Oleh Oleh Khas Kamboja yang Paling Diburu Wisatawan


Fida  August 25, 2023  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi berbagai negara di dunia tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Kamboja menjadi salah satu negara tujuan yang menarik dipilih untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain mengunjungi tempat wisata, kamu juga dapat berburu kuliner hingga oleh oleh khas Kamboja. Kira kira apa saja yang dapat kamu bawa pulang setelah berlibur ke Kamboja? Berikut daftarnya.

12 Oleh Oleh Khas Kamboja :

1. Sutera Kamboja

sutera kamboja
libur.co

Sutera Kamboja menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Kamboja yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Kain yang satu ini dibuat menggunakan teknik tenun tradisional oleh penduduk asli Kamboja. Karena dikenal memiliki kualitas yang bagus serta motif khas, tidak heran jika sutera Kamboja menjadi incaran wisatawan sebagai cinderamata.

Harga sutera Kamboja juga terbilang sangat bervariasi, tergantung bahan serta tingkat kerumitan pembuatan. Kamu dapat memilih untuk membeli dalam bentuk lembaran kain maupun siap pakai seperti topi, pakaian, scraft, dan masih banyak lagi. Saat berlibur ke Kamboja, sutera unik cocok menjadi pilihan untuk dibawa pulang. 

2. Tikar Tenun 

tikar tenun
asgatour.co.id

Selain sutera, tikar tenun juga menjadi rekomendasi oleh oleh khas Kamboja yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Tikar tenun biasa digunakan oleh masyarakat Kamboja sebagai alas ruang tamu hingga alas untuk tidur. Bahan pembuatan tikar ini juga terbilang beragam mulai dari rumput, rotan, dan bahan alam lainnya.

Baca juga :  10 Makanan Khas Bangka Recommended Memiliki Keunikan Rasa

Jika dilihat sekilas, bentuk tikar tenun Kamboja tidak jauh berbeda dengan tikar pada umumnya. Hal yang membedakan adalah motif atau corak khas Kamboja. Kamu juga tidak perlu khawatir karena tikar tenun dijual dengan harga yang terjangkau dan ramah di kantong.

3. Betel Nut Boxes

batel nut boxes
libur.co

Rekomendasi oleh oleh khas Kamboja berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dibawa pulang adalah Betel Nut Boxes. Betel Nut Boxes lupakan kotak penyimpanan dengan motif unik khas negara Kamboja. Kamu dapat memilih beragam corak serta ukuran sesuai kebutuhan.

Proses pembuatan yang dilakukan secara handmade tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena keunikannya, tidak heran jika Betel Nut Boxes kerap dilirik wisatawan sebagai buah tangan setelah berlibur ke Kamboja. 

4. Lilin dan Sabun Aroma Terapi

lilin aroma terapi
asgatour.com

Jika bingung menentukan pilihan oleh oleh khas Kamboja, lilin dan sabun aromaterapi menjadi rekomendasi terbaik untuk dibawa pulang. Saat berkunjung ke Kamboja, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai lilin serta sabun aroma terapi. Hal itu dikarenakan kamboja kaya akan hasil alam berupa lemon grass serta kamot paper.

Lilin serta sabun aroma terapi menjadi oleh-oleh yang paling banyak diburu wisatawan. Cinderamata yang satu ini dipercaya dapat membantu merelaksasi dan melepas penat dari lelahnya pekerjaan. Dengan aroma wangi serta kemasan yang praktis, lilin dan sabun aroma terapi khas Kamboja tentu sayang untuk dilewatkan. Cinderamata yang satu ini sangat cocok untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

5. Kerajinan Perak

kerajinan perak
topijelajah.com

Di antara banyaknya pilihan oleh oleh Kamboja, tidak ada salahnya jika kamu membeli kerajinan perak. Di Kamboja, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai kerajinan perak karena negara ini menjadi penghasil kekayaan alam berupa perak.

Baca juga :  10 Oleh Oleh khas Mojokerto, Makanan hingga Kerajinan Kulit

Terdapat berbagai jenis serta bentuk kerajinan perak yang dibuat oleh masyarakat Kamboja. Wisatawan dapat membeli kerajinan perak dengan berbagai pilihan kadar yakni 70% hingga 80%. Selain dijual dalam bentuk perhiasan seperti gelang, cincin, dan mahkota, kamu juga dapat membeli dalam bentuk lain seperti patung perak.

6. Duwet

duwet
asgatour.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan buah duwet. Buah yang satu ini dapat tumbuh subur di negara Kamboja dan kerap di guru wisatawan sebagai pilihan oleh-oleh. Selain rasanya yang nikmat dan segar, buah ini juga dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Selain itu, duwet juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma diabetes dan meningkatkan daya tahan tubuh. Meskipun memiliki segudang manfaat, tetapi duwet tetap dijual dengan harga yang terjangkau. Saat berlibur ke Kamboja, membawa pulang duwet sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah untuk menjadi hal yang wajib kamu lakukan. 

7. Kaos

kaos
redbubble.com

Berlibur ke daerah atau negara manapun, kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh oleh kaos dengan corak khas. Kaos ‘I Love Cambodia’ menjadi rekomendasi oleh oleh khas Kamboja yang populer dan banyak diburu wisatawan. Kaos yang satu ini dijual dengan beragam ukuran sehingga dapat dibeli sesuai kebutuhan. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi, tergantung ukuran serta bahan pembuatan kaos.

Untuk membeli oleh-oleh yang satu ini, kamu dapat menuju ke toko pakaian atau pusat oleh-oleh di Kamboja. Bahan yang lembut dan dingin menjadikan oleh oleh yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. 

8. Kampot Merica

kampot merica
itrip.id

Dikenal kaya akan hasil alam berupa lada, tidak ada salahnya jika kamu membawa pulang produk premiumnya yakni kampot merica. Oleh olah khas Kamboja yang satu ini terbilang populer dan banyak diburu wisatawan. Lada sendiri dapat tumbuh subur di Kamboja karena memiliki iklim sejuk. 

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Sorong, Yuk Borong!

Kamu dapat menjumpai lada yang cukup beragam mulai dari varietas lada hitam, lada hijau, lada putih, hingga lada merah. Pastikan kamu menyempatkan untuk berburu kampot merica sebelum pulang dari berlibur di Kamboja, ya!

9. Oleh Oleh Khas Kamboja : Khamer atau Krama

krama
bukalapak.com

Khamer atau Krama menjadi sebutan bagi kain panjang dengan corak khas Kamboja. Kain yang satu ini menjadi simbol nasional untuk penduduk asli negara Kamboja. Biasanya, Khamer atau Krama digunakan sebagai penutup wajah, penggendong anak, syal, dan masih banyak kegunaan lainnya. Karena keunikan tersebut, tidak sedikit wisatawan yang tertarik dan memutuskan untuk berburu Khamer sebagai oleh oleh. 

Kain yang satu ini dijual dengan harga yang terbilang cukup beragam, tergantung bahan, ukuran, serta tingkat kerumitan pembuatan. Karena dibuat dengan motif khas Kamboja, maka jangan heran jika kamu akan banyak menjumpai motif yang sama saat berada disana.

10. Oleh Oleh Khas Kamboja : Sampot

sampot
fitline.com

Sampot merupakan kain khas Kamboja yang populer karena konon dijahit menggunakan benang emas. Kain ini biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian adat Kamboja. Sampot memiliki 3 variasi yang digunakan berdasarkan tingkatan status sosial masyarakat. 

11. Oleh Oleh Khas Kamboja : Batu Ruby 

batu ruby
simomot.com

12. Oleh Oleh Khas Kamboja : Miniatur Patung

miniatur patung
aliexpress.com
source : https://www.youtube.com/@Musember

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Kamboja yang populer dan menarik untuk kamu bawa pulang. Dari daftar di atas, kira kira oleh oleh manakah yang paling menarik? 



Leave a Reply