10 Jajanan Khas India Mampu Membuatmu Ketagihan


prita  July 29, 2020  0 Comment

India merupakan salah satu negara yang kaya akan ragam kulinernya. Makanan Khas India juga telah banyak ditemukan di berbagai negara dan sangat terkenal dengan cita rasa gurih. Makanan khas India juga terkenal sangat mudah diterima oleh lidah banyak orang sehingga banyak orang yang ketagihan dengan ragam sajian dari negara Bollywood tersebut. Jika berbicara soal kuliner khas India, maka kamu juga tak boleh melewatkan jajanan khas India yang tak kalah nikmat. India memang memiliki beragam jajanan khas yang memiliki cita rasa beragam, ada yg gurih, manis hingga pedas. Nah, bila kamu berencana berlibur ke India Jajanan khas India yang mampu menggoyang lidah

1. Paratha

Paratha
reddit.com

Jajanan wajib coba di India yang pertama adalah Paratha. Paratha merupakan salah satu jajanan yang cukup populer di negara ini karena rasanya yang terkenal lezat. Paratha menjadi salah satu jenis Flat bread yang cukup banyak penggemarnya.

Paratha dibuat dari tepung terigu atau tepung gandum, air, telur, minyak dan garam. Kemudian dipanggang dalam tungku api tradisional India yang bernama Tandoor. Tandoor ini mampu menghasilkan tekstur garing pada Paratha dan juga memiliki aroma smokey yang nikmat. Namun, beberapa penjual Paratha juga mengolah flat bread ini dengan dipanggang diatas wajan datar yang diberi mentega agar lebih praktis.

Paratha disajikan dengan cocolan kuah kari sayuran atau daging. Namun, warga setempat juga kerap berkreasi dengan menambahkan topping manis seperti sirup atau madu. Paratha bisa kamu temukan dengan mudah di banyak kota di seluruh India.

Gotravelly

Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat Di India

JiwaJawi Jogja : Wisata Kuliner Yang Tersembunyi Di Yogyakarta

2. Kesar Kulfi

kesar kulfi
archanaskitchen.com

Untuk kamu yang pecinta es krim, tak ada salahnya untuk mencicipi es krim khas India yang bernama Kesar Kulfi ini. Kesar Kulfi menjadi salah satu jajanan wajib coba di India yang sangat nikmat.

Kesar Kulfi terbuat dari campuran susu, kacang pistachio, bubuk almond dan saffron yang dibentuk segitiga kemudian dibekukan dalam freezer. Kesar Kulfi biasa disantap sebagai kudapan di siang hari, sore hari atau saat cuaca sedang panas. Kesar Kulfi seolah menjadi pelega tenggorokan ketika cuaca di India sedang panas-panasnya.

3. Paani Puri

paani puri
archanaskitchen.com

Jajanan wajib coba di India selanjutnya adalah Paani Puri atau yang sering disebut Gol Gappa. Paani Puri merupakan jajanan berbentuk bulat dan terbuat dari tepung terigu.

Paani Puri memiliki lubang kecil di bagian tengahnya yang diisi dengan potongan kentang, sayuran dan bawang. Biasanya jajanan ini disajikan bersama dengan kuah kari atau saus cabai. Kudapan yang satu ini bisa kamu temukan di banyak tempat di India, khususnya di New Delhi.

4. Akki Rotti

Akki Rotti
palatesdesire.com

Sesuai dengan namanya, Akki Rotti merupakan jajanan berupa roti. Akki Roti juga menjadi salah satu jajanan wajib coba di India yang rasanya tidak mengecewakan. Akki Rotti merupakan jajanan yang berasal dari kawasan Karnataka dan juga merupakan jenis flat bread seperti Paratha.

Akki Rotti merupakan roti pedas yang terbuat dari tepung beras, jinten, kelapa, wijen, bawang Bombay dan wortel yang kemudian dipanggang diatas wajan yang panas. Jajanan ini bisa langsung kamu santap, namun biasanya warga sekitar menambahkan kuah kari atau sambal pedas dalam Akki Rotti ini. Sajian ini biasa dinikmati sebagai menu sarapan atau makan siang.

