10 Kuliner enak di Barito Utara Menggoyang Lidah


Reni  October 17, 2022  0 Comment

Barito Utara adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. Saat berkunjung ke Barito Utara, jangan lewatkan kunjungan Anda ke Muara Teweh, ibu kota Barito Utara. Kota ini juga dapat dicapai melalui berbagai perjalanan darat hingga perjalanan udara. Kota Kalimantan Tengah ini mengalami perkembangan yang pesat, mulai dari fasilitas pusat kota hingga berbagai wisata alam dan kuliner yang lezat dan nikmat. Nah, ketika berada di kota ini, luangkan waktu Anda untuk mencoba dan mencicipi berbagai kuliner enak di Barito Utara terutama di Muara Teweh. Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Barito Utara yang patut Anda coba. 

1. Soto Batara Kuin 

soto batara kuin
google.com

Kuliner khas pertama yang wajib Anda coba adalah Soto Batara Kuin yang merupakan makanan khas di daerah Muara Teweh. Soto ini merupakan makanan favorit yang cocok di lidah para wisatawan dan masyarakat lokal. Sebenarnya soto ini sama halnya dengan masakan soto pada umumnya, bedanya, soto ini menggunakan bumbu-bumbu rempah khas Barito Utara yang membuat cita rasa unik dan sangat lezat.

Soto ini juga terkenal sebagai menu makanan istimewa di Muara Teweh, Barito Utara. Jadi, bagi Anda para penikmat kuliner nusantara, jangan lewatkan untuk mencoba dan mencicipi kelezatan kuliner enak di Barito Utara yang satu ini. Cita rasa Soto Batara Kuin yang khas tentunya tidak akan mengecewakan Anda.

Gotravelly

Lezatnya Soto Selingkuh, Kuliner Khas Sumenep Yang Unik Dan Patut Dicoba

Bakso So’un & Mie Ayam Mojopahit, Hadirkan Warung Bakso Dengan Vibes Jogja

2. Juhu Umbut Sawit

juhu umbut sawit
blog.sayurbox.com

Juhu Umbut Sawit merupakan salah satu kuliner enak di Barito Utara terutama di daerah Muara Teweh dan salah satu menu yang paling populer. Bahkan tak jarang masyarakat menyiapkan menu jajanan ini sebagai sajian selamat datang bagi para tamu yang bepergian dari dan ke Kalimantan Tengah. Apalagi jajanan ini memiliki cita rasa makanan yang sangat istimewa.

Itulah sebabnya para pelancong dan wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini selalu mencari hidangan ini. Di kalangan masyarakat Dayak, makanan ini sering dijadikan sebagai santapan pada saat acara-acara penting. Seperti namanya, hidangan ini terbuat dari minyak sawit alami. 

Selain minyak sawit,  bahan-bahan lainnya untuk membuat hidangan ini yaitu, bonggol pohon kelapa atau umbut rotan. Sekilas memang terlihat seperti rebung, namun rasanya berbeda. Masakan Juhu Umbut Sawit merupakan kuliner turun temurun dalam masyarakat Dayak. Mengenai rasa, jangan ditanya, sangat lezat, dan harum yang akan menggugah selera Anda. 

3. Wadi 

wadi
celebes.co

Kuliner enak di Barito Utara selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai menu untuk wisata kuliner adalah Wadi. Wadi merupakan jajanan andalan yang ada di Muara Teweh Barito Utara. Wadi juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun sanak saudara atau untuk teman-teman Anda. 

Hidangan ini terbuat dari ikan atau daging. Cara pembuatannya yaitu, pertama-tama, ikan atau daging yang akan diolah dibersihkan terlebih dahulu, seluruh kotoran-kotoran yang ada pada bagian luar atau dalam daging dan ikan dibersihkan seluruhnya, sehingga dapat dikonsumsi dengan aman.

Setelah benar-benar bersih, ikan atau daging tersebut direndam dengan air garam selama beberapa jam, atau sekitar 5 hingga 10 jam. Kemudian, tiriskan hingga kering. Setelah kering, simpan dalam kotak atau toples kaca.

Simpan selama kurang lebih 3 sampai 5 hari. Untuk Wadi yang berbahan daging, sangat disarankan untuk menyimpannya selama 7 hari penuh. Mengapa demikian? Hal ini dimaksudkan untuk memberikan cita rasa yang lebih lezat pada bagian dagingnya. Setelah itu, Wadi Anda siap untuk dinikmati, dengan cara digoreng atau dijadikan masakan lain. 

