10 Minuman Berbahan Susu di India, Segar Menyehatkan


prita  May 21, 2022  0 Comment

India merupakan salah satu negara yang mengonsumsi susu paling banyak di dunia, tak heran jika kamu akan menemukan banyak sekali minuman berbahan susu di India. Jika kamu sering menonton film India, maka kamu akan melihat minuman berbahan dasar susu yang sering ditayangkan dan kebanyakan adalah lassi. Padahal, selain lassi ada banyak lagi minuman dengan susu sebagai bahan dasarnya di India. Nah, jika kamu pecinta susu dan ingin mencicipi minuman khas India, berikut ini adalah daftarnya.

1. Chaas

Chaas
rumkisgoldenspoon.com

Minuman berbahan susu di India yang pertama adalah Chaas. Chaas ini dibuat dengan cara mengaduk yogurt dan air dingin secara bersama-sama dalam panci menggunakan alat genggam yang disebut madhani atau whipper.

Chaas bisa dinikmati tanpa rasa, namun biasanya diberi tambahan sedikit garam dan bisa juga diberi beragam rempah. Rempah-rempah yang ditambahkan biasanya antara lain biji jinten yang digiling kasar dan dibakar, daun kari, jahe parut, cabai hijau, asafoetida dan biji sesawi. Chaas ini sering disebut mirip dengan lassi, namun chaas lebih encer.

GoTravelly

Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat Di India

Menikmati Kuliner India Halal Di Petaling Street

2. Masala Milk

Masala Milk
cookandsee.in

Masala Milk juga menjadi salah satu minuman berbahan susu di India yang populer. Minuman hangat dan sehat ini berasal dari India Selatan, tepatnya di Chennai.

Masala Milk atau yang juga dikenal sebagai Masala Paal ini dibuat dari susu dan terbilang cukup unik. Minuman ini dibuat dari susu yang direbus dengan campuran rempah, kacang-kacangan dan gula. Kombinasi tersebut menghasilkan minuman yang hangat dan menyegarkan. Pilihan bumbu dan kacangnya juga bisa berbeda, sesuai selera. Minuman ini digemari oleh hampir seluruh kalangan karena memiliki rasa yang enak dan aroma yang sedap.

3. Falooda

Falooda
thedeliciouscrescent.com

Falooda atau Faluda ini dikenal sebagai minuman manis dan wangi yang cukup populer di Delhi, Haryana dan daerah Punjab di India. Falooda juga menjadi salah satu minuman berbahan susu di India karena dibuat dari campuran banyak bahan, seperti susu, jelly kubus, es krim, sirup mawar dan es krim. Agar terasa lebih nikmat, biasanya minuman ini diberi tambahan biji selasih.

Falooda memiliki warna yang sangat cantik dengan tekstur yang banyak sehingga setiap gigitannya terasa di mulut. Minuman ini bisa disajikan sebagai menu penutup dan biasanya sangat populer selama musim panas di India. Falooda bisa kamu temukan dengan mudah di restoran maupun penjaja minuman kaki lima. Minuman ini juga terdiri dari banyak pilihan, namun yang paling dasar adalah rose falooda.

4. Lassi

Lassi
bonappetit.com

Minuman berbahan susu di India selanjutnya adalah lassi. Lassi merupakan minuman khas India yang paling populer dan sangat mudah ditemukan di seluruh India.

Lassi merupakan minuman tradisional berbahan dasar yogurt India dan biasanya diberi tambahan rasa menggunakan bumbu segar, seperti rempah-rempah, buah-buahan dan sari bunga. Biasanya lassi ini ditambahkan es dan dinikmati saat musim panas. Lassi juga memiliki banyak pilihan rasa, seperti metha lassi dan namkeen lassi.

5. Sweet Lassi

Sweet Lassi
whiskaffair.com

Sweet lassi merupakan salah satu jenis lassi yang juga menjadi salah satu minuman berbahan susu di India yang cukup populer. Sesuai dengan namanya, minuman ini memiliki cita arasa manis karena diberi tambahan gula.

