11 Makanan Khas Medan Enak Rekomended Oleh-oleh Buat Keluarga


Reni  March 26, 2018  0 Comment

Buat kamu yang akan pergi ke Medan di bawah ini ada 11 makanan khas Medan yang sangat direkomendasikan untuk dibawa pulang karena rasanya yang enak banget, dan sayang sekali kalau keluargamu di rumah tidak ikut merasakannya.

1. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha

bukalapak.com

Kenapa namanya Bika Ambon padahal kue ini berasal dari Medan? Asal nama Bika Ambon ternyata berasal dari nama jalan tempat kue ini pertama kali muncul yaitu di Jalan Ambon-Sei Kera di kota Medan. Kamu mungkin pernah menjumpai Bika Ambon di kota kamu sendiri tapi rasanya tidak akan sama dengan Bika Ambon asli dari Medan.

Bika Ambon yang paling populer di Medan yaitu Bika Ambon Zulaikha menggunakan air nira asli Sumatera Utara serta rempah-rempah yang hanya ada di Sumatera. Jangan khawatir bagi kaum muslim, air nira yang digunakan tidak mengandung alkohol dan Bika Ambon Zulaikha sudah bersertifikat halal dari MUI.

Bentuk kue Bika Ambon Zulaikha sangat khas dengan bentuknya yang persegi panjang dengan warna keemasan di bagian atas dan warna kuning cerah di bagian tengah. Kalau kue ini digigit kamu akan melihat bagian dalam kue ini berlubang-lubang dengan susunan lubangnya rapi berjajar. Rasa legitnya juga khas dan terasa ada sedikit lemak dalam kue.

Kamu bisa mendapatkan Bika Ambon Zulaikha dengan berbagai varian rasa yaitu rasa original, keju, pandan, pandan keju, mocha, dan rasa durian di Jalan Mojopahit no. 62, Medan.

Review kuliner

Sedapnya Laksa Nyonya Dan Laksa Penang, Kuliner Malaysia Wajib Coba

Makan Prawn Mee Yummy Di Food Court Medan Selera Sky Avenue Genting Highlands!

2. Bolu Meranti

Bolu Meranti

bukalapak.com

Siapa sih yang tidak suka dengan kue bolu, apalagi kue bolu gulung yang diberi tambahan isi berbagai macam rasa. Bolu gulung Meranti adalah bolu gulung paling terkenal di kota Medan. Bolu gulung Meranti terdiri dari berbagai macam isi dan toping. Untuk isi, varian rasa yang tersedia adalah keju, cokelat, blueberry, mocha, nanas, stroberi, dan abon.

Bolu gulung Meranti bisa diberi tambahan toping jika pembeli menginginkannya. Pilihan topingnya adalah coklat meses, kacang, dan keju. Kamu bisa membeli bolu Meranti langsung di tempat pembuatannya di Jalan Kruing no. 2K atau di toko cabangnya di Jalan Sisingamangaraja no. 19B, Medan.

Tapi ingat harga bolu Meranti ditentukan oleh isian dan toping yang kamu pilih. Bolu gulung Meranti tidak menggunakan bahan pengawet jadi kue ini hanya tahan 3 hari saja, dan bisa lama lagi kurang lebih 7 hari jika dimasukkan ke kulkas. Jadi kamu perlu mempertimbangkan jarak waktu beli sampai kamu tiba di rumah.

3. Teri Bajak Medan

Teri Bajak Medan

n7n4.wordpress.com

Kalau keluarga kamu suka dengan ikan teri, jangan lupa bawa Teri Bajak Medan sebagai oleh-oleh. Teri Bajak adalah teri Medan yang sudah digoreng kering lalu dicampur dengan sambal merah yang rasanya pedas manis atau sambal rawit dan diberi tambahan kacang tanah goreng. Teri yang digunakan adalah ikan teri nasi Medan yang berwarna putih. Teri Bajak bisa dimakan begitu saja, tapi lebih enak lagi jika dimakan bersama dengan nasi putih hangat.

Teri Bajak Medan sudah dikemas praktis dalam kantung plastik zip lock jadi kalaupun plastiknya sudah dibuka kamu tidak perlu khawatir terinya jadi melempem. Teri Bajak Medan ini bisa kamu dapatkan di berbagai toko oleh-oleh termasuk di Jalan T. Amir Hamzah no. 17, Jalan Balaikota no. 2, dan di Jalan SM Raja Medan.

4. Durian Kupas Ucok

Durian Kupas Ucok

bukalapak.com

Kalau berkunjung ke Medan jangan lupa menyempatkan diri menikmati buah durian Medan di Ucok Durian. Di Ucok Durian kamu bisa menikmati buah durian sesuka kamu karena stok buahnya sangat banyak di sini. Buah durian di sini dijamin rasanya manis-manis dan dagingnya tebal. Untuk yang di rumah, kamu bisa membeli durian yang sudah dikupas.

Durian kupas ini dimasukkan ke wadah plastik lalu dibungkus dan diselotip sedemikian rupa jadi aroma duriannya tidak akan keluar kemana-mana dan tidak akan mengganggu penumpang lain yang satu transportasi dengan kita. Durian kupas ini dijual dengan berbagai pilihan harga tergantung besarnya wadah yang digunakan. Kamu bisa mendapatkan durian kupas ini di Ucok Durian beralamatkan di Jalan KH. Wahid Hasyim no. 30-32.