4. Bagamat 

bagamat
celebes.co

Wisata kuliner Barito Utara selanjutnya yaitu Bagamat. Bagamat ini merupakan masakan yang terbuat dari kelelawar besar, atau disebut juga kalong oleh warga lokal. Bagi Anda yang tidak pantang terhadap makanan apapun, maka kuliner ini wajib Anda coba. Jangan cemas, karena kuliner ini aman.

Lalu, bagaimana cara pembuatannya? Nah, untuk menghasilkan masakan yang enak dan gurih, sebelum diolah dan dimasak, kelelawar yang akan dimasak dibersihkan dahulu dari segala kotoran yang menempel pada bagian luar dan dalam hingga benar-benar bersih. Bagian kuku dipotong, dan untuk memudahkan dalam memasak, bulu kasar pada punggungnya ditekuk, dengan demikian ketika dimakanpun tidak akan merepotkan. Sedangkan untuk bagian sayap, usus, bulu serta dagingnya dimasak secara bersamaan. Dimasak dengan bumbu-bumbu rempah yang khas Barito Utara untuk menciptakan cita rasa yang lezat dan istimewa. 

5. Karuang/Kalumpe

karuang
kalteng.antaranews.com

Kuliner enak di Barito Utara berikutnya adalah Karuang, atau dikenal juga dengan nama Kalumpe. Seperti apakah hidangan ini? Bahan utama hidangan ini cukup sederhana dan mudah dijumpai, yaitu daun singkong. Lalu, apa istimewanya yang membedakannya dengan masakan dari daerah lain? Daun singkong untuk masakan ini ditumbuk hingga sehalus mungkin, lalu dicampurkan dengan menggunakan beberapa bahan-bahan masakan lainnya, biasanya dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. 

Rempah atau bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, serai dang, dan lengkuas. Haluskan bumbu-bumbu tersebut, kemudian campur dengan daun singkong yang sudah halus. Jika Anda penyuka pedas, Anda dapat menambahkan cabe dan terasi agar lebih nikmat.

6. Juhu Umbut Rotan

Kuliner enak di Barito Utara
cookpad.com

Selanjutnya ada Juhu Umbut rotan yang juga merupakan salah satu kuliner enak di Barito Utara. Makanan ini berbahan dasar rotan muda. Rotan muda yang digunakan untuk masakan ini harus benar-benar dibersihkan seluruh bagian kulitnya. Selanjutnya, rotan muda tersebut dipotong potong dengan ukuran yang sangat kecil, agar mudah dikunyah. Biasanya umbut rotan dimasak dengan ikan baung atau memakai terong asam sekaligus, atau dicampur dengan bahan makanan lainnya. Rasa Juhu Umbut rotan ini cukup unik ada pahit-pahitnya dan juga sedikit manis. Anda wajib coba.

7. Sasangan Patin 

sasangan patin
cookpad.com

Jika Anda mencari kuliner yang pas untuk dijadikan oleh-oleh, Anda dapat memilih Sasangan Patin. Hidangan ini berupa olahan ikan yang dimasak dengan bumbu kuning. Meskipun untuk membawanya cukup merepotkan, namun kelezatannya membuat semua terbayarkan.

8. Papaken

papaken
wisato.id

Kuliner enak di Barito Utara yang harus dicoba berikutnya adalah Papaken. Apa itu Papaken? Makanan yang satu ini bukan merupakan makanan olahan, namun buah unik dengan daging buah berwarna merah. Buah ini sangat mirip dengan durian. Namun ada perbedaannya, jika buah durian beraroma sangat menyengat, lain halnya dengan Papaken ini, buah ini tidak beraroma menyengat. Jadi, jika Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh pun, baunya tidak akan mengganggu orang lain. 

9. Durian Gantar Bumi

durian gantar bumi
celebes.co

Durian ini juga merupakan kuliner enak di Barito Utara yang harus Anda coba. Ukuran buah ini  4 kali lipat lebih besar daripada durian biasa. Harganya sebanding dengan ukurannya, sekitar Rp. 250.000 saja Anda sudah dapat menikmati kelezatan buah durian raksasa ini  bersama dengan keluarga Anda.

10. Tumpi Jawau

tumpi jawau
kalteng.antaranews.com

Wisata kuliner terdekat Di barito Utara yang terakhir adalah Tumpi Jawau. Makanan ini sempat pecahkan rekor MURI atas wadai menumpi atau pembuatan atau tumpi jawau terbanyak, saat itu jumlah peserta mencapai 1.440 orang, dan festival itu digelar di kawasan water front city Muara Teweh. Keren ya.

Tumpi Jawau ini merupakan jajanan khas Barito Utara. Jajanan ini berbahan dasar singkong, atau nama lainnya adalah lempeng singkong.

Nah itu tadi 10 Kuliner enak di Barito Utara yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga bermanfaat. 



Leave a Reply