10 Street Food di Mumbai, Rasa Rempahnya Enak Nggak Ketulungan


sisil angelin  November 5, 2020  0 Comment

Kamu lagi liburan ke Kota Mumbai maka tidak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner-kuliner khas India yang memiliki rasa unik, rempah, dan cara penyajiannya yang unik juga menjadi ciri khas dari kuliner yang ada di India. Nah kalian tau gak ternyata banyak sekali street food yang ada disepanjang jalan Mumbai, dan kali ini kita akan membahas apa saja sih kuliner yang wajib kamu coba saat berada di Mumbai. Dari pada penasaran simak artikel berikut, kita akan kasih tau kalian 10 street food wajib coba di Mumbai, terntunya bikin jelajah kuliner kamu di Kota Mumbai menyenangkan, dan berkesan!

1. Sev Puri

Sev Puri
pinterest.it

street food yang kita bahas pertama ini adalah Sev Puri yang menjadi kuliner kesukaan orang India, dan tak jarang wisatawan yang sudah pernah mencoba Sev Puri mengatakan Sev Puri sangat lezat! Sev Puri sendiri terdiri dari puri yang pipih yang di potong-potong, dan diberi topping kentang, bawang, daun ketumbar, sev, saus bawang putih, asam, cabai, mangga muda, terakhir akan ditaburan Sev. Sehingga menciptakan rasa asam, manis, gurih, pedas, dan menjadi satu dalam 1 porsi Sev Puri. Camilan yang satu ini memang sangat terkenal di Mumbai, dan wajib banget kamu cobain.

Gotravellly

Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat Di India

Sedapnya Laksa Nyonya Dan Laksa Penang, Kuliner Malaysia Wajib Coba

2. Pav Bhaji

pav bhaji
holycowvegan.net

Pav Bhaji ini makanan berat yang bisa kalian jadikan pilihan saat makan siang, dan 1 porsi Pav Bhaji sangat penuh. Pav Bhaji ini memiliki rasa yang pedas, dan terdapa Chutney Hijau yang menambah kelezatan Pav Bhaji. Pav Bhaji ini dimakan bersamaan dengan roti yang sudah dipanggang, dan akan dinikmati bersama Pav Bhaji yang hangat. Untuk menemukan Pav Bhaji ini kalian bisa menemuinya dipinggr jalan yang ada di Mumbai, dan beberapa pasar yang ada di Mumbai biasanya menjual hidangan Pav Bhaji. Rasa bumbu yang ada di 1 porsi Pav Bhaji memang sangat khas, jadi pastikan Pav Bhaji ini masuk kedalam daftar street food yang wajib kamu coba!

3. Chai

Chai
houseoftreats.org

Chai merupakan minuman khas India yang wajib banget kamu coba saat berada di India. Chai ini terdiri dari teh, susu, kapulaga, jahe, dan beberapa rempah. secangkir Chai akan disajikan hangat, dan Chai dipercaya bisa membuat pikiran rileks saat kita meminumnya. Makanya jangan heran jika banyak sekali penjual Chai di Mumbai, Nah dari pada penasaran langsung aja cobain Chai yang rasanya unik, lezat, dan rempah-rempah yang ada di 1 cangkir Chai ini menambah rasa lega saat meminumnya.

4. Pani Puri

Pani Puri
myvegetarianroots.com

Camilan yang satu ini memang sangat terkenal di India, dan selalu membuat wisatawan penasaran dengan rasanya. Jadi ada puris kecil yang diberi lubanng dan akan di isi kentang, buncis, rempah, bumbu, dan akan diisi dengan air. jadi rasa dari 1 buah Pani Puri ini manis, asin, gurih, dan cruncy. Pani Puri ini harus langusng dimakan ditempat agar adonan yang ada pada Pani Puri tetap cruncy. Pani Puri sangat disukai warga India, dan untuk menemukan Pani Puri cukup mudah ada dipingiir jalan yang ada di Mumbai.

5. Jelebi

Jelebi
geniustm.com

Camilan yang ada diurutan kelima ini memang terlihat menarik, dan Jelebi ini merupakan makanan manis yang biasanya dihidangkan bersamaan dengan Samosa loh. Jadi biasanya masyarakat India itu makan Samosa dengan Jelebi guys, hal ini adalah perpaduan rasa yang disukai orang India yaitu asin, dan manis menjadi satu. Jadi saat kalian menemukan Samosa, maka kalian juga akan menemukan Jelebi. Untuk menemukan Jelebi ini cukup mudah, ada banyak sekali kedai, cafe, dan pasar di Mumbai yang menjual Jelebi yang dicampur dengan Samosa khas India.

6. Gulab Jamun

Gulab Jamun
vegrecipesofindia.com

Siapa disini yang suka banget dengan hidangan manis? Gulab Jamun ini pas banget untuk kamu yang suka dengan camilan manis. Gulab Jamun ini menjadi camilan khas India yang membuat wisatawan selalu ketagihan untuk memakannya loh guys. Gulab Jamun sendiri biasanya selalu ada disaat acara-acara penting di India. Gulab Jamun ini termasuk kue tradisional yang ada sejak dahulu. Kamu ingin mencoba Gulab Jamun? kalian bisa datang ke toko permen, atau kedai yang ada di Mumbai. biasanya mereka menjual Gulab Jamun dengan rasa yang yummy banget!

7. Bombay Sandwich Mumbai

Bombay Sandwich Mumbai
greatbritishchefs.com

Kuliner yang ada diurutan ketujuh ini memang selalu menjadi buruan traveler saat berada di Mumbai karena Bombay Sandwich ini memiliki rasa yang lezat, dan cocoj untuk kamu yang vegetarian. Karena Bombay Sandwich ini di panggang lalu akan diberi beberapa topping yaitu tomat, bawang bombay, mint chutney, ketumbar, timun, keju parut, bubuk cabai, jinten, dan kentang. Bombay Sandwich ini memang sangat lezat, makanya tak heran jika banyak sekali penjual Bombay Sandwich di India, dan salah satunya adalah dikawasan Mumbai. Rasanya cruncy, dan bumbu dari Bombay Sandwich sangat lezat bikin nafsu makan meningkat.

8. Dosa

Dosa
nyonyacooking.com

Dosa ini sebenarnya berasal dari India bagian selatan, namun karena banyak wisatawan di Mumbai makanya hidangan Dosa ini sangat banyak dijual di Mumbai, dan beberapa kota yang ada di India. Dosa ini terdiri dari adonan beras, tepung kacang yang di fermentasikan, dan akan digoreng hingga memiliki bentuk sama sepert krep yang tipis. Setelah itu adonan tipis itu akan diberi isian kentang masala, dan saus chutney kelapa yang lezat ini akan menambah kesempurnaan hidangan Dosa. Jadi saat kalian berada di Mumbai jangan lewatkan untuk mencoba hidangan Dosa ya!

9. Bombay Duck Fry

Bombay Duck Fry
migrationology.com

Bombay Duck Fry ini juga menjadi street food yang wajib kamu coba saat berada di Mumbai. Karena Bombay Duck Fry ini terdiri dari bebek yang dilapisi semolina yang akan digoreng garng, dan memberikan tekstur cruncy pada kulitnya. Bombay Duck Fry ini akan dihidangkan dengan nasi hangat, chapati, dan bumbu kari khas India. Bombay Duck Fry ini pas banget untuk menu makan siang mu di Mumbai, karena porsinya besar, dan Bombay Duck Fry mudah ditemukan kedai-kedai yang ada di Mumbai.

10. Bhel puri

Bhel puri
travelindiadestinations.com

Kuliner yang terakhir ini juga wajib banget kamu cobain saat berada di Mumbai. Bhelpuri ini sangat mudah ditemukan di pinggir jalan Mumbai, karena Bhelpuri sangat disukai orang India, dan wisatawan. Bhelpuri ini terdiri dari beras, dan sev akan di campur dengan kentang, bawang, tomat, chutney, ketumbar. Sehingga 1 porsi Bhelpuri memiliki rasa yang cruncy, pefas, manis, asin, dan saus yang ada di Bhelpuri menambah kelezatan 1 porsi Bhelpuri.

Itulah 10 street food wajib coba di Mumbai, nah nunggu apalagi yuk masukin daftar 10 street food wajib coba di Mumbai. Semoga info ini bermanfaat untuk kamu yang lagi cari kuliner enak di Mumbai!



Leave a Reply