Lezat dan Sehat, Berikut 10 Makanan Khas Yordania Pemanja Lidah


sisil angelin  November 1, 2018  0 Comment

Makanan Khas Yordania – Tren lokasi liburan masa kini tak hanya berkutat di seputaran Asia saja lho, tapi sudah sampai ke daratan Eropa khususnya Eropa Timur dan Tengah. Banyak orang yang memilih liburan seperti di Dubai, Norwegia, Islandia dan juga Yordania. Nah, tak hanya menikmati wisata, beragam kuliner khas daerah tersebut juga kerap dijadikan buruan. Bagi Kamu yang sedang ingin liburan ke Yordania, kali ini ini kita akan sedikit mengulas beragam makanan khas Yordania yang dijamin bakal membuatmu merindukan negara ini.Dibawah ini Kami berikan beberapa rekomendasi makanan terenak dan makanan Khas Yordania, yang siap menggoyang lidahmu.

 

1. Mansaf

Mansaf

YouTube.com

Mansaf merupakan makanan khas Yordania yang dibuat dari daging dan disajikan bersama nasi berempah dan roti. Biasanya mansaf disajikan pada piring atau nampan yang berukuran besar. Hal ini tak lepas dari tujuan sajian mansaf yang memang disajikan untuk makan banyak orang.
Selain itu, saus yogurt dan kacang panggang juga turut membuat rasa masakan ini lebih nikmat. Bagi Kamu yang liburan ke Yordania, mansaf bisa Kamu temukan di berbagai penjuru negara ini, namun yang terkenal bisa ditemui di Al-Quds Restaurant, complex No. 8, King Al Hussein St. 8.

Paket wisata murah

Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Cafe Unik Nan Romantis Di Kaki Gunung Ungaran

Shawarma Al-Siddiq Express, Mampir Karena Penjualnya Ganteng. Kalau Rasanya??

2. Qatayef

Qatayef

Phinemo.com

Makanan khas Yordania ini memiliki rasa yang cenderung manis. Jika dilihat dari bentuknya yang menyerupai bulan sabit, maka Kamu akan teringat dengan pastel khas Indonesia. Qatayef sendiri dibilang sejenis pancake yang dibuat dengan campuran kayu manis. Dibeberapa negara seperti Palestina, Mesir, Israel, Suriah, Turki dan Yordania, makanan ini diisi dengan gula, krim, apel, pudding serta kenari. Nah, agar semakin manis dan legit, biasanya qatayef disajikan dengan topping madu.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung Terkenal Paling Enak di Toko Melati

3. Falafel

Falafel

blog.misteraladin.com

Selain dua kuliner diatas, ada lagi makanan enak yang bisa Kamu temukan di Yordania yakni falafel. Falafel merupakan jajanan favorit berbentuk bola-bola yang dibuat dari campuran buncis dan bumbu. Nah, camilan satu ini bisa dimasukkan dalam menu sarapan atau sekedar camilan penghalau lapar di tengah malam.
Falafel biasanya juga dijadikan sebagai bahan isian sandwich yang disajikan bebarengan dengan bawang Bombay, tomat dan daun mint.
Salah satu lokasi terbaik untuk menikmati makanan khas Yordania ini bisa ditemukan di King Faisal St., Amman tepatnya di Hashem Restaurant.

4. Teh dan kopi Bedouin

Bedouin

blog.misteraladin.com

Suku Bedoin atau yang disebut sebagai pengembara padang pasir ini merupakan suku yang terkenal dengan keramahannya serta cara hidupnya yang nomaden. Biasanya suku ini tinggal di lahan berkelok dan terjal. Meski begitu mereka sangat ramah terhadap pendatang.
Teh dan kopi Bedouin sendiri merupakan sajian khas dari suku Bedouin untuk sesiapapun yang datang. Dua sajian minuman ini bisa Kamu temukan di penjuru Yordania. Namun, alangkah lebih baiknya jika Kamu langsung mencoba sensasi minum teh bareng suku Bedoin. Dijamin rasa dan sensasinya bakalan berbeda.

5. Kunafa

Kunafa

YouTube.com

Makanan khas Yordania dan sekitarnya yang bisa ditemukan saat liburan ke Yordania adalah kunafa. Makanan yang mirip pastry terbuat dari tepung gandung berisikan keju, kacang, kismis dan krim ini konon sudah ada sejak kekaisaran Ottoman. Kunafa dimasak dengan cara dipanggang. Nah, kuliner yang kaya akan rasa manis dan lezat ini sangat cocok dinikmati sore hari disajikan bareng sirup.
Salah satu tempat terbaik menikmati kunafa bisa ditemukan di Al Hazar St 2, Amman atau tepatnya di Habibah Sweets, Marwan Madi Complex.

Baca juga :  Tantang Lidahmu di 10 Kuliner Serba Pedas di Surabaya, Berani ?

