7 Air Terjun di Sumatera Utara dengan Pemandangan Memukau


Fida  November 21, 2022  0 Comment

Setelah lelah dengan kegiatan sehari-hari, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk melepas penat dengan mengunjungi tempat wisata. Beberapa pilihan destinasi wisata yang dapat kamu tuju antaranya gunung, pantai, bukit, hingga air terjun. 

Di Sumatera Utara, terdapat banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menarik untuk didatangi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi air terjun di Sumatera Utara dengan suguhan panorama menakjubkan. 

1. Air Terjun Sipiso – Piso, Karo

air terjun sipiso piso
pariwisata.karokab.go.id

Air Terjun Sipiso – Piso merupakan salah satu air terjun di Sumatera utara dengan ketinggian mencapai 120 meter. Air terjun yang satu ini juga termasuk ke dalam daftar salah satu dari 10 air terjun tertinggi di Indonesia. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Sipiso – Piso di Kabupaten Karo, tepatnya di daerah Tongging, Kecamatan Merek. 

Untuk mengunjungi indahnya air terjun ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang. Tebing yang menjulang tinggi dengan banyaknya penghijauan di sekelilingnya menjadikan suasana di Air Terjun Sipiso – Piso tampak sangat sejuk dan asri. Pengunjung yang datang dapat menikmati aliran air yang deras dan jernih hingga dapat berfoto dengan banyaknya spot menarik yang ditawarkan. 

Panorama alam menakjubkan yang disuguhkan menjadi destinasi yang satu ini sayang untuk kamu temui, khususnya bagi pecinta wisata alam. Bagi kamu yang ingin melepas penat sekaligus menenangkan diri, Air Terjun Sipiso – Piso sangat cocok untuk kamu datangi. 

Gotravelly Review

Baca juga: Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Baca juga: Tibrena Mekar & Air Terjun Satu Hati

2. Air Terjun Ponot, Asahan

air terjun ponot
andalastourism.com

Ingin mengunjungi wisata air terjun tertinggi di Indonesia? Air Terjun Ponot-lah tempatnya. Destinasi wisata air terjun di Sumatera Utara ini memiliki ketinggian mencapai 250 meter atau 820 kaki. Karena dikenal sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, maka tidak heran jika Air Terjun Ponot menjadi destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Sumatera Utara. 

Kamu dapat mengunjungi indahnya Air Terjun Ponot di Kabupaten Asahan, tepatnya di Desa Tangga, Siarimo Halado. Meskipun sangat populer, tetapi pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau. Harga tiket yang ditawarkan untuk menyusuri indahnya Air Terjun Ponot yakni berkisar Rp 5.000,- per orang.

Tidak hanya dikenal indah, ternyata air terjun ini juga memiliki manfaat besar, salah satunya sebagai pemutar turbin PLTA Inalum. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya aktivitas menarik yakni rafting. Tidak hanya ramai wisatawan lokal, banyak juga wisatawan mancanegara yang tertarik untuk mencoba rafting di sekitar Air Terjun Ponot. 

3. Air Terjun Mursala, Tapanuli Tengah

air terjun mursala
travel.detik.com

Tidak kalah unik dengan air terjun di Sumatera Utara lainnya, Air Terjun Mursala juga menjadi salah satu wisata yang wajib kamu datangi. Bagaimana tidak, Air Terjun Mursala menyuguhkan indahnya air yang mengalir indah di tebing granit dan terjun langsung menuju laut Samudra Hindia. 

Air terjun yang satu ini memiliki sejarah atau cerita yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Salah satu cerita yang beredar adalah mengenai perjalanan Putri Runduk. Konon, setelah Putri Runduk terjun dari atas Pulau Mursala, kemudian sang pengawal menangis dan merasa kehilangan. Tangisan yang tak terbendung itulah yang kemudian dipercaya sebagai awal mula terbentuknya Air Terjun Mursala. 

Meskipun Air Terjun Mursala hanya memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terbilang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan air terjun lainnya, tetapi destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang unik karena berada di tengah laut. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. 

4. Air Terjun Situmurun, Toba

air terjun situmurun
medan.kompas.com

Tidak hanya Air Terjun Mursala yang dikenal unik karena air terjunnya yang langsung mengalir ke laut, Air Terjun Situmurun juga tidak kalah indah karena airnya yang langsung mengalir ke Danau Toba. Salah satu destinasi wisata air terjun di Sumatera Utara ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. 

Dengan ketinggian mencapai 70 meter, Air Terjun Situmurun mampu menyuguhkan pemandangan yang memukau. Untuk mengunjungi air terjun ini, pengunjung perlu melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal dari Parapat. Kapal dapat digunakan dengan sistem sewa dan mampu menampung cukup banyak orang dalan satu kali pejalanan.

Tidak hanya dapat melihat dari kapal, pengunjung juga dapat menguji adrenalin dengan melompat dari batu batu dan menceburkan diri ke danau. Perairan Air Terjun Situmurun yang segar tentu akan membuatmu betah berlama lama mengunjungi wisata ini. Air Terjun Situmurun juga menjadi satu satunya air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke Danau Toba. Menarik sekali, ya? 

5. Air Terjun Aek Sijorni, Tapanuli Selatan

air terjun aek sijorni
travel.okezone.com

Destinasi wisata air terjun di Sumatera Utara berikutnya dapat kamu kunjungi di kawasan Tapanuli Selatan, yakni Air Terjun Aek Sijorni. Destinasi wisata yang satu ini sudah cukup populer karena memiliki pemandangan indah dan menakjubkan. 

Pengunjung yang datang ke Air Terjun Aek Sijorni akan disambut dengan aliran air yang sangat jernih. Bahkan saat musim hujan tiba, aliran Air Terjun Aek Sijorni tetap bersih dan jernih. Oleh karena itu, tidak heran jika wisatawan betah untuk bermain air dan berenang di bawah aliran air terjun. 

Tidak sedikit wisatawan yang rela datang dari jauh untuk menikmati keindahan Air Terjun Aek Sijorni. Jika bingung menentukan tujuan untuk menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang dan berkunjung ke indahnya air terjun yang satu ini. 

6. Air Terjun Linggahara, Labuhan Batu

air terjun linggahara
medan.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan Air Terjun Linggahara? Air Terjun Linggahara merupakan salah satu satu destinasi wisata air terjun di Sumatera Utara yang dapat didatangi di kawasan Labuhan Batu. Air terjun yang satu ini menyuguhkan dua aliran air dengan ketinggian masing masing 20 meter dan 30 meter. Tidak jarang Air Terjun Linggahara juga mendapat julukan Air Terjun Baru atau Air Terjun Kembar. 

Karena memiliki lokasi yang berada di kawasan hutan lindung, maka pengunjung yang datang dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar saat berada di Air Terjun Linggahara. Untuk mengunjunginya, kamu hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 15.000,- per orang. Wisata yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet, kolam pemandian, hingga gazebo atau tempat beristirahat. 

7. Air Terjun Humogo, Gunung Sitoli

air terjun humogo
travelingmedan.com

Satu lagi rekomendasi wisata air terjun di Sumatera Utara yang sayang untuk kamu lewatkan yakni Air Terjun Humogo. Air terjun yang satu ini berlokasi di kawasan Desa Frayo, Kota Gunung Sitoli. Tidak sedikit wisatawan yang menyebut air terjun ini sebagai Niagara versi lokal larena bentuknya yang membentang. Air Terjun Humogo memiliki lebar mencapai 8 meter dan tinggi sekitar 9 meter. Bermain air di antara bebatuan hingga mencoba sensasi berenang menjadi aktivitas menarik yang bisa kamu coba di Air Terjun Humogo. 



Leave a Reply