10 Oleh-oleh Makanan Khas Medan Yang Terkenal Dengan Kelezatannya


sisil angelin  September 22, 2021  0 Comment

Oleh-oleh makanan khas Medan memang terkenal rasanya yang mantap. Kota medan sendiri tereknal dengan destinasi wisatawannya yang menawan, dan surganya bagi pencinta kuliner. Hal inilah membuat Kota Medan menjadi tujuan wisatawan lokal, dan bahkan mancanegara. Namun kalian sebelum ke Kota Medan pastikan kalian tau dulu beberapa kuliner khas Medan, dan beberapa oleh-oleh yang wajib dibeli saat berada di Medan. Dari pada penasaran apa saja kuliner enak di Medan, dan wajib kalian cicipi langsung aja yuk simak artikel GoTravelly kali ini. Dijamin kulineran kalian kali ini berkesan, dan menyangkan!

1. Pancake Durian Medan

Pancake Durian Medan
merdeka.com

Camilan yang ada diurutan pertama ini memang sangat terkenal di Kota Medan, dan menjadi salah satu kuliner yang hits banget di Indonesia. Karena rasanya yang lembut, dan buah duriannya yang ada didalam pancake ini memang menjadi sangat sempurna saat masyk kedalam mulut. Jadi Pancake ini menjadi oleh-oleh yang wajib banget kalian beli saat berada di Medan, dan untuk kalian yang ingin membeli Pancake Durian yang enak bisa mampir ke Durian House yang ada di Jln. Sekip No.67 H, Medan Petisan.

Gotravelly

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

Makan Prawn Mee Yummy Di Food Court Medan Selera Sky Avenue Genting Highlands!

2. Sirup Markisa

Sirup Markisa oleh oleh makanan khas medan
pesonanusantara.com

Mungkin minuman yang satu ini memang sudah tidak asing di Indonesia, karena banyak sekali sirup markisa tersebar dibeberapa kota yang ada di Indonesia, dan benar saja sirup markisa memang memiliki rasa yang segar! makanya tak heran jika sirup ini memiliki banyak sekali penggemar, tapi kalian tahu nggak sih jika sirup markisa ini berasal dari mana? nah jadi sirup markisa ini berasal dari Medan, dan menjadi salah satu minuman kebanggaan dari kota Medan. jadi biasanya saat perayaan besar di kota Medan mereka akan menyajikan sirup markisa dan diminum bersamaan. jadi biasanya sirup markisa dijual di pasaran dengan harga yang miring sekali yaitu sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saja guys! gimana sirup yang satu ini bisa banget kan untuk kalian beli jadi oleh-oleh orang tersayang?

3. Lemang khas Medan

Lemang khas Medan
IDNtimes.com

Lemang ini adalah salah satu Oleh-oleh Makanan khas Medan yang terdiri dari beras ketan, dan beras ketan tersebur akan dibungkus dengan daun. Setelah rapi lemang kan dimasak didalam bambu muda sampai matang, dan aroma lemang ini sangat harum. Biasanya orang Medan memakan Lemang ini dengan telur asin, dan ada yang dicocol dengan sambal atau dimakan langsung juga bisa. Untuk tekstur Lemang ini lembut, pulen, dan aroma harum dari lemang ini bikin nagih. Untuk kalian yang penasaran sama rasa lemang bisa membelinya di pasar, dan tempat penjual jajanan basah. Lemang biasanya dijual dengan harga 25 ribu saja.

4. Bika Ambon

Bika Ambon Khas Medan
tastemade.com

Jajanan yang satu ini memang sangat terkenal di Medan, dan menjadi salah satu jajanan tradisional khas indonesia yang memiliki banyak sekali penggemar. Namun kalian tau gak sih? meskipun namanya Bika Ambon jajanan ini ternyata bukan jajanan khas Ambon, dna Bika Ambon ini sebenarnya berasal dari Kota Medan. Untuk pembuatan Bika Ambon terdiri dari telur, air nira, gula, tepung tapioka, dan akan dipanggang sehingga membuat bika ini memiliki tekstur yang berserat. Jadi untuk kalian yang ingin cobain Bika Ambon bisa mampir ke Bika Ambon Zulaikha yang berlokasi di Jln. Mojopahit no.62, dan 96 DEF. Tempat ini juga menawarka beraneka varian rasa dari rasa pandan, keju, dan original.

5. Bolu Meranti Medan

Bolu Meranti Medan
tokopedia.com

Bolu memang menjadi salah satu kue yang lembut, dan legit yang membuat siapa saja ketagihan dengan teksturnya yang sempurna. Nah jika kalian berlibur ke Medan wajib banget nih beli Bolu Meranti Medan yang ada di Jln. Kuring 2K, dan cabang di Jln. Sisingamangaraja no. 19B. Untuk varian rasa dari rasa bluberry, strawberry, kacang, nanas, dan keju. Memang Bolu Meranti Medan ini sudah terkenal dengan kualitas bolunya yang legit, dan berbeda dari penjual bolu lainnya yang ada di Kota Medan. Jadi untuk kalian yang lagi cari oleh-oleh khas Medan bisa banget nih beli Bolu Meranti Medan untuk dibawahh pulang.

6. Durian Ucok

Durian Ucok Medan
trubus.id

Gak lengkap rasanya kalo belum cobain Durian Ucok kalo berlibur ke Kota Medan, dan Durian Medan ini menjadi kuliner khas Medan yang wajib banget kalian cicipi. Memang durian ucok ini terkenal dengan rasanya yang manis, teksturnya lembut, dan sangat wangi. Untuk kalian yang penasaran langsung aja yuk mampir ke Jln. Wahid Hasyim, dan saat berada disini kalian akan dibuat melongo dengan tumpukan durian yang melimpah. Jadi kalian bisa menyantapnya langsung saat berada disini, dan untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh biasanya akan di packing rapi agar aroma durian yang menyengat ini tidak tercium. Jadi tunggu apalagi yuk buruan cobain Durian Ucok.

7. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang Khas medan
ds393qgzrxwzn.cloudfront.net

Untuk pencinta kop biasanya disetiap traveling, dan mampir ke kota ataupun desa akan membeli kopi. Nah untuk kamu pencinta kopi saat berkunjung ke Kota Medan pastikan kamu juga membeli Kopi Sidikalang yang merupakan kopi khas Medan yang berada di Pegunungan yang berada dikawasan Sidikalang, dan pegunungan ini memiliki ketinggian sekitar 1472 ditanami oleh tumbuhan Kopi Sidikalang yang berkualitas. Kopi Sidikalang ini menjadi salah satu minuman kesukaan masyarakat Medan, dan memang aromanya lebih menyengat dari kopi pada umumnya serta memiliki kandungan kafein yang cukup besar. Kopi Sidikalang ini bahkan mampu bersaing dengan biji kopi yag ada di Negara Brazil.

8. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk Medan
detikfood.com

Kamu suka nyamil? Kacang Sihobuk ini rekommended banget untuk kamu coba saat berada di Kota Medan, dan Kacang Sihobuk berasal dari Desa bernama Sihobuk makanya diberi nama Kacang Sihobuk. Untuk tekstur Kacang Sihobuk ini memang gurih, dan rasanya manis sehingga membuat siapa aja ketagihan untuk memakannya. Kacang Sihobuk ini sering disebut sebagai kacang berkualitas, dan selalu dicari wisatawan saat berlibur ke Kota Medan. jadi tunggu apalagi yuk cobain Kacang Sihobuk, dan belilah oleh-oleh untuk orang tersayang.

9. Medan Napoleon

Medan Napoleon
agenkuliner.com

Medan Napoleon ini memang terbilang unik, dan menjadi salah satu camilan khas Kota Medan yang wajib banget kalian beli saat berada di Kota Medan. Medan Napoleon ini ialah pastry yang terdiri dari 3 layer, dan dioles dengan selai serta ditambah isian keju, dan semua pastry itu akan digulung dengan bolu yang akan dilumuri dengan topping yang menawarkan beraneka rasa. Jadi tunggu apalagi yuk mampir ke Medan Napoleon yang ada di Jln. K.H. Wahid Hasyim no. 46/35, Babura.

10. Pia Tamiang

Oleh oleh Makanan khas Medan
shopee.com

Oleh-oleh Makanan khas Medan yang akan kita bahas terakhir ini wajib banget kalian beli, dan cicipi. Jadi Pia Tamiang ini memiliki tekstur yang gurih, dan adonan pia ini akan diberi isian lalu di oven seingga memberikan aroma yang unik. Untuk membeli Pia Tamiang yang enak di Kota Medan kalian bisa mampir ke Pia Tamian yang sudah ada sejak tahun 40 tahun lamanya, dan Pia Tamian yang ada disini memiliki rasa yang khas dengan resep turun temurun dari Tionghoa. Jadi tunggu apalagi yuk mampir ke Jln. Tamiang no. 16.

itulah beberapa oleh-oleh yang wajib banget kalian beli saat berada di Kota Medan. Selamat mencoba!



Leave a Reply