5. Gulab Jamun

gulab jamun
takeaway.com

India memang terkenal dengan ragam sajiannya yang pedas, namun jika kamu bukan pecinta pedas, kamu tetap bisa menemukan jajanan manis di negara ini yang bernama Gulab Jamun.

Gulab Jamun adalah sebuah kudapan manis khas India yang sering dijadikan hidangan pencuci mulut, namun sajian ini juga menjadi salah satu jajanan wajib coba di India. Gulab Jamun terbuat dari adonan susu yang dikeringkan kemudian dibentuk bulat dan diguyur dengan sirup gula untuk menambah rasa manis pada sajian ini.

6. Bedmi Poori

 Bedmi Poori
archanaskitchen.com

Jajanan wajib coba di India selanjutnya adalah Bedmi Poori. Jajanan yang satu ini seringkali disebut sebagai pempeknya India, pasalnya kedua jajanan tersebut memiliki tampilan yang hampir sama.

Bedmi Poori terbuat dari campuran tepung gandung, sagu yang kemudian ditambah dengan aneka rempah khas India sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan nikmat. Bedmi Poori biasa disajikan dengan kuah kari sayuran atau daging.

7. Aloo Tikki

aloo tikki
recipe52.com

Kalau kamu penyuka makanan pedas, kamu wajib untuk mencoba jajanan yang satu ini. Aloo Tikki merupakan salah satu jajanan wajib coba di India yang sangat populer. Kamu bisa menemukan jajanan ini dengan mudah di sepanjang jalanan kota New Delhi.

Aloo Tikki terbuat dari kentang rebus yang kemudian disajikan dengan campuran bumbu pedas dan saus cabai. Meskipun jajanan ini terlihat sederhana, namun sejumlah rempah-rempah khas India yang digunakan dalam pembuatan Aloo Tikki ini mampu menghasilkan cita rasa pedas gurih yang sangat pas di mulut.

8. Bhel Puri

bhel puri
vegecravings.com

Jajanan wajib coba di India berikut ini bernama Bhel Puri. Bhel Puri merupakan salah satu jajanan di India yang cukup populer karena rasanya yang lezat.

Bhel Puri terbuat dari beras sangrai, kentang, bawang Bombay, kacang dan tomat yang disajikan bersamaan dengan bumbu asam gurih khas India. Jajanan ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya gurih, maka tak heran jika masyarakat India mengonsumsinya sebagai camilan saat bersantai.

9. Jalebi

jalebi
healthyfanz.com

Tak hanya Gulab Jamun yang jadi kudapan manis khas India yang populer, Jalebi juga menjadi jajanan wajib coba di India yang memiliki cita rasa manis.

Sajian ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi air kemudian digoreng berbentuk melingkar. Jalebi sering kali disebut mirip dengan pretzel, namun bedanya setelah digoreng Jalebi direndam dalam sirup gula gingga mengkristal. Jalebi bisa kamu nikmati saat dingin ataupun hangat, tapi biasanya masyarakat India menikmati Jalebi sebagai menu pendamping minum the atau susu.

10. Kathi Roll

 Kathi Roll
manjulaskitchen.com

Jajanan wajib coba di India yang terakhir bernama Kathi Roll. Kathi Roll merupakan salah satu street food atau jajanan kaki lima yang cukup terkenal di India.

Kathi Roll memiliki tampilan yang mirip dengan kebab ala Timur Tengah, namun bedanya adalah roti yang digunakan. Jika Kebab ala Timur Tengah menggunakan tortilla, maka Kathi Roll menggunakan roti khas India yaitu Paratha atau flat bread. Kathi Roll memiliki rasa yang sederhana dan bisa diterima dengan mudah oleh siapapun yang menikmatinya.

Demikianlah 10 daftar jajanan wajib coba di India yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung kesana. Sebenarnya masih ada banyak lagi daftar jajanan khas India yang rasanya sangat nikmat, mengingat luasnya kawasan India yang mana memiliki jajanan khas di setiap daerahnya. Namun, 10 daftar diatas merupakan yang paling direkomendasikan untuk dicoba. Selamat mencoba.



Leave a Reply