8 Jajanan Takjil Khas Kalimantan Yang Paling Laris Diburu


Fida  April 3, 2022  0 Comment

Kalimantan dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan banyaknya tempat wisata dan berbagai kuliner lezat. Saat bulan Ramadan tiba, kalimantan juga dikenal menawarkan beberapa kuliner dan jajanan yang cocok dinikmati untuk berbuka puasa. Jajanan takjil menjadi salah satu yang banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Kalimantan. Berbagai jajanan takjil dapat dengan mudah dijumpai di pasar Ramdhan. Tidak perlu bingung menentukan pilihan jajanan takjil khas Kalimantan untuk dicoba, inilah 8 rekomendasi jajanan yang dikenal cocok dinikmati saat berbuka puasa.

1. Amparan Tatak

amparan tatak
sajiansedap.grid.id

Amparan tatak menjadi salah satu rekomendasi jajanan takjil khas Kalimantan yang populer dan menarik untuk kamu coba. Saat menyebutkan nama kue yang satu ini, beberapa kamu tentu sudah tidak asing lagi karena Amparan tatak memang sudah sangat populer di Kalimantan.

Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa buah pisang serta tepung beras. Tidak hanya itu, beberapa bahan lain yang digunakan diantaranya santan dan juga gula pasir. Adonan yang telah diolah kemudian dicetak di dalam loyang. Cita rasanya yang gurih dan cenderung manis menjadikan jajanan ini sangat tepat dipilih sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Selain banyak diminati oleh masyarakat lokal, kue ini juga berhasil menarik perhatian wisatawan dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Saat berkunjung ke Kalimantan dan ingin mencoba salah satu jajanan takjil, amparan tatak menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu coba.

GoTravelly

Yaman Kuliner Ampel, Sajikan Makanan Khas Timur Tengah Paling Rekomended

Berburu Belimbing Di Agro Wisata Belimbing Mulyono

2. Kue Gegicak

kue gegicak
sajiansedap.grid.id

Tidak perlu bingung menentukan pilihan jajanan takjil khas Kalimantan yang menarik untuk dicoba saat berada disana, kamu dapat mencoba lezatnya kue gegicak. Jika dilihat dari tampilannya, jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang mirip dengan kue klepon. Adanya tambahan berupa gula serta taburan kelapa parut menjadikan jajanan ini sekilas tidak jauh berbeda dengan klepon.

Kue yang satu ini dibuat dengan bahan utama berupa beras ketan putih dan diolah dengan cara dikukus. Meskipun termasuk jajanan tradisional, tetapi lezatnya kue gegicak masih banyak diburu hingga saat ini. Perpaduan rasa gurih dan cenderung manis menjadikan ini juga sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan.

3. Kue Sari Penganten

kue sari penganten
indozone.id

Kue Sari Pengantin juga menjadi salah satu rekomendasi tepat bagi kamu yang ingin mencoba salah satu jajanan khas Kalimantan. Tentu sudah tidak asing lagi bahwa jajananan ini menjadi salah satu jajanan yang paling banyak diburu saat bulan Ramadhan tiba. Jika dilihat dari tampilannya, kue ini dikenal sangat khas dengan dua lapisan yang berbeda. Lapisan pertama berwarna kuning dan lapisan kedua berwarna hijau. Warna hijau tersebut berasal dari sari daun pandan.

Tidak hanya tampilannya yang khas dan menarik, jajanan yang satu ini juga memiliki cita rasa yang unik dan cocok dinikmati oleh semua kalangan. Kue Sari Pengantin dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung beras, gula, telur, santan, dan juga air. Teksturnya yang lembut juga menjadikan jajanan ini cocok dipilih sebagai menu berbuka. Saat berkunjung ke Kalimantan, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu lezatnya jajanan yang satu ini.

4. Kue Jenderal Mabok

kue jendral mabok
duaselera.com

Rekomendasi pilihan jajanan takjil khas Kalimantan berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah kue jenderal mabok. Kue yang satu ini memiliki tampilan yang khas yakni berbentuk persegi dengan hiasan potongan daun pandan di atasnya.

Kue jenderal mabok dikenal merupakan jajanan khas Kutai dengan rasa yang legit dan tekstur yang lembut. Penamaannya yang unik berasal dari kue ini yang dulunya sangat disukai oleh salah seorang prajurit. Kue ini disukai hingga membuat prajurit tersebut ketagihan. Tekstur serta cita rasa yang ditawarkan oleh kue ini memang cocok dipilih sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Bagaimana, menggugah selera bukan?

5. Bingka Kentang

bingka kentang
cookpad.com

Pernahkah kamu mendengar jajanan dengan sebutan bingka kentang? Yap, jajanan ini merupakan kue bingka yang dibuat dengan menggunakan bahan utama kentang. Selain itu, beberapa bahan lainnya yang digunakan untuk membuat bingka kentang diantaranya santan, gula, dan juga susu.

Bentuknya yang unik yakni berbentuk bunga juga menjadikan jajanan ini semakin menarik untuk dicoba. Sebelum disajikan, kue yang satu ini terlebih dahulu dipanggang dengan diletakkan di atas arang atau api. Bagaimana, tertarik untuk mencoba lezatnya jajanan yang satu ini?

6. Roti Pisang

roti pisang
cookandrecipe.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan lezatnya roti pisang khas Kalimantan. Roti pisang juga dikenal sebagai salah satu jajanan takjil khas Kalimantan yang populer dan banyak diburu saat bulan Ramadan tiba. Jajanan yang satu ini berasal dari daerah Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Meskipun termasuk kue tradisional, tetapi cita rasa dan kelezatan kue ini masih banyak diburu hingga saat ini. Tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, roti pisang khas Kalimantan juga berhasil membuat wisatawan penasaran dan ketagihan setelah mencobanya. Kue ini juga memiliki ciri khas yakni bertekstur seperti kue bingka. Menarik sekali bukan?

7. Putri Selat

putri selat
cantik.tempo.co

Tidak perlu bingung menentukan pilihan jajanan takjil khas Kalimantan yang bisa dicoba, kamu dapat menikmati lezatnya putri selat. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan berlapis dan terdiri dari tiga lapis. Lapisan pertama berasal dari parutan kelapa, lapisan kedua berasal dari tepung beras dan gula merah, dan lapisan terakhir dibuat dari santan.

Teksturnya yang khas serta cita rasanya yang lezat menjadikan jajanan ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kalimantan. Saat bulan Ramadhan tiba, putri selat juga banyak diburu sebagai salah satu jajanan takjil khas kalimantan yang populer. Tertarik untuk mencobanya?

8. Sunduk Lawang atau Pupudak

Jajanan Takjil Khas Kalimantan
cookpad.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan jajanan takjil khas Kalimantan yang menarik untuk dicoba, kamu dapat menikmati lezatnya sunduk lawang atau pupudak. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan yang khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat pupudak diantaranya tepung beras, gula pasir, santan, dan juga daun pandan. Cita rasanya yang manis menjadikan jajanan ini sangat cocok dipilih sebagai menu untuk berbuka puasa.

Nah, itulah daftar 8 rekomendasi jajanan takjil khas Kalimantan yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Saat berkunjung ke Kalimantan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba salah satu dari 8 rekomendasi jajanan di atas.



Leave a Reply