5 Destinasi Spot Diving dan Snorkling di Kalimantan


Reni  August 4, 2022  0 Comment

Keberadaan IKN Ibukota Nusantara membuat pulau kalimantan menjadi sorotan publik, khususnya Kalimantan Timur yang menjadi tempat ibukota baru. Di kalimantan sendiri terdapat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Mulai jelajah hutan rimba, bertemu dengan suku pedalaman hingga menyelam. Nah, berikut ini adalah di spot diving dan snorkling terbaik di Kalimantan.

1. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan
travel.kompas.com

Kemolekan Derawan diakui tak hanya oleh wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara. Derawan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dikenal memiliki laut sebening kaca. Menjadikannya dikenal sebagai spot diving dan snorkling favorit di Kalimantan.

Dari dermaga saja kamu sudah dimanjakan dengan berbagai macam ikan warna warni menari-nari. Di kedalaman 3 meter saja kamu bisa melihat keindahan terumbu karang dengan mata telanjang. Bayangkan jika kamu menyelam lebih dalam lagi, bakalan disambut dengan panorama alam bawah laut dengan biota laut yang beragam.

Terumbu karang yang berada di Kalimantan termasuk yang terindah di Indonesia. Hal ini dikarenakan terumbu karang berada di lingkungan yang alami. Penduduk setempat menjaga dengan sebaik baiknya sehingga tidak banyak yang rusak.

Selain, Diving, snorkling dan Surfing, Derawan juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati Matahari terbit dan Matahari terbenam. Panoraman cakep tanpa halangan. Semua bisa kamu nikmati dengan duduk santai di pinggir pantai di atas pasir putih yang bersih. Bener-bener magis dan tak terlupakan.

Gotravelly

Explore Taman Bawah Laut Olele, Gorontalo

Pantai Amed Surga Snorklingnya Para Traveller

2. Pulau Maratua

Pulau Maratua
beborneotour.com

Lokasi diving dan snorkling di Kalimantan selanjutnya adalah Pulau Maratua. Pulau yang berada tidak jauh dari kepulauan Derawan. Pulau Maratus dikenal sebagai “Maldivenya Indonesia”.

Lautnya yang bening dan berwarna Tosca membuat siapa saa jatuh cinta. Dengan mata telanjang kamu bisa menatap keindahan bawah lautnya. Untuk berenang dengan ikan lucu lucu cukup di atas saja. Beraktifitas menyelam pasti lebih cakep lagi panorama bawah lautnya, pemandangan memukau berupa deretan bongkahan terumbu karang warna warni, coral-coral juga cakep. Biota lautnya sangat beragam. Ikan kecil warna warni siap menemanimu selama menyelam.

Maratua memiliki beberapa spot diving. Dimana masing masing menawarkan sensasi dan panorama yang berbeda. Ada Lokasi hiu hingga melihat berkumpulnya penyu penyu. Berikut spot pot diving di Maratua

Jetty Dive spot

Turtle Traffic Spot

Mid reef

Eel Garden

Hanging Garden

Cabbage garden

The Channel

3. Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku
nativeindonesia.com

Masih berada di Pulau Maratua, Gua Haji Mangku menjadi salah satu tempat menyelam di Kalimantan. Gua haji mangku adalah gua keren yang memiliki air yang jernih kebiruan. Dinamakan Gua Haji Mangku karena beliau adalah orang yang pertama kali menemukan gua yang memukau ini.

Gua Haji Mangku terlihat seperti danau kecil dengan air super bening tanpa dasar. Ngeri ngeri sedep ngelihatnya.  Cahaya dari luar hanya mencapai 3 meter saja, selebihnya seberapa dalam gua ini tidak ada yang tahu karena begitu gelap.

Meski terlihat membuat sedikit seram, tapi berenang dan melihat jernihnya air menjadi hal wajib yang harus kamu lakukan ketika berkunjung ke Gua. Jika ingin berenang atau diving ke gua Haji mangku ada dua cara. Cara pertama dengan melewati tangga menuju ke bawah. Sedangkan cara kedua melalui tebing di sekitarnya dan meloncat ke dalam gua. Tegang tapi menyenangkan.

4. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin
amazingborneo.id

Danau labuan cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan biduk biduk, Berau, Kalimantan Timur.

Danau Labuan cermin sempat viral di jagat sosial media. Dikarenakan airnya sebening kristal dan bersih. Difoto dari sudut manapun cakepnya nggak ketulungan. Begitu jernihnya air hingga memantulkan bayangan layaknya sebuah cermin. Inilah yang menjadi sebab dinamakan danau labuan cermin.

Begitu cakepnya, ketika akhir pekan danau labuan cermin bak lautan manusia. Sekitar 700 wisatawan datang ke sini setiap skhir pekan. Semua tentu saja terpesona dan ingin melihat begitu beningnya air danau labuan cermin ini.

Airnya yang sebening kristal, tanpa menyelampun kamu bisa melihat apa saja kehidupan yang ada di dalam danau.  Mulai dari ranting hingga bebatuan di dasarnya bisa terlihat oleh mata telanjang. Inilah yang membuat banyak wisatawan snorkling di danau dengan luas

Jika tertarik snorkling di danau labuan cermin pastikan kamu berhati hati atau gunakan pelampung. Karena kedalaman danau bervariasi. Ada yang mencapai kedalaman hingga 6 meter. Ketika snorkling kamu bisa melihat aneka biota dalam danau, seperti ikan warna warni yang asyik menari di dalamnya. Ranting ranting pohon yang begitu instagenic cakep bangat buat foto foto. Formasi bebatuan di dalam danau juga tak kalah cakep, kamu bisa duduk santai sambil berfoto kece.

Setelah berenang atau snorkling, kamu bisa duduk santai di dermaga, menatap keindahahn danau yang dikelilingi tanaman menghijau. Terasa damai dan menyenangkan.

5. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah
ksmtour.com

Spot diving dan snorkling di kalimantan berikutnya masih berada di Kalimantan timur. Tepatnya berada di Bontang. Letaknya sekitar 7 KM dari Bontang. Atau kalau kamu berangkat dari Balikpapan, jaraknya sekitar  220 Km.

Sebelum menceritakan Keindahan bawah lautnya, kita dengerin dulu asal muasal dinamakan beras basah. Menurut cerita penduduk setempat, zaman dahulu ada sebuah kapal yang berlayar dari pulau Celebes atau saat ini dikenal sebagai pulau Sulawesi. Kapal ini mengangkut ribuan ton beras menuju Bontang. Tapi sayang, di tengah perjalanan kapal karam dihantam ombak yang tinggi. Ribuan tons beras hanyut dan tercecer di sekitar lautan hingga menutupi permukaan laut di sekitar pulau. Sejak saat itu pulau ini dinamakan beras basah.

Spot snorkling beras basah banyak di jumpai gerombolan terumbu karang yang masih terlihat terjaga dengan warna warni menawan. Terumbu karang dikerumuni dengan berbagai macam ikan yang seolah sedang ngobrol satu sama lain diantara terumbu karang.

Selain terumbuk karang alam, di sini juga terdapat terumbu karang cangkokan. Yang sengaja ditanam untuk oleh pemerintah Bontang. Banyak ikan ikan berenang diantara koral

Di sekitar pulau banyak pulau pulau tak berpenghuni. Pulau pulau ini banyak ditumbuhi pohon Bakau . yang rimbun. Di sini juga terdapat perkampungan unik yang berada di atas perairan air laut. Perkampungan ini tak terhubung sama sekali dengan daratan.

Di Pulau Beras basah juga terdapat mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar dengan lampu di atasnya selain berguna sebagai petunjuk untuk para nelayan, juga seolah berucap selamat datang kepada wisatawan yang mengunjungi kepulauan Berau dan Beras Basah pada khusunya.

Bagaiman dengan daftar ulasan tentang spot snorkling dan diving di Kalimantan tadi? Bener benar cakep kan? Spot spot tersebut kebanyakan berada di Kalimantan Timur. Jadi, jika kamu tertarik untuk menyelam di Kalimantan atur itinerary dengan baik dan Jelajahi semua spot. Dijamin kamu bakalan terkagum dengan keindahan bawa lautnya.



Leave a Reply