenggara juga menjadikan Air Terjun Lasidaka kerap dipilih wisatawan sebagai tujuan berlibur. 

Sebelum tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus melewati jalan setapak. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi Air Terjun Lasidaka. Aliran air yang mengalir dari ketinggian 15 meter berhasil membuat pengunjung takjub dan terpesona. Dengan debit air yang tidak terlalu deras, Air Terjun Lasidaka menawarkan suasana yang tenang dan cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menenangkan diri. 

Di bawah air terjun terdapat kolam yang biasa digunakan pengunjung untuk bermain air maupun berenang. Tebing dan pepohonan di sekitar air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin sejuk dan asri. Jika datang saat musim hujan, kamu perlu berhati hati karena jalan menuju Air Terjun Lasidaka akan sangat licin. 

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Lasidaka adalah saat pagi hari. Salah satu air terjun di Sulawesi Tenggara ini sangat cocok dikunjungi sebagai tempat berlibur bersama teman maupun keluarga. 

2. Air Terjun Wabalamba

air terjun wabalamba
sultra.genpi.co

Tidak hanya Air Terjun Lasidaka, Air Terjun Wabalamba juga menjadi rekomendasi air terjun di Sulawesi Tenggara yang tidak boleh kamu lewatkan. Wisata air terjun ini berlokasi di Desa Wining, Kecamatan Pasarwojo, Kabupaten Buton. Lokasinya yang berada di tengah hutan rimbun dan bukit beraspal menjadikan Air Terjun Wabalamba dikenal unik dan menarik untuk didatangi. 

Sebelum tiba di lokasi Air Terjun Wabalamba, pengunjung akan disuguhkan dengan adanya tambang aspal yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pengunjung yang datang dapat melihat langsung adanya tambang aspal dengan luas 70 ribu hektar. Setelah berjalan kaki dengan waktu tempuh kurang lebih 2 menit, tibalah pengunjung di Air Terjun Wabalamba. 

Air Terjun Wabalamba menyuguhkan aliran air yang deras dan jernih. Suara gemercik air serta adanya pepohonan di sekitar air terjun tentu menjadikan suasana semakin sejuk dan tenang. Selain dapat menikmati air yang mengalir dari ketinggian, pengunjung juga dapat mencoba bermain air atau berendam di kolam bawah air terjun. 

Salah satu air terjun di Sulawesi Tenggara ini juga menyuguhkan banyaknya spot menarik dan instagramable yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Adanya tebung dan bebatuan juga menambah keindahan Air terjun Wabalamba. Bagi kamu yang ingin melepas penat atau menenangkan diri, Air Terjun Wabalamba menjadi tujuan wisata yang tepat untuk kamu datangi. 

3. Air Terjun Tondopi

air terjun tondopi
sultra.tribunnews.com

Ada cukup banyak pilihan wisata air terjun di Sulawesi Tenggara yang bisa kamu datangi, salah satunya adalah Air Terjun Tondopi. Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Tongkoseng, Kecamatan Tontonunu, Kabupaten Bombana. Akses menuju ke Air Terjun Tondopi terbilang cukup mudah dilalui, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Di sepanjang perjalanan, kamu dapat melihat langsung indahnya penghijauan di kanan kiri jalan. Untuk menyusuri kawasan wisata Air Terjun Tondopi, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 2.000,- per orang. Dengan begitu, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya aliran air yang mengalir dari ketinggian 15 meter. 

Air Terjun Tondopi juga dikelilingi dengan berbagai tanaman dan pepohonan. Oleh karena itu, tidak heran jika pengunjung akan merasakan suasana yang sejuk dan segar selama berada di kawasan wisata ini. Terdapat banyak spot menarik dan instagramable yang biasa dimanfaatkan untuk berfoto oleh para wisatawan. 

Selain berfoto, wisatawan juga dapat mencoba sensasi bermain air hingga berenang di bawah aliran air terjun. Meskipun mengalirkan air dengan debit yang tidak terlalu deras, tetapi pengunjung tetap harus berhati hati selama berada di area air terjun. Destinasi wisata yang satu ini dapat menjadi tujuan tepat untuk menghabiskan waktu berlibur. 

4. Air Terjun Seruni

air terjun seruni
zonasultra.id

Tidak kalah indah dengan air terjun di Sulawesi Tenggara lainnya, Air Terjun Seruni juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Air Terjun yang satu ini dapat kamu datangi di Desa Lelewawo, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara. Dari Kecamatan Lasusua, pengunjung perlu menempuh perjalanan dengan jarak kurang lebih 80 kilometer. 

Sebelum tiba di lokasi Air Terjun Seruni, pengunjung perlu berjalan kaki melewati jalan setapak dengan waktu tempuh 15 menit. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun. Pengunjung akan dibuat takjub dengan indahnya air yang mengalir dari ketinggian 30 meter. 

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah, Air Terjun Seruni juga menawarkan suasana yang sejuk dan tenang. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri. 

Bagi pecinta foto, Air Terjun Seruni juga dikenal memiliki banyak spot menarik dan instagramable. Kamu dapat berfoto dengan latar indahnya air terjun yang mengalir deras. Asik sekali bukan? 

5. Air Terjun La Ocu

air terjun la ocu
disparsultra.id

Satu lagi rekomendasi wisata air terjun di Sulawesi Tenggara yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Air Terjun La Ocu. Air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di Desa Eensumala, Kecamatan Bonegunu, Kabupaten Buton Utara. Lokasi air terjun yang berada di ketinggian 73 meter di atas permukaan laut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Baca Juga :

10 Wisata di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara

Meskipun jalan menuju ke lokasi terbilang cukup sulit dilalui, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang ke Air Terjun La Ocu. Di sepanjang perjalanan, kamu akan melewati hutan, kebun, hingga sungai. Jalurnya yang landai dan mendaki juga cukup menguras tenaga. 

Baca Juga :

JI Gelato: Restoran Gelato Pertama di Tanah Buton

Saat tiba di Air Terjun La Ocu, kamu akan dibuat takjub dengan keindahannya. Air terjun dengan dua tingkat ini menyuguhkan aliran air yang deras dan jernih. Pengunjung dapat langsung mencoba untuk bermain air hingga berenang saat tiba di lokasi air terjun. Lokasinya yang masih dikelilingi dengan hutan juga menjadikan suasana Air Terjun La Ocu sangatlah sejuk. 

Baca Juga :

Air Terjun Kogawuna Baubau yang Tetap Segar di Musim Hujan

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi wisata air terjun di Sulawesi Tenggara yang menarik untuk kamu datangi. Dari daftar rekomendasi di atas, air terjun manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply