Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat di India

masala dosa, kuliner india

sugengcool | Traveler
Agra, Uttar Pradesh, India | halal
21 Sep 2019


Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat di India
Temukan Dosa yang halal dan nikmat di India. Ssst, aku bakal kasih tau Masala Dosa paling enak di India, wajib kesini kalau ke India ya!

Pada hari ketiga, kami bertolak menuju Agra dengan menggunakan mobil. Perjalanan menuju Agra membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dimana setelah tiba di Agra udah malem guys, karena aku berangkatnya dari Delhi agak sorean, jadinya setelah tiba di Agra kami ngga sempet pergi ke tempat wisata. Nah, setibanya di Agra kami langsung check in hotel dan menikmati makan malam disana, karena udah terlalu capek jadi males keluar. 

Hotel yang kami booking adalah Aman Homestay yang berlokasi di P-18, MIG Colony, Shilpgram Road, Agra, India. Aman Homestay ini cukup besar dan nyaman guys, meskipun hanya ada 3 lantai plus satu lantai lagi di paling atas (rooftop) untuk tempat makan dan nongkrong.

Karena ada di India, rasanya belum afdol kalo ngga mencicipi hidangan khas India ya guys dan untungnya merekapun menyajikan hidangan khas India di homestay mereka. Jadinya kami pun pesen beberapa menu, random sih ngga semua menu khas India, ada chow mein, butter chicken dan menu wajib adalah Masala Dosa. Nah, lho ngapain juga makanin masalah dan dosa? Wkwkwk..

Kalian jangan salah sangka dulu ya guys karena Masala Dosa ini adalah sebuah kuliner khas India yang rasanya enak banget. Buat kalian yang suka banget nonton film India, pasti udah familiar dengan makanan ini, soalnya sering banget tuh munculdi film-film India. Kalo dilihat sekilas, Dosa terlihat seperti camilah yang famous banget di Indonesia, yaitu crepes. Cuma, biasanya Dosa ini dinikmati sebagai menu sarapan.

roti chapati

Sebenernya Dosa berasal dari India Selatan, tapi saat ini Dosa udah dinikmati oleh seluruh India. Crepes khas India ini dibuat dari proses fermentasi adonan beras dan rempah-rempah khas India. Agar Dosa ini terasa renyah, kuncinya ada pasa wajan pembuatan yang diberi sedikit percikan minyak ataupun mentega. Tapi, banyak masyarakat India tradisional yang ngga pake minyak saat proses pembuatannya sehingga bentuknya sedikit lemas dan ngga krispi.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat Dosa ini adalah adonan beras yang dialuskan atau tepung beras. Tapi bisa juga diganti dengan tepung terigu yang halus kemudian ditambah dengan bumbu dan rempah-rempah. Biasanya, Dosa diisi dengan tambahan sayuran, daging dan saus untuk membuat makanan cepat saji. Antara lain, kari ayam, kari daging, kari ikan, yogurt, buah-buahan dan acar India. 

Video by Mumbai Food Vlog

Selain itu, Dosa juga bisa dioles dengan gula ataupun selai buah yang manis dan cenderung disukai oleh anak-anak. Meskipun begitu, sebagian besar wilayah di India menggunakan nasi dan miju-miju (rempah hitam khas India) sebagai bahan dasar Dosa. Untuk itu guys, Dosa ini kaya akan karbohidrat dan ngga mengandung lemak, malah mengandung banyak protein. Cocok banget kan buat menu sarapan? Tapi saat aku nyobainnya di malam hari, rasanya juga masih tetep enak kok guys!

Masala Dosa ini selain dihidangkan di rumah, banyak juga bisa kalian temui di warung makan, jalanan hingga restoran-restoran besar di India. Pokoknya ngga susah deh kalo mau cari Masala Dosa di India ini.

Rasanya juga enak menurutku, masih cocok lah sama lidah orang Indonesia. Rekomended banget buat kalian cobain kalo nanti berencana traveling ke India. Dan menurutku Masala Dosa yang disajikan di Aman Homestay ini enak banget guys. Kalian kalo bingung harus cari dimana, bisa langsung order aja di restoran hotel tempat kalian menginap.

chow mien

Ohya, selain menu Masala Dosa, aku juga pesen beberapa menu lainnya seperti Butter Chicken dan Chow Mein. Emang sih, Chow Mien bukan menu khas India, tapi rasanya juga ngga kalah enak dan cukup mengenyangkan. Untuk Butter Chickennya, menurut aku cocok banget kalo dimakan sama Masala tadi. Mantap banget lah pokoknya!

   fried ricebutter chicken

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY