8 Hidden Gems Yogyakarta Jelajahi Kota hingga Alam Terbuka


Fida  May 13, 2023  0 Comment

Mengunjungi tempat-tempat tersembunyi tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu lakukan saat ingin menghabiskan waktu berlibur. Beberapa pilihan hidden gems Yogyakarta akan membawamu merasakan kesan menarik saat berlibur. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata maupun tempat makan yang unik dan belum banyak diketahui wisatawan. Penasaran? Inilah daftar 8 rekomendasi hidden gems Yogyakarta yang wajib kamu datangi.

8 Hidden Gems Yogyakarta :

1. Puncak Segoro

puncak segoro
kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah mengetahui bahwa Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kawasan dengan banyaknya pilihan destinasi wisata. Puncak Segoro menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk kamu datangi. Sesuai dengan sebutannya, Puncak Segoro memiliki lokasi di puncak atau di ketinggian. Karena lokasinya yang belum banyak diketahui oleh wisatawan, maka tidak heran jika Puncak Segoro dikenal sebagai salah satu wisata hidden gems Yogyakarta. 

Dari Puncak Segoro, kamu dapat melihat langsung indahnya panorama pantai. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke Puncak ini untuk menikmati cantiknya sunset atau matahari terbenam. Suasananya yang sejuk dan segar juga menjadikan pengunjung betah untuk berwisata dan berlama-lama di Puncak Segoro. 

Bagi pecinta foto, wisata satu ini sangat menarik untuk didatangi karena menyediakan banyak spot instagramable. Kamu tidak perlu khawatir karena Puncak Segoro juga menyediakan fasilitas lengkap yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 

Tiket masuk : 25.000,- /orang.

Alamat : Wiloso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

2. Bukit Pengilon

bukit pengilon
travel.kompas.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan destinasi wisata hidden gems Yogyakarta yakni Bukit Pengilon? Sesuai dengan sebutannya, wisata yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan alam berupa perbukitan. Kamu dapat mendaki dan bersantai di atas bukit yang dipenuhi dengan rerumputan. Lokasinya yang terletak di kaki Gunung Batur juga menjadikan bukit ini menawarkan suasana yang sejuk dan segar.

Dari atas bukit, kamu dapat melihat langsung indahnya beberapa panorama pantai seperti Pantai Watu Lumbung, Pantai Banyunibo, Pantai Siung, dan Pantai Wediombo. Selain dapat bersantai, kamu juga dapat menikmati beberapa aktivitas lain seperti berkemah dengan mendirikan tenda hingga berfoto dengan panorama alam yang menakjubkan.

Baca juga :  10 Air Terjun di Banyuwangi yang Paling Indah + Rute Lokasi

Bagi kamu yang ingin sejenak menenangkan diri dan melepas penat, datang dan berlibur di Bukit Pengilon tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

Tiket masuk : Rp. 5000,- /orang.

Alamat : Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 

3. Curug Sidoharjo

curug sidoharjo
antarejatour.com

Bagi kamu pecinta destinasi wisata air terjun, Curug Sidoharjo dapat menjadi tujuan wisata hidden gems Yogyakarta yang menarik untuk kamu datangi. Air terjun yang satu ini dikenal sebagai salah satu air terjun tertinggi dengan ketinggian mencapai 75 meter. Pengunjung yang datang akan dibuat takjub dengan jernih serta bersihnya air yang mengalir dari ketinggian.

Untuk tiba di Curug Sidoharjo, pengunjung harus melewati jalanan yang terbilang cukup menantang. Tetapi meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun. Indahnya tebing dan penghijauan yang mengelilingi air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. 

Terdapat beberapa aktivitas menarik yang dapat kamu coba. Tidak hanya bersantai dan menikmati indahnya pemandangan, kamu juga dapat bermain air hingga berenang di bawah air terjun.

Tiket : Rp 3.000,- 

Alamat : Sumoroto, Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

4. CXMM and The Sun

cxmm and the sun
wisata.app

Saat sedang berburu hidden gems Yogyakarta, CXMM and The Sun menjadi salah satu pilihan tepat yang bisa kamu datangi. Tempat yang satu ini merupakan dan konsep kekinian yang berada di tengah pedesaan. Pengunjung dapat merasakan udara yang sejuk dan segar sembari nongkrong dan menikmati lezatnya hidangan di CXMM and The Sun. Tidak hanya datang bersama teman, CXMM and The Sun juga cocok kamu pilih sebagai tempat untuk menenangkan diri. 

Bagi pecinta kopi, tempat yang satu ini tentu sangat cocok untuk didatangi karena menyediakan berbagai jenis kopi yang dapat kamu pilih sesuai selera. Tidak hanya aneka minuman, CXMM and The Sun juga menyediakan beberapa hidangan seperti cheese cake dan juga picnic roll. 