Minuman ini dibuat dari yogurt dan diberibeberapa buah atau perasa seperti safron atau kapulaga. Secara tradisional, lassi ini disiapkan dalam pot tanah liat dan biasa diberi topping krim kental yang dikenal sebagai malai dan untuk varian manis ini biasanya dihiasi dengan potongan kacang.

6. Bhang Lassi

Bhang Lassi
tasteatlas.com

Minuman berbahan susu di India yang wajib untuk kamu cicipi berikutnya adalah Bhang Lassi. Bhang Lassi terbilang menjadi salah satu minuman yang mungkin terlarang disini karena lassi ini dicampur dengan ganja.

Minuman tradisional ini dibuat dengan menghancurkan tanaman ganja menjadi pasta atau bhang yang kemudian dikombinasikan dengan yogurt dan biasanya diberi rampah-rempah serta kacang-kacangan. Banyak masyarakat yang percaya bahwa bhang lassi ini memiliki khasiat obat dan sering dianggap sebagai obat tradisional.

7. Haldi Doodh

Haldi Doodh
archanaskitchen.com

Haldi Doodh adalah salah satu minuman berbahan susu di India yang tak kalah populer. Haldi doodh merupakan susu kunyit yang dikenal memiliki banyak manfaat, mulai dari membersihkan darah hingga meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh.

Haldi Doodh dibuat dari susu yang dicampur dengan kunyit dan telah digunakan untuk membantu banyak penyakit. Dalam budaya India, minuman adalah solusi para ibu untuk segalanya dan haldi doodh merupakan tradisi yang terbukti sangat menenangkan. Minuman ini juga sangat mudah untuk dibuat.

8. Badam Doodh

Badam Doodh
bonappetit.com

Minuman berbahan susu di India lainnya adalah Badam Doodh. Minuman ini dibuat menggunakan kacang almond yang berasal dari India.

Badam Doodh dibuat dari pasta almond, yang terdiri dari almond bubuk yang dipadukan dengan susu hangat, gula dan rempah-rempah. Tak hanya itu, kapulaga dan safron juga sering ditambahkan sebagai perasa. Badam biasa disajikan pada acara-acara khusus, seperti upacara keagamaan atau pernikahan. Minuman ini seringkali disajikan hangat maupun dingin dan dihiasi dengan potongan almond, kelopak mawar atau saffron.

9. Jigarthanda

Jigarthanda
recipesaresimple.com

Jigarthanda juga masuk dalam daftar minuman berbahan susu di India yang sayang sekali untuk dilewatkan. Minuman yang berasal dari Kota Madurai ini dibuat dengan menggabungkan beberapa bahan, seperti permen karet almond, yaitu permen karet alami yang memiliki manfaat luar biasa, sirup nannari yang dibuat dari akar sarsaparilla, susu evaporasi, susu biasa, gula dan es krim yang terbuat dari susu evaporasi.

Biasanya, minuman ini diberi tambahan agar-agar sebagai pengganti permen karet almond. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jigarthanda ini biasanya ditambahkan ke susu sampai tercampur rata dan minuman tersebut disajikan dengan topping es krim. Jigarthanda ini bisa dibuat di rumah atau kamu juga bisa membelinya di gerobak dorong atau warung pinggir jalan.

10. Thandai

Thandai
aromaticessence.co

Minuman berbahan susu di India yang terakhir adalah Thandai. Thandai ini menjadi minuman musim panas yang populer di India dan selalu disajikan selama festival Holi juga Mahashivratri.

Minuman tradisional India ini dibuat dengan menggunakan sejumlah kacang-kacangan dan rempah-rempah yang kemudian dicampurkan dengan susu yang konon memiliki efek mendinginkan tubuh. Untuk itulah minuman ini diberi nama Thandai, yang dalam bahasa Hindi berarti mendinginkan.

Thandai juga biasa ditambah merica, almond, biji adas, biji poppy bersama saffron, kapulaga dan air mawar. Minuman ini mnemiliki cita rasa yang nikmat dan menyegarkan.

Ternyata, minuman berbahan dasar susu khas India banyak sekali jenisnya. Tak heran jika India dikenal sebagai salah satu negara yang mengonsumsi susu paling banyak. Biasanya minuman-minuman tersebut ditambahkan dengan beragam rempah sehingga memiliki khasiat bagi tubuh.



Leave a Reply