5. Pancake Durian

Pancake Durian

bukalapak.com

Mungkin di keluargamu ada yang tidak suka dengan aroma buah durian yang menyengat tapi suka dengan rasanya? Nah, untuk mereka kamu bisa membawa pulang oleh-oleh pancake durian. Pancake durian ini berupa daging durian yang sudah dilumat halus dan diberi tambahan via atau krim lalu dibalut dengan kulit pancake yang tipis.

Pancake durian ini tidak beraroma menyengat tapi tetap terasa buah duriannya. Anak-anak pasti menyukai rasa pancake durian ini. Pancake durian yang paling top di kota Medan adalah produksi Durian House di Jalan Sekip no. 67.

6. Sirup Markisa

Sirup Markisa

beritadaerah.co.id

Selain durian buah yang terkenal dari Sumatera Utara adalah markisa. Buah markisa merupakan produk unggulan di Dataran Tinggi Karo, Berastagi karena hanya di sanalah buah markisa bisa tumbuh dengan subur. Buah markisa kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tidak susah untuk mendapatkan sirup markisa.

Kamu bisa mendapatkannya di semua toko oleh-oleh di kota Medan. Sirup markisa yang paling terkenal adalah sirup markisa Pohon Pinang, sirup markisa Sarang Tawon, dan sirup markisa Ny. Lim. Sirup markisa enak sekali jika disajikan dalam keadaan dingin.

7. Kacang Garing Sihobuk

Kacang Garing Sihobuk

kaskus.co.id

Makanan khas Medan selanjutnya Kacang garing Sihobuk merupakan kacang kulit yang disangrai sampai garing dengan menggunakan pasir. Nama kacang garing Sihobuk berasal dari nama Desa Sihobuk yang berada di Tarutung, Tapanuli Utara. Itu sebabnya penduduk lokal sering juga menyebutnya sebagai kacang Tarutung.

Kacang Sihobuk gampang didapatkan bahkan bisa didapatkan di penjual kaki lima terutama di jalan lintas Sumatera di daerah Silangkitang. Plastik kacang Sihobuk berwarna dominan merah putih jadi kamu tidak bakal salah membeli.

8. Manisan Jambu

Manisan Jambu

manisanjambumedan.blogspot.co.id

Jambu biji merupakan buah umum di Indonesia. Tapi jambu biji yang diolah menjadi manisan cuma bisa kamu dapatkan di kota Medan. Manisan jambu yang paling terkenal adalah manisan jambu Aguan. Buah jambunya meskipun diolah menjadi manisa masih tetap terasa renyah.

Manisan jambu ini sudah enak dimakan begitu saja tapi lebih enak lagi jika dicocol dengan sambal rujak. Manisan pada dasarnya adalah proses pengawetan buah jadi manisan jambu Aguan ini bisa bertahan lama antara 3-7 hari dari proses pengemasan. Kamu bisa mendapatkan manisan jambu Aguan ini di Toko Aguan Jalan Kruing no. 3D. Lokasi toko dekat dengan tempat pembuatan bolu gulung Meranti.

9. Roti Ganda

Roti Ganda

bukalapak.com

Makanan khas Medan ada Roti Ganda sebetulnya bukan berasal dari kota Medan melainkan dari Pematang Siantar tapi tidak ada salahnya jika kamu membawa Roti Ganda ini sebagai oleh-oleh dari perjalananmu ke Medan. Roti Ganda ini hanyalah roti tawar yang diberi selai srikaya atau cokelat meses. Tapi rasa selai srikaya khas Siantar serta kesegaran rotinya yang baru dibuat setelah ada pesanan membuat Roti Ganda dari Pematang Siantar ini juara dari roti lain.

Tapi perlu diingat Roti Ganda Pematang Siantar ini cuma bisa bertahan 2 hari saja jadi kamu harus segera pulang ke rumah jika ingin keluargamu ikut merasakan kelezatan roti selai srikaya ini. Roti Ganda bisa kamu dapatkan di Jalan Sutomo no. 89, Pematang Siantar.

10. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

pegipegi.com

Buat keluargamu yang pecinta kopi di rumah jangan lupa dibawakan Kopi Sidikalang, kopi khas Sumatera Utara. Kopi Sidikalang merupakan jenis kopi robusta yang dihasilkan di kawasan Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara.

Yang membuat Kopi Sidikalang istimewa adalah kadar kafeinnya yang bisa mencapai 80% tapi dengan kadar asam yang lebih seimbang di tubuh. Saat diseduh, warnanya hitam mengkilat menggugah selera. Kopi Sidikalang dalam bentuk kemasan bisa dijumpai di semua warung kopi, toko, swalayan, dan pasar tradisional di kota Medan.

11. Lapis Legit

makanan khas medan

raisa2l.com

Kue lapis legit paling terkenal dari kota Medan adalah kue lapis legit Affinois. Yang khas dari kue lapis legit Affinois adalah rasa roombutter dan kejunya. Jadi kue lapis legitnya terasa manis sekaligus asin berbeda dari lapis legit merek lain.

Kue lapis legit Affinois juga terdiri dari banyak varian rasa seperti lapis legit signature Affinois, lapis legit rasa keju, chocochip, kismis, cappuccino, dan yang spesial adalah lapis legit prune premium. Kue lapis legit Affinois yang merupakan makanan khas Medan bisa didapatkan di Jalan Mojopahit no. 12E.



Leave a Reply