21 Makanan Khas Pakistan Kaya Rempah Dan Menggugah Selera


sisil angelin  November 13, 2018  0 Comment

Makanan khas Pakistan sangat menggoda selera. Berada di kawasan Asia Selatan, mungkin nama Pakistan memang tidak terlalu banyak dikenal oleh beberapa wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata yang memang mereka ingin kunjungi. Padahal negara yang wilayahnya berbatasan dengan Afghanistan dan Irak ini sebenarnya memiliki Mohenjo Daro yang menurut sejarahnya merupakan pusat peradaban dari Lembah Indus terbesar di dunia.

Walaupun tidak terlalu dikenal dengan destinasi wisatanya, namun Pakistan lebih dikenal dengan kulinernya. Walaupun makanan khas Pakistan ada yang beberapa mirip dengan India, ada harus tetap wajib mencicipi makanan khas ini jika kebetulan anda sedang ada di Pakistan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Pakistan yang tidak boleh anda lewatkan diantaranya adalah :

1. Roti Gulung

Roti Gulung

Dictio.id

Dan sesuai dengan namanya, ini adalah salah satu jenis makanan yang dibuat dengan proses roti yang di gunung dan biasanya akan menemukan dengan sangat mudah di Pakistan bahkan di India juga masih bisa anda temukan.

Nasi Biryani Medan Selera, Nggak Ada Tandingannya!

Menikmati Kuliner India Halal Di Petaling Street

2. Tikka Samosa

Tikka Samosa

newstodaypk.com

Ini adalah salah satu makanan olahan dari daging ayam yang dicincang kemudian dibungkus dengan menggunakan kulit pangsit. Orang pakistan biasanya memakan makanan ini untuk takjil saat bulan puasa tiba karena ini memang makanan ringan yang cukup mengenyangkan.

Baca juga :  10 Hotel Dengan Makanan Enak di Jakarta Dijamin Bikin Puas!

3. Tandoori Cutlet

Tandoori Cutlet

YouTube.com

Makanan khas Pakistan ini terbuat dengan bahan utama daging ayam cincang dan juga kentang. Ini adalah salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan sudah dipercaya lama oleh penduduk asli Pakistan.

4. Kebab Ghilafi

Kebab Ghilafi

seriouseats.com

Jika anda memenuhi Kebab Ghilafi maka akan melihat jika proses pembuatannya sangat mudah. Anda bisa menemukan makanan ini dengan sangat mudah di Pakistan. Kebab ini terbuat dengan bahan dasarnya adalah daging dan juga sayur. Ini adalah salah satu hidangan yang sering dijadikan makanan kudapan saat berbuka puasa di Pakistan.

5. Kebab Mi

Kebab Mi

cookpad.com

Selain kebab dengan bahan dasar utamanya adalah roti tortilla, terdapat juga menu inovatif lain dari Pakistan yaitu kebab dengan bahan dasarnya adalah mi.

6. Sofiyani Biryani

Sofiyani Biryani

foodjunctiondotcom.wordpress.com

Diproses dengan banyak tambahan rempah, ini adalah salah satu jenis masakan khas pakistan dengan tambahan nasi yang banyak sekali dipopulerkan oleh negara dari Asia Selatan selain Pakistan juga ada India.

7. Keema Karela

Keema Karela

recipemasters.in

Sesuai dengan namanya, ini adalah jenis makanan khas Pakistan yang terbuat dari karet yang merupakan buah melon yang memiliki rasa pahit dan hanya ada di Pakistan. Sebenarnya makanan ini hampir mirip dengan sayur pare.

8. Salad Buah

Salad Buah

100resepmasakan.com

Jika kebetulan anda ke Pakistan saat bulan Ramadhan maka anda bisa menemukan Salad buah yang bisa dijadikan menu iftar yang sangat istimewa. Terutama proses pembuatan dari salad buah khas dari Pakistan ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

9. Khajla

Khajla

Pinterest.com

Ini adalah jenis makanan yang terbuat dengan bahan utamanya adalah bihun dengan diproses dipanggang, khajla ada banyak sekali dijual di beberapa toko roti di Pakistan terutama adalah saat bulan Ramadhan.

Baca juga :  9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas India Enak dan Murah

10. Karachi Falooda

Karachi Falooda

YouTube.com

Ini juga masuk dalam salad buah, namun yang berbeda adalah karachi falooda lebih banyak terbuat dari susu, sirup dan juga tambahan basil. Anda bisa menikmati jajanan ini di Pakistan.

11. Biryani

Biryani

wall.alphacoders.com

Makanan khas Pakistan ini adalah hidang nasi dengan warna kuning dimana seringkali disajikan dengan menggunakan daging ayam dan daging sapi. Untuk berat kuning ini diolah dengan tambahan beberapa rempah – rempah sehingga memiliki warna kuning dan memiliki rasa yang sangat enak.

12. Tikka

Tikka

blog.sagmart.com

Tikka adalah makanan khas dari Pakistan yang proses olahannya memang terbuat dari daging ayam kemudian dioleskan dengan bumbu tertentu dan kemudian dipanggang sampai dengan matang secara sempurna. Selanjutnya anda bisa mengkonsumsi makanan ini dengan lahap.

13. Channa Chaat

Channa Chaat

manjulaskitchen.com

Channa Chaat adalah salah satu kudapan yang ada di Pakistan yang bahan utamanya terbuat dari kacang Arab. Ini adalah hidangan yang diolah dengan campuran kacang Arab, tomat, Sayuran dan juga bawang merah. Rasanya memang khas Pakistan yang sangat enak.

14. Aloo Keema

Aloo Keema

worldfood.guide

Ini adalah salah satu makanan khas Pakistan yang prose olahannya sangat sederhana dibandingkan dengan masakan lainnya. Terbuat dengan bahan utama kentang dan daging kambing yang sudah dicincang, Aloo Keema sering kali dimakan bersama dengan nasi.

15. Samosa

Samosa

YouTube.com

Ini adalah salah satu cemilan khas Pakistan yang memiliki bentuk segitiga dengan bahan utama cemilannya adalah berisikan dengan kentang serta cabai hijau. Namun ada juga beberapa menu yang sering kali ditambahkan di dalamnya misalnya adalah daging cincang.

16. Kheer

Kheer

SteemKR.com

Kalau orang Pakistan bilang Kheer adalah salah satu dessert yang sangat populer di negara ini. Ini adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari beras, susu dan juga gula. Biasanya beberapa juga ada yang nambahkan Almond, Pistachio dan mede sebagai toppingnya sehingga membuat rasanya jauh lebih enak lagi.

Baca juga :  10 Toko Kue di Bogor untuk Mencari Oleh-Oleh

17. Naan Qurma Keju

Naan Qurma Keju

Naan memiliki arti Roti. Bentuk rotinya memang jauh lebih tebal dibandingkan dengan chapati karena menggunakan tambahan ragi. Untuk proses memasaknya menggunakan kompor tradisional tandoor. Naan biasanya dinikmati dengan tambahan makanan apapun, anda bisa menikmati ini dengan tambahan Qurma Keju yang memiliki rasa yang sangat nikmat.

18. Bubur Zafran

Bubur Zafran

gaya.tempo.co

Bubur Zafran adalah salah satu makanan khas Pakistan yang memiliki keunikan bahannya menggunakan bunga khusus dan sangat langkah, tambahan kacang dan kari membuat rasa dari bubur ini makin gurih dan sangat wangi. Biasanya bunga ini akan dicampurkan dengan nasi dan dimakan dalam acara penting di Pakistan. Jadi jangan pernah melewatkan menu khas ini.

19. Chicken Tikka

Chicken Tikka

YouTube.com

Chicken Tikka adalah satu jenis makanan khas Pakistan yang diproses dengan dipanggang atau biasanya juga dibakar dengan menggunakan tusukan diatas kompor tandoor. Setelahnya anda bisa mendiamkannya selama 24 jam yang dicampur dengan bumbu dan yogurt. Untuk rasanya sangat enak dan tidak pernah mengecewakan.

20. Lamb Tikka

Lamb Tikka

ganesh78.fr

Selain beberapa jenis tikka yang sudah disebutkan sebelumnya, Lamb Tikka adalah jenis makanan khas Pakistan lain yang terbuat dengan bahan utamanya adalah kambing. Diolah dengan proses yang sangat khusus tanpa meninggalkan khas rasa kambing hanya menghilangkan baunya ditambah dengan bumbu yang sangat nikmat membuat Lamb tika menjadi salah satu makanan yang sama sekali tidak boleh anda lewatkan jika kebetulan ke Pakistan.

21. Roti Roll Kebab

Roti Roll Kebab

Kaleidothought.blog

Hal unik dari Roti Roll Kebab ini adalah karena dagingnya yang dibuat dan disajikan dengan cara dipotong dan ditusuk mirip dengan sate. Anda bisa menikmati makanan khas Pakistan ini dengan tambahan saus chutney yang terbuat dari ketumbar atau mint. Untuk rasanya benar – benar sangat enak. Anda tidak perlu untuk meragukannya lagi,
Jadi, apakah anda tertarik untuk makan makanan khas Pakistan. Jika kebetulan sedang ada di Pakistan atau anda sedang berada di kawasan Asia Selatan jangan pernah lupa untuk mencicipi menu – menu diatas yang akan membuat liburan anda makin menyenangkan.



Leave a Reply