6. Maqluba

Maqluba

Migrationology.com

Kuliner satu ini sudah ada semenjak abad ke-13. Dinamakan maqluba karena kuliner ini terbuat dari campuran kentang, nasi, ayam dan juga sayuran sebagai topping teratasnya. Nah, semakin jago yang memasak, maka tampilan dari maqluba ini akan kian rapi dan menggoda perut.
Maqluba bisa ditemui di Jabali Al Weibdeh, Amman atau tepatnya die it Sitti Cookong School, 16 Mohammed Ali Ad Sa’di St.

7. Zarb

Zarb

Migrationology.com

Suku Bedouin juga menyediakan kuliner yang sangat nikmat ketika dinikmati di gurun. Zarb terbuat dari daging berbumbu yang telah dicampur dengan sayuran dan kemudian dipanggang dalam tanah menggunakan batu bara yang ditutupi pasir.
Nah, proses pemanggangan inilah yang membuat daging bisa terlepas dari tulangnya. Jika Kamu ingin menikmatinya, Kamu bisa datang langsung ke area gurun pasri Wadi Rum dan menikmatinya di tenda-tenda yang disediakan khusus untuk para turis.

8. Fattet Humnus

Fattet Humnus

onearabvegan.com

Humnus sendiri sebenarnya bisa ditemukan di berbagai negara yang ada di dataran Arab dan Eropa, namun humnus yang jadi makanan khas Yordania ini berbeda dari yang lainnya. Di Yordania, humnus dibuat dari buncis yang telah dihaluskan dan dicampur dengan tahini, roti pita, minyak zaitun dan kacang pinus. Rasa dari kuliner inipun kian lezat ketika ditambahi dengan sedikit rempah dan bawang Bombay.

9. Kopi kafe Rumi

Kopi kafe Rumi

KimKim.com

Datang ke Yordania tak lengkap tanpa mampir ke Kafe Rumi. Ya, disini Kamu bisa menemukan sajian kopi dengan rasa yang sangat khas di Yordania. Rasanya rugi jika jauh-jauh ke Yordania namun tidak menyempatkan mampir menikmati kopi di Kafe Rumi.
Itulah beberapa kuliner atau makanan khas Yordania. Tak hanya di Yordania, kuliner diatas juga bisa ditemui diberbagai tempat di dataran Arab dan sebagian Eropa. Menjelajah wisata Yordania tak akan lengkap tanpa menikmati kulinernya.

Baca juga :  10 Jajanan Khas Indonesia dari Olahan Singkong Yang Menggugah Selera

10. Mansaf: Makanan khas Yordania terbaik

Diantara beberapa rekomendasi makanan enak yang ada di Yordania diatas, Mansaf merupakan yang terfavorit. Ya, makanan khas Yordania satu ini adalah kuliner yang benar-benar wajib dicoba ketika Kamu datang ke Yordania. Tak hanya lezat, rasanya juga bakal ngangenin.
Nah, agar menyembuhkan kerinduanmu dengan mansaf ketika telah berada di tanah air, berikut ini Kami berikan ulasan singkat resep mansaf yang tak kalah enak dengan sajian asli di Yordania.

Bahan yang diperlukan

-Roti pita 6 lembar yang sudah dipanggang sebentar dan disobek kasar
-Minyak zaitun 3 sdm untuk menumis
-Bawang Bombay cincang 200gr
-Bawang putih parut 5 siung
-Beras basmati 300 gram
-1 ekor ayam potong menjadi 12 bagian (Mansaf yang asli menggunakan daging domba, tapi bagi yang kurang suka bisa menggunakan daging ayam atau sapi)
-Kayu manis, cengkeh, merica hitam, bay leaf (jika tidak ada gunakan daun salam), garam secukupnya
-Air 2 liter
-Kunyit bubuk
-Yoghurt tawar 900 ml
-Telur ayam 1 butir

Bahan pelengkap

-Kacang almond 100gram yang sudah disangai
-Pine nuts (biji-bijian dari pohon pinus)
-Daun seledri yang sudah dicincang halus

Cara membuat

  1. Nasi Basmati: panaskan minyak kemudian tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai harum. Masukkan nasi basmati kedalamnya dan aduk sampai rata. Angkat lalu sisihkan.
  2. Ayam: rebus ayam dengan kayu manis, cengkeh, bay leaf, kunyit, garam, dan merica hitam hingga matang. Sisihkan.
  3. Adonan yoghurt: masak yoghurt dengan api kecil kemudian masukkan telur dan aduk perlahan sampai mengental. Sisihkan.
  4. Penyajian: Atur roti pita pada piring atau nampan kemudian tambahkan nasi dan ayam. Sajikan semuanya dengan adonan yoghurt dan pelengkapnya.
    Diatas adalah resep membuat makanan khas Yordania, Mansaf. Nah, bagi Kamu yang kangen dengan mansaf, Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah.



Leave a Reply