28 Makanan Khas Kalimantan Selatan Terkenal Paling Enak Wajib di Coba


Reni  May 4, 2018  0 Comment

Berlibur ke Provinsi Kalimantan Selatan tentu anda akan disuguhkan dengan deretan wisata alamnya Juga makanan khas Kalimantan selatang yang lezat sekali. Tak hanya bisa menikmati wisata alam, disini Anda juga bisa menikmati ragam kuliner khas yang menggugah selera. Provinsi dengan ibukota Banjarmasin ini memiliki kuliner khas dan unik yang kemudian menjadi buruan banyak wisatawan. Sektor kuliner juga menjadi salah satu peluang usaha di provinsi ini dan kuliner tersebut tah hanya bisa dinikmati oleh masyarakatnya saja, namun juga oleh wisatawan yang datang kesana. Nah, jika anda berencana untuk mengunjungi Kalimantan Selatan, berikut ini adalah daftar makanan khas Kalimantan Selatan yang terkenal enak.

1. Soto Banjar

Soto Banjar

kulineribukota.blogspot.co.id

Diantara sekian banyak makanan yang ada di kawasan Kalimantan Selatan ini, makanan yang paling terkenal se antero Indonesia adalah Soto Banjar. Bahkan tidak jarang, berbagai restoran yang ada di Indonesia, terutama restoran dengan menu tradisional menyuguhkan menu yang satu ini.

Walaupun di Indonesia ini banyak sekali menu soto, namun yang membedakan antara soto Banjar dengan soto lainnya adalah kuahnya yang cenderung bening. Selain itu, makanan yang satu ini paling pas jika disantap menggunkan ketupat dan juga sate, bukan nasi hangat.

Sebenarnya resep soto Banjar sendiri ada 2 macam, ada yang kuahnya encer dan bening, namun ada juga yang kuahnya kental dan warnanya agak keruh.

Review kuliner

MakQu Kitchen, Sajikan Beef Belly Rice Bowl Enak Di Gresik

2. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

filjannah.blogspot.co.id

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya yang juga cukup terkenal dari kaswasan ini adalah ketupat Kandangan. Disebut dekikian, karena ketupat ini berasal dari daerah kandangan. Bahan baku untuk membuat ketupat ini adalah beras, hanya saja tekstunya sedikit lebih keras dibandingkan ketupat umumnya.

Untuk bahan pelengkap, biasanya ketupat ini disajikan dengan ikan haruan atau ikan gabus. Teknik pengolahan ini bukan dengan cara digoreng, melainkan dimasak bersama santan. Kuah tersebut yang nantinya akan disiram pada ketupat. Makanan khas Kalimantan Selatan ini pas jika diknsumsi ketika pagi, siang atau sore hari.

3. Manday

Manday

cookpad.com

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya adalah Manday. Kuliner yang satu ini terbuat dari kulit cempedak, atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Tiwadak. Cara membuat penganan ini adalah kulit cempedak akan diawetkan dengan jangka waktu tertentu.

Teknik pengawetannya cukup sederhana, dimana kulit cempedak tersebut, akan dicampur dengan garam, kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Lama pengawetannya sendiri tergantung selera, biasanya semakin asam semakin nikmat.

Kuliner yang satu ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, namun ada juga yang memasak dengan cara di bakar atau bahkan digulai. Untuk memasak gulai cempedak ini, biasanya ditambahkan beberapa rempah tertentu, untuk menyempurnakan rasa asam dari kulit cempedak tersebut.

4. Gangan Asam Banjar

Gangan Asam Banjar

kulinerkalimantanselatan.blogspot.co.id

Kuliner yang satu ini sebenarnya adalah kuliner rumahan, namun sekarang ini sudah mulai dipasarakan atau dijajakan di beberapa rumah makan lokal. Gangan dalam bahasa Kalimantan Selatan artinya sayur. Jadi gangan asam adalah sayur asam. Sayur asam yang ada di daerah ini tentunya berbeda dengan sayur asam yang biasanya Anda temui.

Gangan asam ini warnanya kuning, karena terbuat dari kunyit, rasanya asam segar dan juga gurih. Karena sayur yang satu ini juga menggunakan tambahan ikan haruan atau ikan Gabus, bahkan ada kalanya menggunakan ikan patin. Ikan ini paling enak jika dikonsumsi bersama nasi putih hangat.