Baca juga :  10 Air Terjun di Lombok Wajib Kesini Rekomended + Rute Lokasi

Selain cocok untuk healing, CXMM and The Sun juga banyak didatangi oleh pecinta foto karena menyediakan banyak spot yang menarik. Saat berkunjung ke Yogyakarta, kedai kopi yang satu ini tentu tidak boleh kamu lewatkan. 

Alamat : Jalan Dahlia, Malangrejo, Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

5. Jiwajawi Jogja

jiwajawi jogja
guideku.com

Jiwajawi Jogja juga dapat menjadi tujuan yang menarik untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari hidden gems Yogyakarta. Tempat yang satu ini merupakan restoran dengan lokasi yang terbilang cukup terpencil. Pengunjung yang datang dapat duduk dan menikmati suasana di area indoor maupun outdoor. Karena selalu ramai setiap harinya, maka disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke Jiwajawi Jogja. 

Dengan dikelilingi banyaknya pepohonan dan penghijauan, maka tidak heran jika pengunjung akan merasa betah dengan suasana sejuk yang ditawarkan. Restoran yang satu ini juga dikenal menawarkan arsitektur unik dengan banyaknya bebatuan. Karena keunikan tersebut, Jiwajawi Jogja juga banyak didatangi oleh fotografer atau pecinta seni. 

Tidak hanya akan disambut dengan suasana yang khas, pengunjung juga dapat mencoba berbagai hidangan lezat yang ditawarkan. Beberapa sajian yang tidak boleh kamu lewatkan diantaranya Sop Iga, Tahu Gejrot, hingga minumam unik seperti Es Laksamana Mengamuk. 

Harga menu : Rp 15.000,- sampai Rp 75.000,-

Alamat : Jalan Tugu Gentong, Salakan, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

6. Grojogan Lepo Dlingo

grojogan lepo dlingo
alodiatour.com

Ingin mengunjungi tempat wisata alam yang tersembunyi di Yogyakarta? Grojogan Lepo Dlingo menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Air terjun yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu hidden gems Yogyakarta yang bisa kamu datangi. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus melalui jalanan yang cukup menantang. 

Grojogan Lepo Dlingo menyajikan suasana alam yang sejuk dan segar. Pengunjung dapat melihat langsung aliran air yang deras dan jernih. Adanya tebing dan penghijauan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana tampak asri dan alami. Karena menyuguhkan panorama yang menakjubkan, maka tidak heran jika banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk berfoto atau mengabadikan momen. 

Baca juga :  10 Gunung Star gazing Menatap Langit Penuh Bintang Paling Epik

Menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga di Grojogan Lepo Dlingo tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Terdapat 3 aliran air terjun serta kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda. 

Tiket masuk : –

Alamat : Jalan Pokoh, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

7. Air Terjun Luweng Sampang

air terjun luweng sampang
jogja.tribunnews.com

Panorama air terjun yang berbeda dapat kamu nikmati di Air Terjun Luweng Sampang. Tempat wisata yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu hidden gems Yogyakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Pengunjung yang datang dapat menikmati adanya bebatuan kapur di kanan dan kiri air terjun. Karena banyaknya bebatuan kapur tersebut, maka air terjun ini mendapat julukan Grand Canyon-nya Jogja.

Selain panorama alamnya yang indah, air terjun ini juga menyimpan banyak cerita sejarah. Konon, Air Terjun Luweng Sampang menjadi tempat petilasan pertapaan Sunan Kalijaga. Saat mengunjungi air terjun ini, kamu akan dibuat betah dengan suasana sejuk yang ditawarkan. Bagi kamu pecinta foto, Air Terjun Luweng Sampang juga sangat menarik untuk didatangi karena menyediakan banyak spot instagramable.

Tiket masuk : –

Alamat : Jalan Juminahan, Kayen, Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

8. Watu Giring

watu giring
jogjacars.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan wisata Watu Giring? Watu Giring merupakan salah satu destinasi hidden gems Yogyakarta yang menyajikan panorama unik dan khas. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan deretan bebatuan kapur dengan bentuk yang sangat memanjakan mata. Dulunya, area ini melupakan kawasan galian tambang yang kini sudah tidak beroperasi.

Watu Giring juga menjadi salah satu wisata favorit bagi pecinta foto. Tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan untuk berfoto dengan latar deretan batu kapur. Saat sore hari, pemandangan akan tampak semakin indah karena adanya tambahan cahaya khas matahari terbenam. Saat berkunjung ke Yogyakarta, Watu Giring di pilihan wisata ekonomis yang tidak boleh kamu lewatkan. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis untuk menyusuri kawasan bekas tambang yang satu ini. 

Tiket masuk : Gratis 

Alamat : Sambirejo, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

https://www.youtube.com/@lostpacker

Nah, itulah daftar 8 rekomendasi hidden gems Yogyakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Dari daftar di atas, tempat manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply