10 Wisata Kuliner Madiun Terbaru yang Patut Dicoba!


Jehan  September 8, 2023  0 Comment

Wisata Kuliner Madiun – Salah satu kota dari Jawa Timur ini, merupakan sebuah destinasi yang dikenal dengan berbagai macam kulinernya. Makanan yang menjadi ikonik dari kota Madiun salah satunya adalah pecel.

Dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya yang memiliki kuliner lokal pecel seperti Malang dan Blitar, pecel di Madiun memiliki bumbu dengan rasa khas yang cenderung legit. Selain itu, ciri khas lainnya yang ada pada menu tersebut adalah cara penyajian pecel yang memanfaatkan daun pisang yang dikenal dengan sebutan pincuk. Cara membungkus makanan dengan daun pisang tersebut, semakin membuat hidangan pecel Madiun memiliki aroma yang wangi dan khas.

Selain pecel, ternyata kota penghasil brem ini masih memiliki berbagai macam tempat kuliner yang unik dan khas loh. Bagi kamu yang suka dengan kulineran, kali ini GoTravelly akan membagikan rekomendasi wisata kuliner di Madiun untukmu.

Ada berbagai macam tempat dengan rasa kearifan lokal yang menjadi favorit para wisatawan sepertimu. Ingin mengenal lebih jauh kuliner yang ada di kota Madiun? yuk, cari tahu di bawah ini!   

Rekomendasi Wisata Kuliner di Madiun

1. Soto Kutilang Bu Topo

soto kutilang bu topo
google.com

Tempat kuliner legendaris yang telah ada sejak tahun 1949 ini patut menjadi tujuan dari wisata kulineranmu saat datang ke kota Madiun. Soto Kutilang Bu Topo menjadi salah satu hidden gem yang dapat kamu temukan di kota tersebut.

Lokasinya memasuki gang kecil yang tidak jauh dari alun-alun , jadi jika sobat GoTravelly membawa kendaraan maka akan sedikit merepotkan untuk memarkirkannya. Meski lokasinya masuk gang, Soto Kutilang banyak dicari oleh para pecinta kuliner loh. Rasa kuah soto yang kental dengan kaldu dagingnya menjadikan cita rasa kuliner yang lezat untuk semangkuk soto dari Bu Topo.

Lokasi Restoran

Jalan Kutilang gang Jalak No. 3 Nambagan Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63129, Indonesia.

Baca juga :  10 Camilan Khas Minang Yang Cocok Buat Oleh Oleh

Jam Operasional

Senin – Sabtu, pukul 10:00 – 14:00 & 18:00 – 21:00 WIB.

2. Sate Gule Kambing Muda Dungus

sate gule kambing muda dungus madiun
instagram.com

Wisata kuliner selanjutnya yang dapat kamu nikmati di Madiun adalah sate dan gule. Menu makanan yang satu ini akan memberimu sebuah rasa lezat dari daging kambing muda. Daging kambing muda diolah dengan sempurna, sehingga menghasilkan tekstur yang empuk dan tidak amis saat dimakan.

Tempat makan yang satu ini jauh dari keramaian kota Madiun, tapi jangan kaget jika kamu datang ke Sate Gule Kambing Muda Dungus akan melihat suasana rumah makan yang ramai dengan pengunjung.  

Lokasi Restoran

Dungus RT 16/ RW 02, Kelurahan Wungu, Kec. Wungu, Dungus, Kab. Madiun, Jawa Timur 63181, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 09:00 – 16:00 WIB.

3. Soto Purel Pak Gun

Wisata kuliner malam di kota Madiun yang satu ini memiliki nama yang unik, bukan? Diberi julukan sebagai  soto purel, katanya tempat makan yang buka di waktu tengah malam tersebut menjadi langganan para purel.

Jika sobat GoTravelly suka dengan soto daging sapi dan jeroan, cobalah untuk datang ke Soto Purel Pak Gun yang buka hingga waktu subuh. Lokasinya sangat mudah ditemukan, tepat di depan tugu Alun-alun kota Madiun. Harga untuk satu porsi soto hanya Rp15.000. Gimana, apakah kamu tertarik mencoba kulineran tengah malam?

Lokasi Restoran

Jalan Kolonel Marhadi No. 12, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63121, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 23:00 – 04:30 WIB.

4. Ayam Panggang Banjarejo

ayam panggang banjarejo kuliner madiun
instagram.com

Jika saat ke Madiun kamu datang beramai-ramai bersama keluarga atau kerabat, rumah makan dengan menu andalan ayam panggang di Banjarejo ini patut untuk kamu kunjungi. Salah satu tempat wisata kuliner di Madiun ini cukup terkenal dan seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang oleh para wisatawan.

Ada berbagai macam menu yang tersedia di Ayam Panggang Banjarejo, seperti olahan ikan gurame dan iga. Selain itu, terdapat menu pelengkap lainnya yang harus kamu coba dan pesan, seperti cah kankung atau tauge.  

Lokasi Restoran

Jalan Koperasi Gang III No. 60, Banjarejo, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 07:00 – 21:00 WIB.

5. Nasi Pecel Pojok Madiun

nasi pecel pojok legendaris kuliner madiun
google.com

Tempat makan berikut ini menawarkan salah satu menu andalan dari kota Madiun, yakni pecel. Sajian nasi dengan berbagai macam pilihan sayur yang disiram dengan bumbu kacang khas tersebut menjadi menu makanan yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Baca juga :  5 Sajian Khas Musim Semi di Jepang

Nasi Pecel Pojok Madiun menawarkan cita rasa sederhana dengan rasa legit yang lezat untukmu. Tempat makan legendaris yang menjadi pendahulu ini juga memiliki lauk pelengkap, seperti sate telor, jeroan sapi, jeroan ayam, dan berbagai macam gorengan lainnya.

Selain menjual nasi pecel, di tempat makan tersebut juga menawarkan menu lain yang bisa menjadi alternatif untukmu. Kamu bisa memesan nasi rawon atau nasi bali yang tidak kalah enak dan nikmat.

Lokasi Restoran

Jalan Cokroaminoto No. 121, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63132, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 05:00 – 23:00 WIB.

6. Dawet Suronatan

wisata kuliner madiun dawer suronatan
google.com

Salah satu minuman khas Nusantara ini menjadi menu kuliner yang patut kamu coba. Dawet Suronatan salah satu tempat yang bisa menjadi tujuan wisata kulineranmu saat ke Madiun. Minuman dengan kuah gurih santan yang dipadukan dengan gula merah ini akan memberimu rasa segar yang nagih.

Ada berbagai macam isian yang dikombinasikan dalam semangkuk kecil es dawet di sana. Tentu saja rasa yang manis dan dinginnya menu minuman satu ini, dapat memberi kesegaran setiap saat.

Lokasi Restoran

Jalan Merbabu No. 10, Pangongangan, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63121, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 08:00 – 15:00 WIB.

7. Gado-Gado & Tahu Campur Pak Tomo

gado gado tahu campur pak tomo
google.com

Rekomendasi wisata kuliner selanjutnya untukmu yang ada di Madiun adalah Gado-Gado & Tahu Campur Pak Tomo. Sesuai dengan namanya, tempat kuliner yang satu ini menawarkan menu andalan gado-gado serta tahu campur.

Rumah makan ini dikenal sebagai salah satu tempat makan legendaris yang sangat cocok untuk dikunjungi untuk menghabiskan waktu menikmati hidangan bersama keluarga atau kerabat.

Suasana tempat yang nyaman dengan menu yang enak dari rumah makan tersebut, tentu akan membuatmu semakin mendapatkan pengalaman berkulineran yang nikmat. Harga menu yang berlaku di rumah makan tersebut pun terjangkau, mulai dari Rp25.000 saja.

Lokasi Restoran

Jalan Biliton No. 20, Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63122, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 08:00 – 20:00 WIB.

8. Sarapan Ala Bule Madiun

kuliner pagi madiun sarapan ala bule
instagram.com

Apakah kamu pernah mendengar kabar kuliner yang sempat viral dari Madiun ini, sobat GoTravelly? Sesuai dengan namanya, tempat makan yang satu ini akan memberimu pilihan menu sarapan ala western.

Satu piring porsi berisikan telor omelet, roti, sosis, kentang, dan irisan daging yang menjadi menu lengkap mereka tersebut banyak diminati para pecinta kuliner. Sarapan Ala Bule bisa menjadi salah satu referensi untuk kamu yang ingin menikmati kulineran dengan menu unik.

Baca juga :  10 Makanan Ringan Halal di Bangkok Cocok dijadikan Oleh-oleh

Lokasinya berada di sebuah lapangan, jadi saat kamu datang ke sana kamu akan menikmati kulineran satu ini dengan cara lesehan atau duduk di beberapa bangku yang tersedia di sana. Suasana pagi hari dari kota Madiun tentu akan membuat waktu sarapanmu terasa seru.

Lokasi Restoran

Lapangan, Jalan Gulun, Kartoarjo, Kejuron, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63132, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 07:00 – 12:00 WIB. Jika kamu tertarik menikmati menu dari Sarapan Ala Bule, silahkan untuk mengecek jadwal pasti mereka terlebih dahulu di sini.

9. Bluder Cokro

rekomendasi oleh oleh madiun bluder cokro
instagram.com

Rekomendasi untuk wisata kuliner sekaligus tempat oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Madiun berikutnya adalah Bluder Cokro. Di sana kamu bisa menemukan berbagai macam jenis kue dengan rasa dan tekstur yang enak.

Jika sobat GoTravelly datang ke toko kue legendaris yang telah berdiri sejak 1989 ini, cobalah membeli bluder mereka yang menjadi favorit banyak orang. Bluder Cokro memiliki tekstur fluffy yang sangat lembut.

Aroma wangi dari setiap menu kue dan roti Bluder Cokro juga wangi, hingga mengisi sudut ruang toko mereka. Bluder Cokro menjadi salah satu karifan rasa lokal dari Madiun yang tidak pernah sepi dari para pelanggan.

Lokasi Restoran

Jalan Hayam Wuruk No. 51 – 53, Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63127, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 07:00 – 21:00 WIB.

10. Soto Mojorayung Bu Marem

soto mojorayung madiun
instagram.com

Tempat favorit yang bisa menjadi lokasi wisata kuliner selanjutnya ini adalah sebuah rumah makan sederhana dengan menu sajian soto daging. Soto Mojorayung Bu Marem menawarkan semangkuk soto dengan kuah kental yang umami.

Ada hal menarik saat kamu datang ke tempat kuliner yang satu ini. Para pelanggan soto Mojorayung dapat mengambil lauk pelengkap secara pribadi dengan porsi sesuai yang kamu inginkan.

Soto Mojorayung Bu Marem menjadi tempat kuliner hidden gem di Madiun. Lokasinya masuk ke dalam kawasan perkampungan atau pemukiman warga. Banyak para pecinta kuliner saat pertama kali datang ke tempat makan satu ini tidak akan menyangka jika di dalam area perkampungan terdapat banyak kendaraan yang dibawa oleh para pelanggan soto di sana. Gimana nih, apakah kamu juga tertarik untuk ke Soto Mojorayung Bu Marem?

Lokasi Restoran

Jalan Raya Mojorayung, RT. 23/ RW. 06. Gedangan, Mojorayung, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Jawa Timur 63181, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:00 – 16:00 WIB.

source: https://www.youtube.com/@RaraTV-Channel

Sobat GoTravelly, itulah beberapa rekomendasi wista kuliner yang dapat kamu temukan di Madiun. Kuliner manakah yang menarik dan ingin kamu datangi? yuk, jangan lupa bagikan pengalalamanmu berkuliner atau berwisata bersama GoTravelly.



Leave a Reply