9 Manisan India Ini Enaknya Bikin Nagih


Reni  January 3, 2018  0 Comment

India adalah negara yang tidak lepas dari camilan berupa manisan. Jenis camilan yang satu ini tergolong hidangan wajib yang biasa disajikan pada para tamu saat ada pesta perayaan pernikahan, hari raya keagamaan, maupun peringatan Deepavali. Berikut adalah jenis manisan India yang citarasanya tidak akan membuat Anda merasa bosan untuk mencicipi berkali-kali.

Ladoo

Ladoo

Ladoo adalah manisan asal India yang penampilannya tidak jauh dari onde-onde Indonesia. Hal yang membedakan keduanya terletak pada warna, rasa, dan cara penyajiannya. Ladoo biasanya disajikan dengan kuah gula kental. Jika tidak, ladoo bisa langsung disajikan kering dengan taburan kacang pistachio diatasnya. Ladoo sendiri memiliki tekstur adonan yang sangat kenyal dan lembut, sehingga saat dikunyah akan terasa lumer di mulut. Jika Anda datang ke India, manisan ini bisa dibeli dalam bentuk kotak besar yang sudah dilengkapi saus saji atau langsung dibeli di area pedagang street food.

review kuliner dan tempat wisata

Gulab Jamun

Gulab Jamun

Gulab jamun adalah jenis manisan lain yang biasa disajikan saat hari raya atau acara pernikahan. Masyarakat India umumnya membutuhkan waktu lama untuk membuat gulab jamun mengingat bahan yang digunakan untuk membuat 1kg gulab jamun cukup banyak, yaitu 10kg susu sapi segar, 10kg mentega rendah lemak, dan campuran beragam sirup gula sebagai kuah. Saat gulab jamun sudah jadi, gulab jamun juga tidak bisa langsung disajikan jika ingin citarasanya yang khas benar-benar terasa. Pembuatnya perlu merendam bulatan gulab jamun kedalam sirup gula atau sirup mawar semalaman. Hanya dengan cara itu, bola-bola gulab jamun akan terasa lumer dan lembut saat dikunyah. Mengingat rasa manisnya sangat kuat, jika Anda tidak ingin merasa tenggorokan sakit karena terlalu banyak gula, akan lebih baik jika Anda menyediakan hidangan pedas sebagai penyeimbangnya atau air mineral.

Baca juga :  22 Tempat Makan di Kokas Murah Enak Rekomended List

Kalakand

manisan India

Kalakand termasuk jenis manisan khas India yang sekilas bentuknya tidak berbeda dari kue tart atau chiffon. biasanya disajikan sebagai dessert makanan pesta. terbuat dari susu sapi murni yang diolah dengan rempah dan kacang almond. Saat dimakan, ada rasa manis, lembut. dan gurih yang akan terasa bersamaan. Jika Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh bagi kerabat di Indonesia saat berkunjung ke India, akan lebih baik jika Anda hanya membawa bahan baku utama dan mengolahnya sendiri di Indonesia. Hal ini karena teksturnya yang sangat lembut membuat kalakand kemungkinan tidak akan bertahan lama dalam perjalanan.

Rasmalai

Rasmalai

Rasmalai termasuk ragam manisan yang lebih enak saat disajikan hangat. Secara umum, rasmalai terbuat dari bahan yang sama dengan gulab jamun, yang membedakan keduanya adalah kuah sajian, dimana gulab jamun cenderung menggunakan kuah gula kental atau sirup mawar, sedangkan rasmalai disajikan dengan kuah susu murni. Citarasa rasmalai yang kaya rempah akan membuat tubuh terasa hangat saat cuaca diluar sedang dingin.

Jalebi

Jalebi

Saat Anda melihat jalebi, kemungkinan Anda akan salah mengira citarasanya dari warnanya. Jalebi termasuk salah satu jenis manisan yang terlihat berwarna oranye seperti permen dan umumnya disajikan dengan sirup gula. Secara umum, jika tidak mencicipinya terlebih dahulu, ada kemungkinan Anda akan mengira bahwa makanan yang satu ini memiliki rasa pedas. Jalebi termasuk manisan yang terlihat berbeda karena bentuknya dibuat melingkar tidak beraturan seperti tumpukan helai mie. Jalebi terbuat dari bahan plain yogurt dan ragi, yang cara pembuatannya direndam terlebih dahulu dalam larutan gula. Hasil jalebi yang sudah digoreng umumnya bertekstur mengkilap, kering, dan renyah. Namun demikian, jika Anda memiliki riwayat diabetes atau sakit tenggorokan saat mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi, akan lebih baik jika Anda tidak terlalu sering mengkonsumsi jalebi.

Baca juga :  20 Makanan Khas Riau Wajib Coba Soalnya Enak Banget

Balushi

Balushi

Selain gulab jamun dan ladoo, Anda bisa menjumpai manisan India dalam bentuk yang mirip dengan donat. Bahan utama pembuat manisan yang satu ini adalah kentang dan ragi. Setelah digoreng umumnya, balushi disajikan dengan taburan kacang almond, kacang pistachio, atau serutan kayu manis. Citarasanya yang gurih dan manis akan membuat Anda tidak berhenti mengunyah camilan yang satu ini setelah mencicipinya untuk pertama kali.

Peda

Peda manisan india

Peda terbuat dari susu sapi murni yang direbus kemudian diendapkan sarinya. Saripati air susu murni ini kemudian diletakkan dalam cetakan dan disimpan hingga mengeras atau memiliki tekstur bulat kenyal. Agar lebih nikmat, manisan susu yang satu ini disajikan dengan taburan kacang almond. Selain citarasanya yang gurih, peda juga kaya akan protein dan karbohidrat sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Motichoor ladoo

Motichoor ladoo

Motichoor ladoo adalah perkembangan dari ladoo biasa yang terbuat dari bahan Boondi. Boondi sendiri adalah campuran dari tepung kacang kuda dan kentang yang dikombinasikan dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, vanili, atau cengkeh. Adonan motichoor ladoo ini umumnya perlu didiamkan semalaman sebelum digoreng agar aroma wangi dan citarasanya tetap terasa kuat setelah digoreng. Saat

penyajian, manisan yang biasa digunakan sebagai hidangan penutup ini bisa ditambah serutan kayu manis atau almond cincang untuk menambah rasa gurih dan manis. Jika Anda ingin membeli produk motichoor ladoo sebagai oleh-oleh, tanyakan dulu pada masa kadaluarsa manisan, agar pada saat sampai di tanah air, citarasa manisan tetap terjaga dengan baik.

Paneer

Paneer manisan india

Hampir sama seperti peda, paneer termasuk bentuk lain manisan yang terbuat dari bahan susu segar yang diendapkan dengan pengemulsi. Paneer memiliki citarasa gurih, sedikit asin, dan manis. Saat dikonsumsi, paneer akan langsung terasa lumer di mulut dan jika dirasa perlu menambah rasa manis, paneer bisa disajikan dengan sirup gula. Pada dasarnya, paneer sendiri bisa diolah menjadi jenis makanan lainnya, seperti kalakand atau isian ladoo. Selain jenis makanan diatas, masih ada jenis manisan lain yang bisa Anda coba dari India, seperti bal mithai, kaji kali, pantua, dan dharwad peda. Namun demikian, jika Anda ingin mencoba beragam resep manisan asal India ini ditanah air, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Singkawang Dijamin Bikin Semua Senang

Metode masak manisan

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah metode masak manisan. Hal tersebut karena tidak semua manisan bisa langsung dimasak setelah dibuat adonannya. Ada beberapa jenis manisan yang perlu diendapkan atau direndam terlebih dahulu adonannya agar citarasa gurih, manis, dan wangi yang dihasilkan terasa saat pertama kali dicicipi.

Kualitas bahan yang digunakan

Ketika Anda ingin menghasilkan manisan dengan citarasa yang cukup otentik, ada baiknya Anda memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Jika ada beberapa bahan ladoo atau manisan yang tidak bisa didapat dengan mudah di Indonesia, Anda bisa mencoba membelinya dari lokasi yang menyediakan bahan baku dengan pembelian secara online.

Resep yang diikuti

Sekarang ini ada banyak resep manisan India yang bisa diikuti. Jika Anda ingin melakukan hal yang sama, akan lebih baik jika Anda meneliti terlebih dahulu resep yang tersedia sebelum benar-benar menerapkannya.



Leave a Reply