5. Iwak Pakasam / Iwak Basamu

Iwak Pakasam

traveltodayindonesia.com

Iwak Pakasam atau disebut juga dengan Iwak Basamu adalah ikan yang diawetkan. Teknik mengawetkan ikan ini, menggunakan bahan kunyit, garam, dan juga beras yang telah disangrai sebelumnya, kemudian ditumbuk kasar.

Adapun jenis ikan yang biasanya diawetkan antara lain ikan sepat, gabus, saluang, dan juga ikan Papuyu. Ikan-ikan tersebut akan diawetkan selama beberapa waktu, tergantung selera.Ikan yang diawetkan tersebut, biasanya dimasak dengan cara digoreng.

Untuk hal ini, Anda tidak perlu menambahkan berbagai macam bumbu karena ikan tersebut sudah diberikan berbagai macam bumbu. Sesansi gurih dan kriuk ketika mengkonsumsi ikan yang diawetkan ini akan Anda peroleh.

6. Gangan humbut

Gangan humbut

daridapurcikguzue.blogspot.co.id

Penganan yang satu ini juga tidak terlalu sering muncul, hanya muncul pada saat bulan Ramadhan, atau berbagai acara resmi, seperti pernikahan atau acara hajatan lainnya. Gangan humbut sendiri adalah kuliner yang terbuat dari potongan iga sapi yang diolah sedemikian rupa dengan rebung, dan bumbu khas Kalimantan Selatan lainnya.

Untuk rasa, masakan ini mempunyai cita rasa manis, dan juga gurih. Rasa manis ini yang akan mendominasi kuliner ini. Ini yang membuat kuliner ini berbeda dengan aneka jenis sayur lainnya, dan kuliner ini paling pas jika dikonsumsi bersama nasi hangat.

7. Sate tulang

Sate tulang

azmi-shuib.blogspot.co.id

Untuk Anda yang menyukai panganan sate, maka Anda harus mencoba makanan yang satu ini. Sate yang berasasld ari Kalimantan Selatan ini berbeda dengan kuliner sate dari daerah lainnya. ini adalah salah satu panganan khas yang paling disukai di kawasan ini.

Namanya memang sate tulang, namun hal ini tidak ada hubungannya dengan tulang. Sate ini terbuat dari sisa bagian tubuh ayam yang tidak terpakai, seperti bagian kulit, jahe, dan juga lemak.

Semua bahan-bahan tersebut, akan digiling beserta bumbu merah atau masyarakat setempat menyebutkan dengan bumbu habang (karena didominasi denga cabai). Untuk rasa, makanan ini tidak terlalu pedas, bahkan ada campuran rasa manis.

8. Lontong orari

Lontong orari

catperku.com

Jika Anda ingin sedang berkunjung ke kota Banjar, maka jangan lewatkan kuliner yang satu ini. Lontong Orari, adalah salah satu menu yang dapat Anda konsumsi, baik di pagi, siang atau juga malam hari. Jika dilihat dari bentuk, Lontong orari ini mirip seperti lontong sayur pada umumnya.

Namun tentu saja ada yang berbeda. Yang pertama adalah bentuk lontongnya, bukan bulat memanjang, melainkan berbentuk segitiga. Yang kedua adalah lauk yang menemani lontong tersebut, jika biasanya Anda akan menemukan kuah yang berisi daging ayam atau jeroan sapi, maka dalam makanan ini, Anda akan menemukan beberapa macam lauk, salah satunya adalah ikan haruan.

9. Lamang

Lamang

ksmtour.com

Makanan lain yang tidak kalah khas dibandingkan makanan Kalimantan Selatan Lainnya adalah lamang. Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mengenal atau bahkan merasakan kuliner yang satu ini. Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dimasak di dalam seruas bambu.

Bahan utama untuk membuat lamang adalah beras ketan. Untuk lamang Kandangan, biasanya dihidangkan bersama sambal sate, yang terbuat dari bahan kacang tanah, cabai merah dan juga kemiri.

Untuk penyajiannya, biasanya lamang dipotong dan ditata di tengah piring, kemudian disiram bumbu sate, dan ditambahkan telur asin, dan kacang nagara yang sebelumnya sudah dimasak dengan bumbu kareh. Rasa lamang, adalah gurih, kenyal, namun tidak alot.

10. Kalangkala

Kalangkala

dabanua.com

Kalangkala sendiri adalah kuliner unik yang harus Anda coba. Tidak seperti sayur pada umumnya, bahan utama dari makanan ini adalah buah yang mempunyai nama sama, yaitu Kalangkala. Bentuknya bulat, dan berwarna merah muda ketika matang.

Buah yang satu ini banyak tumbuh di hutan kalimantan. Untuk rasa, buah ini mirip alpukat, dengan daging yang lembut.Sayur ini dibuat menggunakan kuah bening, karea hanya ditaburi dengan sedikit garam, atau ada juga yang membubuhkan cabai.

Kuliner ini paling pas jika dikombinasikan dengan sambal, nasi, dan juga ikan.

11. Amparan tatak

Amparan tatak

berbagiresepkulliner.blogspot.co.id

Anda tentu tidak asing dengan kuliner yang satu ini. Rasanya manis, dan terbuat dari kombinasi tepung beras dan juga santan, sedangkan untuk isian biasanya menggunakan irisan pisang atau juga nangka, yang ditambah dengan daun pandan.

12. Laksa

Laksa

kompasiana.com

Makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib untuk anda coba selanjutnya adalah Laksa. Laksa merupakan salah satu sajian khas Banjarmasin dan cukup populer di kalangan wisatawan.

Menariknya, laksa khas Kalimantan Selatan ini disajikan dengan beberapa bahan, seperti santan kental, ketupat kandangan, daging rebus dan beberapa topping berupa udang dan telur. Laksa memang diolah dengan resep tradisional turun temurun dan sajian ini bisa anda pesan di banyak gerai makanan.

13. Ipau

Ipau

cookpad.com

Masih berasal dari Banjarmasin, Ipau juga menjadi salah satu kuliner khas Kalimantan Selatan yang terbilang unik. Meskipun secara tampilan tampak unik, namun rasa dari ipau ini sangat nikmat.

Ipau seringkali dijuluki sebagai pizza ala Banjar karena tampilannya sedikit mirip dan saat melihatnya, anda pasti tertarik untuk mencicipinya. Ipau kering ini biasanya dinikmati dengan guyuran santan. Rasa dan komponen dari kuliner ini juga beragam, mulai dari telur rebus, potongan aneka sayur dan ragam bumbu lainnya.

14. Sayur Kambang Tigarun

Sayur Kembang Tigarun

nailiyanikmah.com

Makanan khas Kalimantan Selatan yang patut untuk anda nikmati selanjutnya adalah Sayur Kambang Tigarun. Kambang Tigarun merupakan salah satu jenis tanaman sayur mayur yang pada bagian kembangnya sering digunakan sebagai lalapan. Sayuran ini termasuk tanaman musiman sehingga keberadaannya tidak selalu ada setiap waktu.

Kambang Tigaru yang akan diolah pun harus yang telah mengembang bagian bunganya. Cita rasa dari tanaman ini adalah pahit, sehingga jika anda tidak terlalu suka makanan pahit, jangan sekali-kali mencobanya. Sebelum disajikan sebagai lalapan, sayuran ini harus terlebih dahulu direndam selama berhari-hari. Setelah direndam, biasanya sayuran ini bisa dinikmati dengan cacapan asam.

15. Cacapan Asam

Cacapan Asam

istore.oomph.co.id

Sebelumnya telah disebutkan jika Sayur Kambang Tigarun bisa dinikmati dengan Cacapan Asam. Nah, cacapan asam ini juga menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang cukup menarik untuk dicicipi.

Cacapan asam ini dianggap sebagai sambal, namun sebenarnya bukan. Sambal cenderung memiliki tekstur yang padat, cacapan asam ini memiliki tekstur cair karena dibuat dari air dan sajian ini memiliki warna bening, bukan kemerahan seperti sambal.

Cacapan asam terbuat dari buah asam yang proses pembuatannya dengan cara dicacah. Buah yang digunakan biasanya adalah manga muda, binjau, ramania atau belimbing wuluh. Karena proses tersebut, makanan ini disebut sebagai cacahan asam oleh masyarakat Banjar. Namun, arti dari cacapan sendiri adalah merujuk pada cara penyajiannya yang mencacap atau meresapkan suatu bahan dalam cairan. Sajian ini memiliki cita rasa asam dan pedas yang menyegarkan.

16. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

ksmtour.com

Makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini juga tak boleh dilewatkan begitu saja. Dodol Kandangan ini tak hanya menjadi makanan khas Kalimantan Selatan, namun juga menjadi salah satu oleh oleh khas Kalimantan Selatan yang bisa anda bawa pulang.

Kandangan merupakan nama kota yang berada di kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Dodol Kandangan ini menjadi salah satu oleh oleh khas dari Kandangan yang cukup banyak diburu wisatawan sebagai oleh oleh. Berbeda dengan dodol pada umumnya, dodol kandangan ini memiliki tekstur yang lebih lembut dengan cita rasa manis yang pas. Anda yang ingin membeli dodol kandangan ini sebagai oleh oleh, bisa datang langsung ke pusat oleh oleh atau ke tempat produksinya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

17. Habang Banjar

Habang Banjar

idntimes.com

Habang Banjar juga masuk dalam daftar makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib untuk anda coba. Berasal dari Banjarmasin, Habang Banjar ini menjadi salah satu sajian yang cukup terkenal karena proses pengolahannya yang unik.

Habang Banjar ini dibuat dari daging sapid an kambing yang kemudian diolah dengan cara dimasak bersama kuah kental dengan bumbu rempah. Bumbu rempah kemudian akan meresap sempurna dalam daging sehingga terasa sangat nikmat dan lezat.

18. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut

ksmtour.com

Kuliner khas Kalimantan Selatan memang banyak yang berasal dari Banjarmasin, salah satunya adalah Nasi Itik Gambut ini. Nasi Itik Gambut ini merupakan sebuah kuliner yang terdiri dari nasi putih yang disajikan bersama lauk itik yang diberi bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar.

Nasi itik gambut ini biasaya dibungkus menggunakan daun pisang sehingga memberikan aroma yang nikmat. Penyajian dari kuliner ini pun identic dengan masakan Sunda atau Jawa sehingga banyak diterima di banyak kalangan. Nasi itik gambut ini banyak ditemukan di warung-warung di kota Banjarmasin, terutama di kawasan Gambut.

19. Ayam Cincane

Ayam Cincane

genpi.co

Mungkin banyak yang belum tahu jika ayam cincane ini merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang sangat nikmat. Sesuai dengan namanya, makanan tradisional ini menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya.

Daging ayam tersebut kemudian diberi bumbu rempah terbaik sehingga cita rasanya sangat khas dan menggugah selera. Bahkan proses pengolahannya sendiri menggunakan rempah terbaik.

20. Gangan Paliat

Gangan Paliat

cookpad.com

Salah satu sajian terbaik khas Kalimantan Selatan yang tepat untuk mengisi hari liburan disana adalah Gangan Paliat. Gangan Paliat ini banyak diburu oleh pecinta kuliner karena cita rasanya yang nikmat.

Gangan Paliat ini dibuat dari bahan olahan ikan yang kemudian dipadukan dengan rempah terbaik. Sajian ini diolah dengan cara ditumis dengan menggunakan sedikit minyak. Beberapa jenis ikan yang sering digunakan adalah ikan baung karena memiliki cita rasa yang lezat.

21. Sate Payau

Sate Payau

phinemo.com

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya adalah Sate Payau. Sate Payau ini memang menjadi salah satu sajian yang cukup unik, pasalnya berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging sapi, kambing ataupun ayam.

Sate Payau ini dibuat dari daging rusa dan menjadi pilihan kuliner yang menarik untuk dicoba saat berkunjung ke Banjarmasin. Kualitas rasa dan tekstur dari daging rusa ini sangat empuk. Ditambah lagi dengan bumbu rempahnya yang meresap sempurna dalam dagingnya.

22. Bubur Baayak

Bubur Baayak

cookpad.com

Banyak sekali makanan khas Kalimantan Selatan yang berasal dari Banjarmasin, salah satunya adalah Bubur Baayak. Bubur Baayak merupakan salah satu makanan tradisional Kalimantan Selatan yang cukup populer dan banyak digemari.

Bubur Baayak ini memiliki warna cokelat dengan paduan rasa gurih dan manis. Bubur ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung gandum, gula merah, santan, air dan garam. Adonan bubur ini memiliki bentuk butiran-butiran yang di proses dengan cara disaring sambil digoyang hingga adonannya kalis.

Di Banjarmasin, anda bisa menemukan banyak penjual bubur baayak karena proses pembuatannya yang mudah. Anda yang ingin menikmati semangkok bubur baayak ini hanya perlu merogoh kocek tak lebih dari Rp 10.000 per porsinya. Bubur baayak ini sangat nikmat bila dimakan saat pagi hari.

23. Sop Mutiara

Sop Mutiara

yummy.co.id

Kuliner enak di Kalimantan Selatan yang wajib untuk anda cicipi selanjutnya adalah Sop Mutiara. Sop Mutiara ini memang menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Kalimantan selatan dan cenderung banyak penggemarnya.

Dari segi modifikasi rasa, sop mutiara ini sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia. Apalagi proses pembuatannya yang tidak menggunakan bahan sagu. Sop mutiara ini memiliki ciri khas adanya bakso berukuran kecil yang disajikan bersama dengan kuah dan kentang kemudian diberi bumbu bawang putih halus sehingga cita rasanya gurih.

24. Apam Batil

Apam Batil

kitchenplan.xyz

Berkunjung ke Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya di Banjarmasin. Apam Batil ini merupakan salah satu kue khas Banjarmasin dan banyak digemari oleh segala usia.

Apam Batil atau yang juga sering disebut sebagai surabi ini merupakan kue yang menjadi warisan nenek moyang suku Banjar. Biasanya apam batil dinikmati dengan bakucau atau tangan. Kue ini terbuat dari tepung terigu. Meskipun tak sepopuler koe bolu atau donat, kue ini memiliki rasa yang boleh diadu. Apalagi jika dinikmati bersama kuah gula aren akan terasa semakin nikmat. Kue apam batil ini menjadi favorit banyak anak-anak Banjar dan sering dinikmati sebagai menu sarapan juga sebagai menu berbuka puasa.

25. Kue Rangai

Kue Rangai

kompasiana.com

Kue Rangai juga layak untuk masuk dalam daftar makanan khas Kalimantan Selatan. Kue ini tak hanya menjadi salah satu kuliner tradisional Kalimantan Selatan yang wajib dicoba, tapi juga menjadi oleh oleh khas Kalimantan Selatan yang paling banyak diburu.

Kue Rangai ini terbuat dari kelapa dan sagu. Cita rasa yang ditawarkan dari kue ini adalah rasa gurih yang nikmat dan mampu membuat anda ketagihan. Anda bisa menemukan Kue Rangai ini di banyak toko oleh oleh Kalimantan Selatan, khususnya di Banjarmasin.

26. Brownies Labu

Brownies Labu

celebes.co

Selain kue rangai, makanan khas Kalimantan Selatan yang sekaligus bisa menjadi oleh oleh khas Kalimantan Selatan adalah Brownies Labu. Brownies labu ini memang memiliki cita rasa yang nikmat dan cukup banyak digemari. Brownies labu ini terbuat dari buah labu dehingga memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis. Brownies labu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh khas Kalimantan Selatan.

27. Sambal Acan

Sambal Acan

cookpad.com

Kuliner khas Kalimantan Selatan selanjutnya adalah Sambal Acan. Sambal Acan memang sering dianggap sebagai topping, namun dari rasanya sangat menarik dan cocok untuk dinikmati sebagai makanan utama.

Sambal acan diolah dengan cara yang cukup menarik karena tidak menggunakan air sama sekali. Tak heran jika waktu untuk pengolahannya lebih cepat dan bisa bertahan lama. Sambal ini disajikan bersama dengan petai sehingga cita rasanya semakin nikmat.

28. Hekeng

makanan khas kalimantan selatan

borneo24.com

Makanan khas Kalimantan Selatan yang terakhir adalah Hekeng. Hekeng merupakan salah satu sajian non-halal yang juga banyak peminatnya. Hekeng ini diolah dengan bahan daging babi, udang dan tambahan topping siomay atau kuah asam manis. Hekeng ini memang terbilang cukup komplit sehingga menjadi salah satu makanan favorit banyak masyarakat Banjarmasin.



Leave a Reply